11 Pantai di Bulukumba yang Cantik & Hits

11 Pantai di Bulukumba yang Cantik & Hits

Berbicara perihal tempat wisata di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana tidak, setiap wilayah di Indonesia memiliki tempat wisata yang beragam dengan daya tariknya masing-masing sehingga mampu menarik perhatian dan antusias wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Indonesia.

Salah satu pulau yang berada di bagian timur negara Indonesia secara geografis, Sulawesi, memiliki banyak tempat wisata bernuansa alam yang tidak akan mengecewakan wisatawan. Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi mempunyai banyak pantai dengan eksotisme yang tiada duanya.

Kabupaten yang berada kurang lebih 153 km dari Kota Makassar ini mendapatkan julukan sebagai Negeri Pengrajin Perahu Phinisi atau Butta Panrita Lopi. Bisa dilihat dari nama julukannya saja ada sangkut pautnya dengan perahu karena memang Bulukumba memiliki banyak pantai yang bisa dijadikan destinasi liburan wisatawan domestik dan mancanegara.

1. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps Yanni Krishnayanni

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba tepatnya di Desa Darubiah ini menyuguhkan panorama alam berupa lautan berwarna toska yang jernih berpadu dengan hamparan pasir putih di sepanjang tepi pantainya. Ciri khas Pantai Marumasa adalah keberadaan tebing yang ada di kawasan pantai.

Selain itu, terdapat juga deretan pepohonan kelapa yang terletak di sepanjang pesisir pantai sehingga menciptakan suasana khas dari pantai tropis. Pantai Marumasa tidak begitu luas, naun pasir pantai disana cukup halus dan ombaknya pun relatif tenang. Panorama pantai semakin cantik dengan keberadaan perahu nelayan yang parkir.

Ada banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan di Pantai Marumasa seperti gardu pandang, ayunan dan bebatuan. Pihak pengelola menyediakan ayunan hammock bagi wisatawan yang ingin tiduran atau duduk sambil merasakan tiupan angin khas pantai yang sepoi-sepoi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang
Image Credit: Google Maps Kumala Dewi

Bulukumba juga mempunyai Pantai Apparalang yang berada di Desa Ara. Lokasi pantai kurang lebih 5 km dari lokasi Pantai Tanjung Bira. Wisatawan yang ingin berwisata ke Pantai Apparalang disarankan menggunakan kendaraan sepeda motor. Aksesnya tidak terlalu sulit namun beberapa titik menuju ke lokasi jalanannya berkelok-kelok.

Panorama pantai berupa lautan yang jernih berwarna hijau toska dan bergradasi. Di sekelilingnya terdapat tebing-tebing karang yang seolah menjadi tembok alam Pantai Apparalang. Tidak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa pantai ini memiliki kemiripan dengan tempat wisata Raja Ampat yang sangat populer.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Apparalang seperti snorkeling, berenang, berbelanja oleh-oleh, meloncat dari atas ketinggian, dan juga menikmati keindahan panorama pantai dengan duduk-duduk di atas tebing.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

3. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Google Maps Adith & Lytha Story

Nama pantai ini sudah populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara karena panorama alam yang disuguhkan begitu eksotis. Dari mulai pasir pantainya yang berwarna putih bersih, air lautnya yang jernih dan berwarna biru berpadu dengan toska, hingga deretan pepohonan kelapa yang letaknya berjejer.

Pantai yang terletak di Desa Bira ini lokasinya sangat dekat dengan Pantai Lemo-Lemo, kurang lebih hanya 300 meter saja. Di pantai ini wisatawan bisa menikmati suasana sunrise dan sunset yang begitu mempesona. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disana seperti snorkeling, bersantai, berenang, hingga menyelam.

Pantai primadona ini berjarak kurang lebih 40 km dari pusat Kota Bulukumba atau sekitar 200 km dari pusat kota Makassar. Pantai ini termasuk salah satu tempat pembuatan kapal tradisional phinisi khas Sulawesi Selatan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

4. Pantai Lemo-Lemo

Pantai Lemo-Lemo
Image Credit: Google Maps Charlee Purba

Pantai yang terletak di Desa Tanah Lemo ini merupakan surga tersembunyi di Kabupaten Bulukumba. Pemandangan yang disajikan benar-benar eksotis dengan pasir putih yang halus dan bersih, air laut yang jernih serta sambutan burung-burung yang bermain di kawasan pesisir pantai.

Suasana pantainya masih begitu asri karena diapit dengan perbukitan karang. Bahkan, wisatawan akan bertemu dengan perbukitan kecil dan jalanan yang berkelok-kelok sepanjang perjalanan menuju ke Pantai Lemo-Lemo. Pesona keindahan alamnya juga tampak cantik ketika matahari terbenam.

Di sekitar pantai terdapat Goa Lemo-Lemo yang lokasinya seolah menyambut wisatawan sebelum memasuki area pantai. Di dalam goa terdapat sumber mata air yang jernih sehingga selalu terjaga baik kealamiannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanah Lemo, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

5. Pantai Ujung Tiro

Image Credit: Google Maps Pramana Adi Samudra

Pantai Ujung Tiro terletak di Kecaatan Bontotiro, tepatnya di Desa Ekatiro. Pantai ini menyuguhkan suasana hangat ketika matahari terbit. Pun ketika siang hari, sinar matahari seolah membuat permukaan lautnya tampak berkilau. Air lautnya berwarna biru kehijauan dan warnanya semakin ke tengah laut semakin biru.

Ciri khas Pantai Ujung Tiro keberadaan gugusan pulau kecil berupa bebatuan karang di kawasan pantainya. Terdapat jembatan kayu dengan panjang 10 meter yang menghubungkan bibir pantai dengan bebatuan karang. Wisatawan bisa melihat ikan-ikan berukuran kecil berwarna-warni yang ada di bawah jembatan tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Bonto Tiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

6. Pantai Samboang

Pantai Samboang
Image Credit: Google Maps Dimas Medrian

Pantai yang terletak di Kecamatan Bontotiro, Desa Ekatiro tersebut termasuk pantai yang hits karena pemandangan air laut yang jernih berpadu dengan hamparan pasir berwarna putih. Pepohonan kelapa yang ada di pesisir pantai membuat pemandangan alamnya semakin mempesona.

Di samping eksotisme pantai, wisatawan dapat menyeberang ke pulau kecil yang lokasinya berada kurang lebih 20 meter dari lokasi bibir pantai. Pulau kecil ini termasuk salah satu titik spot terbaik bagi wisatawan yang ingin snorkeling maupun berenang. Ombaknya tenang sehingga aman untuk berenang.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ekatiro, Kec. Bonto Tiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

7. Pantai Kaluku

Pantai Kaluku
Image Credit: Google Maps Galih Wardhana

Pantai Kaluku yang terletak di Desa Bira lokasinya sangat dekat dengan lokasi Pelabuhan Bira karena masih dalam satu garis pantai. Air lautnya begitu tenang dan berwarna biru, sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menikmati panorama sunrise.

Di Pantai Kaluku terdapat fasilitas berupa gazebo yang bisa digunakan untuk wisatawan bersantai atau beristirahat sejenak. Tersedia juga penginapan yang terletak di kawasan pantai dengan harga terjangkau yang bisa dipilih wisatawan untuk tempat menginap.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panrang Luhu, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Bara

Pantai Bara
Image Credit: Instagram Reza Rosli

Pantai Bara berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari kurang lebih 2km dari lokasi Pantai Tanjung Bira dan kurang lebih 40 km dari pusat Kota Bulukumba. Ada banyak pepohonan kelapa yang terletak di pesisir pantai sehingga udara disana begitu segar dan anginnya sepot-sepoi.

Air lautnya biru dan hamparan pasir pantainya putih. Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang tidak begitu ramai bisa datang ke Pantai Bara karena lokasinya cukup tersembunyi. Wisatawan harus menuruni perbukitan dan bebatuan besar menuju ke pantai.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bira, Kec. Bonto Gahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Pusahelu

Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps Keluarga November

Pantai Pusahelu yang terleyak di Desa Darubiah ini memiliki tebing-tebing karang di tepi pantainya. Lokasi pantai tidak jauh dari lokasi Pantai Bara. Keberadaan tebing-tebing karang tersebut seolah menjadi ciri khas tersendiri di Pantai Pusahelu. Tebing-tebing karangnya ditumbuhi oleh pepohonan hijau sehingga tampak eksotis.

Air lautnya bersih dan jernih ditambah lagi dengan suasana pantai yang asri. Ombaknya tenang sehingga wisatawan sangat aman melalukan kegiatan snorkeling maupun berenang disana. Pesona alam bawah lautnya bisa disaksikan dengan jelas ketika snorkeling.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

10. Pantai Mandala Ria

Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps Ala Bariklana

Wisatawan bisa berkunjung ke Desa Lembanna jika ingin menikmati pemandangan Pantai Mandala Ria. Pantai ini dikenal dengan hamparan pasir pantai yang luas dengan tekstur pasirnya yang sangat halus. Air lautnya begitu tenang dan jernih sehingga aman digunakan untuk berenang.

Terdapat fasilitas berupa bangku yang beratapkan payung di kawasan pinggir pantainya sehingga wisatawan bisa berteduh sambil menikmati pemandangan Pantai andala Ria.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

11. Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu
Image Credit: Google Maps Galih Wardhana

Pantai Panrang Luhu populer dengan ‘bengkel’ tempat pembuatan perahu pinisi. Wisatawan bisa menyaksikan secara langsung bagaimana nelayan setempat membuat armada tradisional untuk melaut dari jarak dekat. Pesisir pantai sepanjang kurang lebih 1 kilometer terdapat batu-batian karang yang tampak jelas ketika laut surut.

Wisatawan yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda di tepi pantai atau menginap di penginapan yang ada di kawasan tepi pantai. Terdapat area kemah di tepi pantai dengan biaya Rp 30.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Itulah beberapa pantai eksotis yang ada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai-pantai tersebut memiliki daya tarik masing-masing sehingga wisatawan bisa mengeksplorasi destinasi bahari di Bulukumba satu persatu. Wisatawan bisa bermalam di penginapan yang tersedia di kawasan pantai jika ingin mengeksplorasi pantai-pantai disana.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending