15 Wisata Pantai di Madura yang Paling Hits

Wisata Pantai Madura

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Pulau Madura, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Layak Dikunjungi untuk Liburan yang Menyenangkan.

Madura ditunjuk menjadi salah satu pulau cantik yang kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Bukan hanya karena kebudayaannya yang unik semata, pasalnya disini pengunjung bisa menemukan segudang wisata bahari siap memanjakan mata untuk liburan yang lebih berwarna.

Setiap pantainya memiliki ciri khas yang tidak bisa ditemukan pada destinasi wisata lainnya, sehingga Anda wajib mengunjunginya selagi menginjakkan kaki di pulau mungil tersebut. Berikut daftar wisata pantai terhits di Madura yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Gili Labak, Sumenep

Pantai Gili Labak
Image Credit: Instagram.com @gililabak.id

Beberapa waktu belakangan, Pantai Gili Labak tengah hangat diperbincangkan di berbagai media sosial berkat keindahannya yang begitu menawan. Pantai cantik tersebut berada di sebuah pulau yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar, dan dapat ditemukan di bagian sebelah timur Pulau Madura. Untuk bisa sampai disana, wisatawan harus melakukan perjalanan dengan menaiki sebuah kapal selama 2 hingga 3 jam saja.

Kecantikannya bahkan sudah terpancarkan dari kejauhan, yang membuat wisatawan semakin tidak sabar untuk menapakkan kaki disana. Hal ini semakin diperkuat dengan kejernihan air lautnya yang berwarna hijau toska dan sedikit campuran biru. Sedangkan pasirnya yang berwarna putih bersih, seakan menyatu indah dengan pepohonan rindang dan perahu nelayan yang tengah berjejer di tepian pulaunya.

Selain mengagumi alam buatan sang Pencipta, ada berbagai aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan selama menginjakkan kaki di sana. Mulai dari diving, snorkeling, bermain pasir, ataupun sekedar menyusuri daerah pesisirnya pun bisa dilakukan hingga puas. Bagi wisatawan yang datang dari luar daerah, sepertinya bermalam bisa menjadi pilihan terbaik untuk menikmati keindahannya lebih lama.

Lokasi: Jl. Pulau Gili Labak, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

2. Pantai Sambilangan, Bangkalan

Pantai Sambilangan, Bangkalan
Image Credit: Tempatwisata.pro

Selagi berada di kota Bangkalan, jangan lupa mampir ke sebuah pantai cantik bernama Sambilangan. Daya tarik utamanya bukan hanya berasal dari keindahan alamnya semata, namun disana wisatawan bisa melihat sebuah mercusuar tampak berdiri kokoh berdiri di tengah pantainya. Konon bangunan mercusuar tersebut merupakan peninggalan Belanda, yang justru menambah keindahan dari pantai Sambilangan.

Sore hari dikatakan waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata alam satu ini. Sebab saat itulah matahari perlahan mulai terbenam dan langit pun berubah warna menjadi jingga kehitaman yang begitu menawan mata. Pemandangan alam tersebut menjadi dua kali lebih menarik, ketika melihatnya dari mercusuar yang diketahui memiliki tinggi berkisar 78 meter. Apakah Anda sudah memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya ?

Lokasi: Sambilangan, Kec. Bangkalan,  Kab. Bangkalan.

3. Pantai Rongkang, Bangkalan

Pantai Rongkang, Bangkalan
Image Credit: Pantainesia.com

Siapa yang tidak mengenal keindahan dari Pantai Rongkang ? Selain terkenal akan keindahannya yang tiada duanya, ternyata pantai satu ini juga hadir dengan segudang keunikan. Pasalnya objek wisata satu ini tidak dihiasi dengan pasir putih, melainkan berupa deretan bebatuan yang tampak menghiasi setiap kawasan wisatanya. Pesonanya semakin terpancarkan, ketika Anda melihat keindahannya dari bukit berundak.

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

4. Pantai Mamburit, Kepulauan Kangean

Pantai Mamburit, Kepulauan Kangean
Image Credit: Kangean.net

Pantai Mamburit dijuluki sebagai satu dari sekian banyak wisata bahari cantik yang hits di Madura. Sejak menapaki kaki di kawasan wisatanya, Anda akan disambut dengan halusnya pasir putihnya yang begitu nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Kondisi alamnya terbilang cukup bersih nan asri, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengunjunginya segera dalam waktu dekat ini.

Hamparan pasirnya tampak menyatu indah dengan air lautnya yang berwarna hijau toska. Perpaduan antara warna air laut dan pasir putihnya, berhasil menambah pesonanya yang sejak awal sudah mempesona. Objek wisata bahari satu ini kerap dijadikan sebagai wisata keluarga, sehingga tidak mengherankan jika kawasan wisatanya akan dipenuhi dengan sejumlah pengunjung secara rombongan.

Lokasi: Pulau Mamburit, Kec. Arjasa, Kab. Sumenep.

5. Pantai Jumiang, Pamekasan

Pantai Jumiang, Pamekasan
Image Credit: Alvilaaveniaaa.wordpress.com

Pantai Jumiang tidak kalah populer dikunjungi wisatawan yang tengah berlibur santai di Pulau Madura. Menyaksikan keindahan sunset dari tebing, merupakan aktivitas paling menyenangkan selama berada di kawasan wisatanya. Harga tiket masuknya pun terbilang cukup bersahabat di kantong, sehingga tidak ada penolakan ketika diajak berlibur kesana. Walaupun masuk dalam deretan pantai hits, nyatanya objek wisata satu ini masih kurang terawat.

Lokasi: Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

6. Pantai Batu Malang, Bangkalan

Pantai Batu Malang, Bangkalan
Image Credit: Indah-haya.blogspot.com

Ketika pertama kali mendengar namanya, kemungkinan Anda berpikir bahwa pantai satu ini berada di kota Malang. Sayangnya bukan demikian, karena pantai cantik ini sebenarnya berada di Bangkalan, Pulau Madura. Bahkan kecantikannya sudah bisa dinikmati ketika Anda menyusuri jembatan Suramadu, sehingga tidak mengherankan jika wisatawan tertarik mengunjunginya setelah berhasil menyebrangi jembatan populer tersebut.

Walaupun sekilas hampir serupa dengan pantai lainnya, namun disini wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah batu berukuran jumbo tampak bermakam di tepian pantainya. Walaupun hanya sebuah batu, siapa yang menyangka bahwa kehadirannya menyiratkan keindahan alam menawan dan cocok dijadikan sebagai spot mengambil foto terbaik. Goresan keindahan alamnya, membuatnya ideal dijadikan sebagai tempat berburu foto kekinian.

Lokasi: Sukolilo Timur, Kec. Labang, Kab. Bangkalan.

7. Pantai Ponjuk Timur, Sumenep

Pantai Ponjuk Timur, Sumenep
Image Credit: Wisataaminah.blogspot.com

Pantai Ponjuk Timur di Sumenep dirasa sangat cocok dikunjungi bagi mereka yang ingin mengetahui keindahan pantai hits di Pulau Madura. Selagi menginjakkan kaki di kawasan wisatanya, Anda akan disambut dengan hamparan lautan luas yang tampak bersih dan menyejukkan mata. Bahkan di tempat ini pula, Anda bisa menyaksikan pesona Pulau Gili Labak samar ketika mendaki tebingnya yang terbilang tidak terlalu tinggi.

Lokasi: Galisek Daja, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

8. Pantai Batu Kerbuy, Pamekasan

Pantai Batu Kerbuy, Pamekasan
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pamekasan memiliki pantai cantik bernama Pantai Batu Kerbuy yang sayang untuk dilewatkan. Kawasan wisatanya yang tampak tenang, membuatnya cocok dikunjungi dikala pikiran sedang penat. Pesonanya pun terus meningkat berkat adanya bebatuan karang menghiasi pinggiran pesisirnya. Beragam olahraga air pun bisa dilakukan disana, sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjunginya di lain waktu.

Lokasi: Jl. Raya Pasean, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan.

9. Pantai Lombang, Sumenep

Pantai Lombang, Sumenep
Image Credit: Ariechicarito.blogspot.com

Pantai Lombang mendapatkan julukan sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang masih terjaga keindahannya. Dijadikan sebagai pantai yang diunggulkan oleh masyarakat Madura, tidak mengherankan jika kepopulerannya terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kawasan wisatanya bahkan tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya, dimana jumlah pengunjung pun terus mengalami peningkatkan cukup spesifik.

Berkat pesonanya yang begitu menawan, membuatnya banyak dibesuk oleh wisatawan dari luar kota tidak terkecuali turis mancanegara sekalipun. Sebenarnya kondisi ini tidaklah mengherankan, mengingat kawasan wisatanya yang memang dihiasi dengan birunya air laut yang tampak tenang dan jernih. Wisatawan pun diberikan kesempatan lebih dekat dengan alamnya dengan cara berkemah di pinggiran pantainya.

Lokasi: Jl. Pantai Lombang, Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

10. Pantai Siring Kemuning, Bangkalan

Pantai Siring Kemuning, Bangkalan
Image Credit: Instagram.com @antiri92

Selagi menapakkan kaki di kota Bangkalan, jangan pernah lewatkan kesempatan emas untuk melihat keindahan Pantai Siring Kemuning. Suguhkan pemandangan alam asri, membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat berlibur favorit ketika penat di pikiran terus menumpuk. Bahkan hanya dengan duduk manis di pinggiran pantainya, pesonanya seakan menyihir pengunjung agar kembali bersemangat menjalani hari.

Berikan kesan sejuk dan menyegarkan, pasalnya pesisir pantainya dihiasi pepohonan rindang yang menjulang tinggi. Kehadiran pepohonan tersebut berhasil membuat suasana sekitar tampak lebih asri, sekaligus berhasil memberikan kesan nyaman dan tenang. Walaupun masuk sebagai wisata hits di Madura, siapa sangka jika pantai cantik ini masih belum mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah setempat.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

11. Pantai Ponjug

Pantai Ponjug
Image Credit: Sumeneptravel.wordpress.com

Disebut sebagai salah satu wisata bahari tercantik yang dimiliki oleh pulau Madura, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Ponjug. Pantai cantik ini sebenarnya berada di Pulau Talango, yang ternyata masih bertetangga dengan Pulau Madura. Lokasinya cukup bersebelahan, alhasil banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi Pantai Ponjug selagi berwisata ke Pulau Madura.

Daya tarik utamanya terletak pada nuansa alamnya yang masih terjaga dengan baik. Bahan pengunjung bisa merasakan sensasi berlibur dengan tenang nan rivat, sehingga sangat cocok dijadikan tempat berlibur terbaik untuk melepaskan penat. Hanya melihat keindahannya dari sebuah hasil jepretan saja, Anda sudah bisa membayangkan betapa indahnya pesona alam yang ditawarkannya.

Lokasi: Pulau Talango, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

12. Pantai Talang Siring, Pamekasan

Pantai Talang Siring, Pamekasan
Image Credit: Jatim.santrinews.com

Pantai hits di Madura yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Talang Siring. objek wisata satu ini seakan tidak pernah sepi dikunjungi, sehingga tidak perlu ragu akan keindahan yang ditawarkan. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan selama berada di kawasan wisatanya, salah satunya dengan menyaksikan sunrise dan sunset yang siap menyapa para pengunjungnya.

Lokasi: Tabugah, Montok, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

13. Pantai Slopeng, Sumenep

Pantai Slopeng, Sumenep
Image Credit: Tribunnews.com

Tertarik mengunjungi sebuah wisata air bersama dengan keluarga tercinta ? Sepertinya berlibur santai di Pantai Slopeng bisa menjadi pilihan tepat. Miliki keindahan tiada tara, membuatnya dijadikan sebagai wisata andalan warga Sumenep. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan selama menginjakkan kaki di kawasan wisatanya. Dijamin berlibur kesana tidak akan membuat Anda merasa bosan ataupun ingin pulang lebih awal.

Nuansa di sekitar pantainya pun tampak damai dan menenangkan, dirasa cocok untuk mengusir penat yang tidak berkesudahan. Ditambah lagi dengan banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola, dijamin Anda tidak akan menyesal memasukkannya dalam daftar kunjungan. Beberapa fasilitas yang dimaksudkan seperti gazebo untuk bersantai ria, area khusus untuk bermain anak, toilet, tempat makan, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Ambunten No.34, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep.

14. Pantai Nepa, Sampang

Pantai Nepa, Sampang
Image Credit: Tempatwisata.pro

Kabupaten Sampan tidak kalah menarik dikunjungi, karena di sanalah Anda bisa menemukan sebuah pantai cantik bernama Nepa. Tawarkan pesona alam yang begitu memanjakan mata, siapapun akan dibuat jatuh hati melihat keindahannya pada saat itu juga. Layaknya destinasi wisata bahari lainnya, disini pengunjung bisa menikmati hamparan lautan beserta deburan ombaknya yang menderu bersamaan dengan angin pantainya.

Perbedaan antara Pantai Nepa dan wisata bahari lainnya terletak pada kehadiran sebuah hutan Kera serta hutan Bakau di sekitar kawasan wisatanya. Seperti yang bisa Anda duga sebelumnya, kehadiran hutan ini membuat pantai tampak lebih asri dan menyegarkan. Masih di tempat yang sama, wisatawan bisa menemui sejumlah satwa tampak hidup berdampingan dengan damai yang justru menambah daya tariknya sendiri.

Lokasi: Jl. Raya Batioh, Duwa Asem, Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

15. Sembilan Beach

Sembilan Beach
Image Credit: Instagram.com @photomadura

Wisata bahari yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Sembilan Beach. Sesuai dengan pemberian namanya sendiri, pantai satu ini membentuk angka 9 jika dilihat dari kejauhan. Bukan hanya menyajikan hamparan lautan yang tampak jernih semata, sebab disanalah wisatawan dapat melihat biota laut tampak berenang santai tanpa merasa terusik serta terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

Itulah rekomendasi wisata pantai di Madura yang bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya. Berkunjung ke pulau Madura, rasanya belum lengkap sebelum mengunjungi destinasi wisata alamnya. Bahkan pulau garam satu ini menyimpan segudang keindahan alam berupa lautan lepas yang sayang untuk dilewatkan. Kecantikannya sudah terdengar hingga ke luar daerah, bahkan wisatawan asing kerap singgah untuk bisa menikmati kondisi alamnya lebih lama. Namun pastikan membuang sampah di tempatnya agar kawasan wisata tetap bersih.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending