Pantai Petanahan Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Petanahan Kebumen - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Petanahan merupakan perpaduan wisata pantai dan hutan di Kebumen. Pantai yang menyimpan sebuah kisah cinta di era Kerajaan Mataram, ditambah dengan pemandangan laut yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 6.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Petanahan sering menjadi tujuan wisata masyarakat lokal untuk berlibur. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai pantai cinta sebab mitosnya. Di balik semua itu, pantai ini memiliki kawasan hutan yang menjadi perpaduan wisata alam yang unik antara pantai dan hutan.

Di pinggir pantainya, berdiri tebing pendek setinggi satu meter yang menjadi pembatas antara area pantai dengan kawasan hutan cemara udang. Lalu, juga terbentang hamparan pasir cokelat yang semakin menambah lengkap keindahannya.

Selain itu, beberapa wahana permainan didirikan untuk membuat wisatawan semakin betah. Dan macam-macam fasilitas diberikan. Agar lebih tahu, baca informasi mengenai wisata pantai Petanahan di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Petanahan

Daya Tarik Pantai Petanahan
Image Credit: Instagram.com @abdillah9270

Pantai Petanahan ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Pantai ini pun terkenal dengan tempatnya yang juga memiliki hutan cemara dan beberapa wahana bermain. Sehingga menjadi daya pikat wisatawan untuk datang.

1. Hutan Cemara Udang

Kawasan hutan cemara udang menjadi buruan para wisatawan yang suka dengan suasana hutan. Di sini, pengunjung dapat merasakan udara sejuk dari bawah rerimbunan pohon cemara. Dulunya, jalan besar yang dipakai untuk jalur berjalan masih dari tanah. Namun, sekarang tanah tersebut sudah dipaving block sehingga walaupun datang kala hujan, wisatawan tidak akan terpeleset sebab tanah becek.

2. Barisan Pohon Pandan dan Cemara Udang

Tepian pantai Petanahan dihiasi oleh tumbuhan pandan dan pepohonan cemara udang. Tumbuhan ini tumbuh cukup subur di kawasan pantai menggantikan pohon kelapa yang biasanya ikonik dengan pantai. Berteduh di bawah pohon ini, wisatawan akan merasa tersegarkan baik dari udaranya maupun dari hembusan anginnya.

3. Tulisan Pantai Petanahan

Pantai ini juga menyediakan tulisan besar ‘Pantai Petanahan’ yang bisa dipakai untuk orang-orang berfoto. Tulisan ini tidak dibangun dalam bentuk huruf-huruf yang berdiri sendiri melainkan dicetak tinggi pada tembok yang berbentuk melengkung. Warna dari nama pantai ini dibuat berwarna merah dengan latar berwarna putih dan lis hijau tua.

Daya Tarik Pantai Petanahan Kebumen
Image Credit: Google Maps (ibnu malik)

4. Legenda Kisah Cinta

Alkisah, dulunya di tahun 1601 lahir seorang bayi cantik di pemerintahan Kerajaan Mataram. Bayi tersebut dinamai Dewi Sulastri. Saking rupawannya, banyak yang jatuh cinta kepada gadis ini. Bahkan, gadis ini pernah dijodohkan dengan adipati. Namun, gadis ini menyukai orang lain yang merupakan orang biasa. Dan setelah melalui perebutan cinta, akhirnya orang biasa ini yang berhasil menikahi Dewi Sulastri.

Adipati pun diam-diam menyimpan dendam. Bahkan, ia berani menculik Lastri saat suaminya sedang bertugas. Saat suaminya tahu, ia kembali merebut istrinya. Dan keduanya beristirahat di balik semak-semak. Si suami ini diperbolehkan memiliki pantai Petanahan untuk pribadi atas izin ratu pantai selatan.

Kisah inilah yang kemudian santer terdengar ke khalayak ramai sehingga membuat banyak turis berbondong-bondong melihat lokasi asli kisah ini berasal.

5. Bibir Pantai Melengkung

Normalnya, Anda akan menjumpai bibir pantai yang lurus di sepanjang garis pantainya. Namun, pantai ini memiliki bentuk bibir pantai yang tidak biasa. Yakni berbentuk melengkung yang membuat ombak melaju di tempat yang berbeda. Ada yang sedikit mendekat, ada juga yang sedikit menjauh. Sehingga wisatawan dihimbau untuk tetap berhati-hati agar tidak tergelincir ombak.

6. Pemandangan Senja

Daya tarik terakhir dari pantai ini ialah pemandangan senja. Di sini, panorama langit kemerahan khas senja akan membuat wisatawan yang sedang beraktivitas memilih untuk diam sejenak menikmati pemandangan. Wisatawan akan cenderung bungkam dan tidak melakukan apapun demi menikmati waktu singkat nan berharga ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Petanahan

Alamat Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps (Hekta Meter)

Pantai Petanahan berada di Kapubaten Kebumen. Dari segi akses, pantai ini terbilang mudah diakses karena tempatnya mudah ditemukan dan jalannya sudah rata. Terhitung 34 menit waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke pantai ini yang berjarak hampir sembilan belas kilometer bila berangkat dari alun-alun kota.

Rutenya yakni dimulai dari alun-alun kota lalu melewati delapan jalan yang berbeda hingga kemudian sampai di lokasi. Namun bila wisatawan berangkat dari terminal bus, maka akan menempuh tujuh jalan raya hingga kemudian sampai ke lokasi pantai. Menuju pantai ini, tidak terlalu banyak dijumpai kelokan sehingga walaupun pertama datang, wisatawan akan dengan mudah menemukan tempatnya.

Baik mobil maupun sepeda motor, dapat dipakai sebagai alat transportasi menuju lokasi pantai. Sebagai saran, wisatawan dapat membawa peta kertas atau mengunduh peta digital melalui google maps agar tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk Pantai Petanahan Kebumen

Harga Tiket Pantai Petanahan Kebumen
Image Credit: Google Maps (Djawa Dwipa Farm)

Berlibur ke pantai Petanahan, wisatawan wajib membayar tiket sebesar 6.500 rupiah untuk satu orang dewasa dan 3.500 rupiah untuk anak-anak di bawah enam tahun. Harga ini merupakan harga tiket untuk hari kerja. Sedangkan untuk tanggal merah dan hari libur, pantai ini menetapkan kenaikan harga tiket sebesar 2.500 rupiah baik untuk tiket orang dewasa maupun tiket untuk anak-anak.

Setelah selesai mengurus biaya masuk, wisatawan dapat melajukan kembali kendaraannya. Saat menemui parkiran, wisatawan dapat berhenti. Di sana, pengunjung yang datang akan diwajibkan kembali membayar biaya parkir.

Biaya parkir motor yang dikeluarkan sebesar dua ribu rupiah untuk hari kerja dan tiga ribu rupiah untuk hari libur. Sedangkan, untuk biaya parkir mobil dibuat sama. Yakni lima ribu rupiah.

Harga yang dikeluarkan cukup lumayan bila datang berombongan. Untuk itu, wisatawan dapat mengajak satu orang asli Petanahan dalam rombongannya. Pihak penjaga tiket pun tentu akan memberi potongan harga. Bila hanya sedikit orang, bisa jadi malah digratiskan. Serta pantai ini dibuka sepanjang hari agar wisatawan dapat bebas datang di waktu apapun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Petanahan

Aktivitas di Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps (Kang Mamad)

1. Susur Pantai

Kegiatan susur pantai ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni berkuda dan berjalan. Bila ingin berkuda, wisatawan dapat membayar harga sewa sebesar lima puluh ribu untuk kemudian dapat menunggangi kuda sembari didampingi seorang pawang.

Bila ingin berjalan, wisatawan dapat bertelanjang kaki sembari menunduk menyapu pasir cokelat menunggu waktu senja datang. Dibarengi dengan iringan hempasan ombak yang membawa efek damai.

2. Kulineran Pecel

Warung tenda di pantai ini terkenal dengan nasi pecel, mendoan, dan lepetnya. Jadi bila perut keroncongan, sempatkan untuk mecoba salah satu menu ini untuk mencicip seberapa enak makanannya yang membuat kuliner tersebut menjadi terkenal.

3. Bermain Sepak Takraw

Pasir di pantai ini, mendukung aktivitas bermain sepak takraw karena memiliki bentangan pasir yang landai dan luas. Sehingga saat bemain, seseorang dapat menjejakkan kakinya dengan kukuh.

4. Sepeda Gantung

Wahana permainan sepeda gantung juga bisa dinikmati di pantai ini. Biaya tiketnya antara sepuluh ribu sampai lima belas ribu rupiah. Saat mencoba, Anda akan dihidangkan pemandangan pantai dari citra atas yang akan tampak sangat menawan.

5. Flying Fox

Selain sepeda gantung, pantai Petanahan juga menyediakan wahana flying fox sebagai tambahan daya pikat wisata. Di sini, orang-orang dapat terbang cepat turun ke bawah menggunakan bantuan tali. Titik awal wahana ini dimulai dari tebing pendek hingga kemudian turun ke hamparan pasir pantai.

6. Komidi Putar

Pantai ini juga menyediakan wahana komidi putar yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak. Komidi putar ini akan semakin elok bila dinaiki di malam hari. Lampu-lampu kecil akan menghiasi kerangka komidi putar menjadi semakin megah.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Petanahan

Penginapan Pantai Petanahan
Image Credit: Agoda.com

Penginapan pertama terdekat pantai Petanahan ialah bungalow pantai Suwuk. Penginapan ini berjarak 12,6 kilometer dari Petanahan. Dan tarif penginapan untuk semalam dari harga 106 ribu rupiah. Fasilitas yang ditawarkan bungalow ini ialah kolam renang luar ruangan dan lahan parkir.

Penginapan selanjutnya ialah Hotel Mexolie. Penginapan ini berjarak 12,7 kilometer dari Petanahan dan tergolong penginapan mewah. Sehingga tarif per malamnya dimulai dari harga 450 ribuan. Fasilitas yang didapat bila menginap di hotel ini ialah lift, pendingin ruangan, restoran, servis binatu, dan kolam renang.

Penginapan murah terakhir ialah Griya Wijaya. Sedikit jauh dari dua penginapan sebelumnya, penginapan ini berjarak empat belas kilometer dari Petanahan dengan harga 250 ribuan per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Petanahan Kebumen

Fasilitas di Pantai Petanahan Kebumen
Image Credit: Google Maps (Kang Mamad)

Berbagai fasilitas dibangun untuk melengkapi prasarana yang ada di pantai Petanahan. Prasarana yang sudah ada seperti musala, toilet umum, penyewaan tikar, warung tenda, gerai oleh-oleh, tempat bilas, area parkir, dan kolam air tawar.

Di sini, tempat penyewaan tikar akan memberi tarif lima ribu rupiah untuk tiap gulung tikar yang disewakan. Serta kolam air tawar dapat dipakai untuk anak-anak berendam bila si orang tua khawatir anaknya terlalu dekat dengan ombak.

Itulah paparan mengenai segala hal baik kegiatan, rute, tempat tinggal, maupun informasi harga yang akan dikeluarkan saat berkunjung ke Pantai Petanahan, Kebumen. Wisatawan pun dapat membeli buah tangan di gerai oleh-oleh pantai ini bila tidak sempat membeli sesuatu saat berkeliling Kebumen.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending