Pantai Lampuuk Aceh Besar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Lampuuk Aceh Besar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Lampuuk salah satu objek wisata pantai yang populer di Aceh Besar yang menarik dijelajahi keindahannya. Pantai pasir putih yang menjadi tujuan favorit peselancar dan olahraga air lainnya.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Meunasah Masjid, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh; Map: Cek Lokasi

Disebut-sebut sebagai kota Serambi Mekah, Aceh memang banyak disorot sebagai daerah otonom yang istimewa. Tidak hanya berkat sejarah perjuangan sebelum kemerdekaan Indonesia, nyatanya Aceh memiliki kawasan wisata alam yang menakjubkan. Sebelum tragedi tsunami Aceh di tahun 2004, sempat hits sebuah tempat wisata bernama Pantai Lampuuk.

Pantai yang satu ini terhubung langsung hingga ke Samudera Hindia. Tidak heran ombak laut serta kenampakan pantainya begitu luar biasa. Selain itu pemandangan alam juga masih sangat alami. Ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini, bahkan pengunjungnya juga banyak yang dari luar daerah.

Berbagai daya tarik serta keunikannya mampu membuat siapapun takjub. Bisa dibilang, pantai ini masih menjadi primadona hingga sekarang. Terletak di Kabupaten Aceh Besar, Pantai Lampuuk menjadi tempat wisata pilihan yang layak masuk daftar tujuan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lampuuk

Daya Tarik Pantai Lampuuk
Image Credit: Instagram.com @aneukaceh_travel

1. Pantai Dengan Hamparan Pasir Putih yang Indah

Mengingat Pantai Lampuuk yang ada di Aceh, ternyata pantai ini memiliki garis pantai yang begitu indah. Selain itu, area pantainya juga dipenuhi dengan hamparan pasir putih nan halus. Yang paling unik dari penampakan pantai ini adalah bentuk pantai yang melengkung layaknya sebuah teluk. Selain itu, pantai ini juga terhampar sejauh 5 km.

Untuk ukuran pantai, Aceh memang tidak segan-segan memamerkan bentang alam yang begitu memukau. Warna laut yang nampak biru kehijauan juga menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi semilir angin khas pantai yang memberikan hawa sejuk kepada setiap pengunjung.

Wilayah pantai cantik ini memang masih alami. Hal ini karena wilayahnya belum banyak tersentuh oleh pembangunan. Sehingga suasana liburan bersama alam pun dapat terwujud dan bisa lebih berkesan.

2. Dikelilingi Pepohonan Rimbun yang Menghijau

Suasana alami nan asri yang dimiliki oleh Pantai Lampuuk memang memberikan magis tersendiri. Di sinilah Anda bisa menikmati pemandangan bukit yang mengelilingi batas pantainya. Pegunungan yang nampak biru dari kejauhan. Juga pepohonan lebat yang merimbun membuat diri merasa nyaman.

Gemerisik pepohonan yang tertiup angin memberikan harmoni tersendiri. Belum lagi ombak pantai yang cukup riuh ikut menerpa bibir pantai. Sungguh menjadi satu paket yang luar biasa.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Lampuuk
Image Credit: Google Maps (Fajri)

3. Konservasi Penyu

Kekayaan alam yang dimiliki oleh Pantai Lampuuk memang menarik untuk dieksplore. Apalagi dengan adanya konservasi penyu yang telah diberlakukan oleh pengelola kawasan pantai. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa tukik yang menghampiri kawasan pantai untuk bertelur. Atau Anda bisa langsung berkunjung ke kawasan penangkaran penyu. Di mana tempat ini berada tidak jauh dari lokasi pantai.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pengalaman melepas penyu ke laut lepas. Pasalnya tukik yang berada di tempat konservasi akan dipelihara hingga cukup umur. Setelah itu tukik-tukik tersebut akan dilepaskan ke laut lepas dan beradaptasi dengan habitat aslinya.

4. Ombak Menakjubkan untuk Peselancar

Pantai Lumpuuk adalah surganya para peselancar. Pasalnya disinilah Anda bisa mendapati ombak pantai yang cukup riuh. Apalagi saat musim kemarau tiba. Yaitu sekitar bulan Juni, Juli dan Agustus disini akan menjadi tempat favorit para surfer.

Dengan membawa papan selancar, pengunjung dapat menikmati deru ombak yang menerjang kuat. Menghempaskan setiap peselancar yang ingin menguji adrenalin.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk

Alamat Pantai Lampuuk
Image Credit:Instagram.com @aneukaceh_travel

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Lampuuk memang tidak bisa dinafikkan lagi. Banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini juga menjadi bukti bahwa pesonanya berhasil memikat setiap khalayak. Jika penasaran, Anda bisa langsung pergi ke Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar, provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Di antara zaman yang semakin berkembang, pantai ini juga ikut mengalami perubahan. Perubahan tersebut adalah dengan tergabungnya beberapa destinasi wisata lain yang berada satu kawasan dengan wisata pantai ini.

Agar bisa sampai di lokasi yang tepat, pengunjung harus melewati beberapa rute. Jika berangkat dari kota Banda Aceh, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di lokasi wisata. Untuk kendaraanya sendiri dianjurkan untuk pakai kendaraan pribadi saja.

Pasalnya jika Anda menggunakan fasilitas umum seperti labi-labi. Membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai di tempat wisata yang epik nan eksotis tersebut. Kira-kira waktu yang harus dipakai untuk perjalanan sekitar 40 menit.

Untuk wisatawan lokal, biasanya menempuh rute perjalanan melewati jalur babah satu dan babah dua. Dalam bahasa Aceh sendiri, Babah juga berarti Jalan. Jalur atau babah yang disebutkan di atas menandakan setiap ruas dari daerah pantai.

Pantai Lampuuk, tempat indah berjuta pesona yang ada di Aceh ini memang banyak menjadi tujuan liburan. Meski pengunjung diharuskan membayar tiket masuk, hal itu tidak mengurangi ketertarikan untuk berkunjung kesini. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga masih ramah di kantong.

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 3000, Anda sudah bisa menikmati segala kenampakan alam yang ada. Puaskan diri Anda dengan berbagai aktivitas pantai yang seru dan menyenangkan. Harga tersebut belum termasuk dengan alat pantai lainnya ya. Jadi, pastikan Anda membawa uang lebih untuk menikmati segala aktivitas menarik di pantai pasir putih ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Lampuuk

Aktivitas Seru di Pantai Lampuuk
Image Credit: Facebook.com @hermanus.haryanto

1. Berenang

Sudah berada di Pantai Lampuuk tapi belum merasakan kesegaran airnya memang kurang afdhol. Jangan sia-siakan waktu Anda, pastikan menceburkan diri di air nan jernih pantai ini. Dikenal memiliki air yang begitu segar dengan gradasi biru kehijauan, pantai ini memang memukau. Apalagi dengan deretan pegunungan yang ikut menjadi pelengkap dari panorama alam di sini.

Jika tidak dapat berenang Anda bisa menyewa pelampung. Meski begitu harus tetap hati-hati ya. Pasalnya ombak di pantai ini cukup riuh. Pastikan Anda tetap berada di area aman untuk berenang.

2. Menikmati Panorama Sunset

Puas berkeliling di pantai, tak terasa waktu senja sudah hampir tiba. Pada saat itulah pengunjung berbondong-bondong berkumpul di area pantai. Menghentikan segala aktivitas yang sebelumnya dilakukan. Digantikan dengan keindahan panorama matahari terbenam yang begitu memukau.

Cahaya senja yang menyembul diantara gugusan pegunungan. Membuat bias yang begitu indah di permukaan air laut. Inilah pesona Pantai Lampuuk yang tak bisa dilewatkan siapa saja. Menandakan bahwa malam akan segera tiba. Cahaya berwarna jingga menyinari langit di Aceh Besar. Sungguh lukisan Tuhan yang tiada dua. Seolah memanjakan penglihatan hanya dalam sekali tatap.

Aktivitas di Pantai Lampuuk
Image Credit: twitter.com @IndieGem

3. Menaiki Banana Boat

Selain ativitas mandiri seperti berenang dan berselancar, ternyata ada wahana menarik yang bisa Anda coba. Apalagi kalau bukan menaiki banana boat. Biasanya wahana ini akan dinaiki oleh sekitar empat penumpang saja. Selanjutnya mereka akan ditarik menggunakan boat mulai dari kecepatan rendah hingga kecepatan sedang.

Pengunjung juga akan dilengkapi dengan pelampung. Dengan menaiki wahana ini Anda bisa menikmati berkeliling laut sambil merasakan percikan air yang membasahi tubuh.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Lampuuk

Penginapan Terdekat Pantai Lampuuk
Image Credit: Pegipegi.com

1. Hermes Palace Hotel

Masih ingin berlama-lama di Aceh Besar? Anda bisa bermalam di salah satu penginapan terdekat Pantai Lampuuk yaitu Hermes Palace Hotel. Penginapan yang satu ini berada tidak jauh dari lokasi pantai, tepatnya sekitar 2,5 km.

Dengan fasilitas berupa area parkir gratis, paket sarapan, serta full. internet, penginapan ini layak menjadi tempat bermalam. Desain interiornya pun patut diacungi jempol.

2. Kyriad Muraya Hotel Aceh

Penginapan terdekat selanjutnya dimiliki oleh Kyriad Muraya Hotel Aceh. Penginapan yang satu ini berada 3,5 km dari lokasi pantai. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada. Anda juga bisa pilih jenis kamar sesuai kantong.

3. The Pade Hotel

Berjarak 3,6 km dari lokasi wisata, The Pade Hotel masuk ke dalam jajaran penginapan terdekat dari kawasan wisata. Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas properti maupun fitur ruangan yang beraneka ragam. Dengan interior modern, The Pade Hotel bisa menjadi tempat menginap yang menyenangkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Lampuuk Aceh Besar

Fasilitas Pantai Lampuuk
Image Credit: Twitter.com @iloveaceh

Sebagai tempat wisata yang pernah menjadi saksi bisu tsunami Aceh di tahun 2004, Pantai Lampuuk kini sedang melakukan perkembangan. Pasalnya, tragedi di masa silam sempat meredupkan pesona dari pantai indah ini. Bahkan waktu itu pemukiman penduduk juga porak poranda akibat terjangan air yang begitu kuat.

Meski begitu pihak pengelola tetap melakukan perbaikan dan pengembangan terkait tempat wisata. Sehingga, kini pengunjung dapat puas menikmati berbagai wahana tambahan yang ada. Bahkan untuk menunjang aktivitas pengunjung, di area pantai ini sudah tersedia restoran dan cafe. Tersedia pula tempat parkir, toilet, serta mushola.

Nah, itu dia berbagai ulasan menarik mengenai Pantai Lampuuk di Aceh Besar. Tempat para peselancar menikmati hari bergelut dengan ombak. Meski pernah terpuruk, pantai cantik ini tetap memiliki daya tarik yang luar biasa. Pastikan Anda datang kesini saat libur tiba.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending