Pantai Tambak Belitung, Wisata Bahari Eksotis dengan Keindahan Biota Lautnya

Pantai Tambak Belitung, Wisata Bahari Eksotis dengan Keindahan Biota Lautnya
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukamandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pantai Tambak adalah salah satu pantai dengan panorama eksotis yang terletak di Belitung. Pantai ini juga sering disebut Pantai Kuale Tambak dengan beragam cerita menarik di dalamnya. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, pantai ini dahulunya difungsikan sebagai area tambang timah dari PT. Timah. Dibuktikan dengan beberapa bangunan bergaya Belanda yang dulunya bekerja di area ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, area tambang timah ini pun sudah mulai tidak beroperasi. Kemudian oleh masyarakat sekitar, pantai ini dimanfaatkan SDA-nya. Sumber Daya Alam yang hidup di pantai ini tidak perlu diragukan lagi keberagamannya. Melimpahnya SDA yang terkandung menjadikan banyak masyarakat disini menangkap beragam jenis ikan dan hasil lautnya dengan berprofesi sebagai nelayan.

Selain cerita menarik tentang fungsi lama dari Pantai Tambak serta melimpahnya jumlah SDA, pantai ini pun unggul dalam menyajikan pesona alam yang mampu memikat siapapun untuk datang berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit yang tidak pernah sepi pengunjung. Cocok sekali jika digunakan sebagai area untuk melepas penat ataupun sekedar berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tambak

Daya Tarik Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps (Reza Pratama)

Pantai Tambak merupakan sebuah pantai dengan panorama menakjubkan yang berlokasi di Belitung tepatnya di Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini termasuk pantai favorit bagi wisatawan yang hendak menyaksikan keindahan alam. Pengunjungnya pun tidak hanya berasal dari dalam daerah ini saja. Beragam daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini mampu menarik pengunjung untuk datang.

1. Pesona Eksotisme Khas Pantai Tropis

Daya tarik utama adalah pesona eksotisme khas pantai tropis yang begitu lekat terasa saat menginjakkan kaki disini. Hal ini didukung oleh perpaduan pasir putihnya yang lembut serta warna air lautnya yang jernih dengan campuran warna hijau tosca dan biru. Belum lagi ditambah dengan pepohonan rindang yang berderet di bibir pantai semakin menambah kesan eksotis dari Pantai Tambak.

2. Kemegahan Biota Lautnya yang Menakjubkan

Daya tarik selanjutnya dari pantai yang berlokasi di Belitung ini ialah kemegahan biota lautnya yang menakjubkan. Beragam jenis biota laut dengan terumbu karangnya yang masih terjaga dan dilengkapi dengan berbagai jenis ikan-ikan kecil yang berenang sangatlah indah untuk ditelisik. Selain itu, airnya yang terkenal jernih bisa memancarkan keindahan biota lautnya dari atas permukaan laut pantai.

3. Hutan Mangrove dengan Suasana Asri

Daya tarik lainnya dari obyek wisata pantai eksotis ini ialah dilengkapi hutan mangrove dengan suasana asri. Keberadaan hutan mangrove ini tidaklah jauh dari Kawasan pantai ini, tepatnya bersebelahan dengan pantai. Hutan mangrove yang berbentuk kawasan konservasi ini dikelola sendiri oleh Komunitas Akar Bakau. Banyaknya pohon mangrove yang tumbuh disini menciptakan udara asri yang lekat terasa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps (Cintya Lestari)

Pantai Tambak Belitung merupakan salah satu pantai yang terletak di Belitung tepatnya di Kecamatan Damar, Desa Sukamandi. Pantai ini berjarak sekitar 31 km dari pusat Kabupaten Belitung Timur. Walaupun lokasinya cukup jauh dari keramaian, wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai akses jalan yang akan dilalui. Sebab, akses jalan menuju Pantai Tambak di Belitung ini sudah cukup bagus.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai ini kurang lebih 40 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Belitung Timur. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, wisatawan akan ditemani dengan pemandangan beberapa area tambang timah yang masih beroperasi. Sehingga wisatawan tidak akan merasa kebosanan ketika dalam perjalanan menuju lokasi pantai.

Untuk menyambangi pantai eksotis ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan beroda empat ataupun dua. Mengingat akses jalan yang dilalui sudah dinilai memadai untuk dilalui kendaraan beroda empat. Bagi wisatawan yang tertarik untuk menyambangi pantai eksotis dengan beragam daya tariknya ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Kabupaten Belitung Timur untuk menuju Pantai Tambak.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Aik Dundang yang berada di Kabupaten Belitung Timur untuk menuju ke Jalan Tengah Tj. Pandan. Kemudian, teruskan perjalanan ke Jalan Raya Manggar-Gantung, belok ke arah kiri menuju Jalan Numpang Empat. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Bandara-Manggar, setelahnya belok ke arah kanan menuju Jalan Pelita hingga menemui destinasi wisata tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Image Credit: Google Maps (Rizál)

Pantai Tambak yang menyajikan pemandangan eksotis layaknya pantai tropis memang tidak bisa dielakkan keindahannya. Dengan keindahan yang disuguhkan, menjadikan pantai ini favorit sebagai destinasi wisata bagi yang hendak melepas penat ataupun sekedar berlibur bersama keluarga. Namun, jika membahas harga tiket masuknya, berapakah harga yang dipatok untuk menginjakkan kaki disini?

Ternyata hingga sekarang, bagi wisatawan yang hendak menyaksikan keindahan alam yang tersaji, tidak perlu menyiapkan sejumlah uang sebagai tiket masuknya, alias gratis. Namun ada sebuah kewajiban yang harus wisatawan terapkan selama berkunjung ke Kawasan pantai, yaitu menjaga kebersihan. Karena dengan kebersihan, keindahan dari pantai pasir putih ini akan tetap terjaga.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tambak

Aktivitas di Pantai Tambak
Image Credit: Instagram.com @mahmoodsaeedxxa

1. Merasakan Sunset yang Berkesan

Panorama eksotis yang disuguhkan oleh pantai ini merupakan hal yang pasti wisatawan dapatkan saat berkunjung, terlebih pada waktu sore hari. Puncak keindahan Pantai Tambak saat sore hari menyuguhkan pemandangan cercahan cahaya matahari hangat yang berpadu oleh semilir angin dari pepohonan dan ombak kecil. Wisatawan akan merasakan sunset yang berkesan di wisata bahari ini.

2. Snorkeling Ditemani dengan Beragam Biota Laut

Keberagaman bioa laut yang hidup di perairan pantai mampu menarik pengunjung untuk datang dan snorkeling disini. Wisatawan dapat melihat beragam biota lautnya dengan snorkeling. Ditemani dengan ikan-ikan kecil yang bersembunyi dibalik terumbu karang akan menjadikan pengalaman snorkeling menjadi sangat berarti. Belum lagi ditambah dengan air lautnya yang begitu jernih.

3. Mengedukasi Diri di Hutan Mangrove

Keberadaan hutan mangrove yang terletak bersebelahan lokasi Pantai Tambak berfungsi untuk mencegah abrasi dikarenakan ombak pantai. Hutan mangrove yang terletak disini bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menambah ilmu mengenai beragam jenis pohon mangrove dan fungsinya sehingga cocok dijadikan sebagai area rekreasi yang sarat ilmu. Fasilitas di hutan mangrove ini pun memadai.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan di Pantai Tambak
Image Credit: Tiket.com

1. Oasis Hotel

Oasis hotel merupakan hotel yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas lelah setelah berlibur di Pantai Tambak. Lokasinya yang berada satu kabupaten dengan pantai ini membuatnya sering disambangi oleh para wisatawan pantai. Selain lokasi, fasilitas yang tersedia di Oasis Hotel ini juga terbilang memadai. Seperti tersedianya kolam renang, parkir dan Wi-Fi gratis, serta hotelnya yang bersih.

2. Omah Andini

Penginapan ini memiliki interior yang dikenal bersih, dan lokasinyay yang berdekatan dengan danau. Pelayanan yang disajikan oleh penginapan ini sangatlah ramah sehingga wisatawan tidak akan merasa kecewa ketika menginap disini. Fasilitas yang ada sudah tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya seperti area parkir dan akses Wi-Fi yang gratis, ruangan ber-Ac, restoran dan yang menarik ialah gym.

3. Guest Hotel

Hotel ini merupakan penginapan yang terdekat dengan lokasi pantai. Lokasinya yang berada dekat dengan pusat keramaian menjadikan Guest Hotel cocok dijadikan sebagai tempat istirahat bagi wisatawan pantai yang menyukai keramaian. Fasilitasnya pun tidak perlu ditanya lagi, beragam fasilitas akan memanjakan para pengunjungnya tersedia disini mulai dari Wi-Fi hingga area yang bersih.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tambak Belitung

Fasilitas Pantai Tambak
Image Credit: [email protected]_jalli93

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Tambak Gorontalo dinilai kurang memadai, mengingat obyek wisata ini masih tergolong baru serta lokasinya yang berada sedikit jauh dari pusat kota. Terlepas dari fasilitasnya yang dinilai kurang memadai, pantai ini sukses dalam menyajikan panorama alam yang akan membuat siapapun terpukau melihatnya. Dengan didukung daya tariknya yang begitu beragam.

Fasilitas yang tersedia memang kurang lengkap dan memadai. Hanya ada beberapa fasilitas yang akan menunjang liburan para wisatawannya seperti warung makan. Beberapa warung makan yang sederhana disini menyajikan makanan dan minuman ringan dengan suguhan tambahan kopi dan mie. Untuk rasa makanan dan minuman disini, wisatawan tidak perlu meragukan kelezatannya.

Beberapa warung makan yang ada di sekitar pantai akan bertambah pada saat tanggal merah tiba. Karena pada saat tanggal merah tersebut, jumlah pengunjung yang menyambangi pantai ini akan meningkat dan lebih banyak dari biasanya. Wisatawan bisa bersantap ataupun menyeruput seduhan kopi dari sajian warung makan sembari menikmati keindahan panorama yang ditawarkan pantai pasir putih ini.

Demikianlah beberapa informasi menari seputar Pantai Tambak di Belitung. Walaupun lokasinya berada sedikit jauh dari keramaian karena letaknya di pedesaan, pantai ini tetap tidak ingin ketinggalan dalam menyajikan panorama alam eksotis lengkap dengan keberagaman biota laut dan hutan mangrovenya. Tarif masuknya yang tidak ada alias gratis juga menjadikan pantai ini favorit. Tertarik untuk berlibur disini?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending