Pantai Mbuluk, Pesona Pantai Indah & Batuan Karang Eksotik di Gunung Kidul

Pantai Mbuluk, Pesona Pantai Indah & Batuan Karang Eksotik di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai dengan sejuta pesona yang terdapat di Yogyakarta, tepatnya yaitu Kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Mbuluk. Pantai tersebut memang populer karena keindahan yang mampu ditawarkan pada para pengunjung dari luar kota maupun luar negeri. Anda yang kebetulan berkunjung ke Jogjakarta, maka sempatkan waktu untuk berada di pantai ini.

Landsekap alam yang begitu indah disuguhkan oleh pantai yang akan membuat siapapun merasa betah dan tidak ingin segera beranjak dari tempat tersebut. Jangan heran ketika melihat banyak pengunjung memadatinya, karena nuansanya memang cenderung berbeda dari pantai lain yang bisa Anda temukan di Kota Jogjakarta.

Di pantai ini memang memiliki suasana yang begitu segar dengan anginnya yang berhembus sepoi-sepoi. Tidak perlu takut kepanasan, karena terdapat pepohonan Pandan di bagian tepian Pantai Mbuluk yang membuat suasana jadi tampak teduh. Anda yang kebetulan ingin mencari tempat untuk refreshing, maka pantai satu ini adalah jawabannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mbuluk

Daya Tarik Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Trisno Ary Budi

1. Keindahan Landsekap Pantai

Begitu banyak daya tarik yang mampu disuguhkan oleh Pantai Mbuluk Gunung Kidul, salah satunya yaitu keindahan dari landsekap pantai itu sendiri. Salah satu hal yang membedakan pantai tersebut yaitu di tempat ini akan Anda temukan sebuah tebing yang menjulang tinggi. Tebing tersebut menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung.

Tidak hanya itu saja, terdapat keindahan lain yang sengaja diciptakan oleh pihak pengelola wisata, yaitu berupa jembatan kayu. Dari tebing, lokasi jembatan kayu memang tidak terlalu jauh. Melewati jembatan ini akan membawa Anda ke Pantai Ngrawe. Salah satu hal yang menarik yaitu saat ombak menerjang jembatan yang menciptakan pemandangan memukau.

Jembatan itu sendiri terdapat di bagian bibir pantai, sehingga memang begitu pas jika Anda ingin berburu foto di sana. Karena itu, pengunjung yang ingin mengabadikan momen tidak segan untuk berada di jembatan kayu tersebut. Begitu pula dengan Anda, jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan foto yang indah di jembatan kayu.

2. Batuan Karang yang Eksotik

Untuk daya tarik selanjutnya yang bisa Anda peroleh ketika berada di Pantai Mbuluk tersebut yaitu pemandangan berupa batuan karang yang sangatlah exotic. Batuan Karang ini merupakan penampakan alam yang terbentuk secara alami. Bentuk karang yang ada di sana menciptakan ornamen menyerupai sebuah gua.

Anda nantinya diperbolehkan untuk mengeksplor area gua dan melihat keindahan dari batuan karang tersebut. Perpaduan antara Goa Batu Karang dengan laut yang masih sangat alami akan menciptakan nuansa yang sangat nyaman. Dipastikan ketika Anda memasuki Goa tersebut, Anda akan melihat sebuah mahakarya dari Sang Kuasa yang tiada duanya.

Pengunjung yang kebetulan ingin merilekskan diri mereka, sangat disarankan untuk memasuki area gua. Berada di dalam gua tentu akan membuat Anda lupa sejenak dengan beban kerja ataupun tugas sekolah yang menumpuk. Hal itu pada akhirnya juga akan membuat pikiran Anda jadi lebih fresh dan siap kembali beraktivitas.

3. Pantai yang Tenang

Suasana Pantai Mbuluk memang masih begitu tenang, yang pastinya berbeda jika dibandingkan pantai lain yang terdapat di Provinsi Yogyakarta. Area garis pantainya juga tergolong cukup luas, yaitu sejauh 25 m. Panorama yang dibentuk oleh tempat wisata ini nyatanya mampu menarik pengunjung dari berbagai wilayah.

Dipastikan semua kombinasi alam yang ada di sana membuat pengunjung merasa begitu dimanjakan. Terlebih bagi Anda yang memang Sangat gemar sekali berlibur di tempat wisata berupa pantai.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Jarot Priyogutomo

Lokasi serta rute untuk menuju ke Pantai Mbuluk relatif mudah dan Anda tidak akan dibuat kebingungan mencari tempat wisata ini. Karena saat ini dengan kemajuan teknologi, Anda sudah bisa mencarinya melalui bantuan Google Maps.

Pantai ini tepatnya berada di Kabupaten Gunung Kidul, Desa Kemadang. Sekalipun keindahan dari pantai tersebut begitu mengagumkan, namun pantai ini biasanya ramai dikunjungi saat hari libur. Sedangkan untuk hari aktif pantai ini masih cenderung sepi.

Anda yang berada di Kota Jogjakarta dan hendak menuju ke pantai, setidaknya akan dibutuhkan waktu selama 2 jam perjalanan untuk mencapai area wisata tersebut. Tidak perlu ragu lagi untuk membawa mobil ataupun motor, karena akses jalan sudah begitu baik.

Kondisi jalan menuju ke pantai ini memang sangat halus, namun di beberapa bagian terdapat jalanan berbatu sekalipun hanya sebagian kecil saja. Bagi yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memakai angkutan umum dengan ongkos yang terbilang ramah di kantong.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbuluk

Harga Tiket Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Bambang Vivo

Seperti umumnya pantai yang ada di Provinsi Jogjakarta, area wisata Pantai Mbuluk ini juga mengenakan biaya tiket masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena biaya tiket tersebut relatif bersahabat. Di sini Anda hanya perlu menyiapkan anggaran sebesar Rp 10.000 saja untuk bisa menikmati beragam daya tarik dan keseruan aktivitas di sana.

Beruntungnya lagi jika Anda kebetulan membawa anak-anak, maka mereka tidak akan dikenakan biaya apapun untuk dapat memasuki area wisata. Pastikan Anda tidak meninggalkan kendaraan Anda di sembarang tempat, karena di sana sudah disediakan area parkir dengan tarif Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Area wisata ini cenderung unik, karena di sini tidak terdapat jam operasional. Dalam artian Anda bisa datang kapan pun Anda mau, karena tempat ini di buka 24 jam penuh. Tapi ketika di sini Anda ingin memperoleh panorama yang begitu indah, sebaiknya memilih waktu ketika sore hari ataupun pagi hari.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Mbuluk

Aktivitas Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Vaper’s Ngapak

1. Melihat Mercusuar

Salah satu hal yang cukup menarik bisa ditemukan ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi Pantai Mbuluk yaitu adanya mercusuar. Untuk bisa melihat mercusuar ini, Anda perlu berjalan ke arah barat. Dengan menaiki mercusuar inilah nantinya panorama dari pantai bisa di saksikan dengan begitu sempurna.

Tidak hanya itu saja, mercusuar dapat dijadikan latar belakang saat Anda ingin mengabadikan momen berlibur. Tak jarang pengunjung juga menggunakan tempat ini sebagai area untuk melangsungkan foto prewedding.

2. Berenang dan Bermain Air

Kurang pas rasanya jika Anda tidak menyempatkan diri untuk bermain air maupun berenang di Pantai Mbuluk. Aktivitas tersebut memang boleh untuk dilakukan, karena ombak di pantai populer ini terbilang tidaklah berbahaya.

Keberadaan dari bebatuan karang membuat ombak besar yang menerjangnya jadi pecah, karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk bermain air maupun berenang. Untuk anak-anak, sebaiknya Anda jangan melepaskan pengawasan dari mereka.

3. Explore Wilayah Tebing

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, di Pantai Mbuluk ini terdapat sebuah tebing yang di bagian atasnya Anda akan menemukan fasilitas berupa meja, kursi dan juga gazebo. Dengan adanya fasilitas tersebut akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin duduk santai sambil menyaksikan keindahan alam Pantai Gunung Kidul.

Nantinya pengunjung akan dikenakan biaya tersendiri untuk bisa memasuki area tebing tersebut. Besar biayanya yaitu Rp 3.000 saja dan dengan uang tersebut Anda sudah dapat menikmati segala keseruan ketika berada di tebing. Jika Anda memilih momen saat matahari terbit atau tenggelam, maka tentu hal tersebut akan makin mengagumkan.

Fasilitas yang Ditawarkan di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Cerwyn Eliata

Fasilitas yang bisa Anda temukan di Pantai Mbuluk ini terbilang cukuplah memadai dan lengkap. Berwisata dan berlibur ke tempat tersebut akan membuat Anda benar-benar terfasilitasi. Begitu juga dengan beragam aktivitas yang nantinya ingin dilakukan. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan benar-benar merasa betah dan tidak ingin segera beranjak.

Akses jalan yang sudah begitu baik didukung juga dengan area parkir yang luas dan aman akan membuat Anda merasa tenang. Fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi juga telah tersedia. Kondisi dari toilet dan kamar mandi cukup bersih, sehingga tidak akan membuat Anda risih setelah menggunakannya.

Tidak jauh dari area wisata telah berdiri area penginapan yang akan membuat Anda tidak perlu kebingungan saat ingin bermalam di sana. Beragam kuliner menarik khas masakan laut juga akan mudah untuk ditemukan di warung makan yang berdiri di sekitaran area pantai.

Menjelang hari libur tiba, pastinya Anda akan mencari referensi tempat wisata menarik untuk dikunjungi, maka Pantai Mbuluk merupakan jawabannya. Pantai tersebut berada di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Jogyakarta.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending