Pantai Tanjung Tinggi Belitung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Tanjung Tinggi Belitung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tanjung Tinggi salah satu wisata pantai yang menawan di Pulau Belitung, diapit oleh tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Pantai nan indah yang dihiasi deretan batuan granit besar, hamparan pasir putih dan pemandangan sekitar pantai yang memesona.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Ciput​, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pasir putih yang membentang di sepanjang Pantai Tanjung Tinggi menambah kecantikan alam yang dimiliki wisata ini. Birunya lautan dan langit yang cerah berawan, akan dapat membuat takjub siapa saja. Tidak hanya itu, panorama bawah lautnya juga patut diacungi jempol.

Terletak diantara dua semenanjung, membuat pantai ini tidak terlalu luas. Namun walau hanya memiliki luas wilayah sekitar 80 hektar, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan luar kota setiap harinya.

Pantai yang dulunya difungsikan sebagai pelabuhan para nelayan, kini menjadi sebuah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Bangka Belitung. Fasilitas untuk para pengunjung, tersedia lengkap di kawasan Pantai Tanjung Tinggi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Tinggi

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Twitter.com @FajarReger245

1. Batuan Granit di Sekeliling Pantai

Terdapat bongkahan-bongkahan besar batuan granit yang berada di pesisir pantai ini. Batuan yang didominasi warna putih abu-abu ini menjadi daya tarik tersendiri oleh para pengunjung yang berdatangan.

Batu granit yang berada di pantai ini, muncul karena sebab dari aktivitas vulkanik. Material dari gunung berapi kemudian terbawa oleh arus, lalu sampai hingga pinggir pantai tersebut. Ukuran dari batuan ini beragam, ada yang kecil sampai memiliki ketinggian mencapai 5 meter.

2. Sunset yang Memukau

Sudah bukan rahasia lagi jika pesona sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang mendatangi sebuah wisata pantai. Tak terkecuali pesona sunset yang disuguhkan di Pantai Tanjung Tinggi.

Matahari yang mulai tenggelam ke arah barat, akan memunculkan siluet dari batuan dan pepohonan sekitar pantai. Suasana ini sangat menenangkan, ditambah dengan deburan ombak yang pelan terdengar.

Pengunjung bisa duduk di atas batuan granit atau pada pinggir pantai untuk melihat momen indah tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Twitter.com @SudiartoBelitu1

3. Terdapat Banyak Spot Berfoto

Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi akan kurang rasanya jika tidak mengabadikan sebuah foto. Pemandangan indah alam di sekitar pantai berasal dari batuan granit yang berukuran besar dan latar belakang lautan biru.

Pengunjung bisa menggunakan latar belakang lautan luas atau batuan yang memiliki ukuran jumbo tersebut. Hasil akhir dari foto ini dijamin akan berbeda dengan pemandangan yang ada di pantai lain. Karena hal inilah, pantai pasir putih ini menjadi spot favorit untuk berfoto.

Agar mendapatkan hasil foto yang sempurna, pengunjung bisa mengambil gambar saat siang hari. Jangan khawatir akan panas dari terik matahari, angin pantai yang berhembus akan membuat tubuh Anda lebih sejuk.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Tinggi

Alamat Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Twitter.com @alianshori_MSi

Pantai yang berada di Kecamatan Sijuk ini memiliki jarak yang mencapai 37 km dari arah pusat kota terdekat. Adapun beberapa rute yang akan Anda ambil saat akan menuju Pantai Tanjung Tinggi.

Jika menggunakan jalur udara saat pertama kali mendatangi Bangka Belitung, Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk melanjutkan perjalanan. Setelahnya, Anda akan dibawa oleh supir kendaraan hingga sampai kawasan wisata. Jarak tempuh sekitar 1 jam ini akan membuat Anda sedikit kelelahan.

Kemudian jika Anda melalui jalur kendaraan air seperti kapal atau perahu. Sesampainya tiba di pelabuhan dalam kota, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan masih menggunakan kapal menuju pelabuhan yang ada di Desa Keciput.

Tidak membutuhkan waktu lama, perjalanan dari pelabuhan kota menuju pelabuhan kecil desa tersebut. Yang akan Anda lakukan selanjutnya setelah tiba di pelabuhan desa ini adalah mencari kendaraan umum untuk sampai ke arah pantai.

Pada saat awal pembukaan untuk umum, pantai eksotis ini membebaskan siapa saja masuk tanpa harus membayar tiket. Namun setelah berjalan lama, masyarakat setempat memberi harga Rp 10.000 per orangnya untuk tiket masuk wisata pantai tersebut.

Hasil dari penjualan tiket tersebut nantinya akan digunakan sebagai dana perbaikan kawasan pantai, dan juga membangun fasilitas tambahan. Selain tiket masuk yang harus dibayarkan, biaya parkir kendaraan pribadi dibandrol mulai dari Rp 2000 hingga Rp 5000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Twitter.com @lestariwisata

1. Berenang

Merasakan kesegaran air laut di Pantai Tanjung Tinggi bisa dilakukan dengan cara berenang. Pengunjung pantai ini diberi ijin untuk melakukan kegiatan tersebut.

Namun ada satu hal yang perlu diwaspadai saat berenang di pantai ini. Ada musim dimana para ubur-ubur yang keluar untuk berenang di perairan pantai. Hewan ini terkenal akan daya sengatnya yang cukup membahayakan.

Oleh karena itu, pengunjung yang akan berenang harus tetap memperhatikan keadaan perairan. Untuk mencegah agar tidak tersengat ubur-ubur pula, pengunjung bisa memilih perairan yang dangkal di bagian pinggir pantai.

2. Berkeliling Perairan Pantai

Mencoba berkeliling perairan pantai dengan menggunakan perahu karet, menjadi pilihan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Tinggi. Masyarakat sekitar pantai akan menyediakan perahu karet untuk mendukung kegiatan satu ini.

Setelah bisa menggunakan perahu dengan sistem sewa, Anda akan diajak berkeliling perairan biru dari pantai tersebut. Kegiatan ini menjadi pilihan yang tepat saat Anda ingin merasakan kesegaran air namun takut untuk berenang.

Saat di perjalanan mengelilingi lautan pantai, tangan Anda bisa sembari bermain air yang berjarak dekat dari tempat Anda duduk. Namun tetap perhatikan posisi duduk anda, cipratan air dapat membuat baju Anda basah jika terlalu pinggir saat memilih tempat duduk.

3. Memancing

Memancing adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam menjalankannya. Di wisata pantai ini, pengunjung bisa mencoba meregangkan alat pancingnya untuk mendapatkan beberapa ikan.

Alat pancing yang digunakan pun tidak sembarangan, karena berhadapan langsung dengan lautan, pancing khusus harus Anda siapkan sebelumnya. Umpan yang digunakan pun haruslah ikan kecil yang memiliki bau amis menyengat.

Area yang tidak memiliki ombak, adalah letak yang tepat untuk memancing di pantai ini. Ikan-ikan akan lebih memilih perairan yang tenang untuk bersembunyi, dan inilah kesempatan para pemancing yang ingin mencoba kegiatan seru satu ini.

Aktivitas di Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Twitter.com @farahdjafar

4. Menikmati Keindahan Bawah Laut

Menengok keindahan bawah lautnya, jangan sampai terabsen saat Anda mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi di Belitung ini. Anda dapat melakukan kegiatan seperti snorkling atau diving untuk melihat surga bawah lautnya ini.

Peralatan untuk mendukung kegiatan ini bisa Anda temukan dengan cara menyewa dari masyarakat sekitar yang menyediakan. Kemudian setelah safety terpenuhi, Anda bisa memulai kegiatan mengasyikkan tersebut.

5. Berjemur

Saat Anda mengunjungi wisata pantai ini, tidak ada salahnya untuk mencoba berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain dapat membuat kulit menjadi lebih gelap, Anda akan mendapat manfaat dari pancaran sinar matahari yang mengenai permukaan kulit.

Vitamin D yang didapat dari sinar matahari secara langsung, akan membantu menjaga kesehatan yang dapat mencegah munculnya kanker kulit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pada jam 7 hingga 11 adalah waktu terbaik untuk berjemur.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Tanjung Tinggi

Penginapan Terdekat Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Agoda.com

1. The Villa of Lor In Tanjung Tinggi

Penginapan satu ini terletak dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi. Hanya dengan waktu 3 menit saja, pengunjung pantai bisa mencapai villa yang menyediakan kolam renang tersebut.

Lokasinya yang strategis, membuat penginapan ini menjadi pilihan bagi para pengunjung luar kota maupun luar negri. Pemandangan yang disuguhkan dari arah villa ini adalah pantai dengan pasir putihnya yang indah.

2. Lorin Beach Resort

Berjarak 2,3 km dari arah pantai, dari penginapan ini hanya membutuhkan waktu 4 menit untuk sampai ke lokasi wisata pantai yang menawan ini. Fasilitas lahan parkir yang luas, dapat memuat beberapa kendaraan roda 4 dari para pengunjungnya.

3. Pelangi Lake Resort Belitung

Memiliki desain kamar yang modern-minimalis, membuat beberapa kamar di resort ini tampak simpel dan bersih. Penginapan yang berjarak 2,5 km dari kawasan pantai ini memiliki suasana yang tenang. Pengunjung akan dapat beristirahat dengan nyaman saat memilih penginapan tersebut.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Facebook.com @wisatakebelitung

Pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Tinggi, akan mendapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Misal saja rumah makan yang telah banyak berdiri di kawasan pantai, beragam menu khususnya seafood bisa dicoba oleh pengunjung.

Selain fasilitas yang menyediakan amunisi pengisi perut, fasilitas seperti perahu karet untuk pengunjung juga disediakan oleh masyarakat setempat. Jika ada pengujung yang ingin berkeliling pantai, bisa menyewa perahu karet ini dengan ditemani oleh pendamping.

Untuk toilet sendiri, pantai ini menyediakan beberapa yang diletakkan di salah satu sudutnya. Cukup dengan membayar Rp2000, para pengunjung sudah bisa menggunakan fasilitas kamar mandi tersebut.

Itulah informasi mengenai Pantai Tanjung Tinggi yang berada di Kabupaten Belitung. Keindahan bak surga di daerah terpencil ini dapat Anda nikmati bersama keluarga atau teman. Biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi pantai pun tidak merogoh kocek terlalu dalam.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending