Pantai Asmara Tanah Laut, Destinasi Pantai Romantis yang Kaya Pesona

Pantai Asmara Tanah Laut, Destinasi Pantai Romantis yang Kaya Pesona
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Muara Asam Asam Jorong, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Asmara merupakan destinasi wisata yang tergolong masih baru di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pasalnya, pantai yang satu ini baru saja dibuka bagi umum dan diresmikan oleh pemerintah setempat sejak tahun 2006 silam. Kata Asmara sendiri merupakan sebutan dari penduduk sekitar dan singkatan dari Asam-Asam muara.

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa pantai ini memiliki suasana romantis. Selain itu, pemandangan yang indah di tempat tersebut juga sayang apabila tidak Anda nikmati. Tidak heran lagi apabila kerap terlihat ada pasangan yang datang ke pantai ini untuk menghabiskan waktu libur bersama.

Bahkan, kerap kali terlihat ada wisatawan yang datang jauh-jauh dari luar negeri hanya untuk menikmati pesona yang ada di sana. Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang patut untuk dibanggakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan Pantai Asmara.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Asmara

Daya Tarik Dimiliki Pantai Asmara
Image Credit: Google Maps Taufik Hid4yat

1. Hamparan Pasir Putih

Pantai yang mempunyai hamparan pasir berwarna putih tentu saja memiliki poin plus tersendiri di mata wisatawan. Pasalnya, tidak semua pantai di Indonesia memiliki pasir dengan warna putih. Kawasan sekitar pantai pun akan tampak lebih bersih dengan adanya pasir putih ini. Apalagi, pasir akan memancarkan kilaunya apabila terkena oleh sinar matahari pada saat siang hari.

2. Ditumbuhi Pepohonan

Kesan segar di pantai ini semakin terasa dengan adanya pepohonan hijau yang tumbuh subur dan rimbun. Pepohonan tersebut tepatnya berada di pinggiran pantai dan mampu membuat area pantai semakin teduh saat siang hari. Sementara, ketika sore hari akan terasa sejuk dengan angin sepoi-sepoi dari pepohonan hijau yang ada di sana.

3. Terdapat Pelabuhan

Apabila dilihat dari kejauhan Pantai Asmara, maka Anda akan melihat sebuah pelabuhan yang khusus digunakan guna pembongkaran muatan batu bara serta beberapa kapal yang dipakai untuk membawa tambang batu bara yang sedang berlabuh.

Image Credit: Google Maps Muhammad Hilman 

4. Di Area Pantai Tidak Ada Batu Karang

Keunikan lainnya dari tempat tersebut yakni tidak adanya batuan karang di sekitar area pantainya. Oleh karena itu, seluruh wisatawan bisa dengan bebas bermain air tanpa dengan kaki telanjang. Tentu saja Anda juga tidak perlu khawatir apabila membiarkan anak bermain di area pantai secara bebas.

5. Air Laut yang Jernih

Air laut yang ada di sana tergolong sangat bersih dengan warna kebiru-biruan. Sehingga, Anda bisa melihat ikan-ikan dan biota laut lainnya yang hidup di bawah laut. Air lautnya yang jernih serta deburan ombak yang tidak terlalu besar mampu menjernihkan pikiran saat bersantai di sini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Menuju Pantai Asmara Tanah Laut
Image Credit: Google Maps Ain Ro Salamun 

Pantai Asmara ini lokasinya terletak di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Tak jauh dari area pantai akan ada suatu tempat yang biasanya dipakai sebagai pemukiman nelayan serta latihan tentara. Pantai ini hanya berjarak kurang lebih 45 km dari kawasan Pelaihari yang menjadi ibukota di Tanah Laut.

Akan tetapi, hanya berjarak kurang lebih 5 km saja apabila ditempuh dari arah jalanan poros trans Kota Banjarmasin hingga Tanah Grogot. Jika Anda mulai menempuh perjalanan dari Kota Banjarmasin, maka akan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam lamanya dengan jarak kisaran 115 km.

Dari kawasan Banjarmasin tersebut, Anda bisa menuju langsung ke Pelairan lalu melanjutkan lagi ke Jorong atau Batulicin. Setelah itu, wisatawan bisa mengikuti jalanan besar di sana sampai tiba di Lorong. Selanjutnya, menempuh perjalanan lagi sampai melihat adanya tulisan

Pantai Asmara ataupun sampai bertemu dengan Pos TNI Angkatan Laut yang ada di sebelah kanan jalan. Nah, dari situlah Anda akan menyusuri jalanan sejauh kurang lebih 8 km lagi hingga tiba di lokasi pantai yang indah ini. Namun, akses jalanan ke pantai tersebut terbilang sempit karena saat ada bis yang masuk, maka seluruh sisi jalan akan penuh dengan badan bis.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantao Asmara Tanah Laut
Image Credit: Google Maps Agus Setiawan 

Wisatawan yang akan masuk ke kawasan Pantai Asmara akan dikenakan sejumlah biaya sebagai tiket masuk. Kurang lebih sebesar 10 ribu rupiah dan harga tersebut bukan harga paten. Pasalnya, tarif pun dapat dihitung secara sistem rombongan. Contohnya saja yaitu dalam sebuah bis, ada orang sebanyak 30 pengunjung, maka akan dikenakan tarif sebesar 200 ribu rupiah.

Oleh karena itu, apabila ingin lebih berhemat lagi maka Anda bisa mengajak rombongan keluarga ataupun teman saat datang ke sini. Tentu saja harga tersebut tidak ada apa-apanya dengan keindahan yang bisa Anda nikmati di pantai ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Asmara

Kegiatan Menarik di Pantai Asmara
Image Credit: Google Maps FIRMAN SAPUTRA 

1. Banana Boat

Kegiatan pertama yang bisa Anda coba saat ada di pantai ini yaitu bermain banana boat. Tentu saja tidak semua pantai di Kalimantan Selatan menyediakan permainan tersebut. Akan tetapi, untuk dapat merasakan permainan ini maka wisatawan wajib membayar biaya sewanya kurang lebih 20 ribu rupiah untuk satu orang. Biaya sewa tersebut pastinya tidak akan menguras kantong Anda.

2. Snorkeling

Kegiatan menarik yang berikutnya yaitu snorkeling. Snorkeling sendiri menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh wisatawan yang ada di Pantai Asmara Tanah Laut. Hal itu tidak lain karena air lautnya yang jernih sangat mendukung kegiatan snorkeling. Dengan adanya kegiatan tersebut, wisatawan bisa menikmati panorama lautnya yang sungguh eksotis.

3. Piknik

Saat ada di sana, Anda akan melihat banyak sekali wisatawan yang melakukan piknik di pinggir pantai ataupun di bawah pepohonan. Anda tentunya dapat menyantap berbagai kudapan sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang asri. Lakukan kegiatan piknik pada saat sore hari supaya Anda tidak kepanasan oleh teriknya sinar matahari.

4. Hunting Foto

Pasti terasa tidak lengkap jika datang ke pantai ini tanpa memotret beberapa foto yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan. Menariknya, terdapat banyak sekali spot foto yang keren dan cantik di destinasi wisata tersebut.

Misalnya saja ada ayunan yang berlatar belakang lautan indah menjadi spot unik yang dapat dipilih saat menjepret foto. Kemudian, juga ada pemandangan sunset dan sunrise yang tidak jarang dimanfaatkan sebagai spot foto yang bagus untuk mengambil foto berupa siluet.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Murah Dekat Pantai
Image Credit: Google Maps Rusian Anwar 

1. Hotel Sabumi

Penginapan terdekat yang pertama yaitu Hotel Sabumi. Jaraknya dari Pantai Asmara sendiri hanya sekitar 5,3 km dan bisa ditempuh sekitar 14 menit saja dengan mengendarai mobil.

Selain itu, hotel Sabumi juga tergolong dekat dengan Pantai Jorong dan Pantai Joras. Fasilitas yang tersedia di sana antara lain yaitu wifi, sarapan gratis, kolam renang, lahan parkir, tempat ibadah, dan lain-lain.

2. Hotel Dipa

Hotel Dipa cocok menjadi pilihan bagi Anda yang membawa anak kecil. Walaupun hotel ini tidak terlalu besar, namun tempatnya cukup nyaman apabila menginap di sana.

Pasalnya, berbagai fasilitas yang menunjang sudah disediakan di sini. Misalnya saja seperti pelayanan 24 jam, wifi gratis, tempat parkir, dan lainnya. Hotel ini juga dekat dengan Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor.

3. Hotel Deghan

Hotel Deghan juga memiliki banyak fasilitas yang dapat menjamin kenyamanan pelanggan. Antara lain yakni AC, wifi gratis, area parkir yang luas, pelayanan 24 jam, dan masih banyak lainnya.

Ruang kamar yang disediakan di hotel tersebut juga memiliki interior yang cantik. Selain itu, juga terdapat kolam renang yang bisa digunakan oleh seluruh pengunjung hotel.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Wisata Asmara Tanah Laut
Image Credit: Google Maps Pantai Asmara 

Fasilitas yang terdapat di Pantai Asmara meliputi dermaga, tempat beribadah, gazebo, kamar mandi, dan lahan berjualan yang umumnya diisi oleh toko-toko maupun warung-warung minuman dan makanan. Dengan adanya berbagai fasilitas tersebut diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi setiap wisatawan yang berlibur di sana.

Selain itu, pada kawasan pantai tersebut juga disediakan penjual yang menjajakan pernak-pernik cantik yang dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga yang menunggu Anda di rumah. Pernak-pernik tersebut juga dapat dijadikan sebagai sebuah barang kenangan saat berwisata ke pantai eksotis yang satu ini. Harganya pun relatif terjangkau dengan kualitas yang tidak usah diragukan lagi.

Untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi berupa motor atau mobil juga tidak perlu bingung memarkirkannya. Pasalnya, di sana sudah disediakan fasilitas lahan parkir yang cukup luas untuk dimanfaatkan oleh wisatawan. Sehingga, kendaraan pribadi yang dibawa akan tetap aman dan Anda pun bisa menikmati berbagai kegiatan dengan hati yang tenang.

Nah, itulah beberapa hal menarik terkait dengan Pantai Asmara di Tanah Laut. Pantai tersebut pastinya semakin menambah daftar objek wisata bahari yang memukau di tanah air khususnya untuk Kalimantan Selatan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending