Pulau Liukang Loe, Bulukumba

Pulau Liukang Loe, Bulukumba

Lokasi: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.
Map: Cek Lokasi

Pulau Sulawesi terkenal dengan keindahan laut yang ditawarkan dengan paket lengkap pantai dan pulau eksotis. Banyak orang yang merencanakan liburan ke pulau di wilayah timur Indonesia ini. Anda dapat mengeplorasi berbagai hal, seperti keindahan bawah laut, pantai, air laut, suasana yang ditawarkan dan lain lain. Pulau Liukang Loe Bulukumba adalah salah satu destinasi pulau terbaik yang wajib Anda kunjungi. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Liukang Loe

Daya Tarik Pulau Liukang Loe
Image Credit: Joglowisata.com

Penamaan yang sesuai karena dalam bahasa Konjo, Liukang Loe berarti kayu hitam. Tentu nama ini diambil bukan tanpa sebab karena penamaan suatu daerah berdasarkan asal usul tempat tersebut. Pasalnya, pulau ini dulu banyak kayu hitam sehingga dinamakan seperti itu. Nama yang unik inilah membuat wisatawan semakin banyak berdatangan. Anda dapat melihat kayu hitam cukup banyak, tetapi justru menambah keindahan dari pulau yang cukup tenang ini.

Keindahan lautnya menjadi salah satu daya tarik yang tidak dapat ditolak, sehingga diving atau snorkeling menjadi aktivitas yang menarik. Anda dapat melihat dari jarak dekat ikan ikan lucu dan beraneka warna. Selain itu, juga terdapat banyak terumbu karang yang sangat cantik dan menarik. Pemandangan ini tentu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda dapat mengabadikan momen spesial ini dengan memanfaatkan kamera anti air atau gopro.

Daya Tarik Pulau Liukang Loe Bulukumba
Image Credit: Depography.blogspot.com

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki wilayah laut yang cukup luas. Oleh karena itu, hasil kekayaan laut juga cukup melimpah, salah satunya penyu. Indonesia telah memiliki tempat penangkaran penyu, seperti di beberapa pulau atau kota lain. Sulawesi tidak kalah menarik karena juga memiliki penangkaran yang berbeda dengan tempat lain. Daya tarik ini juga yang membuat banyak orang datang untuk melihat tempat penangkaran penyu secara langsung.

Berada di pantai atau pulau yang tenang rasanya tidak lengkap jika tidak membahas pantai yang indah. Pantai di pulau kayu hitam ini memiliki air laut yang jernih, sehingga sangat cocok untuk berenang atau menyelam. Tidak hanya itu, keindahan laut ini juga ditambah dengan gugusan batu karang yang megah dan seolah olah mengapit pulau. Batu karang ini terletak di barat dan timur pulau, sehingga tampak cantik saat landscape ini tertangkap oleh kamera.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Liukang Loe

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Liukang Loe
Image Credit: Mytrip.co.id

Alamat yang dapat Anda tuju untuk ke pulau kayu hitam ini cukup mudah, yaitu berada di kabupaten Bulukumba. Lokasinya tepat berada di ujung Sulawesi Selatan yang berhadapan dengan Nusa Tenggara Barat. Letaknya yang cukup menjorok ini membuat pulau ini sepi dari pengunjung, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menyepi. Hiruk pikuk keramaian di perkotaan membuat banyak orang jenuh, sehingga berlibur ke tempat sepi ini cukup menenteramkan.

Rute yang harus ditempuh cukup mudah karena patokannya menuju pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Menuju pantai ini dapat Anda tempuh dengan berbagai macam kendaraan, seperti mobil, bus, pete pete, ataupun travel. Mobil ini dapat memakai mobil pribadi atau sewaan dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah sampai di Tanjung Bira, Anda dapat melanjutkan dengan menyewa speedboat atau perahu nelayan selama 15 sampai 20 menit.

Biaya Wisata ke Pulau Liukang Loe, Bulukumba

Biaya Wisata ke Pulau Liukang Loe
Image Credit: Palontaraq.id

Perjalanan yang Anda tempuh hingga ke Tanjung Bira memerlukan kendaraan darat, lalu parkirlah di sekitar destinasi tersebut agar aman. Setelah itu, penyeberangan ke pulau kayu hitam memerlukan perahu atau speedboat dengan biaya yang cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 450 sampai 500 ribu dengan kapasitas penumpang 5 sampai 6 orang. Harga ini cukup murah karena mengingat jarak tempuh yang sangat dekat.

Saat mengunjungi destinasi wisata ini, perhatikan waktu perjalanan karena memerlukan waktu yang tidak sebentar. Usahakan berangkat pagi dan sampai di lokasi paling lambat di siang hari. Hal ini bertujuan menghindari perubahan cuaca yang cukup siginifikan karena di sore hari biasanya turun hujan. Selain itu, perubahan ombak juga berpengaruh pada saat penyeberangan dengan speedboat. Hal ini akan semakin berbahaya jika ombak sangat tinggi.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Liukang Loe

Kegiatan di Pulau Liukang Loe
Image Credit: Instagram.com @andiazwarr

Hal yang paling banyak dilakukan oleh para pelancong tentu saja snorkeling atau diving. Para pelancong pecinta aktivitas tersebut tentu tidak ingin ketinggalan mengabadikan ikan cantik dan terumbu karang aneka warna di bawah laut pulau kayu hitam. Menyelam dengan ketinggian yang cukup dalam harus dilengkapi dengan alat yang memadai, seperti tabung oksigen, kaki katak, dan alat berenang lengkap. Snorkeling hanya membutuhkan pelampung dan snorkel.

Melihat dari dekat penangkaran penyu di salah satu tempat penangkaran terbaik di negeri maritim ini. Anda dapat belajar seputar penangkaran, seperti musim bertelur dan menetas, cara melepas tukik yang benar, menggendong penyu besar, dan berfoto bersama penyu. Hal ini tentu memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan saat berlibur. Pulau kayu hitam ini menjadi tempat yang tepat untuk melihat penyu dan mendapat edukasi lengkap.

Tidak hanya edukasi, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas untuk berenang bersama dua ekor penyu besar. Tiket yang harus Anda bayar sebesar 10 ribu rupiah untuk berenang di kolam yang besar bersama dua induk penyu. Kedalaman kolam ini sekitr 2 m dengan tangga kayu sebagai jalur untuk memasuki kolam. Anda juga akan didampingi oleh para ahli sehingga sangat aman, tetapi yang perlu diketahui bahwa jangan memaksa penyu saat tidak ingin dipegang.

Penginapan di Sekitar Pulau Liukang Loe

Penginapan di Sekitar Pulau Liukang Loe
Image Credit: Tripadvisor.co.il

Jika Anda ingin bermalam saat di pulau ini, telah tersedia banyak pilihan dengan keindahan yang ditawarkan. Beberapa penginapan telah melengkapi kamarnya dengan fasilitas yang nyaman. Wisma Ramli menjadi pilihan beberapa wisatawan karena letaknya dekat dan cukup nyaman. Dari segi harga juga sangat terjangkau dan melayani reservasi sejak jauh jauh hari. Yang paling menarik dari wisma ini adalah pemandangan pantai dan lautan lepas.

Jika Anda tidak kebagian kamar di wisma tersebut, masih tersedia pilihan penginapan lain. Ocean holiday Guest House and Resto berada tidak jauh dari rekomendasi wisma pertama. Penginapan ini memberikan kenyamanan dan keamanan untuk para pengunjung, sehingga banyak yang suka di sini. Di guest house ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan laut dari teras, kamar mandi air tawar, tarif sewa murah, dan bisa melakukan reservasi.

Keduanya menjadi salah satu penginapan yang selalu ramai pengunjung, sehingga tidak jarang kamar yang tersedia selalu habis. Masih ada beberapa penginapan yang dapat Anda pilih dengan rentang harga beragam, seperti Penginapan Asidik dengan harga 700 ribu rupiah, Panda Beach I berkisar 235 ribu hingga 400 ribu, Wisma Melba seharga 600 ribu untuk kamar berAC, Riswan Guest House sekitar 150 ribu hingga 185 ribu dengan pilihan fan atau AC.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Liukang Loe

Fasilitas di Pulau Liukang Loe
Image Credit: Depography.blogspot.com

Pulau kayu hitam ini menyediakan fasilitas yang sangat umum dan penting dimiliki oleh tempat wisata, yaitu toilet umum. Toilet ini dilengkapi dengan air tawar dan selalu terjaga kebersihannya. Selain itu, destinasi wisata pulau ini terkenal dengan hasil lautnya, sehingga banyak tersedia warung atau restoran dengan menu seafood. Anda dapat menikmati cita rasa masakan khas Sulawesi Selatan dari tangan penduduk lokal dengan harga terjangkau.

Tidak lengkap rasanya berlibur tanpa membeli oleh oleh untuk keluarga atau kerabat. Oleh karena itu, pihak pengelola pulau kayu hitam ini menyediakan tempat membeli cinderamata dengan harga yang cukup terjangkau. Yang paling khas dari tempat ini adalah sarung tenun Bangkuru Bira, Bulukumba dengan motif yang unik. Sarung tenun ini menjadi oleh oleh yang tepat untuk orang orang tercinta, tetapi tidak membuat kantongmu jebol atau budget liburan melonjak.

Salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan, pulau kayu hitam ini harus masuk ke dalam list liburanmu. Pasalnya, wisata ini menawarkan berbagai hal menarik seperti diving, snorkeling, berenang dengan penyu, edukasi penyu, dan masih banyak lagi. Yang unik dari wisata ini adanya dermaga yang eksotis, sehingga cocok dipakai untuk spot foto instagenik. Anda juga dapat berfoto saat menyelam dengan memakai kamera anti air, gopro, atau alat fotografi lainnya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending