Pantai Lhoknga Aceh Besar, Pantai Pasir Putih Favorit Peselancar

Pantai Lhoknga Aceh Besar, Pantai Pasir Putih Favorit Peselancar

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Lhoknga salah satu objek wisata bahari populer di Aceh Besar yang terkenal akan ombaknya. Pantai pasir putih ini memiliki pemandangan alam yang indah dan surga bagi pecinta olahraga surfing.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga Kab. Aceh Besar, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pantai Lhoknga merupakan destinasi wisata pantai yang terletak di Pulau Sumatra, yakni Provinsi Aceh. Pantai ini dikenal sebagai tempat surfing terbaik di Provinsi Aceh. Bahkan ombak Lhoknga sudah diakui hingga Internasional. Maka tak heran jika pantai satu ini mendapat julukan surganya para pecinta olahraga surfing.

Memiliki hampir tiga ombak pantai dengan tingkatan level yang berbeda, menjadi bukti bahwa Lhoknga memang pantai yang luar biasa. Namun, tetap perlu diwaspadai jika tidak semua ombak itu aman. Cuaca yang tidak mendukung pun terkadang menjadi pengaruh besar atau kecilnya ombak di pantai.

Banyak fasilitas dan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai terkenal Aceh ini. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai atau bahkan tidak suka sama sekali dengan surfing, Anda bisa mencoba kegiatan yang lain. Seperti menikmati keindahan Lhoknga dan bermain air di sekitar bibir pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lhoknga

Daya Tarik Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (Fatra Sugiono)

Terkenal karena keganasan ombaknya yang luar biasa, membuat Pantai Lhoknga banyak dikunjungi wisatawan, utamanya wisatawan mancanegara. Banyak penyuka surfing rela menempuh perjalanan berjam-jam demi bisa menikmati ombak perairan Lhoknga. Untuk itu, pantai ini akan sangat cocok dijadikan referensi saat berkunjung ke Aceh.

1. Ombak yang Menakjubkan

Sudah menjadi rahasia umum jika Lhoknga menjadi spot surfing terbaik di Aceh dan sudah diakui hingga kancah Internasional. Hal ini dikarenakan ombak Lhongka yang begitu luar biasa. Ombak pantai satu ini sangat cocok digunakan sebagai tempat uji adrenalin melalui olahraga surfing.

Bahkan sebagian menyebut jika terdapat tiga jenis ombak dengan tingkat level yang berbeda-beda di perairan pantai Aceh ini. Ombak paling aman hingga paling ganas pasti akan wisatawan jumpai di Lhoknga. Itulah sebabnya pantai ini dijadikan spot surfing dan hampir tidak pernah sepi dari pengunjung pecinta olahraga air surfing.

2. Dianggap Sebagai Pantai Romantis

Bagi pengunjung yang baru saja melangsungkan pernikahan, dan ingin menghabiskan waktu bersama pasangan dengan honeymoon, Pantai Lhoknga dapat menjadi pilihan. Menikmati keindahan pantai di waktu sore, sambil menunggu sunset, akan menambah suasana pantai yang begitu romantis dan intim.

Pemandangan pantai yang indah dengan dipadu jernihnya air laut dan putihnya pasir yang membentang luas, pasti akan menciptakan rasa nyaman tersendiri. Ini juga akan membantu Anda untuk merefresh kembali pikiran Anda. Ini akan sangat berpengaruh bagi Anda yang hidup di kawasan perkotaan, seperti Jakarta atau Surabaya.

Daya Tarik Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @dutaambiya

3. Pemandangan Sunset yang Indah

Menghabiskan waktu liburan dengan menikmati indahnya sunset menjelang sore hari, susah menjadi hal yang lumrah di lakukan saat berlibur ke wisata pantai. Kegiatan seperti ini juga selalu dilakukan sebagian pengunjung yang datang ke Lhoknga. Di sore hari menjelang malam, bibir pantai akan mulai dipenuhi wisatawan.

Kursi santai yang sengaja dipasang pengelola pantai di area pinggiran pantai satu ini, akan penuh di sore hari. Suasana yang tadinya panas karena masuk siang hari, perlahan menjadi suasana yang sejuk dengan kencangnya angin pantai. View seperti ini cocok digunakan sebagai spot foto yang menarik dan ciamik.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Lhoknga

Alamat Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @hicityid

Pantai Lhoknga adalah salah satu destinasi wisata pantai yang berada di Provinsi Aceh, Pulau Sumatra. Lokasi tempat wisata satu ini, yakni berada di sebuah desa bernama Mon Ikeun, masuk Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam. Terdapat berapa rute yang bisa Anda lewati jika ingin mengunjunginya.

Rute umum yang biasa ditempuh pengunjung, yakni berangkat dari pusat Kota Bandar Aceh. Diperkirakan, jarak yang akan Anda tempuh nantinya sepanjang kurang lebih 20 kilometer. Dengan jarak sepanjang itu, perhitungannya paling tidak memerlukan waktu 30 menit untuk bisa mencapai lokasi wisata perairan Lhoknga

Ada kendaraan tradisional Aceh yang bernama labi-labi. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa menaiki kendaraan tersebut untuk menuju Lhoknga. Dengan menaiki labi-labi, Anda bisa melihat pemandangan alam Lhoknga secara langsung. Pengujung juga diperbolehkan membawa kendaraan pribadi dan buka google maps untuk bisa sampai di lokasi.

Karena lonjakan jumlah pengunjung meningkat di musim liburan, maka bagi Anda yang ingin berlibur ke mari hendaknya lakukan di hari biasa. Ini akan menimbulkan kemacetan berkepanjangan. Untuk itu, sebagai antisipasi, Anda bisa berangkat lebih awal agar tidak memakan waktu di jalan dan bisa sampai dengan tepat waktu.

Sedikit informasi mengenai jam operasional Pantai Lhoknga, yakni mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 waktu daerah bagian Aceh. Mungkin jam operasional ini cukup berbeda dengan wisata pantai pada umumnya yang selalu memberlakukan jam buka selama 24 jam penuh.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000,00 saja per orang. Harga yang sangat terjangkau demi melihat pemandangan Lhoknga yang indah dan menakjubkan. Pengelola mengharapkan dengan terjangkaunya tarif tiket masuk, membuat wisatawan Lhoknga semakin meningkat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Lhoknga

Aktivitas di Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @btj_ap2

1. Bermain Surfing

Ombak perairan Lhoknga merupakan ombak yang paling tepat digunakan sebagai spot surfing. Olahraga satu ini banyak diminati wisatawan asing. Karena keunikan ombaknya, wisatawan seakan berlomba-lomba untuk bisa surfing di pantai ini.

Selain itu, bagi Anda yang baru meyukai olahraga surfing, sebagai pemula Anda bisa surfing di area yang diberi nama Left Harder Point. Area spot ini masih dalam kisaran ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga sangat aman bagi pemula penyuka surfing.

2. Menikmati Indahnya Pantai Lhoknga

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke pantai ini, di awal pintu masuk, Anda akan langsung disuguhkan view yang cantik dan unik. Hamparan pantai yang begitu luas dan dipadu dengan beningnya air, menjadi daya tariknya.

Selain itu, sejuknya suasana karena kencangnya angin yang menerpa akan membuat Anda semakin betah selama berada di sana. Untuk itu wisata pantai satu ini sangat cocok dijadikan referensi liburan keluarga Anda.

3. Bermain Air Sambil Berenang

Walaupun sebagian ombak Lhoknga dianggap berbahaya dan ganas karena terlalu tinggi, masih ada area pantai yang memiliki ombak yang aman dan tidak berbahaya. Ombak Lhoknga akan menjadi tinggi di saat musim penghujan.

Dengan begini Anda bisa berenang di sekitaran area pantai tanpa perlu khawatir, Polisi juga ada demi menjaga keamanan pengunjung. Namun, perlu diingat, tetap patuhi peraturan yang dibuat oleh karyawan sebelum Anda.

Aktivitas Pantai Lhoknga
Image Credit: Facebook.com @helfandra.busrian.9

4. Memancing di Tepi Pantai

Dengan hamparan laut Lhoknga yang begitu luas, membuat banyak sekali jenis-jenis ikan yang bisa Anda pancing. Tapi, kebanyakan spesies ini adalah ikan yang hidup di perairan air yang asin. Rasa yang dihasilkan pasti juga akan kembali.

Anda bisa meminta bantuan pengelola sekitar mengenai spot yang cocok digunakan sebagai tempat memancing ikan. Biasanya hasil dari memancing, memiliki rasa yang sangat segar dan manis. Anda juga bisa mengolahnya menjadi ikan bakar agar lebih lezat.

5. Menikmati Panorama Matahari Terbenam

Sunset seperti sudah menjadi adat yang mesti dilakukan di wisata pantai. Hal ini juga berlaku di kawasan Pantai Lhoknga. Menjelang waktu sore, pasti area bibir pantai akan dipadati wisatawan demi melihat indahnya sunset Lhoknga.

Anda bisa duduk santai di sekitaran kursi yang sudah disediakan. Biasanya fenomena sunset banyak digunakan sebagai foto model siluet. Pasti sunset Lhoknga akan menjadi sangat indah, dan menjadi spot foto yang instragramable abis.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan di Pantai
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Yudis Place

Yudis Place menjadi penginapan yang berada cukup dekat dengan lokasi Pantai Lhoknga. Menyediakan layanan yang cukup lengkap, membuat penginapan satu ini mendapat rating hingga 4.8 dari pengunjung. Dijamin pasti Anda akan nyaman bermalam di sini.

2. Eddies Homestay

Memberi fasilitas penjemputan di bandara, membuat penginapan ini diminati banyak wisatawan. Mengangkat konsep tradisional Aceh, membuat penginapan ini begitu khas. Eddies Homestay cocok Anda jadikan referensi jika berniat bermalam di Lhoknga.

3. Lhoknga Riveeside

Daya tarik utama penginapan ini ialah view Lhongka yang dapat dilihat secara langsung dari area penginapan. Memiliki fasilitas Wifi selama 24 jam penuh, pasti akan membuat Anda semakin nyaman bermalam di Lhoknga Riverside.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lhoknga Aceh Besar

Fasilitas Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (Ummie Al’Ikhsan)

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata bahari sudah cukup lengkap dan memadai. Terdapat lahan parkir yang cukup luas, toilet, dan tempat ibadah yang memang seharusnya ada. Fasilitas ini tentu disediakan demi kenyamanan pengunjung.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti rumah makan, gazebo, dan rest area banyak terjejer rapi dan tersebar merata di seluruh wilayah pantai. Persewaan alat surfing atau berenang juga sudah disediakan pengelola pantai cantik satu ini.

Itu tadi ringkasan informasi mengenai Pantai Lhoknga yang terletak di kawasan Aceh, Pulau Sumatra. Informasi di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih Lhoknga sebagai tempat wisata liburan Anda bersama rekan atau kerabat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending