Pantai Sialang Buah Serdang Bedagai – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sialang Buah Serdang Bedagai

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sialang Buah salah satu wisata pantai yang menawan di Serdang Bedagai. Pantai berpasir putih yang kaya pesona menjadi tujuan favorit warga menghabiskan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pekan Sialang Buah, Kec. Teluk Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Pantai Sialang Buah merupakan sebuah pantai yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Sejak ditemukan destinasi wisata ini, banyak pengunjung yang berwisata di wisata pantai ini. Akan tetapi pengunjungnya hanya pengunjung lokal yang di sekitar Sumatera Utara. Hal ini sebabkan kurangnya promosi oleh Pemprov setempat.

Sampai saat ini pun masih banyak pengunjung domestik yang berwisata di tempat ini. Namun bukan hanya domestik saja, untuk saat ini juga sudah banyak pengunjung mancanegara yang berlibur di Pantai Sialang Buah. Tentu daya tarik pantai dengan panorama indah yang membuat pengunjung tertarik untuk berlibur di tempat ini.

Pantai Sialang Buah ini memiliki kesan yang natural dan sangat cantik. Sehingga Pantai ini terkesan sederhana. Namun, kesederhanaan itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sialang Buah

Daya Tarik Pantai Sialang Buah
Image Credit: [email protected]

1. Panorama Alam yang Cantik

Hal yang paling menarik wisatawan baik asing maupun lokal adalah panoramnya. Kealamian yang masih terjaga serta hijaunya pepohonan mangrove membuat mata yang memAndang menjadi segar. Sehingga pantai ini terkenal sederhana, yang mana kesederhanaan tersebut adalah keunggulan yang dimiliki pantai cantik ini.

Adapun lautan yang menghampar luas berwarna biru yang dinaungi oleh langit cerah berwarna biru pula. Saat berjalan kaki di atas pasir putihnya yang halus sambil memandang laut pun akan disambut angin-angin kecil yang menghembus bersama deburan ombak. Dibayangkan saja sudah cantik sekali bukan panorama alam di Pantai Sialang Buah ini.

2. Spot Foto Menarik

Wisatawan jaman modern ini pasti hal wajibnya dalam berlibur adalah berfoto. Maka dari itu, destinasi wisata pantai ini menyediakan spot foto yang menarik dan instagramable. Diantarannya adalah jembatan tua yang merupakan penghubung antara dua dusun.

Spot foto dengan latar belakang jembatan tua ini sangat diminati para wisatawan sebab sangat cocok untuk selfie. Selain itu Anda juga bisa melihat para nelayan sedang melaut dengan cara tradisional. Andapun juga bisa melihat pepohonan bakau yang indah dan rimbun dari jembatan ini.

Namun, Anda harus berhati-hati saat ingin berfoto di spot tersebut. Sebab jembatan ini memiliki konstruksi yang sudah cukup tua dan mungkin agak berbahaya. Lebih baik jangan membawa anak kecil saat berada di jembatan tua ini.

3. Tempat Pelelangan Ikan

Bukan hanya panorama alam indahnya yang menarik wisatawan, tetapi juga hasil lautnya. Dimana hasil laut dijadikan barang untuk dijual di Tempat Pelelangan ikan yang ada Pantai Sialang Buah. Dengan adanya pasar wisata tersebut Anda pun bisa membeli ikan dengan harga murah yang masih segar.

Biasanya, wisatawan yang berlibur di tempat ini memasak ikan yang mereka dapatkan dari pelelangan di sekitar pantai ini. Mereka seringkali membakar ikan di pinggir pantai sambil menggelar tikar sebagai alas duduk. Rasanya pasti sangat sedap apalagi ditemani panorama pantai yang begitu indah.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sialang Buah

Alamat Pantai Sialang Buah
Image Credit: Instagram.com @martuasihite

Pantai Sialang Buah terletak di kecamatan Teluk Mengkudu. Sesuai dengan namanya, kelurahan dari pantai ini adalah kelurahan Sialang Buah, Kabupaten Serdang Bedagai. Tepatnya di Pesisir Timur, Sentang.

Untuk menuju pantai tertua di Serdang Bedagai ini, rutenya cukup mudah, sebab akses menuju lokasi ini juga mudah. Andapun bisa mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk jarak yang di tempuh dari pusat kota Medan lumayan jauh, yakni sekitar 60 Km. Namun perjalanan jauh itu pun tidak akan rugi, sebab lelah di perjalanan tersebut akan terbayarkan jika sudah sampai Pantai ini.

Panorama indah yang dimiliki tempat ini tidak menarik harga tiket masuk yang mahal. Justru harga tiket yang dipungut sebagai retribusi hanya Rp 5.000 saja per orang. Namun harga tersebut sewaktu-waktu dapat diubah oleh pengelola setempat. Harga tiket masuk yang ditarik juga belum termasuk biaya parkir.

Namun, harga parkirnya juga terjangkau dan sesuai dengan umumnya. Tentu tidak akan membuat Anda rugi, sebab panorama air laut biru bersamaan pasir putih yang menghampar luas sangat sebanding dengan harga tersebut. Andapun bisa menikmati wisata ini mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat dan buka setiap hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sialang Buah

Aktivitas di Pantai Sialang Buah
Image Credit: Google Maps (Zuleka Adi Putra)

1. Berwisata Kuliner Makanan Laut

Seperti yang sudah dijelaskan, Pantai Sialang Buah ini memiliki pasar wisata atau tempat pelelangan ikan. Sehingga Anda bisa membeli ikan dengan harga murah namun masih segar.

Oleh sebab itu, Anda juga bisa membakar ikan di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Makin lengkap jika ditemani keluarga ataupun sahabat.

Bukan itu saja, Andapun bisa menjelajahi kuliner di warung-warung yang ada di Pantai Sialang Buah. Menu yang disajikan bervariasi, sangat lezat dan menggugah selera.

2. Berenang

Pantai ini sangat cocok untuk berenang, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sebab ombaknya juga tidak terlalu besar, bebatuan karang pun tidak ada di tepian pantai yang biasa digunakan berenang. Sehingga sangat aman.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa ban dengan harga terjangkau. Harga untuk menyewa ban tersebut sekitar Rp 20.000 saja. Dengan harga tersebut Anda bisa menyewa ban seharian penuh.

3. Menikmati Panorama Pasang Surut

Di Pantai Sialang Buah ini Anda bisa melihat pasang surut air laut yang sangat indah dan menarik. Biasanya air laut di pantai ini akan surut sekitar 75-100 meter. Sehingga para wisatawan bisa berjalan kaki diatas pantai yang terganti oleh pasir putih.

Fenomena tersebut biasanya terjadi pada pukul 11.00 dan 17.00 waktu setempat. Biasnya hal ini dimanfaatkan oleh pengunjung dan juga warga setempat untuk ,mencari kerang dan kepah.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Sialang Buah

Penginapan Terdekat dari Pantai Sialang Buah
Image Credit: Traveloka.com

1. Grand Family Hotel

Hotel ini menarik tarif yang cukup murah yakni mulai dari harga Rp 194.444 saja per kamar dalam waktu inap semalam. Kamar tersebut pun cukup nyaman dan sangat bersih. Sebab dengan harga minimal tersebut, sudah ada satu ranjang berukuran besar serta dapat mengakses wifi secara gratis.

Hotel ini juga menyediakan tempat untuk Anda berbisnis. Selain itu parkirnya juga masih gratis dan cukup luas. Pelayanan yang diberikan juga bagus dan ramah. Adapun AC bagi Anda yang suka hawa sejuk. Selain itu hotel ini letaknya sangat strategis.

2. Hotel Graha Soeltan

Meskipun namanya sultan namun harganya bukan sultan. Justru harga yang ditawarkan sangat terjangkau ketimbang kedua hotel lainnya. Harga tersebut mulai dari Rp. 173.196 per kamar untuk waktu inap semalam. Sangat cocok untuk Anda yang berwisata di Pantai Sialang Buah ini dengan budget minim namun tetap nyaman.

Fasilitasnya juga sangat memadai, seperti TV, meja, parkir gratis, wifi gratis namun untuk umum, serta pelayanan yang ramah. Persewaan mobil pun tersedia di hotel ini. Selain itu tempat ini juga menyediakan makanan gratis untuk sarapan dan ada area khusus untuk merokok. Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, hotel ini juga memiliki taman.

3. Grand Forest Hotel

Grand Forest Hotel menyediakan kamar untuk beristirahat dengan nyaman dan harga terjangkau. Harga untuk menginap di hotel ini adalah Rp 229.236 per kamarnya untuk waktu inap semalam. Lokasinya juga sangat strategis. Sehingga Anda bisa menjangkau berbagai wisata di tempat ini yang salah satunya adalah Pantai Sialang Buah.

Untuk fasilitasnya sendiri juga cukup. Diantaranya adalah mengakses wifi secara gratis, tempat parkir yang luas, serta area bebas merokok. Untuk pelayanannya sendiri juga cukup ramah dan tersedia selama 24 jam. Sehingga saat butuh apa-apa pun Anda bisa menghubungi resepsionis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sialang Buah

Fasilitas di Pantai Sialang Buah
Image Credit: Twitter.com @yonnifdaeli

Pantai Sialang Buah ini memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung. Diantarannya yaitu pondok yang bisa digunakan untuk beristirahat saat lelah setelah berkeliling menyusuri pantai. Selain itu, adapun tikar yang bisa Anda manfaatkan untuk piknik kecil bersama keluarga. Sangat pas jika ditemani ikan bakar dari pelelangan ikan.

Bukan hanya itu saja, tempat wisata ini juga menyediakan speedboat yang bisa Anda sewa tentunya untuk menjelajahi perairan pantai ini. Adapun rumah-rumah makan yang menjual minuman dan kuliner lezat dengan menu yang beragam. Andapun tak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah.

Itulah beberapa informasi terkait destinasi wisata Pantai Sialang Buah yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai referensi wisata saat hari libur dimulai. Pemandangan alam yang masih terjaga dan sangat cantik dipandang ini patut dikunjungi. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending