10 Wisata Pantai di Wonosari, Gunung Kidul Paling Hits

Wisata Pantai Wonosari

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Wonosari, Gunung Kidul. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits Sebagai Tujuan Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Tak bisa dipungkiri lagi, pantai menjadi objek wisata favorit semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Mereka beranggapan bahwa wisata bahari ini menawarkan sensasi liburan yang berbeda dan juga menyenangkan. Selain itu objek wisata pantai juga menjadi tempat yang paling tepat untuk bermain air, hunting foto, atau sekedar mencicipi kuliner seafood.

Sama halnya di Wonosari, Gunung Kidul yang memiliki pesona wisata bahari yang bisa memanjakan Anda. Berikut rekomendasi wisata pantai terindah di Wonosari yang bisa Anda pilih saat berlibur.

1. Pantai Timang

Pantai Timang
Image Credit: Roomme.id

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai dengan pasir putih bersih sembari memacu adrenalin, maka destinasi satu ini bisa jadi alternatifnya. Pantai Timang menyuguhkan pemandangan yang indah dengan deburan ombak yang cukup besar. Mengingat besarnya ombak tersebut, sehingga para pengunjung dilarang untuk berenang di pantai ini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyaksikan hempasan ombak tersebut melalui kereta gantung.

Kereta Gantung tersebut terbuat dari kayu dengan tali tambang sebagai pengamannya. Para pengunjung yang menaiki kereta gantung ini akan merasakan adrenalin yang luar biasa untuk bisa menuju ke Pulau Watu Panjang. Ternyata kereta gantung tersebut sering digunakan para nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobster yang ada di pulau tersebut menuju ke daratan. Tak hanya memacu adrenalin, di pantai ini Anda cocok digunakan sebagai spot foto yang kekinian.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

2. Pantai Baron

Pantai Baron
Image Credit: Pantainesia.com

Menjadi salah satu destinasi pantai yang ada di Wonosari, Pantai Baron ini memiliki pemandangan yang cantik dengan air lautnya yang bersih serta memiliki warna gradasi kebiruan. Dengan adanya keindahan tersebutlah mampu memikat para pengunjung untuk berenang atau bermain air di pantai ini. Berbeda dengan Pantai Timang, ombak di Pantai Baron ini tidak terlalu besar dan tergolong aman.

Dengan kondisi ombak sepeti itu, banyak para pengunjung yang berenang ataupun bermain baik itu anak anak ataupun orang dewasa. Pantai Baron diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanannya, sehingga membuat pemandangannya yang begitu memukau. Tak hanya disuguhkan dengan view indah dan keren saja, para pengunjung juga bisa membeli aneka macam ikan segar langsung dari nelayannya. Deretan perahu tradisional milik para nelayan yang ditambatkan di tepi pantai tersebut pula memberikan daya tarik sendiri dari objek wisata ini.

Lokasi: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

3. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Image Credit: Piknikasik.com

Tak kalah cantiknya, Pantai Ngobaran juga menawarkan keindahan pantai laut selatan yang memukau dengan ombak besar dan airnya yang jernih bergradasi warna biru. Hamparan pasirnya yang putih dengan pepohonannya yang rindang menambahkan kemolekan yang dimiliki pantai satu ini. Pantai Ngobaran termasuk ke dalam destinasi wisata yang masih cukup alami, karena letaknya yang cukup tersembunyi.

Sehingga para pengunjung yang datang kesini akan merasakan suasana yang tenang dan damai. Tak hanya itu, Pantai Ngobaran juga menyuguhkan olahan kuliner seafood yang berasal dari landak laut. Adanya olahan kuliner tersebut menambahkan keunikan sendiri pada pantai ini, karena ternyata makanan yang berasal dari landak laut itu hanya bisa dijumpai di Pantai Ngobaran saja.

Lokasi: Bedalo, Krambil Sawit, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul.

4. Pantai Kukup

Pantai Kukup
Image Credit: Tirto.id

Sama halnya dengan Pantai Ngobaran, Pantai Kukup juga merupakan salah satu destinasi wisata baharai yang letaknya cukup tersembunyi sehingga alamnya masih terjaga alami. Pantai ini juga memiliki pemandangan yang sangat cantik dan menawan. Di sisi timur pantai ini terdapat sebuah pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino. Pada pulau tersebut terdapat gardu pandang yang sengaja dibangun agar para wisatawan bisa menikmati pemandangan Samudera Hindia dengan leluasa.

Gardu pandang tersebut juga membuat pantai ini terlihat seperti Tanah Lot di Bali. Hamparan pasir yang terdapat di Pantai Kukup ini juga sangat cantik dan putih bersih. Tak hanya itu ombaknya yang cukup tenang juga mampu membuat para pengunjung tertarik untuk berenang dan bermain air sepuasnya. Di Pantai Kukup ini juga terdapat gugusan terumbu karang yang berada di dekat bibir pantai untuk melindungi dari hempasan ombak besar.

Lokasi: Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

5. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Image Credit: Niagatour.com

Dengan adanya dinding dinding karang yang ada di Pantai Ngrenehan ini, mampu membuatnya tampak lebih menawan dan cantik untuk dinikmati para pengunjung. Dinding karang tersebut juga berfungsi untuk menahan hempasan ombak besar dari samudera, sehingga ombak yang sampai ke bibir pantai tak begitu besar. Indahnya gugusan batu karang tersebut memiliki bentuk yang menyerupai teluk, sehingga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Di Pantai Ngrenehan ini pula para wisatawan bisa melihat secara langsung aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan. Terdapat pula tempat pelelangan ikan yang menyediakan beragam jenis tangkapan ikan para nelayan. Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa menikmati beragam olahan kuliner seafood lezat hasil dari tangkapan laut yang segar. Deretan perahu para nelayan yang ditambatkan tersebut pula mampu menciptakan keunikan dari pantai ini.

Lokasi: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul.

6. Pantai Gesing

Pantai Gesing
Image Credit: Gunungkidulkab.go.id

Pantai satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menyukai suasana wisata yang sepi dan tenang. Destinasi wisata ini memang masih belum terkenal seperti pantai lainnya, tetapi Anda tak perlu khawatir karena di Pantai Gesing ini menyuguhkan pemandangan yang sungguh menawan. Di dekat pantai terdapat pula perkampungan nelayan, sehingga Anda bisa melihat jejeran perahu tradisional yang berada di dekat bibir pantai ini.

Selain itu, hamparan pasir putihnya yang sangat bersih itu mampu membuat suasana di pantai tampak lebih cantik. Terdapat pula bebatuan karang yang bisa dilihat secara jelas ketika air laut sedang surut, sehingga mampu memperindah pemandangan Pantai Gesing ini. Air lautnya yang jernih dengan gradasi warna hijau kebiruan tersebut mampu membuat siapa saja melihatnya terhipnotis dan ingin tinggal lama lama disini.

Lokasi: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul.

7. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @wahyuandhika22

Berbeda dari pantai pantai sebelumnya, di Pantai Jogan ini terdapat satu hal yang sangat unik dan menarik yaitu adanya air terjun yang langsung jatuh ke laut. Dengan adanya air terjun setinggi 10 meter tersebut mampu menghadirkan pesona keindahan pantai yang sangat khas. Air terjun tersebut berasal dari air di perbukitan kapur yang ada di kawasan Gunung Sewu. Keunikan dan keindahan tersebutlah membuat tempat ini cocok digunakan sebagai spot foto yang instagenik.

Pantai Jogan ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia, sehingga Anda bisa melihat luasnya bentang lautan yang ada di pantai ini. Untuk bisa sampai ke bagian bawah air terjun ini, pengunjung harus menuruni bebatuan karang di sampingnya. Namun Anda perlu kewaspadaan yang tinggi, mengingat bebatuan tersebut licin karena terkena ombak pantai. Selain itu Pantai Jogan ini juga cocok digunakan untuk camping.

Lokasi: Jl. Pantai Siung, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

8. Pantai Siung

Pantai Siung
Image Credit: Pesonaindonesia.top

Terkenal dengan bebatuan karangnya yang tinggi, Pantai Siung ini juga menawarkan pemandangan yang tak biasa dibandingkan dengan pantai lainnya. Karena dinding karang tersebut biasanya dijadikan sebagai tempat panjang tebing. Oleh karena itu tempat ini memiliki ratusan jalur pemanjatan yang telah dijelajahi oleh para wisatawan yang berkunjung kesini. Menariknya lagi, tebing tersebut ternyata digunakan sebagai lokasi perlombaan panjat tebing tingkat nasional hingga internasional.

Tak hanya tebing saja, Pantai Siung juga memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air lautnya yang jernih. Meski pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang begitu besar, tapi Anda tak perlu khawatir karena di Pantai Siung ini ombaknya tak terlalu besar, jadi cukup aman bagi Anda yang berkunjung kesini. Warna airnya yang kebiruan tersebut pula mampu memikat para pengunjung untuk mengabdikannya sebagai spot foto yang menarik.

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul.

9. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo
Image Credit: Ksmtour.com

Ingin merasakan berendam di pantai tanpat takut tersapu ombak besar? Pantai Wedi Ombo bisa menjadi solusinya. Pantai yang terletak tak jauh dari Wonosari ini memiliki gugusan karang yang berjajar rapi membentuk semacam laguna alami. Gugusan tersebut memungkinkan para pengunjungnya untuk bisa berenang dengan bebas tanpa khawatir tersapu ombak besar dari lautan.

Airnya juga yang begitu jernih dan bersih, sehingga mampu memikat para pengunjung untuk terjun dan berenang didalamnya. Meski demikian Anda juga harus tetap waspada karena tak ada yang tahu ombak besar bisa datang kapan saja. Pantai Wedi Ombo ini juga terkenal dengan pemandangannya yang cantik dan menjadi tempat favorit untuk melihat suasana matahari tenggelam.

Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul.

10. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Image Credit: Hipwee.com

Bagi Anda yang menyukai berenang sambil snorkeling, maka Pantai Nglambor bisa jadi alternatif terbaik. Anda tak perlu khawatir dengan ombak pantai selatan yang besar, disini Anda bisa merasakan pengalaman snorkeling dengan bebas. Hal tersebut dikarenakan terdapat berbagai pulau karang yang menghadang adanya ombak besar dari samudera. Tak hanya itu perairan pantai juga termasuk dangkal, berair jernih dan memiliki banyak terumbu karang yang indah.

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata alam lainnya yang cocok untuk Anda kunjungi di Wonosari, Gunung Kidul ini. Tetapi beberapa wisata pantai yang disebutkan diatas bisa menjadi referensi liburan Anda. Ketika sedang bertandang ke salah satu pantai di Wonosari tersebut, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihannya serta mencicipi beragam olahan kuliner khasnya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending