Pantai Ujung Tiro, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Bulukumba

Pantai Ujung Tiro, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Bulukumba
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Bonto Tiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Ujung Tiro terletak di Kabupaten Bulukumba yang mempunyai nilai-nilai sejarah dan budaya eksotis. Teluarangan menuju destinasi cantik ini sebenarnya dapat dilakukan dengan gampang andai saja seluruh kontur jalanan sudah diberi aspal. Sayangnya, masih ada jalanan yang tidak diaspal dan berbatu sehingga berpotensi menghambat laju ban kendaraan Anda.

Meskipun begitu, pergi ke pantai eksotis itu tidak akan membuat Anda kecewa berkat lanskap alamnya yang mengesankan. Dari kejernihan lautan, pohon-pohon tinggi saat ditiup angin, hingga pulau kecil yang tersusun dari batu karang. Keberadaan pantai ini sebetulnya menambah potensi wisata yang ada di daerah kapal Pinisi tersebut.

Bagi Anda yang penasaran dengan kapal Pinisi juga dapat menjadikan Pantai Ujung Tiro tersebut sebagai persinggahan. Selisih jarak antara bodi asli kapal Pinisi dan pantainya tidak jauh, kurang lebih 8 km saja. Artinya, dalam satu kali perjalanan wisata, Anda bisa mampir ke dua atau lebih objek sekaligus.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Ujung Tiro

Daya Tarik Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Pramana Adi Samudra

1. Kejernihan Air Laut

Air laut yang jernih akan menyapa Anda begitu menginjakkan kaki dalam jarak tertentu di kawasan Pantai Ujung Tiro. Kondisi ini sesungguhnya memberikan kesempatan lebih besar dan motivasi kuat untuk melakukan penjelajahan lebih lanjut. Alih-alih istirahat sejenak saat baru tiba di lokasi, Anda mungkin akan langsung memilih bermain di dalam air tersebut.

Terlihat warna hijau bercampur biru yang terpancar dari laut pantai cantik ini. Jika melihat dari ujung tebing karang ke arah lautan, Anda bahkan dimungkinkan melihat apa yang ada di bawahnya, seperti ikan dan bebatuan.

Mampir ke pantai cantik Bulukumba ini sebenarnya akan menambah pengalaman eksotis dalam hidup Anda. Jadi, jika telanjur berada di Sulawesi Selatan entah untuk alasan apa pun, pastikan menyempatkan diri mampir ke sini. Nikmatilah waktu-waktu yang menyenangkan saat kaki Anda melangkah ke dalam air untuk berenang atau sekadar berjalan-jalan saja.

Jernihnya laut di pantai eksotis itu semakin dilengkapi dengan intensitas ombak yang tergolong rendah. Pelancong sering kali tampak berenang atau melakukan permainan lain di dalam laut. Namun, sebaiknya hindari bermain di sisi tebing karang karena hantaman ombak di sana cukup keras, bisa membuat seseorang cedera.

2. Tanpa Pasir

Pantai-pantai eksotis hampir selalu diidentikkan dengan hamparan pasir yang memesona. Namun, berbeda halnya jika Anda mengunjungi Pantai Ujung Tiro sebab di sana tidak ditemukan pasir sama sekali, atau ada saat Anda mau mencarinya tapi sangat minim.

Adalah gugusan pulau karang yang menjadi daya tarik pengganti di pantai eksotis ini. Orang-orang bisa pergi dan pulang sebebasnya ke pulau karang tersebut sebab disediakan jembatan penyeberangan.

Selain itu, ada pohon-pohon yang menjulang tinggi tumbuh di pulau kecil, tetapi jumlahnya sedikit. Hanya pas untuk dijadikan sebagai pelindung saat Anda ingin sejenak beristirahat dari rasa lelah selama berlibur di pantai menawan ini.

Tidak banyak kegiatan yang dapat dilakukan jika Anda hanya berdiam diri di pulau. Barangkali berfoto di berbagai sisi bisa menjadi pilihan, di mana Anda dapat menjadikan lautan luas sebagai latar belakang.

3. Jembatan Eksotis

Jembatan di Pantai Ujung Tiro menggunakan material kayu dengan papan-papan tebal yang disusun sedemikian rupa. Barangkali jarak dari daratan tempat Anda berpijak saat melewati gerbang masuk hingga ke pulau sekitar 10 sampai 20 meter.

Saat melewati jembatan tersebut, itu akan menjadi sensasi yang menyenangkan. Terutama bila Anda mau berhenti sejenak di pertengahan jalan, kemudian melihat ke kiri dan ke kanan. Pada ombak yang menghantam tiang-tiang jembatan serta suara gemuruh yang menenangkan.

Meskipun menggunakan material kayu, jembatan tersebut terlihat kukuh sekaligus eksotis. Agaknya pihak pengelola melakukan perawatan ekstra demi memastikan bahwa jembatannya tetap aman untuk diseberangi.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu di Pantai Ujung Tiro, pastikan menikmati suasana alam sekitar dari atas jembatan. Lebih dari sekadar tempat penyeberangan, jembatan eksotis ini sebenarnya ikon pelengkap yang ternyata menghadirkan spot terindah.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Tiket Masuk Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Winna Dwijayanti

Pergilah ke Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan untuk melihat pantai cantik yang memikat ini. Membentang indah mengisi wilayah pedesaan di Ekatiro, ada aneka pohon akan menghiasi perjalanan Anda.

Jika berangkat dari pusat kota, kurang lebih satu jam harus Anda taklukkan agar tiba di Kecamatan Bontotiro. Sebaiknya kemudikan kendaraan Anda sehati-hati mungkin mengingat jalanannya kurang bersahabat di beberapa titik.

Tidak ada aturan khusus perihal jam buka di Pantai Ujung Tiro. Artinya, Anda bisa datang kapan saja sepuasnya, entah saat pagi hari maupun setelah matahari tenggelam.

Adapun soal tiket masuk, pengelola juga tidak menetapkan biaya khusus saat Anda melewati pintu masuk. Hanya saja, terkadang pengunjung dimintai tarif perawatan mulai dari Rp 5.000.

Aktivitas yang Seru di Pantai Ujung Tiro

Aktivitas Seru Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Pramana Adi Samudra

1. Keindahan Sunset

Sunset terbaik akan Anda saksikan saat memutuskan bermain di Pantai Ujung Tiro berkat adanya jembatan penyeberangan. Meskipun tampak sederhana, tetapi cahaya megah yang memantul di atas permukaan laut saat matahari akan terbenam sungguh menakjubkan.

Anda bisa menantikan kunjungan ke pantai cantik itu hanya demi melihat bagaimana sunsetnya terbentuk. Ada kesan melankolis yang kental jika Anda mau mengabadikannya dalam bingkai kamera.

Bagaimanapun, suasana oranye dan jernihnya air laut saat hari akan gelap menghasilkan lanskap terindah. Anda perlu mengalokasikan waktu khusus untuk berdiam di tengah penyeberangan agar dapat melihat dengan jelas saat matahari tenggelam di balik gugusan pulau-pulau.

2. Mampir Melihat Kapal Pinisi

Tidakkah Anda penasaran pada kapal legendaris asal Sulawesi Selatan, Pinisi? Kapal yang namanya dijadikan industri serta bentuknya diadopsi menjadi salah satu universitas negeri di provinsi tersebut.

Selisih jarak antara Pantai Ujung Tiro dan kapal Pinisi sekitar 8 km, di mana keduanya berlokasi di Kabupaten Bulukumba. Oleh karena itu, pertimbangkanlah sebagai kegiatan yang menyenangkan jika Anda berada di kawasan ini, yakni pergi dari satu destinasi ke destinasi lainnya.

Dalam hal ini, pantai-pantai yang cantik dan kapal Pinisi harus dijadikan prioritas untuk membuat kunjungan jadi menyenangkan. Berfoto, berinteraksi dengan masyarakat sekitar, melihat-lihat pemandangan alam, lakukan apa pun yang mampu membuat perasaanmu kembali senang.

Pilihan lainnya, coba nikmati kuliner lokal yang mungkin ditemui di kawasan sekitar. Cicipi dan jadikan itu sebagai cerita yang menarik saat Anda kembali ke rumah. Khususnya jika Anda termasuk wisatawan yang datang dari luar provinsi, kunjungan ke Bulukumba pastilah akan membuat bahagia.

3. Jogging di Pantai Ujung Tiro

Anda dapat menggunakan celana training atau olahraga jika mengagendakan joging di Pantai Ujung Tiro. Entah mengenakannya sejak berangkat dari penginapan atau membawa pakaian ganti dan menukarnya setiba di lokasi.

Daratan utama di sekitar pantai layak diperhitungkan sebagai tempat lari yang menyenangkan. Pemandangan dari jauh akan menghibur Anda sekaligus menimbulkan perasaan bahagia meski ada sensasi lelah akibat berlari.

Adapun jika Anda enggan melakukan jogging namun berharap dapat mengeluarkan keringat, coba pertimbangkan untuk sekadar berjalan kaki menyusuri setiap sudut destinasi cantik ini. Pergi ke pesisir pantai, menyeberangi jembatan, berkeliling pulau, dan seterusnya.

Jangan biarkan waktu terlewati begitu saja setelah Anda memutuskan untuk bermain di pantai eksotis ini. Itu akan membuat Anda menyesal jika tidak menghabiskan hari secara optimal hingga waktunya pulang ke rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Alexis G

Pantai Ujung Tiro sudah cukup lengkap menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin menikmati suasana di dalamnya. Mulai dari toilet untuk dijadikan sebagai ruang bilas saat Anda memutuskan untuk berenang di sini. Ada pula warung makan yang bisa langsung disambangi ketika perut terasa keroncongan.

Tidak jauh dari kawasan pantai ada pula tempat penginapan yang bisa Anda sewa jika ingin menginap barang satu hari. Menggunakan fasilitas penginapan akan memberikan Anda kesempatan melihat suasana pantai hingga malam tiba. Udara yang jadi lebih dingin, hawa sejuk tanpa polusi, serta bintang-bintang di angkasa.

Saat Anda merasa lelah setelah bermain di kawasan pantai cantik ini, bisa pula menepi sejenak ke bangku-bangku kayu yang tersebar acak. Atau mungkin, Anda bisa memilih duduk di bawah pohon beralaskan daun-daun dan tanah yang agak keras akibat batu karang.

Pergi ke Pantai Ujung Tiro memang memerlukan kesabaran untuk melintasi jalanan yang belum diaspal. Namun, kesabaran tersebut dijamin berbuah manis setelah Anda menginjakkan kaki di sini dan bermain sampai merasa puas.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending