10 Pantai Terindah di Belitung yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Belitung

Apa Saja Wisata Bahari di Belitung? Periksa List Wisata Pantai Terindah di Pulau Belitung. Destinasi Pantai Kaya Pesona, Populer dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi Saat Liburan.

Membicarakan keindahan tanah Sumatera memang tidak pernah habis dikupas, salah satunya pesonanya dapat dinikmati di Pulau Belitung. Masyarakat menyebutnya sebagai tempat bersenandung mengenai pesona alam tiada dua, karena Belitung menyimpan sejumlah wisata bahari menawan serta memiliki keistimewaan tersendiri.

Suguhan alamnya yang begitu indah dan dipadankan dengan deburan ombaknya yang menawan, siapapun akan dibuat jatuh hati saat berkunjung ke Belitung. Berikut deretan wisata pantai terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Siapa yang tidak mengenal akan guratan indah yang disuguhkan oleh Pantai Tanjung Kelayang ? Objek wisata primadona satu ini bahkan ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang kelas Internasional bernama Sail Wakatobi Belitong. Dengan kata lain, kecantikan yang dimilikinya tersohor hingga ke seluruh penjuru dunia.

Layaknya pantai cantik khas Belitung lainnya, disini pengunjung akan dimanjakan dengan bibir pantainya yang dihiasi dengan bebatuan jumbo. Kehadiran batuan tersebut justru memberikan kesan tersendiri, karena tampak kontras dengan warna air lautnya yang tampak jernih. Hanya dengan melihat hamparan lautan lepas tersebut, rasa penat di pikiran akan luntur seketika.

Pesona alamnya membuat siapapun candu melihatnya, namun jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen berlibur sebagai bentuk kenang kenangan. Berbagai spot foto kekinian pun bisa ditemukan disini, sehingga pengunjung dari luar daerah akan merasa rugi jika melupakan aktivitas seru satu ini karena terlalu asyik menikmati sajian alamnya.

Lokasi: Jl. Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

2. Pantai Punai

Pantai Punai
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai di Belitung terkenal akan bebatuan granitnya yang tampak menghiasi bibir pantainya, begitu pula dengan Pantai Punai. Jika dilihat sekilas memang tidak ada yang berbeda, namun Anda akan menyadari bahwa ukuran batuan granitnya tidak terlalu besar dibandingkan di kawasan wisata bahari lainnya.

Sedikit berbeda dengan pantai Barat khas Belitung pada umumnya, karena hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih hanya dihiasi dengan batuan kecil di beberapa titik saja. Meski demikian, keindahannya berhasil mengambil perhatian dari para penggemarnya dengan mudah berkat lukisan alamnya yang begitu menawan.

Ukuran bebatuannya yang tidak terlalu besar, membuat wisatawan dapat melihat keindahan alam di sekitarnya tanpa terhalang. Hamparan lautan lepas berwarna biru kehijauan terpampang nyata di depan mata, seakan menggoda pengunjung untuk bermain di sekitar bibir pantainya dan mencoba kesegaran airnya.

Lokasi: Tanjung Kelumpang, Kec. Simpang Pesak, Kab. Belitung Timur.

3. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar
Image Credit: Instagram.com @totepacker

Jika mencari spot Instagramable yang tidak akan pernah terlupa, maka mengunjungi Pantai Batu Berlayar bisa menjadi pilihan tepat. Sebab pantai satu ini menyajikan batuan granit berukuran besar yang tersebar di beberapa kawasan wisatanya. Dibandingkan kawasan wisata bahari lainnya, sebagian besar wilayah pesisirnya dihiasi dengan batuan granit di setiap mata memandang.

Keberagaman ukuran batuannya kerap dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat duduk alami yang tidak akan pernah bergeser dari tempatnya. Bahkan bebatuan tersebut dijadikan sebagai salah satu spot foto favorit. Namun pastikan untuk tetap waspada setiap kali melangkah, karena permukaan batunya terasa licin karena sering terhantam oleh ombaknya.

Daya tarik utamanya bukan hanya terletak pada banyaknya batuan granit yang menghiasi bibir pantainya semata, namun juga dari kejernihan air lautnya. Hamparan lautan yang tampak jernih tersebut, memberikan kesempatan bagi para pengunjungnya untuk melihat keindahan bawah lautnya tanpa perlu menyelam terlebih dahulu.

Lokasi: Pulau Batu Berlayar, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

4. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam
Image Credit: Pegipegi.com

Namanya tersohor hingga ke luar daerah, Pantai Tanjung Pendam tampaknya bisa menjadi tujuan wisata selanjutnya ketika bertandang ke Belitung. Bahkan anak muda Belitung gemar bersantai di kawasan wisata satu ini, sambil ditemani semilir angin dan memandang perubahan warna langit dikala senja menyapa.

Acara nongkrong bersama teman semakin menyenangkan, karena pihak pengelola penyokongnya dengan deretan cafe yang menawarkan kuliner lezat untuk disantap bersama. Semakin malam, kawasan wisata ini pun semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Cukup dengan memesan secangkir kopi dan camilan ringan, acara berlibur pun terasa sempurna.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

5. Tanjung Tinggi

Tanjung Tinggi
Image Credit: Belitungdreamland.com

Tanjung Tinggi masuk dalam deretan wisata bahari yang sayang dilewatkan selagi menapakkan kaki di Belitung. Namanya semakin tersohor ke pelosok tanah air, karena pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film lebar populer bernama Laskar Pelangi. Sejak saat itu pula, kecantikannya diakui oleh masyarakat Indonesia dan tidak pernah sepi dikunjungi.

Bermain di bibir pantainya yang cantik, memancing, berenang santai hingga snorkeling menjelajahi keindahan bawah lautnya merupakan deretan aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini. Banyaknya aktivitas seru yang bisa dilakukan, membuat pengunjung betah berada disana hingga memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar pantainya.

Pengunjung diberikan kesempatan untuk merasakan kesejukan air lautnya yang begitu jernih, mengingat kondisi ombaknya yang tidak terlalu besar. Sayangnya Anda harus tetap berhati hati agar tidak tersengat, karena pada kawasan tersebut kerap ditemukan sekelompok ubur ubur tampak berenang santai di pinggiran pantainya.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

6. Tanjung Marang Bulo

Pantai Tanjung Pendam
Image Credit: Detik.com

Tertarik berburu sunset terbaik di Belitung ? Sebaiknya Anda segera meluncur ke Tanjung Marang Bulo yang berlokasi di Pulau Seliu. Sedikit berbeda dengan pesona senja pada umumnya, sebab ketika air lautnya sedang pasang maka bebatuan yang tersebar di beberapa titik pantainya bak mengapung.

Selagi menunggu mentari bersembunyi di ufuk barat, tidak ada salahnya melakukan berbagai aktivitas seru yang tidak akan pernah membosankan untuk dilakukan. Karena Anda sedang berada di daerah pesisir, jangan lewatkan kesempatan menikmati kesegaran air lautnya atau sekedar menikmati semilir angin khas pantai di bawah pepohonan.

Lokasi: Kec. Membalong, Kab. Belitung.

7. Teluk Limau

Teluk Limau
Image Credit: Instagram.com @putrahdi

Bagi Anda yang merindukan keseruan bermain air laut yang menyegarkan bersama teman teman, maka berkunjung ke Teluk Limau bisa menjadi alternatif terbaik. Ombaknya yang cenderung tenang dan didukung dengan nuansa yang nyaman, membuat siapapun enggan angkat kaki dari kawasan wisata sejak pertama kali sampai disana.

Jika harus dibandingkan dengan kawasan wisata bahari lainnya, teluk satu ini tidak terlalu besar ataupun luas. Sebab daya tariknya sendiri terletak pada pesona alamnya yang tidak dapat ditemukan di kawasan pantai lainnya. Sayangnya kawasan wisata ini tidak terlalu banyak dikunjungi, mengingat pantai cantik ini terletak di kawasan tersembunyi dengan akses belum memadai.

Lokasinya yang tersembunyi, sehingga tidak perlu heran jika fasilitas yang tersedia cukup terbatas. Demi memenuhi kebutuhan harian, tidak ada salahnya membawa bekal sendiri dari rumah khusus untuk disantap saat sampai di lokasi wisata. Acara piknik sederhana di pinggiran pantai pun terasa begitu menyenangkan, ketika Anda datang bersama dengan kekasih hati.

Lokasi: Teluk Limau, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat.

8. Desa Nelayan Tanjung Binga

Desa Nelayan Tanjung Binga
Image Credit: Instagram.com @barrykusuma

Desa Nelayan Tanjung Binga adalah objek wisata terbaik bagi mereka yang ingin menikmati sajian alam khas Belitung sambil melihat kehidupan nelayan sekitar. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan, sehingga pengujung dapat dengan mudah menemukan sederet menu hasil olahan laut yang menarik dicoba.

Bahkan tidak jauh dari kawasan wisatanya, ditemukan restoran hingga resort mewah yang menyajikan aneka kuliner lezat dari hasil tangkapan para nelayannya. Tidak hanya menyuguhkan aneka masakan khas Belitung semata, namun pengunjung bisa menikmati sajian kulinernya sembari memandang hamparan lautan lepas cantik di depan matanya.

Lokasi: Desa Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

9. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang
Image Credit: Google Maps (Dntq Vu)

Belitung sendiri terdiri beberapa pulau mungil yang memiliki daya tarik tersendiri, dimana salah satu keindahannya dapat ditemukan pada Pulau Kepayang. Sesampainya di pulau tersebut, wisatawan akan disambut dengan pemandangan indah dari gugusan pantai yang begitu menawan. Air lautnya bahkan tampak cemerlang ketika sinar matahari menerpanya.

Meski tergolong pulau mungil, Anda tidak boleh meremehkan kecantikan alam yang disajikan olehnya. Dengan luas daerah sekitar 14 hektar, wisatawan dapat menemukan beberapa spot cantik yang sayang dilewatkan. Apabila tertarik menelusuri keindahannya lebih dalam, silahkan sewa boat yang ada di Tanjung Kelayang untuk mengantarkan ke pulau cantik tersebut.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

10. Pulau Burung

Pulau Burung
Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Burung melengkapi gugusan wisata bahari di Belitung yang tidak boleh dilewatkan. Jika dilihat sekilas, sebenarnya wilayah wisatanya tidak terlalu luas seperti deretan lainnya. Namun daya tariknya terletak pada banyaknya batuan granit kokoh di sepanjang tepian pantainya yang justru menghadirkan kesan unik tersendiri.

Dari sekian banyak batuan yang ada, Anda akan menemukan satu diantaranya tampak menyerupai kepala burung. Bentuk batuan granitnya yang unik inilah asal muasal nama Pulau Burung didapatkan. Melihat keunikannya tersebut, pengunjung merasa tidak tahan untuk mengabadikannya dengan menggunakan smartphone kesayangannya.

Ketika menginjakkan kaki di kawasan wisatanya, Anda bisa melihat samar Laut Cina Selatan yang tampak menyatu dengan hamparan langit luas. Cukup memandangnya dari bibir pantai seraya ditemani dengan semilir angin sejuknya saja, sudah berhasil mengusir beban di pikiran. Wajar saja jika banyak wisatawan rela datang dari jauh hanya untuk melihatnya dari dekat.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kec. Belitung.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Belitung merupakan surganya berkumpul berbagai pantai cantik tiada duanya. Meski di daerah lainnya dapat ditemukan sederet wisata bahari, namun pantai yang dimiliki Belitung memiliki keistimewaan tersendiri. Inilah alasan kuat mengapa hingga kini masih banyak wisatawan rela datang dari jauh hanya untuk melihatnya dari dekat.

 

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending