Pantai Pusahelu, Pantai Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya di Bulukumba

Pantai Pusahelu, Pantai Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya di Bulukumba
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Pusahelu adalah salah satu objek wisata pantai yang ada di pesisir timur Sulawesi. Para pengunjung akan menemukan pantai dengan pemandangan pasir putih karena lokasinya berada di satu kawasan dengan Pantai Bara dan Tanjung Bira. Jadi pantai-pantai di kawasan ini memang punya khas memiliki pasir berwarna putih.

Ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pemandangan alam yang begitu indah, suasana pantai yang sangat asri menjadi alasan mengapa pantai ini sangat hits. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata yang terkenal sebagai objek wisata favorit.

Di Pantai Pusahelu, keindahan yang ditawarkan pantai ini membuat wisatawan lokal maupun luar sangat menyukainya. Lokasinya pun dekat dengan destinasi wisata pantai yang lain. Jadi setelah puas bermain air disini, pengunjung bisa mengunjungi objek lain supaya menambah wawasan dan pengalaman yang dimilikinya.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Pusahelu

Daya Tarik Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps Be Haryanto

1. Memiliki Pasir Berwarna Putih

Bila ingin berlibur ke Pantai Pusahelu, maka Anda harus pergi ke Desa Barubiah dulu. Pantai ini menawarkan pemandangan yang begitu cantik dan eksotis. Dengan warna pasir yang menghampar di sepanjang pesisir pantai membuatnya tampak kian mempesona. Meski tidak terlalu luas, tapi pasirnya halus dan ada beberapa batuan berukuran kecil di sisi pantai.

Pasir yang berwarna putih adalah daya tarik pertama yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan rela jauh-jauh datang kesini. Biasanya wisatawan datang kesini setelah mengunjungi Pantai Bara dikarenakan nama pantai ini yang tidak sebegitu populer dengan Pantai Bara. Tapi tenang saja, pesona yang ditawarkan tidak akan kalah menarik.

2. Suasana yang Teduh dan Asri

Kemudian, daya tarik kedua yang membuat banyak pengunjung wisata datang kesini adalah karena suasana yang teduh dan juga asri. Jadi perlu diketahui, objek wisata ini dijuluki sebagai pantai perawan sebab masih sangat alami dan pemandangannya pun sangatlah indah.

Biasanya pengujung wisata yang pergi kesini ingin menikmati ketenangan dan kedamaian dari suasana yang tercipta. Bagi Anda yang ingin sekali melepas penat supaya pikiran bisa kembali segar bisa memilih pantai ini.

3. Air Laut Bersih dan Tenang

Daya Tarik di Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps Keluarga November

Di Pantai Pusahelu, pemandangan yang begitu eksotis dapat terlihat oleh para pengunjung wisata. Ini menjadi suguhan yang membuat banyak pengunjung wisata kian menyukainya. Panati dengan pasir putih ini kian begitu mempesona setelah berpadu dengan air laut yang jernih dan bersih.

Apalagi air lautnya memiliki gradasi dengan warna yang berbeda-beda mulai dari warna bening, hijau tosca dan biru laut. Warna air laut yang beragam ini sangat menarik untuk dinikmati oleh pengunjung wisata. Sembari merasakan kesejukan, pengunjung juga bisa menikmati keindahan dari gradiasi pantai itu sendiri.

4. Dikelilingi Tebing Karang

Pantai Pusahelu yang berada di kawasan Pantai Bara ini dikelilingi oleh tebing karang. Salah satu pantai berpasir putih ini memiliki tebing karang yang berada di sekelilingnya. Area pantainya pun agak melengkung tapi tidak begitu luas.

Meski area pantainya tidak begitu luas, tapi pemandangan yang ada di sekitar pantai sangatlah menawan. Ditambah lagi dengan tebing karang yang ada di sekelilingnya. Pemandangan berwarna hijau membuat suasana menjadi segar. Tak heran jika objek wisata ini dikenal sebagai pantai perawan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps Be Haryanto

Pantai yang indah ini berada di Desa Darubiah, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Lokasinya tidak begitu sulit ditemukan karena berada di belakang Pantai Bara. Nama Pantai Bara sendiri sangat populer jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Pusahelu bisa pergi ke Pantai Bara terlebih dahulu. Jika saat ini Anda datang dari kota Makassar atau luar daerah, waktu tempuhnya bisa hingga 5 jam.

Sesudah melewati pintu masuk, ambil arah ke Pantai Tanjung Bira. Perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 3 km. Anda akan bertemu dengan pertigaan dan papan petunjuk yang memudahkan para wisatawan untuk tiba ke lokasi wisata. Dari pertigaan tersebut silahkan belok ke kanan dan tujuan pun sudah tiba.

Tapi sayangnya, jalan menuju ke destinasi wisata tidak begitu bagus sebab ada jalanan berbatu. Meski begitu, di sepanjang perjalanan nanti Anda akan bertemu dengan pemandangan berwarna hijau nan segar yang ada di pinggir jalan sebab masih banyak hutan berjejer rapi di kanan dan kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pusahelu

Harga Tiket Masuk Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps V Prayastra

Pantai Pusahelu sebenarnya tidak begitu populer seperti objek wisata lain. Tiket masuk ke dalam destinasi wisata ini pun gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali. Pengunjung bisa masuk dan melihat keindahan pantai yang begitu memukau. Biaya tersebut harus dibayarkan pada saat di pintu masuk Tanjung Bira.

Jadi setelah membayar 10 ribu, Anda tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke pantai ini lagi. Dengan harga tiket yang sangat murah tersebut, banyak sekali kegiatan seru yang bisa didapatkan. Tidak hanya seru saja, moment-moment indah pun pasti akan didapatkan setelah berada di pantai hits ini.

Aktivitas yang Seru di Pantai Pusahelu

Aktivitas Seru Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps Be Haryanto

1. Menikmati Air Laut dari Ketinggian

Di Pantai Pusahelu, para pengunjung wisata bisa menikmati air laut dari ketinggian. Jadi bila ingin melihat keindahan warna dari air laut yang terliaht beragam bisa lebih mudah dari atas ketinggian. Jadi cobalah untuk naik ke atas bukit karang yang ada di pesisir pantai supaya bisa menikmati gradasi warna yang sangat cantik.

Air laut disini bersih dan jernih. Siapapun yang melihatnya pasti akan merasa damai dan tenang. Bahkan wisatawan bisa melihat cukup jelas ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang memiliki kedalaman hingga 1 meter.

2. Menikmati Pemandangan Bawah Laut

Selain itu, aktivitas kedua yang dilakukan banyak pengunjung wisata adalah menikmati pemandangan bawah laut. Jadi selain warnanya yang beragam, pemandangan bawah laut disini sayang untuk dilewatkan. Pemandangan bawah laut yang begitu cantik serta banyaknya biota laut di dalamnya membuat objek wisata ini tampak semakin indah.

Air laut di Pantai Pusahelu sangat jernih sehingga para pengunjung wisata bisa melihat dengan jelas dari atas permukaan laut. Hanya sekitar 10 meter saja dari bibir pantai, keindahan seperti ini sudah bisa didapatkan oleh wisatawan yang datang.

3. Bermain Air

Aktivitas Seru di Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps alasroban

Kegiatan ketiga yang sangat seru untuk dilakukan adalah bermain air. Saat berada di Pantai Pusahelu ini, jangan lupa untuk menyempatkan waktu dengan bermain air atau sekedar berenang di dekat bibir pantai. Disini ombaknya hampir tidak ada sehingga aman untuk pengunjung yang ingin bermain air.

Meski bukan tempat wisata yang cocok untuk keluarga, tapi pantai ini bisa Anda gunakan jika ingin mengajak anak-anak berwisata. Jadi anak-anak bisa bermain air dan pantai saat berada disini. Anda bisa kenalkan si kecil suasana pantai yang mempesona.

4. Snorkeling di Pantai Pusahelu

Dan aktivitas terakhir yang bisa dilakukan saat berwisata ke pantai adalah snorkeling. Seperti yang dapat dilihat jika pantai ini memiliki air yang jernih dan sangat menyegarkan. Karena itu aktivitas yang seru ini jangan sampai terlewatkan.

Pada saat snorkeling nanti Anda bisa melihat beberapa terumbu karang yang memenuhi pantai. Ada banyak ikan berenang bebas sehingga menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps Be Haryanto

Sayangnya fasilitas yang tersedia di Pantai Pusahelu kurang begitu lengkap. Karena di patai ini hanya ada tempat parkir saja. Jadi jika ada wisatawan yang datang dengan membawa kendaraan pribadinya dapat memarkirkan kendaraan tersebut di tempat yang sudah disediakan oleh penjaga atau pengelola pantai.

Fasilitas seperti warung makan masih belum tersedia disini. Jadi jika nanti ada keinginan untuk mengunjungi pantai ini, bawalah bekal makanan dari rumah sendiri. Jangan lupa bawa perlengkapan lain supaya liburan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Meski menawarkan keindahan, sayangnya pantai ini belum begitu banyak pengunjungnya. Tempat penginapan juga belum tersedia. Apabila ingin beristirahat nanti dapat mencari penginapan yang ada di Tanjung Bira.

Pantai Pusahelu adalah salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Meski tidak se-hits destinasi wisata lainnya, tapi disini Anda bisa menikmati pantai dengan pasir putih yang menghampar indah. Para pengunjung juga akan menemukan suasana pantai yang sejuk dan menyegarkan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending