Pulau Lengkuas Belitung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Lengkuas Belitung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya WisataPulau Lengkuas salah satu wisata bahari yang unik di Belitung dengan ikon mercusuar bersejarahnya. Pulau kecil yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, berpasir putih dan spot foto yang keren.

Biaya Wisata: Mulai Rp 350.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pulau Lengkuas berada di sisi utara Pantai Tanjung Kalayang. Menjadi ikon utama dari sederet pulau-pulau mungil di gugusan Belitung. Keindahannya tak dapat terelakkan, menyihir wisatawan dari pelbagai penjuru negeri.

Walau kerap disambangi, tidak lantas membuat keramahan alamnya memudar. Air laut yang bening tampak bagai batu pertama akuamarin. Hamparan pasir putih begitu kontras dengan hijaunya deretan pepohonan.

Akses ke sini pun cukup mudah. Meski harus melintasi jalur darat dan laut, Anda tidak akan sulit menemukan kendaraan. Tak hanya berperan sebagai objek wisata, Pulau Lengkuas turut mencerminkan sejarah bangsa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Lengkuas

Daya Tarik Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @sikurina

1. Mercusuar Tua

Bangunan setinggi 15 lantai yang merupakan peninggalan Belanda. Tinggi menjulang seolah menantang para pengunjung. Mercusuar ini masih berfungsi walau sudah berdiri selama 139 tahun. Sejak 1882 silam, berperan baik untuk menuntun lalu lintas kapal dari dan/atau menuju Belitung.

Ratusan anak tangga harus Anda taklukkan jika ingin mencapai puncak. Memang butuh tenaga ekstra untuk mendaki di atas bangunan setinggi 50 meter. Apalagi, saat dilakukan secara manual. Pada waktu yang sama, Anda harus tetap waspada karena di beberapa titik mulai rapuh. Materialnya terkikis digilas waktu.

Namun demikian, seluruh lelah akan terbayar tunai setelah Anda tiba di puncak. Panorama estetis khas Pulau Lengkuas siap menyambut dalam satu kali pandang. Di pertengahan jalan, sebenarnya Anda pun bisa berhenti sejenak dan mengintip lewat jendela. Kata indah saja belum cukup menggambarkan situasi di bawah sana.

BACA:  Pulau Samalona Makassar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Lanskap Dataran yang Memukau

Rumpun pohon kelapa memadati lahan yang memiliki luas kurang dari 1 hektare ini. Tumbuh subur di atas hamparan pasir. Teksturnya amat halus menyentuh sela-sela kaki. Sinar sang surya yang memantul pada permukaan air menciptakan kilauan bak permata.

Bebatuan granit tersebar hampir di seluruh penjuru. Mulai dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Bentuknya yang cenderung halus dan bernuansa putih seolah memanggil untuk dijamah. Tak pelak, kerap membuat wisatawan berlomba narsis di spot ini. Dapat difungsikan sebagai sarana beristirahat atau sekadar melihat-lihat suasana sekitar.

Gemuruh ombak terdengar tenang ketika menyapa gendang telinga. Semilir angin terasa lembut membelai wajah. Bau air garam turut meramaikan. Kondisi yang sempurna bagi para pencari kedamaian.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @LingkarID

3. Panorama Sunset dan Sunrise yang Sempurna

Apa Anda sering menyaksikan video detik-detik matahari tenggelam di balik samudra lewat media sosial? Di tempat ini pemandangan demikian merupakan suatu keniscayaan. Posisi Pulau Lengkuas yang membentang di lautan lepas, sangat menguntungkan bagi para pemburu sunset dan sunrise.

Saat mentari pelan-pelan terbit di ufuk timur, perubahan saturasi dari jingga pekat menuju kuning keemasan pun terjadi. Ketika matahari terbenam, jingga kemerahan akan tampak kontras dengan suasana sekitar. Menariknya, kedua momen ini seolah menyembur dari balik samudra. Kilaunya membias di atas permukaan air sehingga terlihat bagai bayangan.

Alamat, Rute Lokasi dan Estimasi Biaya ke Pulau Lengkuas

Alamat Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Hubert Trapp)

Berlokasi di Kecamatan Sijuk, Anda bisa menumpang perahu nelayan untuk ke sini. Ada beberapa alternatif rute yang dapat dipilih, yakni Tanjung Binga, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Tinggi.

Buka 24 jam penuh, setidaknya butuh waktu 20 menit jika memilih jalur Tanjung Kelayang. Selain itu, butuh 30-40 menit dari Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga.

Anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk saat mengunjungi pulau cantik ini. Namun, perlu membayar Rp 5.000 jika ingin mendaki ke puncak mercusuar.

Di samping itu, sewa perahu dibanderol Rp 350.000-an dengan kapasitas maksimal 10 orang. Disarankan untuk datang bersama rombongan agar tanggungan lebih ringan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Lengkuas

Aktivitas Seru di Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @dagnesia

1. Berburu Kuliner Sembari Berkeliling

Kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi sajian khas di daerah ini. Variasi menu dengan harga relatif murah bisa Anda temukan di kedai-kedai pinggiran. Pastikan Anda membeli es degan untuk mendapatkan kepuasan maksimal.

Aneka makanan lainnya juga menunggu untuk dijajal. Mulai dari menu utama hingga pelengkap. Es teh manis, mie rebus, kelapa muda, variasi seafood, dan masih banyak lagi. Sambil mengemil, Anda bisa menyusuri kawasan pesisir.

BACA:  Pulau Galang Batam - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini saat pagi atau sore hari. Jika air laut surut, cobalah mendatangi batu-batu granit yang terendam kolam asin. Bagi Anda yang mungkin melazimi kreativitas, tidak ada salahnya mencari bekas kulit kerang. Hindari berkeliling dikala matahari terik menyengat. Sebelum itu, pastikan Anda telah memakai tabir surya.

Penjelajahan Anda berpotensi kian sempurna bila matahari terbenam. Bias-bias jingga kemerahan akan membaur di atas permukaan lautan. Menciptakan panorama luar biasa yang tak pernah bosan dipandang mata meski sudah terjadi berulang kali.

2. Mengintip Eksotisme Bawah Laut

Tak cukup dimanja lanskap dataran, pengunjung bahkan masih harus menjelajah kawasan bawah laut. Ikan-ikan cantik berenang di antara terumbu karang. Aneka biota laut turut serta menemani. Membawa sendiri atau menyewa perlengkapan snorkeling agaknya wajib dilakukan selama berada di Pulau Lengkuas.

Debur ombak yang cenderung kecil akan memudahkan Anda. Nikmati setiap detail keindahan sewaktu menyelam. Jika memungkinkan, siapkan kamera memadai untuk mengabadikan momen tersebut. Tak heran, pulau ini dijuluki sebagai surga tersembunyi.

Aktivitas di Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Aaron Lisandrio)

3. Berkemah di Kawasan Pulau

Wisatawan kerap memilih Pulau Lengkuas sebagai lokasi perkemahan. Ini karena daratannya landai dan fasilitas pun cukup memadai. Hanya saja, belum ada penyewaan alat kemah di sini. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkannya sendiri.

Berkemah lebih seru bila dilakukan bersama kawan sepermainan. Sebelum itu, agar waktu tak terbuang sia-sia, pastikan Anda dan rombongan sudah menyepakati rundown acara. Memang terkesan merepotkan bila harus membuat rundown dahulu, namun ini akan sangat memudahkan proses eksplorasi.

Saat tengah malam, kegiatan yang direkomendasikan adalah jurit malam. Cerita sejarah dan suasana kuno cukup seru untuk menghadirkan sensasi mendebarkan. Di samping itu, menyanyi dan bermain gitar juga patut dicoba.

Apabila Anda atau teman memiliki teleskop, jangan lupa dibawa serta. Biasanya, pulau yang bebas polusi menawarkan keindahan langit malam yang luar biasa. Berbaring di atas hamparan pasir sambil bercerita, ditemani bintang-bintang di angkasa.

4. Membangun Istana Pasir

Kegiatan ini lebih direkomendasikan saat tamasya bersama keluarga. Anak-anak selalu menyukai bermain pasir dan berlarian ke sana-kemari. Daripada Anda pusing mendengar kerewelan, lebih baik ajak si kecil membangun miniatur istana.

Tekstur pasirnya halus, lingkungannya lumayan bersih. Tak perlu khawatir anak akan terluka. Situasi di sini cukup aman untuk menunjang beragam keseruan pengunjung. Pastikan Anda tidak membangun miniatur istana persis di bibir pantai agar tidak tersapu ombak.

BACA:  Pulau Ayer Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Lengkuas

Penginapan Terdekat Pulau Lengkuas
Image Credit: Traveloka.com

1. Sheraton Belitung Resort

Tarif per malam mencapai nominal Rp1,5 jutaan. Fasilitas yang akan didapatkan tentu tidak main-main. Kasur berukuran king, televisi layar datar, kamar mandi dalam, dan seperangkat alat untuk memenuhi seluruh kebutuhan Anda. Tersedia SPA, pusat kebugaran, bahkan kolam renang.

Tempatnya nyaman, bersih, dan lapang. Kamar tidur memiliki area balkon yang menghadap ke taman. Pohon kepala, aneka tanaman hias, serta hamparan laut biru siap memanjakan Anda.

2. Swiss-Belresort Belitung

Fasilitas kamar mencakup area yang sangat luas, kursi, meja, AC, kamar mandi sepaket dengan bathtub dan shower. Ruangan dipermanis oleh lukisan dan pot mungil berisi bunga hias. Ranjang berukuran king terlihat empuk. Ada taman cantik di sekeliling resort. Lahan parkirnya sangat luas.

Resepsionis stand by 24 jam, paket makanan siang dan malam, sebuah bar, dan masih banyak lagi. Mendapatkan skor 8,6 di Traveloka. Tarif per malam mulai dari Rp 450.000-an. Teretak di Jalan Tanjung Kalayang, terpaut 6,5 km dengan Pulau Lengkuas. Objek wisata lain yang paling dekat adalah Pulau Burung, selisih 3,51 km.

3. Truntum Village

Bangunan sederhana yang menawarkan nuansa kekeluargaan. Mulai dari perabot, dinding, hingga plafon menggunakan material kayu. Didominasi oleh warna cokelat mengkilap. Bisa dibilang, penginapan ini jauh dari kesan mewah berlebihan. Namun demikian, tetap mampu membuat Anda nyaman.

Kamar mandi dilengkapi kloset duduk, shower, peralatan mandi, gantungan pakaian, dan wastafel. Di dalam kamar tidur terdapat kursi, meja, televisi, AC, kasur berukuran queen. Lahan parkir cukup luas. Halaman depan diberi paving block.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Lengkuas Belitung

Fasilitas di Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Bams Triwoko)

Banyak kedai tersebar di kawasan pantai. Tersedia pula toilet, penyewaan alat snorkeling, serta musala. Sayangnya, letak geografis pulau tidak memungkinkan Anda untuk memarkir kendaraan darat. Posisinya yang persis di tengah laut menafikan hal tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus memanfaatkan lahan parkir Tanjung Kalayang atau sebangsanya untuk mengamankan kendaraan pribadi. Tak mengapa karena aman-aman saja. Seluruh pengunjung tentu memutuskan tindakan serupa.

Bagai kepingan surga di gugusan Kepulauan Bangka Belitung, menawarkan panorama yang sedemikian terjaga. Pulau Lengkuas rasanya mampu menggugurkan setiap lelah. Karenanya, jadilah wisatawan yang baik dengan turut merawat kealamian destinasi ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending