Pantai Menganti Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Menganti Kebumen – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Menganti di Kebumen menyajikan panorama indah pantai dengan perpaduan tebing karst dan perbukitan. Pantai eksotis yang menarik diekplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Karangboto, Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kebumen yang yang tidak terlalu menonjol di sektor pariwisatanya, ternyata memiliki wisata alam yang indah yakni Pantai Menganti. Wisata itu tergolong destinasi wisata baru di Jawa Tengah, Kebumen khususnya. Sebelumnya lokasi ini hanya pesisir pantai, lokasi para nelayan menyandarkan kapalnya usai melaut.

Begitu pemerintah menyadari potensi yang dimiliki pantai ini untuk dijadikan obyek wisata, mulai diadakan revitalisasi guna menyempurnakannya. Beberapa fasilitas umum juga sarana pendukung mulai dibangun demi kenyamanan wisatawan nantinya.

Obyek wisata ini resmi dibuka untuk umum ketika sarana dan fasilitas penunjang telah lengkap. Pembukaan diawali dengan event perlombaan selancar tingkat nasional. Sebagai salah satu pantai selatan Jawa, ombak pantai ini menjadi incaran para pecinta selancar.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Menganti

Daya Tarik Pantai Menganti
Image Credit: Instagram.com @r_if.dda

1. Air Terjun dan Goa

Selain pantai dengan hamparan pasir putihnya, Anda akan menemukan 4 air terjun indah dan dua buah goa yang berada sekitar 300 meter saja dari lokasi Pantai Menganti. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter ini menjadi alternatif bagi wisatawan yang lelah beraktivitas di pantai.

Anda dapat bermain air di kawasan air terjun dan mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan air terjun tersebut. Di tempat dimana dua buah goa berada yang tidak jauh dari sana, Anda juga dapat menjadikannya spot foto yang cukup menarik.

2. Pasir Putih dan Ombak Khas Pantai Selatan

Sebagaimana karakteristik pantai selatan Jawa umumnya, pantai ini mempunyai pasir putih yang halus dan ombak yang tergolong besar meski tak sebesar pantai selatan lainnya. Jika beruntung Anda juga dapat menyaksikan biota laut berupa kepiting dan ikan kecil di sela-sela bebatuan karang yang hanya mungkin ditemukan di wilayah pantai selatan.

Ombak besar yang dimiliki pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan. Terutama mereka yang hobi menaklukkan gulungan ombak diatas papan selancarnya.

3. Jembatan Merah

Bangunan jembatan berwarna merah ini dapat Anda tempuh dalam waktu kurang dari sepuluh menit dari lokasi pantai. Anda hanya perlu menunggu kedatangan shuttle bus yang disediakan gratis oleh pihak pengelola di halte yang tersedia.

Di atas jembatan yang berdiri kokoh di atas bebatuan karang ini, Anda dapat menyaksikan indahnya Pantai Menganti dari sudut yang berbeda. Tempat ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk dijadikan tempat hunting foto atau sekedar selfie dan wefie.

Daya Tarik dari Pantai Menganti
Image Credit: Twitter.com @kebumenkeren

4. Tanjung Karangboto

Tanjung yang merupakan jejak dari Gunung Api Purba ini, sama seperti tanjung yang berada di kawasan Gunung Kidul. Dari tanjung ini Anda dapat menikmati momen sunset yang selalu mempesona. Selain keindahan langit senja, Anda juga dapat melihat aktivitas perahu nelayan yang berlalu lalang di lokasi pantai.

5. Tebing Keteb Widodari

Tebing karst yang berselimutkan tumbuhan hijau ini mengapit Pantai Menganti dan menjadi jalur satu-satunya bagi kendaraan wisatawan menuju lokasi pantai. Dari atas tebing Keteb Widodari atau yang juga dikenal dengan Tebing Bidadari ini Anda dapat melihat indahnya pantai secara keseluruhan.

6. Lembah Menguneng

Berada di sisi Bukit Sigatel, Lembah Menguneng menyuguhkan pemandangan lembah yang didominasi oleh warna hijau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Para wisatawan dapat menginap di beberapa homestay yang tersedia di kawasan lembah ini. Penginapan dengan view pantai yang memberi rasa nyaman bagi semua yang memandang.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Menganti

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti
Image Credit: Facebook.com @kaharudin.daelami

Lokasi pantai ini terbilang cukup jauh dari pusat kota, berjarak sekitar 46 kilo meter. Namun, jika Anda mengakses melalui kawasan Gombong, maka jarak yang harus ditempuh hanya sekitar 35 kilo meter. Wisata Pantai Menganti beralamat di Desa Karangduwur, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Rute yang harus Anda lalui untuk sampai ke lokasi pantai ini jika berangkat dari pusat kota yaitu dengan mengambil arah menuju daerah Petanahan, dilanjutkan menuju arah Karangbolong dan terakhir Anda harus menuju wilayah Karangduwur untuk sampai di ke lokasi pantai. Rute ini memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Namun, bagi Anda yang datang dari arah Kota Purwokerto, dapat mengambil rute yang mengarah ke Pantai Ayah. Tepat ketika sampai di persimpangan, Anda harus mengambil jalur yang mengarah ke kiri untuk sampai di Pantai Menganti.

Untuk dapat menikmati pesona wisata pantai ini, para wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00/orang. Selain tiket masuk, biaya lain yang harus dikeluarkan adalah untuk parkir kendaraan. Tarif parkir motor sebesar Rp 3.000,00 dan mobil Rp 5.000,00. Tidak ada jam operasional khusus di wisata ini, tetapi akan lebih baik jika datang di sore hari agar dapat menikmati sunset.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Menganti

Kegiatan di Pantai Menganti
Image Credit: Google Maps (Bang Adi99)

1. Mendaki Bukit Sigatel

Meski tidak terlalu tinggi dan mudah didaki, tetapi cukup untuk membuat Anda berkeringat. Sesampainya di atas bukit, lelah yang Anda rasakan akan terbayar dengan pemandangan indah yang dapat Anda lihat dari atas bukit. Di sini Anda dapat menikmati panorama pantai ini yang sangat indah.

Hamparan laut lepas berwarna biru, dengan bebatuan karang serta pasir putih di sepanjang pantai, juga Tebing Bidadari yang mengapit Pantai Menganti terlihat berkali lipat lebih memukau dilihat dari atas bukit ini.

2. Bersantai di Gazebo

Usai lelah mendaki Bukit Sigatel, Anda dapat melepas lelah dengan bersantai di gazebo yang berada di atas bukit. Hanya dengan sepuluh Rp 10.000, Anda sudah dapat menikmati sejuknya angin laut dan pemandangan pantai yang indah dari gazebo yang teduh dan nyaman.

Lokasi gazebo ini tidak jauh dari lokasi jembatan merah, Anda dapat temui beberapa gazebo yang didirikan di atas bukit Sigatel. Bangunan kecil beratap jerami Ini sangat nyaman untuk melepas lelah dan menikmati sejuknya udara pantai. Bagi wisatawan yang membawa bekal, dapat menikmatinya di sini ditemani pemandangan indah sekitar.

3. Bermain Balon Udara dan Sepeda Gantung

Usai menikmati keindahan alam, Anda bisa menikmati keseruan pengalaman menaiki balon udara. Meski tidak terbang bebas, tetapi di atas balon udara yang berayun kesana kemari tertiup angin Anda bisa merasakan pengalaman yang luar biasa.

Ingin hiburan yang sedikit lebih ekstrim, maka Anda harus mencoba wahana sepeda gantung. Anda bisa menikmati pengalaman seru mengayuh sepeda di ketinggian, berikut menikmati panorama indah pantai yang berada di bawah beserta perbukitan dan tebing di sisi-sisinya.

4. Hunting Foto

Di kawasan wisata Pantai Menganti, Anda dapat mengeksplore banyak tempat yang cocok dijadikan spot latar belakang foto. Selain itu momen sunset dan gulungan ombak besar menghempas karang juga cocok dijadikan obyek foto anda.

5. Bermain Air dan Pasir Pantai

Berada di pantai sudah pasti kegiatan utamanya adalah bermain air dan pasir putih pantai. Oleh karena pantai ini termasuk pantai selatan yang memiliki ombak besar, maka tidak disarankan bagi pengunjung untuk berenang. Namun, ketika air surut Anda bisa melihat biota laut di sela hamparan karang atau bermain air di bibir pantai.

Bagi Anda pecinta selancar, tentu ombak besar dapat menjadi fasilitas menyalurkan hobi yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Namun, tetap perhatikan keselamatan. Jika bosan bermain air pantai, Anda bisa menuju air terjun yang masih berada di sekitar lokasi wisata.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Menganti

Penginapan Dekat Pantai Menganti
Image Credit: Pegipegi.com

Anda dapat menginap di penginapan berbentuk villa yang terrdapat di lokasi pantai. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Namun, apabila Anda menginginkan tempat menginap dengan fasilitas yang lebih lengkap, berikut beberapa rekomendasi hotel di dekat lokasi Pantai Menganti. Anda dapat memesan kamar secara online maupun langsung datang atau offline.

1. Hotel Wisata Benteng Van der Wijck

Hotel yang berlokasi di Jalan Sapta Marga, Gombong ini berjarak sekitar 22,27 kilo meter dari lokasi pantai ini. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap diantaranya: Outdoor Pool, Business Centre, Free Wi fi, Sarapan gratis.

Harga yang dipasang untuk tiap kamar mulai dari Rp 275.000,00 relatif murah dengan fasilitas yang cukup lengkap. Pihak hotel membuat kebijakan jadwal check in pukul 13.00 dan check out pukul 12.00 WIB.

2. Candi Sari Syariah Hotel dan Resto

Letak hotel ini berada 23,24 kilo meter dari Pantai Menganti. Terletak di Jalan Raya Timur Km.2 Karanganyar. Hotel dengan konsep teduh dan asri ini cocok untuk anak-anak. Harga yang dipatok untuk sewa per kamar mulai dari Rp 300.000,00. Fasilitas yang diberikan antara lain: Pusat Kebugaran, Area Parkir Gratis, Free Wi Fi, Binatu Gratis dan Sarapan Gratis.

Pemesanan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi jasa pemesanan tiket online dan secara offline.

3. Hotel Aman Karanganyar

Terletak di Jalan Revolusi Karanganyar, dengan jarak 23,30 kilo meter dari tempat wisata Menganti. Merupakan hotel yang ramah difable dan cocok bagi anak-anak. Untuk sewa per kamar di mulai dari Rp 314.000,00. Fasilitas yang diberikan yaitu: Laundry Gratis, Free Wi Fi, Jasa Tur dan Area Parkir Gratis.

Hotel ini juga termasuk di daftar hotel yang dapat di booking melalui jasa pemesanan tiket online. Jadi Anda tidak perlu repot memesannya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Menganti Kebumen

Fasilitas Pantai Menganti
Image Credit: Google Maps (Eviniar)

Wisata pantai di Kebumen ini menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap untuk memberi kenyamanan para wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain seperti mushola, kamar mandi, toilet, warung makan dan area parkir. Di lokasi pantai juga ada beberapa penginapan berkonsep villa dengan harga yang terjangkau.

Selain wisata alam di sini juga menyediakan wahana permainan yang akan menambah keriangan putra-putri Anda. Wahana yang ditawarkan yaitu balon udara di sisi Tebing Bidadari serta sepeda gantung di sisi Lembah Menguneng. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000,00 untuk menikmati wahana ini.

Itulah ulasan lengkap dari destinasi wisata Pantai Menganti di Kebumen, Jawa Tengah yang sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata saat liburan Semoga dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi Anda. Mari mengeksplore keindahan alam Indonesia dan membuka mata dunia akan potensi pariwisata kita.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending