Pantai Marumasa, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Bulukumba

Pantai Marumasa, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Bulukumba
Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Marumasa termasuk wisata yang sedang naik daun karena sudah banyak dikunjungi oleh pelancong. Destinasi hits tersebut memang dikenal mempunyai laut yang masih jernih. Bukan hanya itu saja, tetapi terlihat tebing yang berdiri kokoh dan eksotis. Pemandangan yang beragam membuat kawasan pantai semakin dikenal banyak orang.

Traveller yang menginjakkan kaki di kawasan pasir putih pasti tidak menyesal. Apalagi area tersebut mempunyai lingkungan bersih dan pasir begitu lembut. Selain itu banyak pula pengunjung yang menggunakan area pasir sebagai tempat menunggu sunrise hingga sunset.

Pohon kelapa yang ada di sekitar Pantai Marumasa juga menarik perhatian. Berkunjung kesana akan memperoleh tempat yang asri karena tanaman masih dilestarikan. Wisatawan boleh pula bermain di pinggir laut dan pasir. Biasanya kalangan muda yang datang pun suka trekking ke tebing yang ada disana.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Marumasa

Daya Tarik Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps Aswin Trisakti Syam

1. Tebing Eksotis

Kawasan Pantai Marumasa begitu indah dengan tebing eksotis yang memikat hati. Tebing menambah kecantikan karena tidak semua Pantai mempunyai spot ini. Pengunjung tidak hanya bisa melihat tebing saja, tetapi juga dapat menanjak kesana. Siapapun yang suka menjelajahi area Pantai cantik ini pasti tertarik untuk beranjak ke atas tebing eksotis itu.

Spot yang mempunyai ketinggian tertentu akan menghasilkan tempat foto yang cantik. Wisatawan yang naik ke atas tebing dapat memotret background foto sebanyak mungkin. Bahkan para tamu bisa melihat garis Pantai yang menakjubkan. Sehingga tebing cantik ini menjadi salah satu daya tarik utama yang paling diincar oleh traveller dari beberapa daerah.

2. Pasir Putih

Obyek rekreasi cantik ini sangat dirawat dengan baik karena tampak bersih. Sepanjang area destinasi memberikan pesona berupa pasir yang membentang putih. Traveller sudah sering berjemur saat menikmati pasir mulai dari pagi hari. Hampir setiap liburan semua pengunjung juga menyiapkan bola voli dan permainan yang bisa membentuk istana pasir.

Hamparan pasir pun digunakan sebagai tempat untuk menanam pohon kelapa. Hal ini membuat udara di sekitar menjadi lebih segar dan membuat tamu betah. Pasir yang bercorak putih memang menjadi tujuan traveller yang ingin bersantai. Apalagi lingkungan terlihat bersih karena pengunjung tidak boleh membuang sampah di sepanjang pasir.

3. Air yang Bersih

Ombak di Pantai Marumasa tergolong tidak terlalu besar dan tenang. Air laut yang menghantam batu karang terlihat memukau dengan corak biru kehijauan. Pelancong yang ingin menikmati kejernihan laut bisa keliling sambil naik perahu. Jika beruntung Anda bisa pula melihat biota yang hidup di air laut itu mulai dari kerang, ikan kecil, dan kepiting.

Gulungan ombak juga bisa dinikmati dengan berenang di tepi. Wisata alam itu memiliki kumpulan karang yang disebut sebagai pulau karang di sekitar bibir Pantai. Traveller boleh bermain jet ski hingga banana boat untuk menciptakan liburan seru. Namun jika Anda ingin melepas penat maka duduk saja di pasir sambil mendengar suara gulungan ombak Pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps Andi Arizal

Pantai Marumasa terletak di Desa Darubiah, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Perjalanan memang sedikit menguras tenaga karena Anda harus melewati jalan terjal dan berliku. Wisata hits ini pun masih ada di daerah desa yang memiliki jalan berupa aspal serta sebagian tanah. Tetapi di area desa itu masih asri dengan hamparan sawah yang indah.

Destinasi cantik ini dekat dengan tempat rekreasi lain. Traveller bisa memilih pergi ke pantai ini dengan mengambil jalur dari Jalan Poros Bukumba-Sinjai. Tetap lurus hingga sampai ke Jalan Poros Bira-Bulukumba yang menjadi rute paling ramai dilewati. Lalu sekitar 15 menit Anda dapat menuju ke Desa Darubiah dan pilih melaju ke pintu masuk wisata.

Akses yang tidak terlalu mudah membuat sebagian orang lebih memilih datang dengan sepeda motor. Tetapi pelancong yang datang dari luar kota masih bisa memakai mobil atau bus dengan melintasi beberapa jalan tanah. Tak hanya itu, para tamu biasanya juga sering memilih travel untuk berkendara menuju lokasi pantai karena dianggap lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Marumasa

Harga Tiket Masuk Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps Asriani Hasan

Pantai Marumasa dikelola dan dilestarikan dengan baik mulai awal buka hingga sekarang. Masuk ke pantai ini dibandrol Rp 3.000 khusus anak-anak dan orang dewasa. Tetapi turis luar negeri yang ingin liburan ke wisata alam ini harus membayar tiket sedikit berbeda dari tarif itu. Pengelola akan menggunakan biaya masuk sebagai budget pengembangan Pantai.

Wisatawan biasanya sering pula ke bagian tebing atas untuk mencari spot foto. Jika Anda menggunakan beberapa properti foto disana maka cukup membayar Rp 5.000. Tenang saja disana banyak spot yang menarik, bahkan pengunjung dapat memakai latar foto. Sewa perahu serta permainan air dibandrol harga bervariasi tergantung dari pilihan traveller.

Kemudian biaya parkir di area masih murah meskipun pantai ini selalu ramai. Setiap orang yang parkir mobil dipatok Rp 20.000 dan sepeda motor Rp 5.000. Sedangkan harga untuk makan di warung sekitar masih dijamin terjangkau bagi pelancong. Semua biaya yang akan dibutuhkan selama liburan masih termasuk ramah di kantong dan cocok bagi siapapun.

Aktivitas yang Seru di Pantai Marumasa

Aktivitas Seru Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps Haspa Dimiyanti Putri

1. Menunggu Sunset

Pasir yang masih bersih dengan tempat luas cocok jika dipakai untuk menunggu sunset. Pantai Marumasa tergolong sebagai tempat terbaik menunggu waktu sunset ketika sore menjelang malam. Wisatawan sering kali terpanah dengan kecantikan langit yang perlahan menjadi senja. Bahkan setiap orang dapat memotret matahari yang mulai tenggelam.

2. Snorkeling

Pantai populer ini menyimpan beragam biota yang masih dilestarikan dengan baik. Gulungan ombak yang tidak terlalu besar memicu pengunjung untuk snorkeling. Terumbu karang yang indah pun menjadi salah satu alasan kegiatan ini selalu diincar. Berenang sambil menyelam pasti semakin seru karena Anda dapat melihat biota secara dekat.

3. Hunting Foto

Aktivitas Seru di Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps Fitha Rizki

Kecantikan yang berasal dari tebing eksotis, pasir putih, hingga gulungan ombak menjadi obyek paling menarik. Para tamu selalu menyiapkan aksesoris dan kamera selama hunting di sepanjang sudut wisata. Bahkan biasanya ada yang sengaja naik ke atas tebing untuk mencari obyek lain. Pantai Marumasa juga menyiapkan properti foto yang mendukung aktivitas ini.

4. Berjemur

Suasana pagi hari dengan langit yang cerah memang cocok untuk waktu berjemur. Apalagi sekitar pasir Pantai menyediakan tanaman kelapa yang tersebar rapi. Setiap kali berjemur wisatawan dapat merasakan hembusan angin yang berasal dari tanaman kelapa. Anda juga bisa mendengar suara ombak yang membuat kegiatan berjemur semakin rileks.

5. Menyewa Perahu

Pantai Marumasa yang begitu menawan membuat sebagian pelancong ingin pergi menelusurinya. Pada area lain sudah tampak perahu yang siap mengantarkan traveller untuk menjelajah air yang bersih. Perahu disediakan berbeda dan setiap tamu dapat menyewa bersama keluarga sesuai kapasitas penumpang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Marumasa
Image Credit: Google Maps agus kuncara

Pantai Marumasa diketahui menyediakan fasilitas yang begitu lengkap. Camping ground atau tempat wisatawan yang ingin berkemah tersedia di area pasir. Kursi Pantai serta gazebo yang mempunyai atap berupa bambu sudah berjejer rapi. Bahkan gazebo tersedia luas supaya dapat digunakan untuk spot berkumpul dengan rombongan kerabat.

Pantai juga telah menyediakan permainan air yang tidak pernah membuat traveller bosan. Selama di area Anda bisa menemukan banana boat, perahu, hingga jet ski. Mushola yang memiliki tempat tidak terlalu luas menjadi salah satu fasilitas penunjang ibadah. Spot foto dapat dijumpai di kawasan pasir dan tebing dengan properti yang memikat hati.

Bangunan tempat parkir sudah disiapkan untuk menampung semua kendaraan saat para tamu liburan. Tempat berburu makanan khas pun telah tersedia dengan pilihan rasa yang begitu enak. Kamar mandi tentu tidak sulit dicari ketika pelancong ingin membasuh diri. Lalu di wisata ini tampak fasilitas tempat nongkrong dan piknik yang unik.

Pantai Marumasa sudah tidak diragukan lagi dalam menyediakan tempat liburan yang asri dan tenang. Deburan ombak yang menghantam pasir serta batu karang menjadi keunikan dari Pantai karena tidak begitu besar. Traveller pasti betah karena dapat bermain di area Pantai. Maka dari itu pilih pantai favorit di Bulukumba ini sebagai obyek liburan keluarga ketika akhir pekan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending