Pantai Boom Tuban – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Boom Tuban

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Boom di Tuban yang memiliki luas 2 hektar lebih, sering dikunjungi wisatawan pada hari libur maupun hari biasa. Pantai yang memiliki spot foto keren dan fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Boom menjadi salah satu destinasi unggulan di Tuban yang telah menyita banyak perhatian wisatawan lokal maupun luar daerah. Tuban sendiri mempunyai banyak objek wisata pantai karena letaknya berada di pesisir utara Pulau Jawa. Sebagaimana ciri khas perairan utara Jawa yang relatif tenang, ombak di pantai ini tidak sebesar pantai selatan.

Area Pantai Boom telah disulap menjadi tempat wisata yang memiliki beragam fasilitas terpadu. Jika berlibur ke pantai ini, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan pantai yang eksotis, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Anda pun bisa berinteraksi secara langsung dengan nelayan setempat yang menyiapkan perahu untuk melaut.

Lokasi pantai yang tidak jauh dari pusat kota Tuban menjadikan destinasi ini selalu ramai dikunjungi, baik pada hari biasa maupun saat musim liburan. Tidak hanya masyarakat setempat saja yang menjadi pengunjung, tetapi banyak juga pelancong dari luar daerah. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Tuban, jangan lewatkan untuk singgah sejenak di Pantai yang indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Boom Tuban

Daya Tarik Pantai Boom Tuban
Image Credit: Twitter.com @fitrahhyde

1. Pantai Berupa Tanjung

Jika Anda membayangkan pantai dengan pasir putih yang lembut dan halus, maka jelas tidak akan menemukannya di Pantai Boom. Sejatinya pantai ini merupakan tanjung (bagian laut yang menjorok ke daratan). Itulah sebabnya ombak di pantai ini tidak besar, karena airnya berasal langsung dari perairan laut yang tenang.

Pantai yang berupa tanjung ini juga mempunyai arus aman bagi pelayaran kapal tradisional. Di pantai ini terdapat penyewaan kapal milik masyarakat setempat yang dapat digunakan pengunjung untuk menjelajahi perairan sekitar. Jadi keindahan pantai tak hanya bisa dinikmati dari daratan saja, tetapi langsung dari lautnya.

2. Alam yang Masih Asri

Pantai Boom terletak tidak jauh dari Kota Tuban, sehingga hawa perkotaannya masih terasa. Udara pun cukup panas, tetapi ada pepohonan cemara di sekitar pantai yang memberikan hawa sejuk dan asri. Di bawah deretan pohon ini pengunjung bisa bersantai dan merasakan angin laut yang bertiup menyegarkan.

BACA:  10 Air Terjun di Pacet Mojokerto yang Populer & Terindah

3. Ragam Wahana Permainan

Wisata pantai ini sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata yang sesuai bagi segala usia, orang dewasa hingga anak-anak. Oleh karena itu, di kawasan pantai Anda bisa mendapati beragam wahana permainan yang akan disukai anak-anak. Ada ayunan, komedi putar, bianglala, perosotan, bahkan becak motor yang dapat dikendarai keliling pantai.

Menariknya lagi, di Pantai Boom juga tersedia kolam renang khusus anak-anak. Karena tidak bisa berenang langsung di lautnya, anak-anak bisa bermain sepuasnya di kolam renang ini. Meskipun model kolam renangnya tidak selengkap water boom, tetapi sudah cukup menyenangkan jika dijadikan kawasan bermain anak-anak.

4. Panorama Sunset yang Cantik

Salah satu daya tarik utama pantai ini yang memikat wisatawan adalah panorama sunsetnya. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke pantai hanya untuk menyaksikan langsung momen golden hour matahari yang hendak pulang ke peraduannya. Semburat oranye langit dan birunya laut akan menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Daya Tarik dari Pantai Boom Tuban
Image Credit: Facebook.com @boy.dhoni

5. Spot Unik untuk Foto

Pantai Boom mempunyai banyak spot foto yang unik di berbagai sudutnya. Bahkan sudah dibuatkan properti khusus yang akan menunjang hasil foto terbaik Anda. Beberapa titik favorit yang paling disukai pengunjung misalnya spot dengan bentuk sayap burung, jembatan merah, spot delman, perahu, dan masih banyak spot unik lainnya.

6. Area Memancing

Bagi Anda yang gemar memancing tak perlu khawatir karena bisa melakukan hobi tersebut. Dari pagi hingga malam pantai ini membuka area khusus memancing. Jika Anda stay sampai malam hari maka bisa melihat banyak lampu-lampu terang di pinggir pantai yang sengaja dinyalakan bagi para pemancing.

7. Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Wisata bahari di Tuban ini ternyata memiliki kisah sejarah yang menarik. Dulunya kawasan pantai ini merupakan pelabuhan semasa pemerintahan Kerajaan Singasari, Airlangga, dan Majapahit. Bahkan pantai ini juga menjadi jalur pelayaran utama masuknya Islam ke Tanah Jawa. Anda bisa berwisata sekaligus belajar tentang sejarah pantai utara Kota Tuban ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Boom

Harga Tiket Pantai Boom Tuban
Image Credit: Google Maps (Ketut Pancoro)

Objek wisata ini berlokasi di Tuban, tepatnya di Kelurahan Kutorejo, sebelah utara alun-alun kota. Untuk menuju ke destinasi satu ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Aksesnya sangat mudah karena masih berada di sekitaran area kota. Bisa berangkat dari arah Lamongan, Rembang, maupun Gresik.

Apabila Anda memulai perjalanan dari arah Lamongan, maka bisa mengawalinya di Babat kemudian lurus melaju ke utara. Sesampainya di jalan raya Babat-Tuban, akan ada pertigaan sebelum memasuki taman kota. Ambil jalan ke kanan menuju arah Jalan Pahlawan. Pada saat tiba di Bundaran Sleko, lurus melalui Jalan WR. Supratman hingga sampai ke Jalan Panglima Sudirman.

BACA:  5 Wisata Pantai di Subang yang Paling Hits

Selanjutnya ikuti saja papan nama jalan yang akan menunjukkan arah hingga ke Pantai Boom. Apabila Anda berangkat dari arah Rembang, maka jalurnya lewat Kecamatan Sarang lurus ke timur. Sekitar 55 kilometer Anda akan tiba ke alun-alun Tuban. Dari sini perjalanan selanjutnya hanya perlu lurus mengikuti petunjuk jalan atau panduan navigator.

Begitu pun jika Anda berangkat dari arah Gresik, maka bisa menggunakan jalur pantura Tuban yang akan membawa sampai ke Kutorejo. Anda dapat beranjak dari arah alun-alun, kemudian mengambil arah menuju Kutorejo. Jika jalanan tidak macet, kurang dari satu jam Anda sudah bisa tiba di kawasan pantai. Akses transportasi ke pantai ini mudah dijangkau karena medannya sudah bagus.

Untuk dapat merasakan keseruan di Pantai Boom, Anda diharuskan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Ketika sedang weekdays, pengunjung dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 6.000 dan Rp 2.000 bagi anak-anak yang berusia kurang dari 10 tahun. Sementara itu ketika weekend atau hari libur, orang dewasa akan dikenakan tarif Rp 8.000 serta Rp 2.000 untuk anak-anak.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Boom

Aktivitas di Pantai Boom Tuban
Image Credit: Facebook.com @kopitjangkir.photo

1. Bersantai

Anda bisa bersantai sepuasnya di bawah rimbunnya pepohonan sambil menikmati segarnya udara pantai. Sudah tersedia gazebo yang bisa digunakan untuk makan, duduk bersama keluarga, atau bahkan tidur sejenak sembari merasakan angin laut. Anda juga bisa bersantai di tepian pantai sambil melihat laut dan kapal yang berlalu-lalang.

2. Berjalan-jalan Menyusuri Bibir Pantai

Sungguh sayang rasanya jika Anda ke pantai tetapi hanya berdiam di satu tempat, karena banyak sudut tempat menarik yang dapat dikunjungi. Anda bisa berjalan menyusuri bibir pantai yang sudah disemen jadi jalannya mudah. Di Pantai Boom juga terdapat banyak setapak yang saling terhubung guna memudahkan pengunjung menjelajah sekitar.

3. Memancing

Jika Anda melihat sekelompok orang sedang duduk di tepi pantai sambil menunggu pancing mereka menangkap ikan, maka jangan ragu bergabung. Anda bisa ikut memancing bersama warga sekitar dan pengunjung lain. Ada beberapa spesies laut yang berukuran kecil hingga sedang di perairan pantai ini.

4. Berkeliling dengan Perahu

Di Pantai Boom terdapat banyak jasa sewa perahu yang dipandu langsung oleh nelayan setempat. Bagi wisatawan yang ingin berkeliling ke perairan sekitar pantai dengan perahu dapat menggunakan jasa ini dengan membayarkan sejumlah uang. Nelayan pun akan mengantarkan Anda menjelajah birunya laut di kawasan wisata ini.

5. Bermain di Wahana

Wahana yang telah disediakan akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan. Pengunjung yang pergi berlibur bersama anak-anak tak perlu kebingungan bagaimana mereka menghabiskan waktu saat berada di pantai, karena sudah ada banyak wahana seru yang dapat dicoba satu per satu. Sebagian wahana dikenakan tarif terpisah dari tiket masuk, jadi harus membayar lagi.

BACA:  Pantai Plengkung Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

6. Menyaksikan Sunset

Sunset di Pantai Boom telah dikenal banyak wisatawan sebagai salah satu yang terbaik di Tuban. Banyak wisatawan memilih pergi ke pantai ini ketika sore hari menjelang pekan, karena ingin menyaksikan langsung indahnya panorama golden hours saat sunset. Pengunjung dapat melihat sunset dari tepi pantai atau sembari berlayar di kapal nelayan.

7. Berburu Spot Foto

Tidak akan lengkap rasanya apabila berlibur ke suatu tempat tetapi tidak mengabadikan momen di sana. Saat mengunjungi pantai cantik ini, pastikan Anda jelajahi seluruh wilayah agar bisa menemukan ragam spot foto yang telah disediakan. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera digital maupun HP karena akan banyak lokasi yang cocok dijadikan spot berfoto.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Boom

Penginapan Dekat Pantai Boom
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Basra

Hotel ini berjarak kurang dari 1 kilometer dari lokasi pantai, sehingga cukup dekat untuk dijadikan penginapan. Fasilitas yang diberikan sudah lengkap, mulai dari kamar tidur, wifi, sarapan, dan lain-lain. Harga menginap per malam sangat terjangkau.

2. Resor Tuban Tropis

Resor ini berjarak 900 meter dari Pantai Boom dan menjadi penginapan favorit banyak wisatawan. Levelnya sudah setara hotel berbintang dengan fasilitas kamar AC dan full wifi, kemudian ada juga ruang makan, dan masih banyak fasilitas lain.

3. Hotel Bintang

Hotel Bintang berada di jarak 2,8 kilometer dari pantai. Hotel ini mempunyai kamar yang sangat luas dengan beragam fasilitas memadai untuk kenyamanan pengunjung. Meskipun fasilitas unggulan, harganya tetap ramah di kantong.

4. Saras City

Saras City terletak 800 kilometer dari Pantai Boom menjadikannya sangat mudah diakses. Fasilitas yang diberikan sangat lengkap, tempatnya juga nyaman dan dekat dengan banyak destinasi lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Boom Tuban

Fasilitas Pantai Boom
Image Credit: Youtube.com @id putra hs

Pantai ini telah didukung dengan berbagai fasilitas demi menunjang kenyamanan wisatawan. Terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas bagi roda dua maupun roda empat. Selain itu ada juga toilet untuk keperluan MCK. Di Pantai Boom juga ada musholla beserta ruangan ganti yang dapat dipakai pengunjung untuk melakukan aktivitas ibadah.

Selain itu, di kawasan pantai sudah ada banyak gazebo untuk tempat bersantai wisatawan. Gazebo ini tersebar di berbagai sudut, jadi jika satu penuh Anda masih bisa mencari gazebo lainnya. Apabila Anda tidak membawa makanan dari rumah, tak perlu khawatir. Banyak kios dan warung makan yang terdapat di sekitar pantai. Anda sekalian bisa mencicipi masakan olahan dari laut di tepi pantai.

Itulah ulasan ringkas seputar Pantai Boom yang berada di semenanjung utara Tuban. Panorama menawan berpadu dengan udara pantai yang khas sangat tepat dijadikan lokasi untuk refreshing sejenak dari kepenatan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending