Pantai Laskar Pelangi, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis & Batuan Granit di Belitung

Pantai Laskar Pelangi, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis & Batuan Granit di Belitung
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Kepulauan Bangka Belitung dikenal wisatawan dengan keindahan pantainya yang identik dengan pasir putih nan halus, gradasi warna biru air laut dan deretan batuan granit. Keindahan pantai yang tak biasa dan berbeda membuatnya berbeda dari pantai-pantai lain di Indonesia. Pesona pantai yang identik dengan batuan granit ini juga dimiliki oleh pantai Tanjung Tinggi atau biasa dikenal Pantai Laskar Pelangi.

Alasan mengapa pantai ini dikenal dengan nama Laskar Pelangi karena pada tahun 2005 pernah digunakan sebagai lokasi syuting film berjudul Laskar Pelangi. Setelah film ini tayang di bioskop para penonton film terpukau dengan keindahan pulau Bangka, salah satunya penonton terpukau dengan keindahan pantai di dalam film. Penonton yang penasaran dengan keindahan pantai rela berkunjung ke sana untuk menikmati pesona pantai.

Sedangkan asal usul nama pantai Tanjung Tinggi yang berarti pantai dengan bebatuan tinggi, nama ini diambil dari kata tanjung berarti semenanjung. Dan kata tinggi diambil dari batuan granit dengan ukuran yang besar dan tinggi. Dengan keunikannya ini menjadikan pantai Tanjung tinggi salah satu destinasi yang menarik untuk di kunjungi.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Laskar Pelangi

Daya Tarik Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps Aryo Sanjaya

1. Pasir Putih dan Jernihnya Air Laut

Sudah menjadi ciri khas tersendiri jika hampir semua pantai yang berada di Bangka Belitung memiliki warna pasir putih cantik dan jernihnya warna air laut. Saking jernihnya terkadang Anda dapat melihat ikan-ikan kecil berenang ke tepi pantai.

2. Pesona Pantai Bawah Laut

Selain memiliki keindahan pantai di permukaan Pantai Laskar Pelangi juga memiliki pesona bawah laut yang jarang diketahui orang. Cocok untuk Anda yang memiliki hobi snorkeling, ketika Anda mengarah ke bagian tengah dan lebih dalam Anda akan menjumpai karang massif. Jika Anda menyelam lebih dalam lagi akan menjumpai terumbu karang jenis lainnya.

Saat menyelam ke kedalaman pantai ini Anda akan menjumpai bahwa terumbu karang yang berada di sini memiliki kondisi yang tak sehat. Keadaan terumbu karang yang ada di sini mengalami kondisi fisik yang terbuka atau bisa dikatakan kering ketika air surut. Beberapa jenis terumbu karang antara lain follose, karang massif dan lain sebagainya.

Saat menyelam Anda juga akan menemukan ribuaan ikan kecil yang membentuk formasi berkelompok. Terdapat pula lapisan lamun dengan berbagai jenis dan lapisan makroalga. Terkadang Anda juga dapat bertemu dengan ubur-ubur, meski cantik tetapi hewan ini patut untuk Anda waspadai.

3. Batuan Granit

Pantai Laskar Pelangi selalu identik dengan batuan granit yang menjulang tinggi dan besar. Tak jarang Anda akan menjumpai ukuran batu granit sebesar bangunan rumah, hal ini sudah wajar Anda temui ketika mengunjungi beberapa pantai di Bangka Belitung. Jika Anda melihat di film Laskar Pelangi ukuran batu itu sudah cukup besar maka Anda harus datang ke sini dan menyaksikan kemegahan batuan granit.

Batuan granit di sini memiliki umur sekitar 60 sampai 200 juta tahun yang berarti batuan di kawasan pantai ini memiliki sejarah yang panjang. Beberapa semenanjung yang berada di sekitar pantai ini juga memiliki jejeran batuan granit yang berukuran besar. Hal ini menjadi sebuah daya tarik yang unik dan tak mungkin Anda jumpai di sembarang destinasi wisata.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps Arie Kusnady

4. Mengeksplore Area Pantai

Jika sudah berkunjung ke destinasi ini maka Anda harus menyempatkan untuk mengeksplore kawasan dari pantai ini. Memiliki banyak daya tarik yang menarik untuk dapat Anda eksplore satu persatu, dengan luas kurang lebih 80 hektare dan dikelilingi oleh jajaran batuan granit.

Menjadikan pantai ini memiliki beberapa spot yang tersembunyi karena tertutup aksesnya oleh batuan granit. Terkadang terdapat akses sebuah lorong sempit, dengan posisi yang tersembunyi menjadikan tempat ini menarik untuk Anda eksplore sendiri.

5. Spot Terbaik untuk Melihat Sunset

Seperti halnya pantai-pantai lainnya yang memiliki daya tarik dari sunset ketika wisatawan datang ke sini Anda juga akan menjumpainya. Hanya saja pantai ini memiliki suasana sunset yang lebih cantik dari kebanyakan pantai.

Hal ini dikarenakan batuan granit yang hampir ada di tiap tepi pantai memberikan nilai estetik dan cantik. Untuk wisatawan yang menyukai seni fotografi pasti Anda akan mendapatkan banyak foto cantik dengan nilai estetik.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Twitter belitunglandscape

Pantai Laskar Pelangi berada di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Kecamatan Sijuk. Destinasi ini berada di bagian sebelah Utara dari pulau Belitung, berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Untuk sampai ke destinasi ini dari kota Tanjung Pandan Anda perlu memakan waktu sekitar 40 menit.

Sedangkan jika Anda melakukan perjalanan dari kota Pangkal Pinang maka akan memakan waktu perjalanan yang lama. Untuk wisatawan datang dari bandara HAS Hanandjoeddin akan memakan waktu sekitar 40-60 menit untuk sampai ke lokasi destinasi wisata ini.

Ada beberapa rute untuk sampai ke pantai cantik ini, salah satunya adalah rute Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Untuk rute ini akan memakan perjalanan yang sedikit lebih lama tetapi anda akan melewati banyak fasiitas publik seperti restoran, ATM, dan fasilitas lainnya. Fasilitas ini pasti dibutuhkan wisatawan untuk membeli semua kebutuhan persediaan bekal.

Untuk masuk ke dalam destinasi ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000 namun ini belum termasuk tarif parkir kendaraan. Pantai ini memiliki waktu buka mulai jam 06.00-18.00 destinasi wisata ini biasanya akan ramai wisatawan di waktu weekend.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Laskar Pelangi

Aktivitas Seru Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps Rizky Fadillah

1. Snorkeling

Bukan hanya memiliki keindahan pesona pantai, pasir putih dan jajaran batuan granit pantai ini juga memiliki keindahan di bawah laut. Ternyata destinasi ini memiliki keindahan dasar laut yang terdapat terumbu karang berbagai jenis. Selain itu banyak ribuan gerombolan ikan kecil di dasar pantai ini, hal inilah yang menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat snorkeling.

2. Bersantai

Kawasan Pantai Laskar Pelangi memiliki suasana yang asik dan tenang karena untuk masuk ke area pantai wisatawan harus masuk melalui sebuah lorong. Jadi kawasan pantai ini berada jauh dari keramaian jalanan dengan begini Anda dapat merasakan ketenangan untuk bersantai.

Anda juga dapat bersantai di tepian pantai dengan bermain air atau hanya menikmati hempasan air laut saat menyentuh kaki. Jika Anda ingin merasakan bersantai sembari mengekplore lokasi pantai Anda dapat menyewa kanoe dan bersantai di atasnya dengan tenang.

Aktivitas Seru di Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps jumnan kuswandana

3. Menikmati Sunset

Sudah menjadi hal wajib ketika berkunjung ke destinasi wisata pantai pasti menantikan momen cantik ini, seperti sebuah keharusan untuk menikmati keindahan sunset. Namun berbeda dengan pantai ini karena Anda akan menjumpai keindahan sunset yang lebih dari biasannya. Karena di pantai ini menikmati keindahan sunset akan bertambah estetik dengan adanya batuan granit.

4. Mengabadikan Momen

Saat berkunjung ke Pantai Laskar Pelangi, Anda akan mendapatkan banyak spot foto yang menarik. Spot foto dengan background keindahan alam yang ada di sini, beberapa wisatawan yang datang selalu mencari spot foto yang menurut mereka terbaik. Ada yang mengambil gambar ketika sunset dengan menaiki kanoe, ada lagi yang mengabadikan momen dengan menaiki batuan granit dan banyak lagi lainnya.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Murah Dekat Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

1. Santika Premiere Beach Resort Belitung

Berjarak sekitar 4,3 km dari lokasi pantai, penginapan satu ini termasuk kedalam penginapan dengan range biaya sewa yang standart. Biaya sewanya mulai dari Rp 800.000 – Rp 2.700.000 dengan biaya ini fasilitas Anda dapatkan antara lain pantai privat, Jacuzzi, Spa dan lainnya.

2. Lorin Belitung Hotel

Penginapan ini memiliki jarak kurang lebih 1,65 km dari Pantai Laskar Pelangi jarang yang cukup dekat bukan dengan sebuah destinasi pantai cantik. Biaya sewa dari kamar di sini juga tergolong relatif terjangkau yaitu sekitar Rp 390.000. Fasilitas yang ditawarkan di sini antara lain wifi gratis, transportasi ke terminal ferry dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

3. Pelangi Lake Resort & Hotel Belitung

Penginapan yang satu ini berjarak sekitar 2,22 km dengan Pantai Laskar Pelangi, penginapan ini memiliki bentuk kamar yang unik dan menarik. Beberapa jenis kamar antara lain Cottage Reguler, Cottage Deluxe, Super Deluxe, Rumah Penyu, Rumah Keong dan Rumah Nias, tiap tipe kamar memiliki fasilitas yang berbeda. Untuk biaya sewa kamarnya mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 2.000.000.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Instagram Prawnche #FOODVENTURER

Fasilitas yang ada di pantai ini dapat dikatakan sudah memenuhi semua kebutuhan wisatawan. Hanya saja letak dari pantai ini yang sedikit jauh dari fasilitas publik seperti ATM dan lainnya. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti toilet, warung, sewa perahu dan lainnya.

Pantai Laskar Pelangi merupakan salah satu destinasi bahari di Belitung dengan banyak keindahan yang jarang diketahui wisatawan, barulah setelah menjadi lokasi syuting film banyak wisatawan yang datang. Sebaiknya untuk destinasi semacam ini yang jarang terekspose harus gencar dipromosikan agar menjadi dikenal dan mendatangkan untung dari segi ekonomi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending