Pantai Kasap Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Kasap Pacitan

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Kasap Pacitan merupakan surga bahari yang memukau tak kalah indah dari Raja Ampat. Pantai yang menyuguhkan pemandangan pulau-pulau kecil yang menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gumuharjo, Watukarung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Kasap memiliki pesona keindahan berupa gugusan pulau-pulau dengan panoramanya yang hijau. Oleh karena itu, tempat ini juga dikenal mirip dengan wisata Raja Ampat. Di pantai ini, wisatawan dapat merasakan kesegaran dari angin yang bertiup sepoi-sepoi. Pantai ini berada di tengah-tengah antara dua tebing. Bentuknya berupa teluk berpasir yang melengkung dengan garis pantai yang sempit.

Wisata ini masih tergolong alami dan belum dikelola secara penuh oleh pihak pemerintah daerah setempat. Pantai ini memiliki ciri khas berupa air yang biru jernih, hamparan pasir putih, dan adanya bebatuan karang. Lokasinya yang ada di perbukitan, membuat wisatawan menjadi tertarik untuk datang ke sini. Apalagi wisatawan dapat menikmati keindahan pulau-pulau kecil di lautan dari atas bukit tersebut.

Untuk sampai di atas bukit, Anda perlu melewati jalan setapak selama kurang lebih 15 menit. Sebenarnya Pantai Kasap masih termasuk dalam Kawasan Wisata Watukatung bersama dengan 12 pantai yang lain. Jika terhitung dari pusat Pacitan, Anda dapat sampai di lokasi wisata ini dalam waktu sekitar 1 jam dengan menempuh jarak 26 kilometer.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kasap Pacitan

Daya Tarik Pantai Kasap
Image Credit: Twitter.com @avipmohamad

1. Kegiatan Wisata Pantai

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kasap Pacitan dapat menikmati keindahannya dari berbagai sudut. Anda dapat menjelajah area wisata ini hingga Anda menemukan tempat yang lebih tinggi. Di tempat ini Anda dapat menemukan spot foto terbaik. Selain itu Anda juga dapat duduk santai di tepian pantai dengan hamparan pasir putihnya yang tampak indah.

Ombak di sini termasuk besar, sebab pantai ini termasuk dalam barisan pantai selatan. Oleh karena itu, Anda tidak dapat berenang di pantai ini. Berkunjung di pantai ini bisa menambah pengalaman wisata Anda, sebab letaknya berdekatan dengan Sungai Cokel. Jadi, Anda juga dapat menyusuri sungai tersebut hingga ke muara menggunakan perahu nelayan.

BACA:  Pantai Maron Semarang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Di sini memang sudah disediakan beberapa perahu nelayan yang disandarkan di area sungai. Anda patut mencoba pengalaman wisata yang satu ini. Anda tak perlu khawatir ketika menaiki perahu, karena nelayan akan selalu membersamai perjalanan Anda selama di perahu.

2. Sunrise dan Sunset

Pemandangan sunrise di kawasan Pantai Kasap dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Hal inilah yang menyebabkan para wisatawan rela datang pagi hari untuk menikmati suasana tersebut. Saat momen sunrise, Anda akan merasakan hangatnya pancaran matahari yang baru bersinar.

Tempat terbaik untuk melihat sunrise ada di bagian puncak Bukit Kasap di antara jam 05.30 sampai 06.00. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati sensasi keindahan sunset, Anda dapat menikmatinya ketika senja di bagian kiri pantai, tepatnya ada di sebuah bukit dengan padang rumput yang hijau. Dari tempat ini sunset akan terlihat begitu cantik.

Daya Tarik Pantai Kasap Pacitan
Image Credit: Facebook.com @indraiswanto84

3. Spot Foto Menarik

Pihak pengelola wisata menyediakan tempat foto yang didesain sedemikian rupa sehingga menarik menjadi spot foto para wisatawan yang berkunjung. Spot foto ini menjadi pelengkap dari tempat wisata ini. Salah satu yang menarik perhatian pengunjung yaitu gardu pandang yang dibuat menggunakan kayu serta dilengkapi dengan jembatan dan tangga.

Selain itu, ada pula desain photoboot yang berbentuk menyerupai gerbang menuju bukit. Photoboot ini dibuat menggunakan akar kayu dan tumpukan dahan. Apabila berjalan ke atas, Anda akan menjumpai sebuah kafe di area bukit. Di samping itu, ada pula spot foto berupa sepeda dan bentuk hati yang dibuat menggunakan batang pohon yang ditumpuk.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kasap

Rute Pantai Kasap
Image Credit: Google Maps (Kasiyanta Deka)

Lokasi wisata Pantai Kasap ini berada di wilayah Kecamatan Pringkuku, tepatnya ada di Desa Watukarung. Letaknya di daerah perbukitan dan tidak jauh dengan Pantai Watukarung. Tempat wisata ini juga berbatasan dengan Pantai Denombo, Pantai Banteng Mati, dan Kali Cokel di sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Pantai Jantur.

Jika Anda berasal dari arah Yogyakarta atau Solo, Anda dapat melalui jalur menuju Goa Gong yang ada di rute Pacitan-Solo. Sesampainya di Kecamatan Punung yaitu di pertigaan sebelah barat pasar yang berdekatan dengan masjid, Anda harus belok kanan. Ikuti terus jalan tersebut hingga Anda menemui pertigaan di kompleks area Goa Gong. Kemudian belok kanan menuju Pantai Klayar di Desa Kalak.

Anda akan menjumpai perempatan, lalu belok kiri. Tetap di jalan tersebut hingga Anda bertemu pertigaan menuju Klayar. Di sini hanya perlu lurus saja menuju Pantai Watukarung atau Pantai Srau hingga sampai di pertigaan, kemudian belok kanan sampai masuk lokasi wisata Pantai Watukarung.

Untuk sampai di Pantai Kasap, sebenarnya Anda dapat menggunakan jalur yang sama ketika akan menuju Pantai Watukarung. Hal ini disebabkan karena jarak antara kedua pantai tersebut saling berdekatan. Ketika sudah sampai di Pantai Watukarung, Anda dapat belok ke arah kiri dan mengikuti jalan tersebut.

BACA:  Pantai Sari Ringgung Pesawaran - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Saat melewati jalan ini, Anda harus hati-hati, sebab jalan yang dilewati merupakan jembatan yang cukup sempit jika dilewati kendaraan roda empat. Kemudian akan dapat melanjutkan perjalanan melewati jalan rabat sampai menemui papan non permanen berukuran kecil di kanan jalan yang menunjukkan arah ke Pantai Kasap. Kemudian Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dan berjalan melalui jalan setapak.

Jalan tersebut ada di sebelah kanan, Anda ikuti saja terus jalan tersebut, hingga Anda sampai di lokasi wisata ini. Untuk mempermudah Anda mencari lokasi pantai ini, di sepanjang jalan yang Anda lalui sudah ada papan penunjuk arah menuju wisata Pantai Kasap, maka Anda cukup mengikuti jalur sesuai petunjuk yang diberikan hingga sampai di area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Kasap Pacitan

Harga Tiket Pantai Kasap
Image Credit: Facebook.com @sri.murti

Pengunjung yang akan berwisata di area pantai akan dikenai tarif tiket sekitar Rp 3.000 jika berkunjung di hari kerja, dan Rp 5.000 jika berkunjung di hari libur. Apabila wisatawan menggunakan kendaraan, maka juga akan dikenai biaya parkir sejumlah Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Ketika Anda juga menyusuri sungai dengan menggunakan perahu nelayan, maka Anda juga akan dikenai biaya sewa perahu. Harga sewa yang dipatok yaitu senilai Rp 15.000. Anda dapat menaiki perahu tersebut bersama keluarga atau teman berlibur Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kasap

Aktivitas di Pantai Kasap
Image Credit: Facebook.com @july.clarabelle

1. Bermain Pasir dan Air

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai. Apalagi pasir di Pantai Kasap masih tergolong bersih dan berwarna putih, sehingga wisatawan yang berkunjung menjadi lebih tertarik, khususnya bagi mereka yang masih anak-anak.

2. Bersantai di Tepi Pantai

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana santai, Anda dapat duduk-duduk di tepian pantai sembari menikmati keindahan alam di tempat ini. Anda dapat merasakan kesegaran udara di sini, sebab tempat ini belum dikunjungi oleh banyak orang, sehingga kebersihannya masih cukup terjaga.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai merupakan pilihan banyak orang untuk menikmati keindahan matahari yang terbit maupun tenggelam. Semburat cahaya yang berwarna oranye tampak begitu indah jika dilihat dari wilayah pantai. Momen tersebut banyak disukai dan dinanti-nanti oleh wisatawan. Itulah mengapa banyak dari mereka yang rela datang pagi-pagi untuk menikmati sunrise ataupun sunset di sore hari.

4. Menyusuri Sungai Cokel

Sungai Cokel masih terhubung dengan wisata Pantai Kasap, sehingga Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar sungai tersebut. Supaya Anda bisa menjelajah dengan lebih leluasa, Anda dapat menggunakan perahu yang disewa dari nelayan. Sepanjang perjalanan menyusuri sungai ini, Anda dapat mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera Anda.

BACA:  Gili Labak Sumenep Madura - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Mendirikan Tenda

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan camping, Anda juga bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai dari dalam tenda, terutama ketika sudah menjelang siang hari yang mulai terik. Sehingga Anda bisa berteduh dari sinar matahari yang mungkin bisa terasa menyengat di siang hari.

6. Berfoto

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung pasti selalu mengambil beberapa foto di tempat ini. Apalagi dengan adanya spot-spot foto menarik dan photoboot yang memang sengaja didesain sedemikian rupa. Hal itulah yang menyebabkan wisatawan berburu banyak gambar untuk menambah koleksi foto mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kasap Pacitan

Fasilitas di Pantai Kasap
Image Credit: Facebook.com @jelajah-solo

1. Kedai Makanan dan Minuman

Di kedai ini terdapat sajian makanan khas Pacitan berupa otak-otak tuna dan tahu tuna. Harganya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000 sampai belasan ribu. Selain itu, Anda juga bisa mencoba sajian makanan yang lain.

Ketika Anda merasa haus, Anda juga bisa memilih beberapa minuman yang tersedia di kedai tersebut. Anda dapat menikmati semua sajian makanan dan minuman di tempat maupun membawanya sembari berkeliling menikmati keindahan pantai.

2. Toilet

Wisata Pantai Kasap juga dilengkapi dengan fasilitas toilet. Hal ini cukup penting disediakan, karena tidak mungkin wisatawan harus mencari toilet yang jauh, sedangkan lokasi pantai ini cukup terpencil.

3. Musholla

Bagi wisatawan yang berwisata di tempat ini di siang hari, memungkinkan untuk sampai memasuki waktu shalat. Ketika Anda masih merasa ingin berada di sini, Anda tak perlu khawatir, karena di sekitar lokasi wisata sudah dibangun musholla. Sehingga setelah selesai beribadah, Anda masih bisa melanjutkan aktivitas wisata Anda di kawasan pantai ini.

4. Area Parkir

Area parkir yang tersedia di wilayah Pantai Kasap sudah cukup memadai. Sehingga wisatawan yang berkunjung tidak perlu bingung untuk memarkirkan kendaraan yang mereka bawa. Dengan adanya fasilitas ini, pengunjung juga bisa leluasa berwisata tanpa khawatir akan kehilangan kendaraan mereka. Sebab sudah dijaga oleh penjaga parkir yang bertugas.

5. Camping Area

Berhubung di tempat ini merupakan area perbukitan, maka tempat ini juga cocok dijadikan sebagai area camping. Oleh sebab itu, pihak pengelola wisata juga memfasilitasi pengunjung yang ingin camping di tempat ini.

Itulah deretan pesona keindahan Pantai Kasap di Pacitan yang bisa Anda nikmati ketika berwisata ke tempat ini. Terdapat berbagai macam kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di area pantai, tidak hanya di lokasi pantai saja, melainkan di sisi lain yang berdekatan dan masih dalam satu wilayah dengan Pantai Kasap.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending