10 Wisata Pantai di Balikpapan yang Paling Hits

Pantai Balikpapan

Ingin Liburan di Balikpapan? Inilah List Wisata Pantai Populer di Balikpapan, Kalimantan Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Balikpapan yang terkenal sebagai pusat bisnis dan industri di Kalimantan Timur, ternyata menyimpan segudang destinasi wisata yang mengagumkan. Daerah yang dijuluki sebagai kota beriman tersebut, juga memiliki banyak wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata pantai di kota ini menawarkan panorama indah yang sangat memukau, lengkap dengan fasilitasnya yang sangat memadai untuk memanjakan pengunjungnya. Bagi Anda pecinta wisata bahari, berikut daftar wisata pantai di Balikpapan yang paling hits.

1. Pantai Monpera

Pantai Monpera
Image Credit: Flickr.com @rizky pratama adhi

Wisata pantai pertama yang hits di Balikpapan, dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja yakni Pantai Monpera. Lokasi pantai ini terletak di daerah Klandasan Ulu yang masih tidak begitu jauh dari kota, sehingga destinasi tersebut cukup mudah untuk dijangkau. Meski dekat dengan kota, namun Pantai Monpera masih termasuk area pedesaan sehingga udaranya masih alami.

Sepanjang jalan mendekati Pantai Monpera, Anda akan disuguhi pemandangan alam di kiri dan kanan yang terlihat asri dan semarak. Ketika tiba di area pantainya, maka Anda akan langsung disambut dengan bersihnya pantai dengan pasir putih yang terhampar sejauh mata memandang. Tidak ketinggalan lautnya yang jernih, seolah mengundang Anda untuk bermain di dalamnya.

Saat ini, Pantai Monpera semakin menunjang untuk daerah pariwisata. Sebab pengelola pantai telah banyak membenahi fasilitas yang tersedia di objek wisata ini. Sehingga saat berkunjung ke sana, Anda dijamin akan semakin betah untuk bermain main di pantai. Di samping itu, pemandangan dari destinasi satu ini memang begitu memukau siapapun yang melihatnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

2. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan
Image Credit: Instagram.com @lendra_suciananto

Wisata pantai selanjutnya yang tidak kalah hits, yaitu Pantai Sepinggan. Daerah Sepinggan sendiri merupakan wilayah di Balikpapan yang belakangan semakin berkembang, dan mulai tidak asing di kalangan para wisatawan. Sebab wilayah tersebut menghadirkan berbagai objek wisata yang seru dan menyenangkan, dan tentunya tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Pantai Sepinggan memiliki pemandangan alam yang sangat indah, terutama jika Anda mengunjunginya saat senja atau untuk melihat matahari terbit di pagi hari. Panorama sang fajar yang keluar di ufuk timur, dan tenggelam di ufuk barat dengan menyisakan semburat jingga di antara riuhnya ombak laut merupakan salah satu goresan sang Maha Kuasa yang patut Anda saksikan di sini.

BACA:  Pantai Gemah Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Selain itu, Pantai Sepinggan memiliki deretan pohon rindang yang tumbuh subur di tepi pantai. Jadi ketika Anda bermain main di sana, Anda tidak akan merasakan cuaca yang panas sebaliknya udara sejuk nan rindang bisa Anda nikmati. Agar perjalanan liburan di Pantai Sepinggan menjadi lebih seru, Anda bisa mencoba beberapa olahraga air yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Image Credit: Instagram.com @therealerwin26

Pantai Kemala berada di daerah Prapatan, yang tidak jauh dari kota. Sehingga Anda bisa menuju lokasi wisata dengan mudah, tanpa perlu repot repot mencarinya. Di samping itu Anda juga bisa menemukan beberapa transportasi pendukung yang memadai, dimana transportasi ini dapat mengantarkan Anda menuju lokasi pantai tersebut.

Sejak dibuka sebagai lokasi objek wisata, Pantai Kemala telah mengalami beberapa penambahan fasilitas. Mulai dari tempat parkir, toilet, tempat makan di pinggir pantai, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan semata mata untuk memberikan kenyamanan, bagi para pengunjung yang berlibur dan menghabiskan waktu di destinasi tersebut.

Selain karena mudah untuk mengunjunginya dan tersedia banyak fasilitas yang memadai, para wisatawan berkunjung ke Pantai Kemala karena keindahan yang dimiliki oleh pantai satu ini. Dimana wisata bahari tersebut menawarkan keindahan alam yang masih sangat asri, lengkap dengan pepohonan rindang dan semilir angin yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

4. Pantai Banua Patra

Pantai Benua Patra
Image Credit: Twitter.com @kotabalikpapan

Pantai Banua Patra menjadi salah satu objek wisata pantai di Balikpapan yang sangat sayang sekali bila Anda lewatkan begitu saja. Pantai satu ini begitu padat pengunjung ketika musim liburan tiba, atau pada akhir pekan. Di sini Anda bisa melihat banyaknya pengunjung yang berlibur bersama dengan keluarga mereka, Banua Patra memang sangat pas untuk wisata keluarga.

Sebab Pantai Banua Patra sangat mudah ditemukan, termasuk pada aplikasi peta digital. Lalu lokasinya yang ada di daerah Perapatan juga sangat mudah untuk dijangkau, bahkan transportasi menuju objek wisata ini juga tersedia dengan mudah. Dan apabila berbicara terkait penginapan, maka Anda bisa menemukan banyak hotel dengan harga terjangkau di sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

5. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segara Sari
Image Credit: Ksmtour.com

Apabila Anda mencari pantai di Balikpapan di internet, maka nama Pantai Manggar Segarasari akan selalu muncul pada pencarian teratas. Meski nama dari pantai ini sendiri sebenarnya bukan nama resmi, sebab pantai tersebut diberi nama berdasarkan daerah lokasinya berada yaitu Manggar Segarasari, Manggar Baru.

BACA:  Pantai Sigandu Batang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Di Pantai Manggar Segarasari ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai yang begitu seru dan menyenangkan. Seperti bermain air yang jernih dan bersih, bermain pasir pantai yang lembut, atau sekedar menyusuri bibir pantai dengan garis pantai yang cukup panjang. Di samping itu, Pantai Manggar Segarasari telah ditunjang dengan fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

6. Pantai Batu

Pantai Batu
Image Credit: Youtube.com @arie wijianto

Selanjutnya ada Pantai Batu, yang menawarkan suasana damai dan tenang bagi para pengunjungnya. Pasalnya objek wisata pantai satu ini masih belum banyak terekspos oleh media, sehingga pengunjung yang datang pun hanya masyarakat sekitar dan beberapa wisatawan yang telah sepintas mendengar nama Pantai Batu itu sendiri.

Meski tidak banyak terekspos media, lokasi dari Pantai Batu cukup mudah untuk dijangkau. Dimana destinasi ini berada di wilayah Perapatan dan tidak jauh dari Pantai Manggar Segarasari. Ketika tiba di lokasi wisata, Anda akan berjumpa dengan pemandangan horizon pantai yang memukau dan sangat indah. Ditambah dengan pasir yang bersih, dengan buliran kecil yang lembut.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

7. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu pantai yang di sekitarnya menyediakan cukup banyak penginapan bagi para pengunjung, yaitu Pantai Melawai. Sehingga destinasi ini menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan luar daerah Balikpapan. Dimana setelah lelah bermain main di pantai, mereka bisa beristirahat di penginapan yang tersedia di sekitar tempat tersebut.

Masyarakat lokal sendiri banyak yang berkunjung ke Pantai Melawai, sekedar untuk menghilangkan penat. Sebab objek wisata tersebut menyediakan berbagai pengalaman wisata yang menarik, seperti arena olahraga khusus air, panorama laut yang indah, hingga wisata kuliner laut yang lezat dan beragam dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
Image Credit: Twitter.com @radiopls_mks

Pantai Lamaru berlokasi di daerah Teritip, yang berada tidak jauh dari kota. Sehingga pantai ini bisa menjadi salah satu tujuan utama liburan Anda ketika berada di Balikpapan. Pemerintah daerah juga telah berusaha mengembangkan wisata Pantai Lamaru dengan baik, hasilnya pantai tersebut kini menjadi salah satu destinasi andalan yang ada di daerah Balikpapan Timur.

Apabila Anda berkunjung ke Pantai Lamaru di siang hari, maka Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati suasana pantai karena panasnya matahari yang menyengat kulit. Sebab pantai satu ini seolah memiliki pembatas berupa pepohonan hijau yang mengelilinginya, sehingga suasana di sekitar menjadi sangat sejuk dan rindang.

BACA:  Pantai Apra Sindangbarang Cianjur - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

9. Pantai Pulau Segajah

Pantai Segajah
Image Credit: Instagram.com @borneocampadventure

Salah satu destinasi unik yang bisa Anda temukan di Balikpapan yaitu Pantai Pulau Segajah, yang hanya berjarak kurang lebih 250 km dari pusat kota Kalimantan Timur ini. Pulau Segajah sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang hanya berupa pasir, dimana Anda hanya bisa mengunjunginya ketika siang hari atau saat air laut surut.

Pada malam hari, ketika air laut pasang tiba maka Pulau Segajah tidak akan terlihat alias tenggelam bersama dengan air laut. Tak hanya keunikannya, panorama indah yang ditawarkan oleh Pantai Pulau Segajah di siang hari akan sangat sayang sekali bila Anda lewatkan begitu saja. Dari pulau ini Anda bisa melihat lautan lepas lebih dekat dengan cara yang unik.

Harga Tiket: Rp 500.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

10. Pantai Serumpun

Pantai Serumpun
Image Credit: Twitter.com @primaberita

Terakhir ada Pantai Serumpun yang tidak kalah hits di kalangan para wisatawan, terlebih bagi mereka yang menyukai fotografi. Pasalnya pantai yang ada di kawasan Teritip ini, memiliki beberapa pohon yang tumbuh di area lepas pantai. Sehingga terlihat sangat indah dan menjadi salah satu spot foto yang begitu apik dan sangat instagramable.

Karena keindahan serta keunikan yang dimiliki oleh Pantai Serumpun, Anda jangan heran bila berkunjung ke sini maka Anda akan menemukan banyak orang yang melakukan sesi foto pre wedding. Bahkan di kala senja, Pantai Serumpun ini menjadi lebih ramai oleh para fotografer yang sibuk mengabadikan keindahannya di dalam sebuah potret.

Sebab pada saat senja, keindahan dari pohon pohon yang tumbuh di area lepas pantai akan terlihat semakin indah. Hal ini karena efek sinar jingga dari matahari yang melewati celah celah pohon, sehingga menghasilkan momen yang sangat mengesankan. Dimana pemandangan tersebut banyak diburu oleh para fotografer untuk diabadikan dalam foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Balikpapan yang merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur, memang berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Hal ini menjadikan wilayah Balikpapan memiliki sederet pantai, yang memiliki potensi wisata cukup besar. Oleh karena itu, kota beriman ini disebut sebut sebagai surga wisata bagi para pecinta destinasi bahari.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending