Pantai Ngobaran Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Ngobaran Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Ngobaran salah satu wisata pantai eksotis di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang memiliki pesona bukit karang yang memukau, Pura Segara Wukir dan Candi Moyodipo.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta. Daerah ini memang terkenal memiliki banyak sekali jenis wisata, salah satunya adalah pantai Ngobaran. Di tempat ini pengunjung tidak hanya bisa berwisata namun juga bisa melakukan ibadah bagi umat tertentu.

Keindahan pantai ini memang sudah terkenal sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung. Tidak hanya menyajikan satu keindahan, pantai ini masih memiliki banyak daya tarik yang mampu menarik orang untuk datang berkunjung.

Pantai ini juga dikenal sebagai objek wisata dengan toleransi yang tinggi antar umat beragama, sehingga membuat sebagian orang merasa nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini. berikut daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngobaran

Daya Tarik Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (wisata Jogja21)

Objek wisata ini memiliki beberapa daya tarik yang mampu membuat Anda nyaman dan mampu menikmati keindahan alam di Pantai Ngobaran.

1. Objek Wisata Khas Bali

Jika Anda memiliki keinginan untuk berlibur ke Bali dan menikmati pantai dengan pemandangan indahnya namun terhalang biaya dan jarak?, Pantai Ngobaran Gunung Kidul adalah alternative yang sangat tepat. Tempat ini memiliki pemandangan khas bali dengan pura dan arca di pinggir pantainya mampu memberikan suasana seperti Anda sedang di Bali.

2. Bangunan Desain Unik

Tidak seperti pantai pada umumnya, di tempat ini terdapat bangunan-bangunan dengan nilai budaya yang sangat indah. Bagaimana tidak mulai dari pintu gerbang, Anda akan disabut dengan Arca yang begitu indah khas Hindu sampai dengan di objek wisatanya sendiri terdapat bangunan pura yang masih di gunakan oleh masyarakat dengan ukiran-ukiran indah.

3. Pantai Dengan Toleransi yang Tinggi

Daya tarik lain yang dimiliki oleh tempat ini adalah toleransi antar umat beragama di tempat ini sangat tinggi. Bagaimana tidak pada tempat ini merupakan lokasi pertemuan beberapa tempat peribadatan. Musholla, pura, serta candi dibangun berdekatan di kawasan ini. Terdapat mushola bagi umat muslim dan Candi untuk ibadah umat hindu serta kebutuhan kejawen.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (wisata Jogja21)

4. Fasilitas yang Lengkap

Selain memiliki banyak keindahan dan keunikan, tempat ini juga memiliki fasilitas yang lengkap bagi wisatawan. Mulai dari lahan parkir yang luas sehingga Anda tidak akan pusing saat memarkirkan kendaraan. Toilet umum yang bersih dan jumlahnya yang banyak, dan ketika membutuhkan sesuatu sudah terdapat kios-kios yang barang dagangannya yang lengkap bagi kebutuhan wisatawan.

5. Swafoto Tebing

Ketika berlibur memang kurang lengkap bila tidak mengabadikan momen-momen special bersama teman atau bersama keluarga. Pantai Ngobaran merupakan tempat yang sangat cocok untuk Swafoto tebing. Mengambil foto dengan latar belakang tebing yang indah, dan bila Anda mengambil gambar di atas bukit karang maka Anda akan mendapatkan view pantai yang sangat indah.

6. Banyak Penginapan Dengan Harga yang Terjangkau

Jika Anda berasal dari luar daerah dan sedang mencari penginapan di sekitar objek wisata ini, tidak perlu pusing dan capek untuk mencari. Karena di sekitar pantai ini sudah banyak sekali terdapat fasilitas penginapan mulai dari yang biasa sampai dengan yang luar biasa. Harga sewa penginapannya juga terjangkau mulai dari Rp 50.000an sampai dengan ratusan ribu.

7. Mengunjungi Banyak Pantai dalam Sekati Jalan

Ketika berkunjung ke sini, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata pantai yang indah. Di sekitar Pantai Ngobaran Gunung Kidul juga terdapat beberapa pantai yang sejalur. Namun tetap pantai dengan daya tarik dan paling sering di kunjungi adalah Pantai Ngobaran Gunung Kidul ini. karena mulai dari fasilitas, keindahan serta keunikannya memiliki nilai yang sangat khas.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Yoto Chanel)

Alamat dari Pantai Ngobaran sendiri terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini memang cukup jauh dari kota Yogyakarta yakni 54 KM, sehingga untuk datang ke tempat ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika Anda tidak memiliki kendaraan untuk disini, Anda bisa menyewa atau menggunakan jasa tour pariwisata yang sudah ada.

Walaupun tempat ini merupakan objek wisata favorit, ternyata biaya tiket masuknya tidaklah mahal. Tidak hanya itu untuk parkir motor atau mobil juga masih dibatas wajar, dan untuk sistem parkirnya juga tidak menggunakan waktu. Untuk tiket masuk nya per orang dipatok dengan harga Rp 5.000, parkir motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngobaran

Aktivitas di Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Apace 47)

Setiap pantai memiliki daya tarik keindahan alamnya, namun di beberapa objek wisata memiliki kegiatan unik dan menjadi tujuan wisatawan untuk datang berkunjung. Tidak hanya bermain di pantai dan menikmati pemAndangan, banyak kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan di objek wisata ini. Di Pantai Ngobaran Gunung Kidul juga terdapat beberapa kegiatan menarik untuk dilakukan yakni.

1. Menyaksikan Upacara Adat

Karena sebagian besar masyarakat di daerah tersebut beragama hindu dan budha menjadikan tempat ini memiliki kesan tersendiri. Jika beruntung Anda bisa menonton dan menyaksikan upacara agama dan Adat khas daerah tersebut. Menyaksikan Acara adat merupakan hal menarik bagi sebagian orang sehingga banyak yang datang untuk berkunjung kesini.

2. Berburu Biota Laut

Tidak hanya berwisata Anda juga bisa berburu biota laut seperti ikan, udang, lobster dan sebagainya di Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Berburu dalam hal ini bukan berarti Anda harus mencari di laut ya, melainkan Anda bisa membeli ke nelayan yang ada disana. Pada sore hari Anda akan melihat beberapa nelayan sedang mencari ikan dan biota lain dan bisa langsung membelinya.

3. Menikmati Pemandangan Sunset yang Indah

Mengingat terdapat banyak bukit karang di tempat ini menjadikan Pantai Ngobaran Gunung Kidul sebagai spot menikmati indahnya matahari tenggelam. Banyak sekali pengunjung yang hanya mengejar momen ini, karena tempat ini sendiri memiliki keindahan yang memukau pada sore hari. Anda bisa menikmati pemandangan yang indah ini dengan ditemani secangkir kopi panas.

4. Berfoto di Depan Pura dan Arca

Aktivitas berfoto memang hal yang wajib dilakukan saat berlibur, namun memiliki satu foto dengan pemandangan yang unik adalah salah satu hal yang menyenangkan. Di Pantai Ngobaran Gunung Kidul Anda bisa mengambil foto denga pose keren atau unik di dekat Pura dan Arca yang ada disana, namun perlu diingat bahwa ini tempat ibadah.

5. Beribadah di Tempat wisata

Selain untuk berwisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul juga sering digunakan untuk beribadah umat Hindu, mengingat di tempat ini juga terdapat pura. Bagi Anda yang beragama Hindu walaupun tidak berasal dari daerah tersebut bisa beribadah di tempat ini. melakukan ibadah di tempat yang indah memang menjadi kepuasan tersendiri bagi setiap orang.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Ngobaran

Penginapan Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Rhony Sudjiwo)

Di Pantai Ngobaran Gunung Kidul juga terdapat penginapan dengan tarif yang cukup murah sehingga menjadi alternatif bagi Anda yang berasal dari luar daerah. Jarak dari objek wisatanya sendiri tidak terlalu jauh.

1. Losmen Prasetyo

Penginapan ini berjarak sekitar 0,7 Km dari objek wisata. Selain jarang yang bisa dibilang dekat biaya yang dikeluarkan untuk menginap disini juga tidak terlalu mahal. Harga sewa dari tempat ini sendiri mulai dari Rp 78.000an, tempat ini sangat tepat bagi Anda yang mau berhemat saat berlibur atau budget Anda yang pas-pasan.

2. Hotel Barokah

Jika Anda mencari penginapan yang sangat dekat dengan objek wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Hotel barokah dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Jaraknya hanya sekitar 0,1 km dari objek wisata, namun biaya yang akan Anda keluarkan untuk bisa menginap disini sekitar Rp 135.000an. untuk sistem pemesanan Anda bisa menggunakan Aplikasi-aplikasi boking hotel biasanya.

3. Losmen Tutwuri 2

Jika Anda mencari penginapan dengan nuansa persawahan dan berada di Pinggir pantai, Losmen Tutwuri 2 bisa menjadi pilihan yang tepat. Berdasarkan reviw dari beberapa pengunjung yang sudah menginap disini suasana yang akan Anda lihat akan sangat indah mengingat terdapat persawahan dan berlokasi di pinggir pantai, biaya penginapannya sangat murah yakni mulai dari Rp 50.000an.

4. Penginapan Djayantika

Penginapan ini memang memiliki harga yang cukup tinggi, yakni berkisar Rp 160.000. Namun, Anda akan mendapatkan fasilitas yang lengkap dan sangat memadai, tidak hanya itu pemandangan di tempat ini juga sangat indah. Ketika menginap disini Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang bersih dan indah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngobaran Jogja

Fasilitas Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Fajar Andro)

Sebagai objek wisata yang terkenal, fasilitas yang disediakan juga sudah lengkap sehingga wisatawan yang berkunjung juga akan merasa puas. Fasilitas yang lengkap inilah yang menjadi daya tarik dalam menarik wisatawan untuk datang. Fasilitas yang disediakan sudah sangat memaskan jika dilihat dari biaya masuknya, fasilitasnya antara lain:

1. Parkiran yang Luas

Parkiran memang sering kali menjadi permasalahan bagi beberapa objek wisata, dimana ketika ramai pengunjung cenderung akan merasa kesulitan untuk memarkirkan kendaraanya. Biasanya ketika hari libur dan pengunjung sedang ramai maka lahan parkiran juga akan penuh. Namun di tempat ini parkiran kendaraan pengunjung sudah sangat luas dan sulit untuk penuh.

2. Jumlah Kamar Mandi yang Banyak dan Bersih

Fasilitas umum di objek wisata sangatlah penting. Jika jumlah fasilitas umum seperti kamar mandi tidak memadai maka akan berpengaruh terhadap terhadap kepuasan pengunjung. Namun jumlah Kamar mandi dan toilet di tempat ini sangat banyak dan kondisi sudah sangat bersih. Fasilitas ini juga menjadi salah satu unggulan yang dimiliki oleh Pantai Ngobaran Gunung Kidul.

3. Kios-Kios dengan Barang Jualan yang Lengkap

Jika berkunjung ke tempat ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa makanan dari rumah terutama bagi Anda yang dari luar daerah. Di Pantai Ngobaran Gunung Kidul sudah tersedia kios yang menjual mulai dari makanan, snack, sampai dengan oleh-oleh. Hal ini tentu memudahkan Anda saat berkunjung ke tempat ini.

Pantai Ngobaran di Gunung Kidul memang menjadi daerah wisata yang menjadi primadona tujuan berlibur. Jadi saat berada di kota Yogyakarta, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending