Pantai Gesing Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Gesing Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Gesing salah satu pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul, Jogja. Pantai unik di tepi tebing dengan pesona air laut berwarna toska dan banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ini adalah sebuah ulasan yang diperuntukkan bagi Anda pecinta wisata alam terutama yang berhubungan dengan laut. Tentu sudah banyak sekali dari Anda yang memiliki referensi lokasi wisata terbaik dan menjadi favorit. Tapi apakah benar, Anda sudah mengenal banyak pantai yang ada di Indonesia? atau mungkin hanya yang berada di Bali saja, yuk eksplor lebih jauh.

Yogyakarta merupakan satu daerah yang tidak hanya terkenal dengan keberadaan wisata budaya dan juga kota pendidikan, namun di sana juga banyak sekali terdapat Pantai indah. Salah satu dari sekian banyak daftar yang ada yaitu Pantai Gesing berlokasi di daerah Gunung Kidul. Ketika mendengarnya mungkin akan sedikit asing, tapi perlu diketahui bahwa keindahannya cukup menarik.

Berbagai hal menyenangkan akan banyak ditemukan di lokasi wisata ini, bentuk dan struktur alam yang mendukung membuatnya memiliki pemandangan yang tidak kalah bagus dengan lainnya. Selain itu rute dekat kota dan juga harga tiket masuknya juga tidak terlalu mahal. Agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa penjelasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gesing

Daya Dimiliki Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps (Iwan J Prasetyo)

1. Tebing Batu Karang yang Kokoh dan Indah

Saat Anda tiba di lokasi pemandangan yang pertama kali akan memikat perhatian adalah tebing karang yang menjulang tinggi dengan kokohnya di sela air pantai. Keberadaannya menjadi satu daya tarik yang menunjukkan betapa eksotisnya lokasi wisata ini. Semuanya berjajar mengelilingi sisi pantai sebagai satu hiasan alami yang tiada tandingnya.

Di atasnya tumbuh tumbuhan hijau yang menambah segar pemandangan sekitar lokasi wisata. Kesan gersang dan panas tidak lagi terlalu di rasakan. Walaupun tidak serimbun pepohonan di hutan, namun cukup untuk menyegarkan mata yang memandang. Sehingga setiap rasa lelah perjalanan akan terhapuskan dengan suguhan indahnya tebing karang hijau tersebut.

2. Lokasinya Mudah di Jangkau

Permasalahan paling utama ketika akan berkunjung ke daerah wisata bahari adalah akses jalan yang serta keterjangkauannya. Namun, untuk Pantai Gesing ini Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Pertama, karena akses jalan yang akan dilalui termasuk bagus dan juga tidak terlalu ekstrim.

BACA:  10 Wisata Pantai di Tasikmalaya yang Paling Hits

Selain itu, lokasinya juga tidak jauh dari tempat wisata yang lain, seperti pantai Parang Tritis dan beberapa tempat yang lainnya. Maksimal lama perjalanan dari daerah kecamatan kota terdekat hanya 1 jam saja. Banyak juga penunjuk jalan yang dibuat untuk memudahkan menemukan lokasi bagi yang baru pertama kali berkunjung. Tunggu apa lagi, rencanakan segara kunjungan Anda.

3. Warna Laut yang Biru dan Jernih

Pesona utama setiap wisata bahari adalah keindahan yang ditawarkan oleh warna airnya. Semakin biru dan jernih yang diperlihatkan, maka akan semakin menarik banyak pengunjung untuk datang. Selain karena memang sedap di pandang di mata, juga bagus untuk diabadikan dalam sebuah gambar foto. Begitupun di Pantai Gesing ini, pemandangan hamparan lautnya juga sangat menawan.

Akan terlihat betapa megah dan mempesonanya bentangan air laut biru segar ditambah dengan warna yang jernih seolah bisa menelanjangi isi bawah lautnya. Setiap pengunjung yang datang akan terpukau dan terpesona dengan pemandangan ini. Walaupun bukanlah hal spesial, tetapi pesonanya akan terus dicari bagi setiap orang yang memiliki kecintaan terhadap wisata laut.

Daya Tarik Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps (Fairuzia Amalia)

4. Sunset yang Cantik

Pemandangan sunset merupakan hal utama yang akan banyak menarik pengunjung untuk datang. Sinar matahari yang lembut dengan semburat warna merah dan orange, terlihat begitu menenangkan dan sangat romantis bila disaksikan bersama kekasih. Setiap pantai selalu menawarkan keindahan tersebut sebagai salah satu daya tarik untuk menambah jumlah kunjungan wisata setiap harinya.

Pantai Gesing juga memiliki pesona sunset yang tidak kalah dengan tempat lainnya. Ditambah lagi perpaduan tebing karang serta deburan ombak pantai yang lembut menjadi satu kesatuan yang menakjubkan. Anda akan secara jelas melihat keindahannya tanpa satu halangan spot apapun, sehingga ini akan benar-benar menjadi momen yang tidak terlupakan.

5. Pasir Pantai yang Lembut

Siapa yang tidak senang berjalan dan berlarian di atas hamparan pasir pantai yang lembut juga bersih, tentu semuanya suka. Untuk itulah informasi ini perlu dibaca, karena keunggulan Pantai Gesing selain beberapa hal di atas juga terletak pada pasirnya. Luasnya memang tidak terlalu besar seperti beberapa tempat lainnya, namun kebersihan dan tekstur nya sangat nyaman.

Di sebagian area digunakan untuk memarkir kapal atau perahu nelayan yang tinggal di sekitarnya. Sebagian lagi bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan lain. Terlebih kebersihan dan kelembutan yang ditawarkan oleh bentang pasir tersebut menjadikan setiap pengunjung nyaman untuk bermain dan juga melakukan berbagai hal menarik lainnya.

BACA:  Pantai Akkarena Makassar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Alamat & Harga Tiket Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps (Rudi Firdaus)

Dimana lokasi Pantai Gesing berada? tentu banyak yang bertanya hal tersebut setelah membaca berbagai suguhan daya tariknya. Alamat tempat wisata ini berada di daerah Gunung Kidul wilayah administratif dari Provinsi Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota adalah sekitar 2 jam perjalanan atau jika dikonversikan yaitu sekitar 44 km.

Bagaimana cara menuju lokasinya? akan banyak sekali rute perjalanan yang bisa Anda pilih. Salah satunya yaitu menggunakan jalur berangkat dari wilayah Wonosari dan Imogiri. Dari dua titik pemberangkatan tersebut bisa disesuaikan dengan lokasi asal atau penginapan yang Anda pesan. Seperti jika Anda mulai dari dari pusat Kota Yogyakarta, lebih baik menggunakan jalur dari Imogiri dibandingkan dengan Wonosari.

Pertama jika dimulai dengan arah jalur utama menuju daerah Imogiri Anda harus mengarahkan kendaraan menuju ke jalan raya panggang. Dari titik ini akan banyak ditemukan penunjuk arah yang tertulis jelas di bagian bahu jalan sebagai penunjuk utama. Ikuti semua panduan yang Anda temukan selama perjalanan berlangsung, atau gunakan map di Handphone sebagai bantuan.

Kedua Anda juga bisa berangkat menggunakan jalur utama Wonosari. Melalui titik ini Anda harus melewati beberapa rute jalan raya seperti piyungan kemudian dilanjutkan menuju arah pathuk. Setelah itu ikuti penunjuk jalan dan arahkan menuju ke wilayah jalan Playen sampai dengan daerah jalan Panggang. Dari sana lokasi sudah akan semakin dekat , Anda hanya perlu mengikuti arahan.

Akses jalannya sudah bagus, namun strukturnya lumayan berkelok dan beberapa terlihat seperti curam. Namun Anda tidak perlu khawatir atau memerlukan keahlian offroad, karena tidak ada bebatuan terjal yang menghambat perjalanan Anda. Hanya saja perlu sedikit berhati-hati karena akan licin saat musim penghujan tiba. Oleh karenanya datang pada waktu yang tepat agar bisa menikmati pemandangan sekitar.

Semua rute memiliki keutamaan masing-masing tergantung dimana lokasi terdekat Anda. Jadi jika berasal dari luar kota dan memutuskan untuk menginap dalam semalam, pilihlah penginapan yang dekat lokasi. Sehingga tenaga tidak terbuang pada lamanya perjalanan yang ditempuh. Serta bisa menikmati keindahan alamnya yang asri dan sejuk.

Berapa biaya yang harus disiapkan saat ingin masuk ke lokasi Pantai Gesing? pasti banyak yang bertanya terkait hal tersebut. Tentu harga tiket masuknya tidak semahal yang dibayangkan bahkan bisa dikatakan sangat murah untuk keindahan ditawarkannya. Saat memasuki wilayahnya, hanya akan dikenakan tarif Rp.5000 per orang, kemudian parkir kendaraan sekitar Rp.2000,- saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Gesing

Aktivitas Menarik di Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps (Bason Journe)

1. Memancing

Kegiatan menarik yang bisa ditemukan dan dilakukan di sana adalah memancing, Tidak semua pantai Anda bisa melakukan aktivitas ini, namun Pantai Gesing memberikan kesempatan itu. Perairan ini biasa digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan dan biota laut lainnya, dengan begitu Anda juga memiliki kesempatan yang sama.

BACA:  Pantai Glagah Kulon Progo - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Biasanya jika Anda tidak menyiapkan alat memasak atau panggangan saat berkunjung, bisa meminta untuk diolah di warung sekitar pantai. Tentu menikmati suguhan keindahan alam dengan memakan hasil tangkapan ikan sendiri akan lebih mengesankan. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba, terutama bagi Anda yang memang memiliki hobi memancing.

2. Melihat Sunset

Kegiatan ini pasti sudah banyak sekali mendapat peminat, yaitu melihat semburan cahaya senja dari sunset yang menenangkan. Bagi Anda yang memang terkesan dengan berbagai fenomena alam seperti ini, tentu mengunjunginya di waktu menjelang sore hari adalah sebuah pilihan terbaik. Pesona keindahan dari cantik cahaya matahari sore tentu akan memanjakan setiap mata yang memandang.

Anda tidak perlu berada pada satu titik spot tertentu, cukup dari pinggir pantai semua bisa terlihat dan tersaji dengan jelas. Karena tidak banyak pepohonan atau penghalang yang mengganggu pandangan Anda saat menikmati keindahan semburan cahayanya. Sudah tidak sabar pastinya untuk melihat keindahan tersebut, segera rencanakan liburan terbaik dan singgah di waktu yang tepat.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Gesing

Penginapan Dekat Pantai Gesing
Image Credit: Traveloka.com

1. Hotel Kukup Indah

Penginapan terdekat pertama dari lokasi pantai yaitu Hotel Kukup Indah. Jaraknya dengan tempat wisata Pantai Gesing sekitar 3 kilometer saja, bisa ditempuh dengan kurang lebih satu 1,5 jam perjalanan. Harga untuk satu malam menginap dalam satu kamar yaitu mulai dari Rp.118.000,-.

2. Guesthouse Kampoeng Baron

Tempat penginapan terdekat selanjutnya yaitu Guesthouse Kampoeng Baron. Lokasinya berada sekitar 2,8 km dari lokasi wisata pantai. Pelayanannya cukup bagus, jika untuk menginap semalam saja dan menghilangkan lelah di perjalanan. Harganya juga tidak mencapai Rp.100,000,- per malamnya.

3. The Royal Joglo

Jika Anda mencari lokasi penginapan yang digunakan untuk singgah beberapa hari guna mengeksplor banyak tempat wisata lainnya, The Royal Joglo bisa jadi pilihan. Jarak dengan Pantai Gesing sekitar 5,7 km. Fasilitasnya bagus dengan harga yang juga cukup mahal yaitu Rp. 311.000,- per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gesing Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Gesing Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Kristian Danang)

Informasi fasilitas yang disuguhkan di Pantai Gesing termasuk lengkap dan terawat. Seperti area parkir juga luas dan toilet. Terdapat banyak kedai makanan yang berjejer di tepian pantai. Sarana dan prasarana tersebut dilakukan perbaikan dan penambahan oleh pengelola, sehingga pengunjung bisa dengan nyaman melakukan aktivitasnya.

Itulah beberapa hal yang menjadi informasi tambahan bagi Anda yang gemar berwisata bahari, terutama jika dekat dengan wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Akan banyak sekali keindahan dan pesona alam bisa Anda dapatkan saat berkunjung. Terlebih jika memilih waktu yang tepat saat melakukan perjalanan menuju lokasi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending