Pantai Trisik Kulon Progo – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Trisik Kulon Progo – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Trisik salah satu objek wisata pantai yang indah di Kulon Progo, Jogja. Pantai yang memiliki ombak besar dan terlarang untuk berenang, namun memiliki kehidupan sekitar pantai yang bisa dieksplor.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 05.00-18.00, Alamat: Banaran, Galur, Area Pantai, Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai masih menjadi lokasi yang pas untuk melepas penat. Bagi Anda yang kebetulan berada di Kulon Progo, pastikan untuk singgah sejenak menikmati indahnya Pantai Trisik. Sebab, pemandangan yang ada di lokasi satu ini sangatlah mempesona, baik pagi hingga senja tiba. Bagi Anda yang menyukai liburan mengunjungi wisata bahari, maka pantai satu ini menjadi lokasi tepat yang bisa Anda kunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trisik

Daya Tarik Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Sugeng Prayitno)

Ketika Anda melewati jalur lintasan Bantul – Purworejo, maka Anda pun akan menemukan pantai yang indah satu ini. Berwisata di lokasi satu ini membuat Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan memukau. Sebab tak jauh dari lokasi Anda akan menemukan sawah dan juga kebun kelapa yang luar biasa indahnya.

Tentu saja, pemandangan satu ini akan menjadi panorama yang sangat indah. Terutama bagi Anda yang sedang dilanda penat akan aktivitas harian yang melelahkan. Selain memberikan panorama yang memanjakan mata, berada disini Anda juga akan disuguhkan dengan pantai yang tak kalah cantik dengan pantai lain yang ada di Kulon Progo.

Pasalnya, berada disini Anda akan bisa menikmati berbagai macam kegiatan menarik lainnya. Seperti melihat konservasi penyu, menikmati suasana pelelangan ikan dan juga berbagai kegiatan nelayan lainnya. Sehingga, banyaknya kegiatan tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa didapatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke lokasi satu ini.

Salah satu ciri khas dari Pantai Trisik yang tidak bisa Anda temukan di pantai lain yang ada di sekitar Jogja adalah suasana kearifan lokalnya. Karena lokasinya yang dekat dengan pedesaan, maka Anda pun akan merasakan suasana khas pesisir pedesaan saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Disini, Anda bisa melihat rumah warga dan juga gubug gubug makanan yang dijual di sekitar sebagai pemandangan yang Anda dapatkan saat berada di lokasi satu ini. pasalnya, lokasi pedesaan tersebut sangatlah berdekatan dengan pantai. Ditambah lagi dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh warga yang memiliki tempat tinggal di sekitar pantai tersebut akan membuat Anda betah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (SOKLATES)

Selain itu, Pantai Trisik juga menjadi salah satu wilayah persinggahan bagi burung burung bagi berbagai jenis wilayah yang ada. Sebab, apabila Anda perhatikan saat bermain di pantai ini, Anda akan menemukan banyak sekali jenis burung. Mulai dari trinil rawa, trinil pantai, kedidi leher merah, hingga cerek kalung kecil dan juga lain sebagainya.

Tak hanya burung imigran saja, burung burung yang mendiami lokasi pantai ini pun juga kerap kali terlihat ketika Anda menghabiskan waktu di lokasi satu ini. ada banyak jenis burung yang bisa untuk Anda temui saat berada disini, sebut saja seperti kuntul kerbau, walet sapi dan juga udah biru.

Berada di Pantai Trisik, Anda juga akan disuguhkan dengan pantai yang memiliki pasir sangat lembut. Bahkan ombak yang ada di pantai ini pun akan membius siapa saja yang melihatnya. Panorama pantai yang indah tersebut tentu saja akan menarik perhatian bagi siapa saja yang ada di lokasi ini

Tak mengherankan banyak wisatawan yang berasal dari domestik maupun mancanegara mulai melirik pantai ini sebagai wisata bahari yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Kulon Progo. Meskipun begitu, Anda tetap tidak diperbolehkan untuk mandi di wisata ini karena memiliki ombak yang terbilang cukup besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Trisik

Lokasi Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Saktiwi Bw)

Untuk Anda yang ingin berwisata ke tempat satu ini, maka Anda hanya perlu untuk melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari kota tersebut, maka Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 1.5 jam saja dengan menggunakan mobil ataupun sepeda motor.

Disini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan jalur yakni Bantul – Purworejo. Dimana Anda akan melewati daerah Srandakan dan Palbapang. Ketika Anda sudah berada di daerah Srandakan, maka ana bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Brosot. Sekitar dari daerah sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dalam waktu sekitar 5 kilometer ke arah pantai.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kereta kuda atau andong. Namun, apabila Anda masih bingung lebih baik Anda menggunakan Google Maps untuk bisa menuju ke lokasi Pantai Trisik. Sepanjang perjalanan, maka Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah.

Mulai dari sawah yang hijau dan juga langit yang biru apabila Anda datang saat cuaca sedang cerah cerahnya. Hal ini tak mengherankan, lantaran wilayah Kulon Progo memang dikenal dengan penghasil padi yang ada di Jogja. Sehingga, Anda pun akan menemukan banyak sekali sawah di daerah satu ini.

Hal yang perlu Anda tahu adalah jalanan menuju ke Pantai Trisik ini sangatlah mulus. Sehingga Anda tidak perlu untuk bersusah payah dalam menempuhnya. Namun, disarankan Anda tidak menggunakan transportasi publik saat ingin kesini. Hal tersebut dikarenakan lokasi pantai ini tidak dilewati oleh angkutan umum.

Oleh karena itu, sebaiknya, Anda bisa membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun kendaraan roda empat. Hal ini bertujuan agar Anda bisa berwisata dengan lebih nyaman dalam waktu yang lama. Selain itu, bagi Anda yang tidak ingin membawa kendaraan, Anda juga bisa menyewa motor atau mobil di daerah sekitar Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik Kulon Progo

Harga Tiket Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Tri Wantoro)

Untuk Anda yang tertarik mengunjungi lokasi satu ini, maka Anda pun bisa datang mulai pukul 5 pagi. Pasalnya, wisata bahari ini telah dibuka pada pukul jam 5 pagi, Anda pun bisa melihat indahnya pemandangan pagi yang indah di pantai ini. Sedangkan untuk jam tutupnya yakni pada malam hari. Sehingga akan bisa puas untuk menjelajah destinasi ini hingga petang.

Apabila berbicara tentang harga tiket masuk, Pantai Trisik yang ada di Kulon Progo ini tergolong sangat terjangkau. Pada tahun 2019, Anda hanya perlu untuk masuk ke lokasi satu ini hanya dengan membayar tiket masuk yakni sekitar 2000 rupiah saja. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri berkisar 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Trisik

Aktivitas di Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (irfa’ hasan)

1. Berfoto

Bagi Anda yang suka dengan dunia fotografi atau berselfie, maka Pantai Trisik dapat menjadi lokasi yang pas. Hal ini dikarenakan ketika Anda berada di lokasi satu ini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang mempesona. Ditambah lagi suasana yang masih sangat kental dengan nuansa perkampungan nelayan akan sangat cantik jika masuk ke dalam bidikan kamera.

Oleh karena itu, untuk Anda yang menyukai hunting foto dengan tema human interest, maka Anda pun bisa mencoba untuk mengunjungi Pantai Trisik. Kegiatan para nelayan yang sedang melelang ikan atau pulang melaut akan menjadi salah satu panorama apik yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini.

2. Berjalan-Jalan di Pantai

Kegiatan ini juga bisa Anda lakukan bagi penyuka wisata air. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa berjalan jalan di sepanjang garis tepi pantai dan menikmati pemandangan yang sangat indah. Pasirnya yang terbilang cukup halus akan membuat Anda lebih betah untuk menjelajah wisata satu ini.

3. Membeli Ikan Segar di Pelelangan

Apabila Anda penyuka hidangan seafood yang segar, Anda bisa membeli berbagai macam hasil laut saat berada di lokas satu ini. hal ini dikarenakan pada pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan yang menjadi salah satu mata pencaharian bagi masyarakat yang ada di sekitar Pantai Trisik.

Pelelangan ikan merupakan salah satu bentuk lahan penghidupan untuk warga yang memang memiliki profesi sebagai nelayan. Keuntungan membeli ikan di tempat pelelangan tersebut adalah Anda bisa mendapatkan harga yang sangat terjangkau. Ditambah lagi, Anda juga bisa sekaligus membeli oleh oleh untuk keluarga yang ada di rumah.

4. Menikmati Kuliner di Sekitar Pantai

Karena lokasi pantai ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk yang bekerja sebagai nelayan, maka terdapat banyak warung warung yang menyediakan menu olahan untuk mengganjal perut Anda. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mampir mencicipi hidangan yang tersedia di warung tersebut.

Berada di warung ini, dapat menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan disini. Sebab, Anda bisa menyantap hidangan makanan dengan pemandangan yang apik dan berada di sekitar pantai. Untuk itu, bagi Anda yang kehabisan bekal makanan tak perlu khawatir karena Anda bisa menikmati sajian kuliner yang ada di gubug gubug tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Trisik Kulon Progo

Fasilitas di Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps (Sup Arno)

Jika berbicara tentang fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Trisik dapat dikatakan kurang memadai. Namun, Anda masih bisa menemukan banyak warung-warung milik warga di sepanjang jalan yang menyediakan berbagai makanan ringan ataupun sekedar mengganjal perut. Disini juga tersedia berbagai macam minuman untuk melepas dahaga Anda.

Berlibur di Pantai Trisik dapat menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang. Untuk itu, Anda pun bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi wisata ini ketika sedang dilanda penat dan lelah akan aktivitas harian. Selain itu, tiket masuk pantai ini pun tergolong sangat murah, sehingga pas dikunjungi meskipun akhir bulan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending