Pantai Sundak Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sundak Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sundak salah satu objek wisata yang populer dan eksotis di Gunung Kidul, Jogja yang menarik dieksplor. Pantai berpasir putih yang indah, ombak cukup kuat, menikmati olahan seafood cocok untuk liburan keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta, menjadi tempat yang tidak hanya terkenal sebagai provinsi yang kental akan adat dan budaya. Kota Pelajar ini juga terdapat berbagai tempat menarik yang recomended untuk menghabiskan liburan. Tidak hanya pegunungan, serta taman hiburan, Jogja juga terkenal dengan destinasi wisata pantai yang beragam. Salah satu pantai dengan pasir putih yang khas adalah Pantai Sundak.

Pantai cantik ini terletak di Gunung Kidul yang juga berdekatan dengan pantai lain seperti Pantai Indrayanti. Dengan panorama alam yang indah, destinasi wisata ini berhasil memikat khalayak untuk berkunjung kesana. Bahkan tempat ini tidak hanya indah, tapi juga terkenal memiliki deburan ombak yang riuh.

Dengan berbagai keindahan yang dimiliki, Pantai Sundak memang menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan serta keunikannya mampu membius siapa saja yang datang. Tidak heran, ketika liburan tiba pantai ini dipenuhi oleh perkumpulan manusia yang ingin merilekskan diri dengan berlibur. Angin sepoi khas laut pun seakan menjadi candu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sundak

Daya Tarik Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @ybpoer

1. Menyimpan Cerita yang Menarik

Selain terkenal akan keindahannya, nyatanya Pantai Sundak memiliki kisah yang menarik. Mulanya, pantai ini memiliki nama Wedimbedah. Nama tersebut diambil karena fenomena alam yang terjadi di tempat tersebut.

Di mana saat air mulai pasang sebagian besar air laut akan menuju daratan, menyebabkan terbentuknya cekungan di bagian timur pantai. Lalu saat surut, cekungan tersebut nampak seperti sebuah sungai kecil. Oleh sebab itu nama Wedimbedah dipilih oleh masyarakat. Di mana kata tersebut mengandung arti pasir yang membelah. Namun pada tahun 1976 namanya mulai berubah menjadi Sundak.

Siapa sangka, nama Sundak merupakan sebuah gabungan kata dari Asu (anjing) dan Landak. Konon, perkelahian antar anjing dan juga landak tersebut cukup sengit.

Semua bermula saat si anjing berlarian mencari kesenangan di tepi pantai. Lalu, sampailah ia di sebuah goa yang terdapat pada karang. Masuklah anjing tersebut ke dalamnya. Di sana anjing tersebut bertemu dengan seekor landak.

Saking laparnya, si anjing mencoba memangsa landak laut tersebut. Tidak sampai disitu, landak itupun tidak ingin pasrah dengan hidupnya. Jadi ia mencoba melawan serangan anjing dengan sekuat tenaga.

Namun naas, landak itu tetap kalah dan akhirnya menjadi makanan anjing yang lapar. Mulai saat itulah, pantai Wedimbedah beralih nama menjadi Sundak yang kini semakin populer dikalangan wisatawan.

2. Suasana Pantai yang Indah

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai ini memiliki garis pantai bergelombang yang indah. Di sekelilingnya juga terdapat berbagai macam pepohonan yang membuat suasana begitu asri.

Lengkap pula dengan jajaran pegunungan menghijau yang menyejukkan mata. Banyak dari pengunjung yang berkeliaran di tepian pantai hanya untuk menikmati angin sepoi yang bertiup lembut.

Deburan ombak laut pun seolah menjadi harmoni tersendiri. Benar-benar menyuguhkan pesona alam khas pantai yang syahdu. Terdapat pula beberapa gazebo untuk tempat beristirahat.

Daya Tarik dari Pantai Sundak
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

3. Pantai dengan Ombak yang Cukup Besar

Menjadi salah satu pantai yang berada di selatan pesisir Pulau Jawa, membuat Pantai Sundak memiliki deru ombak yang riuh. Sehingga dari garis pantai, akan terdengar begitu jelas deburan airnya.

Namun, hadirnya ombak di pantai ini juga kerap kali ditunggu. Di mana hal itu memberikan sensasi yang memacu adrenalin. Ombak pantai seolah melambai dengan gencarnya ke arah pengunjung.

Warna air lautnya pun memberikan kesan tersendiri. Bebatuan karang serta biota lautnya nampak dari permukaan air sebab airnya yang begitu jernih. Segala pesona yang diberikan seolah dapat menghilangkan segala penat setelah menempuh rute yang cukup panjang.

Pasalnya, setelah sampai tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh 50 meter agar dapat melihat pasir putihnya yang memukau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sundak

Alamat Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Sany Holic)

Untuk Anda yang sedang mencari destinasi wisata liburan, bisa langsung menuju Pantai Sundak. Pantai yang satu ini terletak di wilayah Yogyakarta.

Tepatnya di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari wilayah kota Jogja, pantai ini berjarak sekitar 57 km. Dengan jrtak tersebut pengunjung harus menempuh perjalanan dengan durasi kurang lebih satu setengah jam.

Agar bisa sampai di lokasi yang tepat Anda harus melewati beberapa rute terlebih dahulu. Tentunya, rute-rute tersebut akan membawa Anda menuju tujuan. Rute termudah untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini adalah mengikuti jalur ke arah Wonosari.

Pasalnya saat mengikuti jalur tersebut, telah tersedia papan penunjuk yang akan memudahkan Anda menuju pantai. Selain itu rute ini juga menjadi rute utama yang banyak dilalui oleh wisatawan agar sampai ke lokasi pantai. Karena kondisi jalannya agak ramai, Anda harus tetap berhati-hati saat berkendara.

Pantai Sundak dengan segala keindahan alamnya memang berhasil memikat para penikmat wisata alam. Tidak heran ketika musim liburan tiba banyak dari para traveler yang berkunjung ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sundak

Harga Tiket Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @catperku

Seperti tempat wisata pada umumnya, untuk bisa akses segala keindahan alam yang ada di gunung Kidul ini, maka pengunjung diberlakukan biaya tiket masuk. Namun untuk biaya masuk memang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alam yang didapatkan.

Pengelola pantai mematok harga Rp 5000 untuk Anda yang ingin memasuki kawasan itu. Sedangkan bagi pembawa kendaraan, baik mobil maupun motor akan dikenakan biaya mulai Rp 3000 – Rp 5000.

Sesaat setelah sampai di parkiran pengunjung harus berjalan kaki agar sampai di titik utamanya. Tenang saja, dari tempat parkir ke pantai jaraknya begitu dekat. Jam operasional objek wisata ini juga seolah tidak terbatas. Bagaimana tidak, pantai ini terbuka selama 24 jam dari hari Senin hingga Minggu.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai dengan puas dan leluasa, Anda bisa datang pagi. Yaitu antara pukul 07.00 – 10.00 agar tidak terlalu terik.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sundak

Aktivitas di Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @dewirahmat_

1. Menikmati Keindahan Sunset

Hal yang seolah tidak pernah terlepas dari keindahan Pantai Selatan adalah matahari terbenam. Begitupun dengan Pantai Sundak yang, yang daya tariknya juga tidak terlepas dengan keindahan sunset.

Jika ingin melihat fenomena alam yang indah tersebut Anda bisa datang senja hari. Iya, sebab pada saat itulah pengunjung lain akan berkumpul di bibir pantai untuk mendapatkan momen langka tersebut.

Nikmati detik demi detik terbenamnya matahari menuju peraduannya. Berganti dengan malam yang menandakan hari akan segera habis dan menjadi esok. Biasan cahaya jingga di laut pun memberikan warna tersendiri pada momen itu.

2. Bermain Pasir

Pantai Sundak terkenal memiliki pasir putih yang indah. Oleh sebab itu, aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir oantai. Iya, aktivitas ini tentu disukai oleh semua kalangan terutama anak-anak.

Mereka bisa membuat berbagai miniatur pasir yang unik. Permainan pasir ini bisa menjadi pengganti dari aktivitas berenang yang memang tidak begitu dianjurkan dilakukan di bibir pantai. Pasalnya di titik tersebut banyak karang yang malah akan membahayakan pengunjung.

3. Snorkeling

Tidak hanya cantik dengan kondisi pantainya, Pantai Sundak dihuni oleh berbagai macam terumbu karang juga biota laut yang beragam. Oleh karenanya tidak sedikit dari pengunjung yang ingin melihat kenampakan alam bawah lautnya dengan melakukan aktivitas snorkeling.

Jika Anda tertarik bisa langsung berganti pakaian dan memakai perlengkapan yang dibutuhkan. Anda bisa berenang agak sedikit ke tengah untuk bisa melihat jajaran terumbu karang beserta ikan-ikan kecil yang menghiasi air laut dalam. Rasakan langsung kesegaran air pantai yang nampak seolah bisa menghilangkan segala penat.

Aktivitas Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Fendi Bn)

4. Hunting Foto Keren

Kegiatan yang tidak boleh dilupakan saat berada di tempat epic nan menarik adalah mengabadikan momen dengan berfoto. Dengan begitu Anda bisa mengenang saat-saat berada di yang pastinya tidak akan pernah terlupakan.

Pasalnya di sinilah letak semua keindahan alam berada. Mulai dari jajaran bukit, pepohonan, hingga pasir putihnya yang begitu memukau. Kapan lagi bisa menikmati indahnya pantai hanya dengan merogoh kocek tidak sampai Rp 10.000.

Deburan ombak yang begitu indah serta angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh seolah memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Anda juga pasti akan betah berlama-lama di tempat ini. Berfoto dengan latar belakang matahari terbenam pun bisa menjadi andalan.

5. Menikmati Wisata Kuliner

Perlu Anda ketahui jika pantai ini memiliki beberapa warung makan yang ada di sepanjang garis pantainya. Saat lapar melanda, pengunjung dapat menjelajah tiap makanan yang ada di sana. Tersedia berbagai menu laut yang pastinya menggoyang lidah. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu takut kelaparan saat berkunjung kesini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Sundak

Penginapan Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Omah Sundak)

1. Penginapan Sew View Sundak Indraprastha

Penginapan yang satu ini terletak di satu kawasan bersama Pantai Sundak. Yaitu di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Oleh karenanya banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi penginapan.

Apalagi jarak dari hotel ke pantai hanya memerlukan 2 menit saja. Dari segi fasilitas, Penginapan Sew Sundak Indraprastha dilengkapi dengan area parkir gratis, kolam renang, dan layanan kamar.

2. Omah Sundak

Masih berada di desa Sidoharjo, penginapan selanjutnya adalah Omah Sundak yang mempermudah Anda akses keindahan destinasi wisata pantai ini. Bahkan tempat ini juga melayani jemputan bandara. Telah terdapat tempat parkir luas disini. Bahkan, dari luar kamar Anda bisa langsung memandang luasnya lautan.

Omah Sundak juga memiliki kamar yang cukup luas. Jadi Anda bisa beramai-ramai menginap disini. Pastinya liburan Anda akan semakin menyenangkan.

3. Penginapan Dua Putra

Penginapan yang satu lebih berbentuk semacam rumah yang berjejer. Desain bangunannya minimalis dengan berbagai fasilitas yang ada. View di luar penginapan juga bagus.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sundak
Image Credit: Googlge Maps (Satriyo Waskito)

Menjadi salah satu wisata populer yang ada di Yogyakarta, pantai yang indah ini telah dibekali dengan berbagai fasilitas. Mulai dari mushola, tempat parkir, toilet, juga warung makanan.

Berbekal berbagai fasilitas yang ada, pengunjung diharapkan dapat melestarikan keindahan pantai dengan maksimal. Di sana juga terdapat beberapa gazebo sebagai tempat peristirahatan sementara.

Nah, itu tadi berbagai hal mengenai Pantai Sundak yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat yang tepat untuk menjadi tujuan wisata saat liburan tiba. Rasakan sendiri sensasi berlibur ke pantai cantik nan memukau ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending