Pantai Tanjung Kelayang Belitung – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Tanjung Kelayang Belitung – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tanjung Kelayang salah satu objek wisata pantai yang eksotis di Belitung yang layak dieksplor pesonanya. Pantai pasir putih yang menyuguhkan pemandangan alam nan indah, deretan batu granit raksasa dan spot menikmati sunset.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Belitung memiliki banyak pilihan wisata yang cantik dan memukau. Belitung memberikan beberapa pesona alam dari adanya pulau kecil yang eksotik. Salah satunya yaitu Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini memiliki banyak burung Kelayang yang menghiasi pepohonan. Di dekat pantai juga terdapat pulau-pulau kecil yang juga menjadi sorotan.

Namun, lokasi wisata yang paling menarik yaitu Tanjung Kelayang. Pantai tersebut adalah salah satu tempat wisata yang sering disinggahi oleh turis-turis. Selain itu, pantai tersebut juga selalu ramai oleh pengunjung lokal. Pantai tersebut mengarah ke arah Utara, sehingga pantai memberikan keindahan laut yang memukau.

Di wisata pantai tersebut, para wisatawan tidak ada yang datang dan berkunjung hanya sehari saja. Namun beberapa ada yang menginap dan menghabiskan waktu liburannya sampai berminggu-minggu. Ini terjadi karena keindahan pantai Tanjung Kelayang yang membuat betah para pengunjung. pesonanya yang menarik dan menyihir hati wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Kelayang

Daya Tarik Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Twitter.com @wsb_ngetweet

1. Lokasi Wisata Prioritas

Pada tahun 2015 pantai cantik di Belitung ini masuk ke dalam list destinasi prioritas di Indonesia. Tanjung Kelayang masuk ke dalam 10 besar pantai yang di dukung oleh pemerintah. Dimana dukungan tersebut berupa pengembangan dan penjagaan serta pengelolaan untuk pantai.

List sepuluh destinasi wisata tersebut yaitu Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Pulau Morotai di Maluku Utara, Pantai Tanjung Kelayang di Belitung, Danau Toba Sumatera Utara. Ada Borobudur di Jawa Timur, kepulauan seribu di Jakarta, Bromo di Jawa Timur, dan Tanjung Lesung di Banten.

Selain itu, keberadaan pantai eksotis ini yang berlokasi di antara Negara ASEAN dan Indonesia. Hal ini membuat destinasi wisata ini menjadi tempat berwisata unggulan.

2. Deretan Batu Granit Raksasa

Di beberapa sudut lokasi pantai terdapat deretan batu granit raksasa. Ada batu granit yang memiliki bentuk seperti kepala burung. Adanya batu ini merupakan penarik wisatawan untuk datang kelokasi wisata. menurut beberapa peneliti keberadaan batu-batu yang memperindah lokasi pantai tersebut berusia sekitar 200 juta tahun.

Adanya batu-batu ini menjadi sebuah inspirasi untuk pemberian nama dari pantai Tanjung Kelayang. Dimana kelayang adalah sebutan nama lokal daerah yang berarti burung wallet. Burung wallet di lokasi pantai cukup banyak. Burung-burung itu menjadi hiasan yang indah di langit wisata pantai ini.

3. Sunset Romantis di Tanjung Kelayang

Bias-bias cahaya mentari yang siap untuk istirahat memberikan pancaran warna jingga yang sangat indah. Saat matahari terbenam ini adalah salah satu saat yang sangat dinanti olek wisatawan di lokasi.

Menit-menit terakhir tenggelamnya matahari di pantai tersebut menjadi suasana yang sangat romantis dan sendu. Dimana gradasi warna dari langit sore hari bersama dengan birunya air laut menjadi latar yang mempesona dan cantik.

Ditambah dengan burung-burung Kelayang yang berlalu lalang di langit menjadikan langit semakin indah. Para nelayan yang mulai kembali pulang juga menjadi penghias sore romantis di sekitar pantai. Mengabadikan momen sore bersama pasangan Anda saat tersebut akan menjadi kenang-kenangan yang akan dirindukan.

Daya Tarik dari Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Facebook.com @piknikyuk

4. Pantai yang Eksotik

Beberapa pantai di Indonesia memiliki keindahan yang eksotik, dimana pantai-pantai tersebut menjadi pilihan utama bagi para wisatawan asing yang ingin berlibur. Pantai Tanjung Kelayang Belitung ini juga merupakan salah satu dari beberapa pantai yang memiliki keindahan yang eksotik.

Pasir pantai putih dan lembut, selain itu air jernih dan berwarna kebiruan ini menjadi nilai tambah untuk pesona pantai. Ombak di pantai juga cukup bersahabat dan asik dijadikan tempat berenang dan berendam. Keindahan pantai eksotis tersebut membuat para wisatawan tidak ingin meninggalkan pantai.

5. Primadona Wisata di Belitung

Kawasan pantai yang menjadi primadona di Belitung ini memiliki luas sekitar 324.4 hektar. Selain itu yang membuat pantai tersebut menjadi buruan bagi wisatawan adalah dengan adanya garis pantai yang panjang. Dimana garis pantainya mencapai panjang 1.5 kilometer.

Selain menyenangkan, lokasi pantai ini juga menjadi tempat berlabuh perahu-perahu nelayan. Ada juga beberapa perahu-perahu yang singgah dan mengantar penumpang.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Kelayang

Alamat Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Twitter.com @kakak_zack

Pantai pasir putih ini berlokasi di bagian Utara Belitung. Titik tepatnya yaitu di Sijuk, Belitung. Akses menuju lokasi pantai Kelayang cukup mudah. Jarak yang akan Anda tempuh sekitar 27 km dari Kota. Sepanjang perjalanan Anda akan mendapati jalan yang mulus dan bagus.

Dimana perjalanan darat hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit saja. Anda bisa berkunjung menggunakan sepeda motor maupun mobil. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk bisa sampai ke lokasi wisata dari Bandara Hanandjoeddin.

Setelah sampai di dermaga Anda bisa menyewa perahu-perahu yang berjejer di pinggir pantai. Perahu-perahu tersebut dapat membawa Anda menuju Pantai Tanjung Kelayang.

Jika Anda berencana untuk datang berlibur ke pantai indah tersebut, Anda hanya perlu membayar perahu saja dari dermaga Belitung menuju ke pantai. Biaya perahu bisa Anda pesan untuk beberapa saja sehingga bisa lebih hemat. Untuk penumpang sekitar 10 orang hanya membayar Rp 450.000 saja. Dengan tarif tersebut Anda bisa sampai ke lokasi pantai ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Kelayang

Aktivitas di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Rizki Sanjaya)

1. Island Hopping

Kegiatan menarik yang sering dilakukan di sekitar pantai yaitu Island Hopping. Dimana kegiatan tersebut adalah kegiatan menjelajah sekitar pulau. Dimulai dari dermaga kemudian dilanjutkan sampai ke seluruh sudut pantai.

Selain itu, para wisatawan juga mengelilingi beberapa pulau kecil yang berada di dekat Pantai Tanjung Kelayang. Mengunjungi pulau-pulau kecil tersebut dapat menggunakan perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai. Anda hanya akan membayar jasa sekitar Rp 350.000 an saja.

Dengan tarif tersebut, Anda akan diajak berkeliling sekitar pulau-pulau kecil dekat pantai. Pulau-pulau kecil tersebut yaitu pulau Pasir, Pulau Lengkuas, Pulau babi, dan beberapa pulau kecil lainnya.

2. Snorkeling dan Diving

Kekayaan alam bawah laut di sekitar Pantai Kelayang memberikan spot snorkeling dan diving untuk para wisatawan. Lokasi untuk snorkeling dan diving di pantai tersebut adalah yang terindah dari pantai lainnya.

Dengan air jernih dan bersih, Anda akan disambut oleh ikan-ikan kecil berwarna-warni. Dasar laut yang dangkal juga dapat mempermudah Anda saat menyelam.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Tanjung Kelayang

Penginapan Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Capital O 399 Kelayang Beach Hotel

Penginapan ini adalah hotel terdekat dengan lokasi wisata pantai ini. Jarak yang akan ditempuh yaitu kurang dari satu kilometer. Selain dekat, Anda hanya perlu membayar Rp 349.000 saja untuk bisa istirahat dan merebahkan tubuh lelah Anda di hotel tersebut.

Di Hotel tersebut menyediakan tempat yang unik dan menarik untuk pelanggan. Upaya tersebut dilakukan supaya para pengunjung betah berada di hotel.

2. Sheraton Belitung Resort

Penginapan unik dan menarik itu hanya berjarak 1.94 km saja dari lokasi wisata pantai. Jarak ini bisa Anda tempuh dengan berjalan-jalan santai saat pagi atau sore hari sambil menikmati suasana sekitar pantai. Anda bisa sambil jogging bersama pasangan Anda untuk bisa mencapai lokasi pantai.

Selain itu, Anda bisa menggunakan sepeda yang diberikan pihak hotel. Bersepeda di pinggir pantai dan menikmati keindahan pantai cantik ini akan memberikan momen yang romantis bersama pasangan Anda.

Selain sepeda fasilitas lain juga tersedia di hotel mewah tersebut. Fasilitas lain seperti antar jemput, restoran, Bar, dan fasilitas umum lainnya. Diamana biaya bermalam di penginapan tersebut yaitu sekitar Rp 1.573.000. Hotel tersebut

3. Loren Belitung Hotel

Keberadaan hotel Santika tersebut cukup dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Jarak pembatasnya hanya sekitar 3.32 km saja. Sedangkan biaya untuk menginap satu malam hanya sebesar Rp 600.000

Di hotel ini memberikan suasana sunset yang menakjubkan yang bisa dinikmati dari kawasan hotel. Suasana dan tempatnya yang romantis memberikan kenyamanan untuk para pelanggan. Dimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan juga sangat memuaskan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Kelayang

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Billy Christianto)

Fasilitas yang disediakan di lokasi pantai yaitu adanya penginapan, penyewaan perahu, penyewaan alat snorkeling dan diving. Selain itu ada fasilitas umum lainnya. Anda juga bisa membeli beberapa makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lama di pantai namun tidak ingin menginap di hotel, Anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Di pasir-pasir lembut tersebut dapat dijadikan sebagai lokasi berkemah yang seru.

Itulah review keindahan Pantai Tanjung Kelayang yang ada di Belitung. Pantai tersebut merupakan destinasi primadona di Belitung. Selain telah di akui pemerintah, pantai tersebut juga menjadi penunjang ekonomi Negara.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending