Pantai Klayar Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Klayar Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Klayar menjadi destinasi wisata bahari unggulan di Pacitan yang menarik untuk dijelajahi. Pantai pasir putih yang menawarkan panorama alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke pantai menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Selain bisa merefresh pikiran ombak-ombak yang menari di tengah lautan juga sangat cantik, sehingga memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Di Indonesia sendiri pantai yang menawan sangat beragam jumlahnya dan terletak pada berbagi daerah.

Salah satunya adalah Pacitan, dimana nama dari destinasi wisata alam ini adalah Pantai Klayar. Jika Anda berada di sekitar kawasan ini jangan lupa untuk mampir ke tempat yang tengah ramai diperbincangkan oleh masyarakat, baik lokal maupun luar. Adapun pesonanya terletak pada keindahan alam yang dinilai sangat menyihir mata pengunjung.

Selain itu fasilitas-fasilitas lengkap yang memadai juga menjadi infrastruktur pendukung sehingga membuat pengunjung nyaman dan enggan untuk meninggalkan tempat ini. Setelah membaca sedikit ulasan terkait Pantai Klayar Pacitan sangat tidak lengkap jika Anda melewatkan pembahasan lengkapnya yang ada di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Klayar

Daya Tarik Pantai Klayar
Image Credit: Facebook.com @maniscantik

1. Dikelilingi Sejumlah Tebing Karang yang Sangat Tinggi

Pantai menawan ini memang memiliki segudang daya tarik yang membuat siapapun tidak bisa berpaling darinya. Dengan dikelilingi oleh sejumlah tebing karang yang menjulang tinggi membuat kondisi dari tempat ini sangat unik dan berbeda dari yang lain.

Bahkan menariknya lagi di tengah deretan tebing tersebut ada satu yang berada di tengah-tengah dan disebut sebagai Watu Lumbung oleh masyarakat sekitar. Jika diamati lebih dalam bentuknya sangat mirip dengan patung Sphinx yang ada di negara Mesir.

Tentu Anda akan merasakan sensasi berbeda ketika sudah ada di dekatnya. Apalagi jika dipotret untuk menjadi latar belakang foto Anda, pastinya hasil akan lebih menarik dan menyatu dengan alam.

2. Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Tidak ada yang memungkiri lagi jika Pantai Klayar Pacitan memang mempunyai panorama keindahan alam yang memukau. Lokasinya yang bersih dengan pepohonan serta tumbuhan khas pantai, akan memberikan nuansa sejuk serta menenangkan untuk Anda.

Bahkan Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan ini dengan jarak dekat saja.  Melainkan ada sebuah bukit yang menghadap langsung ke lautan sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat melihat pemandangan alam dari pantai ini. Malahan jika dari atas tebing Anda bisa melihat keindahannya secara keseluruhan.

3. Banyak Binatang Laut di Batu Karang

Ketika bermain-main di pantai ini cobalah untuk melihat lebih dekat ke batu-batuan karang yang ada di sekitarnya. Disana akan ada banyak binatang laut yang hidup di sela-sela batu seperti limpet, rumput laut, dan kerang-kerangan. Anda boleh saja memegangnya namun harus tetap hati-hati supaya biota laut tidak mati.

Paling penting Anda juga harus waspada terhadap binatang atau tumbuhan laut yang mempunyai racun. Sebab jika terkena tangan manusia biasanya akan berakibat iritasi, gatal-gatal, dan lain sebagainya. Untuk itu alangkah baiknya jika melihat saja supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Daya Tarik dari Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps (Mustofa 21)

4. Pancaran Air dan Suara Seruling Samudera

Di Pantai Klayar Pacitan terdapat satu fenomena alam yang sangat keren dan unik. Pancaran air serta suara seruling samudera adalah keindahan alam yang dapat Anda saksikan secara langsung. Letaknya ada di balik Watu Lumbung.

Biasanya ketika air pasang atau ombak datang lubang-lubang kecil yang ada diantara bebatuan inilah yang akan mengeluarkan pancaran air dengan suara mirip seruling. Akan tetapi jangan sekali-kali Anda mendekat karena sangat berbahaya, mengingat jika tempatnya sering dihantam oleh ombak besar.

5. Masih Asri dan Belum Terjamah Tangan Manusia

Daya tarik yang paling langka untuk Anda temui adalah lingkungan dari Pantai Klayar Pacitan adalah masih asri dan belum terjamah tangan manusia. Dengan begitu keadaan sekitar sangat khas alam.

Meskipun demikian pengelolaan dari pantai ini sangatlah baik. Sehingga ketika sampai disana maka hal pertama kali yang akan Anda rasakan adalah kenyamanan yang tidak akan ditemukan di wisata lain.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Alamat Pantai Klayar
Image Credit: Instagram.com @visitpacitan

Pantai ini terletak di Desa Kalak, Donorojo. Dari pusat kotanya hanya berjarak sekitar 45 km, sehingga tidaklah cukup sulit untuk menemukan lokasi tepatnya. Akses jalan yang bisa Anda gunakan sangatlah mudah, mengingat bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat.

Untuk rute ini ada patokan yang bisa dijadikan pengunjung untuk sampai di lokasi, yakni pertigaan yang ada di masjid besar Punung. Jika Anda masih berada di wilayah Pacitan maka jalan yang harus dilalui setelah berada di pertigaan itu adalah belok kiri. Namun apabila dari Solo atau Yogyakarta silahkan belok kanan.

Setelahnya tidak perlu belok-belok kea rah lain, cukup ikuti jalan utama dan di setiap titik pasti ada papan petunjuk yang dapat diikuti. Tidak perlu memakan waktu lama jika memang kondisi hari biasa untuk bisa sampai ke Pantai Klayar, mungkin hanya sekitar 30 menit saja. Namun tentu saja hal ini akan berbeda apabila Anda datang ketika musim liburan tiba.

Sebagai salah satu tempat wisata yang cukup populer di berbagai kalangan, pantai cantik di Pacitan ini telah di dukung oleh beragam jenis fasilitas. Akan tetapi untuk bisa masuk ke dalam maka Anda harus menyiapkan sejumlah uang sebagai alat pembayaran tiket masuk. Dimana ada pembagian tersendiri untuk tiap-tiap pengunjung.

Teruntuk golongan orang dewasa tiket masuknya seharga Rp 10.000, sedangkan untuk anak-anak yakni Rp 5.000. sedangkan biaya parkir sepeda motor yakni Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan Bus atau mini bus Rp 10.000. Akan tetapi harga ini bisa saja berubah kapanpun menyesuaikan ketetapan dari pihak pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Klayar

Aktivitas di Pantai Klayar
Image Credit: Twitter.com @pacitanku

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, seperti berikut:

1. Bermain Pasir

Pasir putih yang ada di Pantai Klayar Pacitan kerap kali menjadi kelebihan yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dinikmati. Di hamparan pasir yang luas dan lembut ini Anda bisa bermain-main di atasnya. Meskipun terbilang seperti anak kecil namun sensasi keseruan tidak akan pernah Anda lupakan.

2. Berkeliling Pantai

Kondisi lingkungan pantai yang masih asri dan alami rasanya sangat perlu untuk Anda jelajahi. Cukup berjalan kaki untuk melihat pemandangan sekelilingnya dan rasakan kesegaran udara pantai. Jika beruntung Anda pun bisa melihat bagaimana orang-orang sekitar mengambil buah kelapa langsung dari pohonnya.

3. Berjemur dan Bersantai

Berjemur menjadi kegiatan menarik selanjutnya yang dapat Anda coba. Hal ini bahkan bisa membuat Anda rileksasi di tengah pasir dan teriknya matahari. Tak hanya itu saja Anda pun dapat bersantai di tempat-tempat yang sudah disediakan pengelola sambil makan camilan.

4. Berfoto-Foto

Sudah sampai di pantai yang indah, bersih, dan berpemandangan luar biasa pasti ada yang kurang jika Anda tidak mengabadikannya. Untuk itu siapkan kamera smartphone atau DSLR untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya di setiap penjuru pantai sebagai background foto Anda.

5. Menyewa ATV

Di pantai Klayar juga terdapat tempat untuk menyewa ATV. Jadi jika tidak ingin capek berkeliling pantai Anda bisa menyewanya untuk sekedar menikmati nuansa sekitar.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Klayar

Penginapan di Pantai Klayar
Image Credit: Youtube.com @wellyrina vlog

1. Homestay Kinasih

Mencari penginapan di sekitar pantai dengan harga yang murah? Homestay Kinasih adalah solusi yang tepat untuk Anda. Hanya perlu merogoh uang kisaran Rp 180.000-Rp 250.000 Anda sudah bisa tidur enak dengan fasilitas lengkap. Adapun fasilitas itu seperti kamar mandi dalam, bed besar, dan sebagainya.

2. Penginapan Platar Ombo

Penginapan Platar Ombo juga menjadi salah satu tempat bermalam yang rekomendasi untuk Anda. Selain letaknya yang sangat dekat dengan pantai harganya pun pas dikantong. Untuk per malamnya Anda cukup membayar Rp 100.00 sampai Rp 200.000, dan ini sudah termasuk fasilitas lengkapnya.

3. Homestay Putri Kembar

Memang di sekitar Pantai Klayar Pacitan sudah terdapat bermacam-macam tempat penginapan, yang salah satunya adalah Homestay Putri Kembar. Ditarget dengan budget Rp 200.000 per malamnya Anda bisa menikmati fasilitas berupa pendingin ruangan, kamar mandi dalam, dan banyak lagi lainnya.

4. Homestay Mayangkara

Homestay Mayangkara juga tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Untuk satu malamnya dibandrol Rp 200.000-Rp 500.000 yang tentunya fasilitas lengkap serta nyaman. Diantaranya seperti televisi, kamar mandi dalam, AC, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps (Minnati Mawaddah Nafiis)

1. Kedai-Kedai Makanan

Kedai-kedai makanan yang ada di sekitar Pantai Klayar Pacitan sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Sangking banyaknya Anda tidak perlu antri jika ingin membeli makanan atau minuman. Tak perlu khawatir persolan harga karena di tempat ini tidak ada yang mahal.

2. Tempat Parkir yang Luas

Tempat parkir yang luas menjadi fasilitas yang sangat banyak dibutuhkan oleh pengunjung. Pasalnya jika hari liburan tiba maka yang datang bisa mencapai ribuan orang. Meskipun demikian tentunya dengan adanya fasilitas ini kendaraan tetap bisa parkir dekat lokasi dan tidak membuat Anda harus jalan kaki dengan jarak yang jauh.

3. Ragam Alat Permainan

Di pantai Klayar Pacitan juga terdapat permainan yang tentunya dapat Anda coba. Mengendarai ATV untuk bersenang-senang adalah permainan yang sering dilakukan kebanyakan pengunjung. Disana sudah ada perlengkapannya yang disediakan oleh pengurus, Anda pun hanya tinggal membayar dan langsung dapat mencobanya.

4. Ruang Bilas dan Toilet Umum

Biasanya ruang bilas ini sering dipakai oleh anak-anak yang basah karena bermain terlalu dekat dengan bibir pantai. Namun kalaupun Anda berminat silahkan coba sensasi terkena deburan ombak yang menyentuh kulit.

Tak perlu khawatir basah karena disana sudah ada ruangan yang dapat digunakan untuk ganti sekaligus membersihkan diri. Adapun toilet memadai dengan kebersihan terjaga yang juga ada disana. Jadi sekalipun pengunjung ingin buang air maka tetap merasakan nyaman meskipun digunakan bergantian dengan orang lain.

Demikianlah ulasan mengenai daya tarik, rute, tiket masuk, dan hal lainnya yang ada di Pantai Klayar Pacitan. Jika ada waktu senggang Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berlibur ke tempat ini. Melihat ada banyak sekali keunggulannya akan membuat Anda betah berlama-lama disana bahkan berniat mengunjunginya lagi di lain waktu.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending