Pantai Ngiroboyo Pacitan, Pantai Eksotis yang Menyatu dengan Pesona Sungai Maron

Pantai Ngiroboyo Pacitan, Pantai Eksotis yang Menyatu dengan Pesona Sungai Maron

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Ngiroboyo salah satu objek wisata pantai yang menawan di Pacitan, Jawa Timur. Pantai yang menjadi ujung dari Sungai Maron ini berpasir hitam dan menyuguhkan pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Daerah Jawa Timur memang memiliki potensi wisata yang tiada habisnya untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Ngiroboyo, pantai yang didominasi oleh pasir hitam ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo. Wisatawan yang datang tidak hanya tertarik akan keindahan pantainya yang dikelilingi oleh tebing-tebing batuan kapur. Tetapi juga karena suasana pantai yang terbilang lebih sepi dari pantai-pantai lain yang ada di Jawa Timur.

Bagi Anda yang sedang menyusun agenda liburan di pantai ini, banyak hal menarik yang dapat dilakukan. Tidak hanya itu, lokasinya mudah ditemukan sehingga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat wisata ini. Berikut ini ada informasi mengenai wisata pantai tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngiroboyo

Daya Tarik Pantai Ngiroboyo
Image Credit: Google Maps (Javasera1)

1. Panorama Khas Pantai Selatan

Di sepanjang pulau Jawa bagian selatan, terdapat banyak deretan wisata pantai yang memiliki pasir hitam. Pantai Ngiroboyo yang juga salah satu pantai selatan Jawa, memiliki keunikannya yang satu ini.

Saat siang hari dimana matahari sedang terik, pancaran sinarnya membuat butiran-butiran pasir terlihat mengkilap. Bahkan tak jarang wisatawan yang pernah datang di pantai ini, mengatakan bahwa pasirnya tampak seperti mutiara hitam yang berkilau.

Pemandangan lain yang akan menemani kedatangan Anda di pantai tersebut adalah deretan tebing kapur di sebelah barat. Rumput yang tumbuh subur di area tebing, membuat pemandangan menjadi lebih hijau dan asri.

2. Gardu Pandang Bukit Ngiroboyo

Terdapat sebuah gardu pandang di kawasan Pantai Ngiroboyo yang terletak di atas perbukitan dari batuan kapur yang menjulang tinggi. Tampak sebuah bangunan yang mirip dengan pendopo khas Yogyakarta, yang berada di pinggiran tebing sisi selatan.

Wisatawan dapat memandangi pesona pantai yang ada dibawahnya dengan sudut pandang yang berbeda. Wilayah pantai berpasir hitam yang landai, akan terlihat semakin mempesona saat deburan ombak dari laut yang akan menyapu bibir pantainya.

Dari atas ketinggian tersebut, Anda dapat mengambil beberapa gambar berupa pemandangan pantai atau lautan lepas. Anda dapat mengambil latar belakang langit yang cerah, dengan lautan luas yang mengarah langsung ke arah Samudera Hindia.

Daya Tarik Ngiroboyo
Image Credit: Twitter.com @estudolandolen

3. Pesona Sungai Maron

Keindahan Ngiroboyo ini tidak lepas dari Sungai Maron, karena lokasinya menjadi ujung dari sungai yang terkenal ini. Sungai ini memiliki panorama yang begitu memukau dan menjadi primadona saat musim kemarau, karena di musim ini air sungai maron terlihat lebih jernih dan bersih.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Ngiroboyo

Alamat Pantai Ngiroboyo
Image Credit: Twitter.com @estudolandolen

Pantai ini terletak di Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dengan banyak rute perjalanan yang dapat Anda pilih, mulai dari jalur Pantai Watu Karung hingga jalur wisata menuju Goa Gong.

Namun jalur yang sering diambil para wisatawan adalah jalur wisata Goa Gong, dengan kondisi jalan yang cukup bagus. Dimulai dari pusat kota yang berjarak 32 km dengan waktu tempuh satu jam, perjalanan Anda akan melalui jalanan yang naik turun dan berkelok.

Setelah bertemu aliran Sungai Maron, Anda akan melanjutkan perjalanan melalui sebuah jalan dengan pinggiran sungai tersebut. Kemudian Anda akan bertemu jalanan yang memiliki kelokan tajam, lalu setelahnya akan memasuki Jalan Pantai Ngiroboyo.

Pintu masuk pantai akan terlihat setelah Anda melewati sebuah perbukitan hijau dengan beberapa bangunan yang terlihat berdiri disana. Sangat disarankan jika Anda berangkat menggunakan kendaraan roda dua, karena kondisi jalanan di beberapa titik belum sepenuhnya baik.

Tiket masuk kawasan pantai ini memiliki patokan harga yang murah, dimana dengan Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa memasuki kawasan wisata yang indah tersebut. Harga yang murah tersebut, membuat pantai ini wajib ada dalam daftar destinasi yang akan Anda kunjungi saat berada di Pacitan.

Destinasi murah meriah ini tentu tidak akan membuat kantong Anda kering. Apalagi lokasinya yang dapat dengan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngiroboyo

Aktivitas di Pantai Ngiroboyo
Image Credit: Twitter.com @rifsas_005

1. Memancing

Kegiatan yang membutuhkan kesabaran ini, bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang saat liburan. Apalagi saat Anda sedang berkunjung di salah satu pantai di Pacitan ini, terdapat banyak spot memancing yang akan Anda temukan.

Karena dekat dengan aliran sungai, ada dua spot sekaligus yang dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk memancing. Jika memilih pantai dengan ikan air asin, alat pancing yang disiapkan haruslah memiliki ukuran yang lebih besar. Serta menggunakan umpan udang atau ikan kecil lainnya.

Namun jika Anda memilih aliran sungai sebagai spot untuk memancing, cukup dengan umpan cacing atau lumut hijau untuk mendapatkan ikannya. Alat pancing jenis apapun bisa Anda gunakan, bahkan yang sederhana seperti yang terbuat dari bambu tipis sekalipun.

2. Menyusuri Sungai Dekat Pantai

Lokasi Pantai Ngiroboyo yang berdekatan dengan salah satu sungai terpanjang di Jawa Timur, membuat banyak kegiatan menarik lainnya yang dapat Anda lakukan. River tubing atau kegiatan susur sungai, menjadi terfavorit baik bagi wisatawan pantai ataupun sungai.

Dengan menggunakan ban karet dan perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm, Anda akan diajak menyusuri sungai yang berakhir di pantai tersebut. Keseruan akan semakin bertambah jika arus sungai lebih kuat, ban karet Anda bisa saja menabrak sisi sungai saat melewati kelokan.

Jangan panik jika hal itu terjadi, karena sisi sungai lebih banyak tersusun dari tanah dan bukan dari batuan keras yang tajam. Karena beramai-ramai saat melakukan kegiatan ini, Anda juga bisa berkenalan dengan wisatawan lainnya yang berasal dari kota yang berbeda.

Ban karet dan segala kebutuhan perlengkapan lainnya, telah disediakan oleh pihak pengelola. Cukup dengan harga sewa senilai Rp 10.000 per jam, Anda dapat melakukan kegiatan seru satu ini.

Aktivitas Pantai Ngiroboyo
Image Credit: Google Maps (Neng Bungsu)

3. Berkemah

Jika Anda memiliki jiwa berpetualang, kegiatan satu ini wajib Anda coba saat berada di Pantai Ngiroboyo. Tempat yang disediakan untuk mendirikan tenda, berada di bagian utara pantai tersebut, tepatnya di kawasan camping ground.

Bermalam di kawasan tersebut, udara dingin akan menyeruak tubuh saat tiba malam hari. Angin laut akan berhembus lebih kencang ketika waktu menunjukkan pukul tengah malam. Jadi persiapkan terlebih dahulu baju hangat atau jaket untuk melindungi agar tidak terkena hipotermia.

Selain keperluan baju dan tenda untuk berkemah, asupan konsumsi juga penting Anda siapkan. Makanan dan minuman instan bisa Anda pilih sebagai bekal saat berkemah, karena cara membuatnya yang mudah dan tidak perlu memerlukan bahan lain.

Saat bangun di pagi hari, sinar mentari yang hangat akan menyambut awal hari  Anda. Agar badan lebih segar setelah bangun tidur, berjemur dibawah sinar matahari sangat baik bagi kesehatan kulit  Anda.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Ngiroboyo

Penginapan Pantai Ngiroboyo
Image Credit: Airbnb.com

1. Roemah K Villa

Penginapan pertama yang memiliki jarak dekat dari Pantai Ngiroboyo adalah Roemah K Villa. Mengusung tema tradisional Jawa, penginapan ini dibangun menyerupai sebuah bangunan joglo lengkap dengan desain didalamnya.

Nuansa Jawa akan sangat terasa saat Anda memasuki ruangan utama dari penginapan ini. Dimana sebuah meja dan kursi sederhana yang digunakan untuk menyambut para tamu, dengan televisi model lama yang dipajang pada salah satu sisinya.

Harga sewa tiap kamarnya pun cukup murah, dengan masing-masing ukuran kamar yang luas. Tempatnya nyaman dan bersih, tak jarang penginapan ini sering digunakan oleh para pesepeda lintas kota untuk beristirahat sejenak.

2. Hotel Sekar Wangi

Hotel satu ini terletak di dekat sungai Maron yang mengalir langsung ke arah pantai. Lahan parkir kendaraan yang disediakan cukup luas, bahkan mobil para tamu bisa diparkir langsung di depan hotelnya.

Fasilitas tiap kamarnya pun sudah lengkap, mulai dari ac, televisi hingga kamar mandi yang bersih. Pemandangan luar kamar yang diberikan tentu saja sungai Maron. Saat pagi hari, hangatnya sinar mentari akan masuk melalui jendela kamar  Anda.

3. Homestay Surfing Pacitan

Berjarak 12 km dari Pantai Ngiroboyo, dari penginapan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di tempat wisata tersebut. Homestay ini menjadi langganan bagi para wisatawan luar daerah, kerena jalan menuju penginapan tersebut mudah dijangkau.

Memiliki dua tingkat pada bagian ruang utamanya, para tamu homestay dapat melihat pemandangan laut dari lantai atas. Selain itu, halaman depan dari penginapan ini juga luas, sehingga kendaraan sekelas bus travel muat untuk parkir disini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngiroboyo Pacitan

Fasilitas Pantai Ngiroboyo
Image Credit: Twitter.com @rizhal046

Beberapa fasilitas telah disediakan pihak pengelola untuk para wisatawan pantai, salah satunya kamar mandi yang dapat digunakan lengkap dengan pasokan air bersih. Tidak hanya itu, terdapat gasebo dari bambu yang tersebar di sepanjang pinggiran pantai.

Gasebo nyaman ini dapat Anda gunakan untuk bersantai, sekedar menikmati semilir angin laut yang terasa sejuk. Tempat ibadah seperti mushola juga ada di bagian depan, tepatnya dekat dengan tempat parkir kendaraan.

Itulah informasi dari pantai yang kini namanya mulai dikenal oleh para wisatawan luar daerah. Suasana tenang dan pemandangan yang ditawarkan Pantai Ngiroboyo, akan membuat siapa saja betah di tempat wisata tersebut. Jadi jangan sampai lupa untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending