Pantai Bopong Kebumen, Pantai yang Eksotis Dihiasi Laguna

Pantai Bopong Kebumen, Pantai yang Eksotis Dihiasi Laguna

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Bopong salah satu pantai populer di pesisir selatan Kebumen, Jawa Tengah. Wisata pantai berpasir kecoklatan ini menawarkan pemandangan laut dan laguna yang indah.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Kebumen merupakan sebuah daerah di Jawa Tengah yang memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai Bopong sendiri adalah salah satu pantai yang sejatinya merupakan laguna yang indah berada di sebuah pantai untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Beberapa hal bisa dilakukan oleh pengunjung yang singgah ke pantai tersebut.

Tempat tersebut memiliki pesona yang tidak kalah eloknya dari beberapa pantai yang ada di daerah tersebut. Meskipun belum terlalu terkenal seperti halnya objek wisata serupa lainnya, maka mengunjunginya akan memberikan nuansa lain dari berwisata ke Kebumen. Sebuah laguna merupakan ikon khas yang paling menonjol dari objek wisata yang satu ini.

Hamparan pasir yang ada di Pantai Bopong pun juga cukup berbeda dari pantai-pantai yang ada di daerah tersebut. Pemandangan yang ditampilkan pun cukup indah untuk diamati. Beberapa vegetasi alam juga bisa ditemukan dengan mudah dan semakin menambah keelokan pantai. Pengunjung pun juga bisa meraihnya dengan mudah karena aksesnya tidak terlalu ekstrem untuk dilewati.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bopong

Daya Tarik Pantai Bopong
Image Credit: Twitter.com @topik_terkinii

1. Keindahan Pasirnya yang Mempesona

Pantai Bopong merupakan salah satu pantai pasir putih yang ada di bagian selatan Pulau Jawa tepatnya ada di Kabupaten Kebumen. Karena beberapa pantai yang ada di daerah sana memiliki pasir yang rata-rata berwarna gelap, maka tempat yang satu ini cukup berbeda. Dengan demikian, objek wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Hamparan pasirnya cukup lembut ketika menyentuh kulit. Pesona pasirnya cukup indah untuk dijamah oleh para wisatawan dengan kaki telanjang. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang diberikan kawasan sekitar sambil berjalan menyusuri area pasir tersebut. Selain itu, bermain-main dengan pasirnya juga merupakan sesuatu yang cukup menarik untuk dilakukan.

2. Laguna Pinggir Pantai yang Menarik

Inilah ciri khas dari Pantai Bodong, yaitu keberadaan sebuah area perairan berada cukup dekat dengan area lautnya. Ini merupakan daratan hijau karena ditumbuhi berbagai rerumputan yang tumbuh cukup subur dan diselingi dengan adanya aliran sungai di bagian tengahnya. Tanah tersebut merupakan keunikan paling mencolok dari tempat tersebut.

Beberapa tanaman juga nampak hidup menyelingi area hijau daratan tersebut. Letaknya berada persis di samping kawasan pasirnya membuat laguna itu semakin indah untuk dijelajahi oleh siapapun yang menghabiskan waktu di sana. Kehadirannya seolah semakin menambah sempurna bentangan alam yang ada di kawasan tersebut dan mempercantik keadaan sekitarnya.

Kehadiran laguna di dekat pantai tersebut semakin membuat kenampakan yang ada di sana menjadi indah. Perairan pada laguna tersebut nampak seolah seperti kolam unik dan seringkali menjadi objek para wisatawan dalam berburu foto. Pada salah satu bagiannya juga dibentuk suatu jembatan wisata yang memang dikhususkan sebagai latar belakang dalam mengabadikan momen para wisatawan.

Pada perairan tersebut juga merupakan tempat yang bisa dipakai untuk menikmati air selain lautan sekitarnya. Hal itu cukup aman dilakukan terutama bila membawa anak kecil ke sana. Kedalamannya cukup dangkal dan mengasyikkan untuk dijadikan lokasi bermain. Inilah alternatif lain terutama ketika ombak laut selatan sedang cukup ganas menerpa bibir pantai dan hamparan pasirnya.

Daya Tarik Bopong
Image Credit: Google Maps (Ichi Ochha)

3. Keelokan Pemandangan Lautannya

Salah satu ciri dari Pantai Bopong yaitu air laut di sana nampak cukup jernih. Itulah sebabnya beberapa pengunjung sangat suka bermain airnya yang memang terasa cukup sejuk ketika menyentuh kulit. Pemandangan laut tersebut seolah menyatu dengan apik beserta sungai yang ada pada lagunanya. Ombak yang menerjang cukup deras dan bagi para turis yang singgah ke sana harus selalu waspada.

Hal itu lantaran pantai tersebut termasuk ke dalam jajaran garis pantai selatan Pulau Jawa yang tentunya langsung berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Ombak yang menerjang pun cukup deras dan pada saat-saat tertentu cukup tinggi. Namun, ada keindahan tersendiri di balik ombak-ombak yang saling bersahut-sahutan singgah ke tempat tersebut.

Ombak tersebut datang bersamaan dengan hembusan angin yang datang menyambut orang-orang yang sedang menghabiskan waktu di tempat tersebut. Suasana di sana juga cukup tenang sehingga dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Angin yang datang di pinggir pantai memang selalu menghadirkan nuansa tersendiri yang rugi jika dilewatkan, apalagi jika sudah berada di sana.

4. Kawasan Konservasi Penyu

Ini merupakan daya tarik lain dari Pantai Bopong, karena selain dapat menikmati keindahan alamnya para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan penyu-penyu yang sedang dikembangbiakkan. Lokasi ini memang menjadi satu dari tiga objek wisata yang menjadi konservasi penyu dengan alami. Bentangan alamnya memang nampak cocok untuk lokasi mengeluarkan dan menetaskan telur penyu.

Pada saat-saat tertentu, para wisatawan dapat beruntung bisa melihat pemandangan dilepaskannya bibit penyu berupa anakan yang masih kecil dan tentu saja terlihat imut dan menggemaskan. Dengan begitu, kehadiran mereka menambah sesuatu yang berbeda dari tempat yang cukup menarik menjadi tujuan wisata ketika singgah di daerah Kebumen.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Bopong

Alamat Pantai Bopong
Image Credit: Google Maps (Mardiana Rahman)

Pantai cantik ini berada di sebuah desa di Kecamatan Puring, yaitu Desa Surorejan. Berada di selatan Kabupaten Kebumen, jarak yang ditempuh dari pusat kota yaitu kurang lebih 24 kilometer jauhnya. Pengunjung akan lebih dekat menjangkaunya jika berangkat dari Kota Gombong, karena hanya berjarak sekitar 4 kilometer lebih dekat dari pada pusat keramaian Kebumen.

Rute yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi yang cukup memukau tersebut yaitu berangkat dari Kota Kebumen menuju ke arah barat daya. Pengunjung harus menempuh Jalan Ronggowarsito terlebih dahulu. Setelah itu, ambil lajur yang akan membawa ke jalur Petahanan. Arahkan kendaraan yang dipakai menuju ke Kecamatan Klirong dan akhirnya ke Kecamahatan Petahanan itu sendiri.

Ketika sudah berada di Jalan Deandles, maka akan menemukan sebuah pertigaan. Persimpangan itu berada di Desa Klegensari. Wisatawan perlu mengambil lajur kanan dan ikuti jalur itu hingga sampai kepada Pertigaan yang seringkali disebut pertigaan Munggu.

Ketika sudah sampai di sana, maka hanya perlu mengikuti jalur itu dan masuk ke Kecamatan Puring. Dari kecamatan tersebut, terdapat papan arah yang mengantarkan pengunjung ke Pantai Bopong atau lebih tepatnya Desa Surorejan itu sendiri.

Seperti halnya tempat wisata pantai pada umumnya di tempat-tempat lain, maka berkunjung ke lokasi ini juga tidak akan dikenakan biaya tertentu untuk membayar tiket masuk. Pengunjung dapat dengan bebas memasuki kawasan pantai dengan percuma tanpa budget yang harus dikeluarkan dari dompet.

Namun, jika membawa kendaraan sendiri ke sana pastinya harus membayar biaya parkirnya. Tarif parkirnya juga tidak terlalu tinggi, sama seperti kebanyakan yang ada di lokasi lainnya. Untuk mobil, maka perlu membayar sebesar 5 ribu saja. Tetapi, untuk kendaraan roda dua harus membayar 2 ribu saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Bopong

Aktivitas Pantai Bopong
Image Credit: Google Maps (Asep Sarah)

1. Menikmati Keindahan Pantainya

Berkunjung ke tempat wisata pastinya perlu untuk sekadar berdiam ataupun berjalan-jalan menyusurinya. Dengan beragam hal yang disuguhkan Pantai Bopong, maka akan tidak lengkap rasanya jika pengunjung tidak menikmati pemandangan tersebut. Beberapa titik bisa dipakai untuk sejenak rehat dengan duduk dan melihat-lihat keadaan sekitar.

2. Berkunjung ke Laguna

Adanya laguna yang berjarak kurang lebih hanya 400 meter saja dari pinggir pantainya, sangat menarik untuk dijelajahi. Dataran yang dihiasi rerumputan hijau nampak subur dan lembut untuk dilewati oleh para wisatawan. Ini menjadi lokasi favorit para pengunjung ketika berada di sana. Terdapat pula sungai mungil yang bisa dibuat untuk bermain-main dan area untuk istirahat yang syahdu.

3. Menunggu Terbenamnya Matahari

Pantai Bopong juga dapat digunakan sebagai lokasi untuk sejenak menunggu sang mentari turun dan bersembunyi di gelapnya malam. Momen tergelincirnya sang surya amat elok untuk dinikmati karena membawa kombinasi warna apik di cakrawala.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Bopong

Penginapan Pantai Bopong
Image Credit: Pegipegi.com

1. Candisari Hotel and Resto

Dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh para tamu, seperti AC dan jaringan wifi, para tamu penginapan ini akan merasa nyaman ketika bermalam di sana. Biaya inap tiap malamnya cukup bersahabat, yakni berkisar pada angkat 400 ribuan saja.

2. Bungalow Suwuk River View

Penginapan ini memberikan beberapa fasilitas seperti AC, kolam renang, dan area parkir yang memadai. Hanya perlu biaya mulai dari seratusan ribu saja maka bisa bermalam di sana.

3. OYO 90385 Hotel Cadaka

Biaya tempat ini juga cukup murah seperti tempat sebelumnya. Para tamu juga dapat menikmati berbagai hal seperti jaringan wifi, layanan makan sarapan, dan juga tempat parkir untuk kendaraan yang digunakan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Bopong Kebumen

Fasilitas Pantai Bopong
Image Credit: Twitter.com @jogjapers

Tempat ini memiliki beberapa sarana yang mendukung kegiatan turis yang hadir. Terdapat tempat parkir yang cukup luas menampung kendaraan wisatawan. Selain itu, ada juga mushola dan toilet bagi siapapun yang memerlukan. Tidak jauh dari lokasinya, bisa ditemukan dengan mudah beberapa pondok makan untuk memuaskan perut ketika berwisata di pantai ini.

Berkunjung ke Kebumen tidak lengkap rasanya jika tidak menjajal untuk singgah ke lokasi wisata yang satu ini. Dengan berbagai hal serta pemandangan yang menakjubkan, Pantai Bopong akan menghipnotis siapapun yang berkunjung ke sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending