Pulau Kambing Bulukumba, Pulau Cantik dengan Pesona Biota Lautnya

Pulau Kambing Bulukumba, Pulau Cantik dengan Pesona Biota Lautnya
Biaya Wisata: Mulai Rp 250.00, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Berwisata ke Bulukumba, Sulawesi Selatan tak lengkap rasanya jika melewatkan Pulau Kambing. Pulau sebagai obyek wisata bahari ini memiliki panorama bawah laut yang begitu memesona. Bahkan, karena keindahan bawah lautnya pulau ini disebut-sebut sebagai hidden paradise bak laut yang menyimpan ribuan permata. Cocok sekali jika dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan dengan keluarga.

Keindahan dari pulau cantik ini tidak sampai disitu saja. Pulau yang tidak berpenghuni ini menyuguhkan suasana pantai dengan dekorasi alami dari pasir putih dan tebing bebatuan. Warna lautnya yang kebiru-biruan dengan komposisi yang jernih menjadikan habitat laut terlihat begitu jelas dari atas permukaan. Sehingga dapat menarik perhatian siapa saja untuk snorkeling di perairan pulau ini.

Mendengar dari namanya saja mungkin sebagian wisatawan akan berfikir mengenai keberadaan kambing yang berlimpah. Namun siapa sangka, wisatawan tidak akan menemukan kambing disini. Penamaan Pulau Kambing tidaklah memiliki arti khusus ataupun ada asal-usulnya, hanya sekedar nama dari pulau ini saja. Jadi, jangan berharap menemukan kambing tetapi sebaliknya yaitu panorama indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kambing

Daya Tarik Pulau Kambing
Image Credit: Facebook Selviya Hanna

Eksotis merupakan satu kata yang paling tepat untuk mendekripsikan pesona alam yang disuguhkan oleh Pulau Kambing. Ternyata tidak hanya eksotis saja, pulau yang berlokasi di Bulukumba ini juga memiliki beragam daya tarik kain yang pastinya akan membuat anda calon pengunjung tertarik menginjakkan kaki disini. Daya tariknya yang beragam juga mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

1. Pesona Keragaman Biota Bawah Laut

Memang pantas rasanya kenapa pulau ini disebut sebagai hidden paradise. Bagaimana tidak, pesona dari keragaman biota bawah lautnya terlihat begitu memukau jika dipandang. Layaknya lautan yang menyimpan ribuan permata di dalamnya. Bukan suatu hal yang mengherankan lagi kalau pulau ini mampu meraup banyak pengunjung dari pesona keragaman biota bawah lautnya. Bagaimana tertarik?

2. Dekorasi Panorama Tebing Tinggi

Pulau ini terlihat sedikit berbeda dari pulau-pulau kebanyakan. Pasalnya, pulau yang indah ini memiliki tebing bebatuan yang menjulang tinggi di pesisir pulaunya. Tebing terlihat cukup terjal dengan lahan hijau di atasnya. Wisatawan yang berdiri di puncak tebing ini akan mendapatkan angle yang sangat pas untuk menikmati birunya hamparan laut lepas.

3. Keindahan dari Daratan Pulau

Pulau Kambing merupakan pulau yang tidak berpenghuni sehingga wisatawan akan mendapatkan suasana tenang yang begitu lekat terasa. Selain tidak berpenghuni, jumlah pengunjung yang menyambangi pulau kecil ini juga tidak ramai bahkan bisa dikatakan sepi. Jadi akan semakin menambah suasana tenang. Suara deburan ombak yang terdengar menyegarkan akan menjadi alunan musik disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Kambing
Image Credit: Twitter ZonaMakassar.Com

Pulau dengan ciri khas tebing bebatuan ini berlokasi di bagian ujung selatan dari Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Bulukumba, Desa Bira. Jarak Pulau Kambing Bulukumba dari pusat Kota Makassar ialah sekitar 190 km jauhnya. Jarak 190 km dapat wisatawan tempuh dengan waktu antara 5 sampai dengan 6 jam. Jadi, wisatawan harus mempersiapkan semua dari jauh hari untuk datang kesini.

Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira dari Jalan Klp. Tiga. Lanjutkan menuju ke Jalan A. P. Pettarani. Teruskan perjalanan menuju Jalan Sungguminahasa – Takalar. Kemudian menuju ke Jalan Bantaeng – Bulukumba untuk menuju Jalan Jend Sudirman. Teruskan ke Jalan Bung Tomo dan Dato Tiro lalu ke Jalan Poros Pelabuhan Bira hingga menemui Tanjung Bira.

Jangan hanya berpikir untuk menempuh perjalanan darat saja jika berniat ke pulau kecil ini. Lokasi Pulau Kambing yang berseberangan dengan bagian selatan Pulau Sulawesi menjadikan wisatawan harus menempuh perjalanan laut juga untuk menyambanginya. Adapun waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan laut menuju lokasi ialah sekitar 20 menit saja dari Tanjung Bira yang juga berada di Bulukumba.

Jadi, wisatawan yang tertarik menyambangi pulau ini bisa menyewa perahu dari Tanjung Bira untuk kemudian melanjutkan perjalanan laut. Beragam harga juga tersedia tergantung dari kebutuhan ataupun jumlah budget yang wisatawan miliki. Wisatawan bisa mempersiapkan semuanya dari jauh hari untuk menghindari keterlambatan liburan menuju pulau dan disarankan untuk memulai perjalanan sejak pagi hari.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Image Credit: Google Maps Rangga Pramana

Tertarik menyambangi Pulau Kambing merupakan suatu hal yang wajar terjadi apalagi setelah membaca ulasan diatas. Tebing bebatuan yang menghiasi pesisir pulau hingga keragaman biota lautnya tentulah menjadi magnet untuk anda para pecinta wisata. Wisatawan yang tertarik tidak perlu khawatir mengenai harga tiket masuknya, karena kawasan pulau ini tidak memungut biaya sebagai tiket masuk.

Penyebab dari tidak adanya biaya tiket masuk ini bisa jadi karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau selain itu tempatnya yang tidak berpenghuni sehingga belum memiliki pengelolaan yang baik dan berdampak juga ke tidak adanya biaya tiket masuk. Wisatawan hanya perlu mempersiapkan dana sebagai biaya kapal menuju pulau. Yaitu antara Rp 250.000 sampai Rp 400.000 tergantung kebutuhan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Kambing

Aktivitas Seru di Pulau Kambing
Image Credit: Google Maps PRIMAWATI TARIK

1. Mengagumi Pesona Bawah Laut

Keragaman biota laut dari pulau ini terlihat begitu cantik dari permukaan air jernihnya. Wisatawan yang tertarik untuk melihat lebih dekat bisa mencoba snorkeling. Ratusan ikan-ikan kecil terlihat melayang-layang di antara terumbu karang indahnya. Wisatawan juga bisa diving sembari melihat beragam jenis ikan hiu. Spot diving terbaik untuk menikmatinya ialah di shark point dengan kedalaman 20 sampai 30 m.

2. Bersantai dan Berfoto di Puncak Tebing Tinggi

Bersantai adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati hidup, terlebih jika dilakukan diatas tebing Pulau Kambing. Dari atas sini, wisatawan dapat menikmati keindahan lautan lepas sejauh mata memandang tentunya dengan kesan khas dari pulau. Spot ini juga cocok jika dijadikan sebagai tempat untuk berfoto mengingat pemandangan yang ditawarkan akan terlihat cantik jika dipotret.

3. Memancing Diatas Daratan Pulau

Pulau cantik ini tidak hanya menjadi surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Anda yang hobby memancing pun dapat merasakan aura memancing yang begitu mengesankan. Pasalnya, perairan dari pulau ini tidak miskin dalam menyimpan kekayaan biota laut. Wisatawan bisa memancing diatas daratan pulau ini sembari merasakan hempasan angin lembut yang dibawa dari ombak tenang. Tertarik?

Penginapan Murah Dekat Pulau

Penginapan Dekat Pulau Kambing
Google Maps Cosmos Bungalows

1. Penginapan Asidik

Lokasi Penginapan Asidik masih berada satu kabupaten dengan Pulau Kambing Bulukumba. Jadi sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat bermalam selepas bersuka-ria di menjelajah pulau. Selain dekat ada beberapa poin tambah lain dari penginapan ini yaitu lokasinya yang dinilai nyaman karena kebaradaannya di pinggir pantai. Fasilitasnya pun lengkap seperti parkir, Wi-Fi hingga boleh membawa hewan peliharaan.

2. Panda Beach 2

Tidak jauh dari Penginapan Asidik juga berdiri sebuah penginapan dengan konsep minimalis yang diusung. Panda Beach 2 menawarkan penginapan dengan pelayanan yang dikenal ramah serta view menakjubkan berupa pemandangan pantai. Tempatnya yang berada di ketinggian juga semakin menambah indah view yang ditawarkan. Fasilitas seperti ruangan ber-AC dan lainnya tersedia disini.

3. Cosmos Bungalows

Cosmos Bungalows yang terlihat begitu megah berada diatas tebing tinggi dengan hempasan ombak dibawahnya sangatlah memikat untuk disambangi. Wisatawan yang menginap disini akan merasakan tidur dikelilingi oleh alam sebab sentuhan bangunannya yang terbuat dari kayu. Fasilitas yang begitu lengkap juga telah disediakan mulai dari sarapan gratis, Wi-FI, jemputan bandara, restoran dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau
Image Credit: Facebook Baling-baling Bamboo Multimedia

Walaupun tergolong sebagai pulau yang tidak berpenghuni dengan rute jalan yang terbilang cukup merepotkan, siapa sangka kalau Pulau Kambing Bulukumba menghadirkan fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Beragam fasilitas mulai dari fasilitas menuju hingga saat berada di pulau tersedia disini. Jadi, wisatawan bisa merasakan liburan di pulau tenang dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang pertama ialah fasilitas berupa kapal atau perahu yang bisa wisatawan sewa untuk menuju pulau. Harganya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Wisatawan bisa menyewa kapal ini saat berada di Tanjung Bira dan biarkan mereka mengantarkan anda melewati hamparan luas laut biru. Jadi, wisatawan tidak akan merasakan bosan ketika dalam perjalanan laut ini.

Kapal-kapal atau perahu-perahu yang bisa disewa untuk menuju pulau ini juga sudah dilengkapi oleh beragam perlengkapan snorkeling dan diving. Sehingga menjadi fasilitas kedua setelah keberadaan kapal. Wisatawan bisa memanfaatkan peralatan ini untuk mencoba menelusuri keindahan bawah lautnya. Mulai dari fasilitas berupa alat pernapasan, kaki katak, pelampung hingga tabung oksigen telah tersedia.

Melancong ke Sulawesi Selatan memang kurang lengkap rasanya jika melewatkan Pulau Kambing. Tidak ada satu hal pun yang bisa menjadi celah untuk tidak menyambangi pulau kecil ini. Mulai dari suasana tenang yang disuguhkan, pesona bawah lautnya yang mengagumkan, hingga fasilitas lengkap yang bisa menunjang semua aktivitas selama berada di pulau. Bagaimana, tertarik?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending