10 Wisata Pantai di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kalimantan Barat

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Populer di Kalimantan Barat. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Terindah dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Tak hanya Bali yang terkenal dengan pantai Kuta nya, atau Kota Yogya yang terkenal Pantai Parangtritis, Kalimantan Barat juga menyimpan keindahan wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Bahkan beberapa pantai disana sudah terkenal dan keindahannya tersohor hingga manca negara.

Selagi menapakkan kaki di tanah Kalimantan Barat, cobalah mampir ke salah satu wisata pantai indahnya. Berikut deretan pantai yang direkomendasikan.

1. Pantai Lemukutan

Pantai Lemukutan
Image Credit: Twitter.com @setiawanjody55

Perlu Anda ketahui, Lemukutan merupakan nama sebuah pulau yang paling terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Wisata bahari yang satu ini lebih dikenal dengan naman Pulau Lemukutan Singkawang. Bagi Anda pencinta olahraga snorkeling, maka wajib untuk menjajal keindahan alam bawah laut Pantai Lemukutan. Suguhan keindahannya dijamin sangat memukau.

Seperti yang sudah dijelaskan, keindahan alam bawah laut Pantai Lemukutan tak kalah dengan berbagai pantai terkenal lainnya. Tak heran, banyak para pencinta snorkeling yang datang hanya untuk menyaksikan sendiri pesona alam baharinya. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi pantai ini, silahkan menuju Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, KalBar.

Untuk bisa menikmati alam laut, Anda diharuskan membayar biaya reservasi sekitar Rp 200 hingga Rp 500 ribu saja. Dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, Anda bisa memilih beragam paket yang ditawarkan wisata Pantai Lemukutan. Setelah melakukan reservasi, Anda bisa menikmati keindahan biota laut berupa terumbu karang, teripang, kerang, hingga bulu babi.

Lokasi: Pulau Lemukutan, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

2. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk
Image Credit: Instagram.com @pantai_temajuk

Pantai Temanjuk merupakan salah satu wisata bahari di Kalimantan Barat yang paling diminati para penggemar wisata bahari. Di kawasan tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan dengan berjalan jalan di sekitar bibir pantai sembari bermain air. Sama seperti Pantai Lemukutan, di wisata bahari Temajuk Anda juga bisa melakukan snorkeling.

Menjelang sore hari, pantai ini akan dipenuhi para wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang ingin menyaksikan matahari terbenam. Pasalnya, di momen tersebut akan tercipta gradasi warna memukau yang berpadu di angkasa. Ada begitu banyak fotografer yang menjadikan momen tersebut sebagai lahan berburu foto terbaik yang sangat memesona.

BACA:  Pantai Sanggar Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Bagi Anda pemilik hobi yang memacu adrenalin, sebaiknya datang ke Pantai Temajuk di bulan Oktober – Februari. Di bulan tersebut, ombak dan angin akan mencapai ketinggian dari biasanya. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berselancar. Bahkan, jika Anda beruntung bisa melihat salah satu hewan langka yang dilindungi yakni penyu.

Lokasi: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

3. Pantai Randayan

Pantai Randayan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Teruntuk Anda yang ingin berlibur di tempat yang jauh dengan keramaian, Pulau Randayan bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Pasalnya, Pantai Randayan tak dikunjungi banyak orang, sehingga berlibur ke sana akan terasa layaknya pulau pribadi. Dengan mengunjungi Pantai Randayan, Anda bisa beristirahat sejenak dari penatnyaa hiruk pikuk kota.

Keindahan wisata bahari ini masihlah sangat terjaga, karena daerah tersebut masih menjadi kawasan konservasi Bengkayang. Di sekeliling pantai, Anda akan disuguhkan dengan rindangnya pepohonan yang hijau. Keberadaan vegetasi pohon tersebut semakin menambah keeksotisan Pantai Randayan. Hembusan angin semilir segara juga akan menyapa lembut.

Lokasi: Kab. Bengkayang.

4. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Pulau Datok merupakan salah satu wisata bahari yang mungkin belum asing bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang tak terlalu banyak. Meski masih belum banyak pengunjung, Pantai Pulau Datok memiliki keindahan yang tak kalah menakjubkan dari pantai terkenal lainnya di berbagai wilayah nusantara.

Jalan menuju wisata Pulau Datok juga relatif nyaman karena sudah diaspal. Bagi Anda yang datang dari arah Pontianak, bisa menuju ke kawasan Pulau Datok dengan menggunakan speed boat. Untuk bisa menaiki speed boat, Anda perlu mengunjungi pelabuhan Seng Hi ke Sukadana. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat kurang lebih 3 km.

Lokasi: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

5. Pantai Sungai Kinjil

Pantai Sungai Kinjil
Image Credit: Facebook.com @borneoketapang

Pantai Sungai Kinjil merupakan wisata bahari di Kalimantan Barat yang cukup populer. Bahkan jumlah pengunjung akan semakin meledak disaat musim liburan tiba. Tempatnya yang strategis dan perjalanan yang mudah ditempuh, menjadikan tempat wisata pantai ini dikunjungi banyak rombongan. Membawa keluarga, pasangan, kerabat ke pantai ini merupakan ide cemerlang.

Daya tarik utama yang ditawarkan wisata bahari yang satu ini berupa keindahan matahari terbenam yang sangat memukau. Di momen tersebut, Anda akan ditawarkan panorama sang surya yang mulai tenggelam dan dipadukan dengan deburan ombak yang memikat. Di sekitaran pantai, Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas seperti saung, kios, dan toilet.

BACA:  Pantai Cijayana Garut - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Lokasi: Sungai Kinjil, Kec. Benua Kayong, Kab. Ketapang.

6. Pantai Ketapang

Pantai Ketapang
Image Credit: Google Maps (Jefry Agasi)

Provinsi Kalimantan Barat ternyata juga menyimpan wisata bahari yang pesonanya boleh diadu. Wisata bahari tersebut dikenal dengan nama Pantai Ketapang. Suasana pantai yang cenderung sepi dan masih sangat alami membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh para traveler petualang. Air laut yang tenang dengan pasir putihnya akan sangat memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Ketapang ialah warna air lautnya yang bergradasi. Perpaduan warna biru, hijau, dan putih semakin membuat wisata bahari ini menjadi primadona di Kalimantan Barat. Sesampainya di sana, suguhan yang pertama kali Anda lihat ialah rimbunnya pepohonan yang dipadukan dengan hamparan pasir putih yang sangat bersih.

Lokasi: Kinjil Pesisir, Kec. Benua Kayong, Kab. Ketapang.

7. Pantai Pulau Sawi

Pantai Pulau Sawi
Image Credit: Twitter.com @aviastar1

Pulau Sawi masih termasuk dalam kawasan Ketapang, Kalimantan Barat. Wisata bahari yang satu ini menyimpan kekayaan berupa kehidupan laut yang sangat memukau. Sehak tahun 2009 silam, pemerintah setempat bersama pihak pengelola terus melakukan perbaikan demi mempercantik pulau di tanah Kalimantan ini. Kini, kondisi pantai semakin elok dan menakjubkan.

Ketika mengunjungi Pulau Sawi, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan, bahkan berbeda dengan wisata bahari lain. Pasir putih yang bersih, kehidupan biota laut, tradisi lokal, hiruk pikuk kehidupan nelayan menjadi daya tarik utama wisata bahari yang satu ini. Air lautnya yang jernih mengundang decak kagum bagi siapapun yang mengunjunginya.

Tak heran, Pulau Sawi disebut sebagai Pulau Bidadari karena keindahannya yang begitu memanjakan mata. Di sana, Anda juga akan dibuat takjub dengan hamparan batu karang yang kian menghias pulau dengan julukan Bidadari ini. Wisata Pantai Pulau Sawi kian menambah daya tariknya dengan adanya akses perjalanan yang sangat mudah dilalui bagi pengunjung luar daerah.

Lokasi: Mekar Utama, Kec. Kendawangan, Kab. Ketapang.

8. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang
Image Credit: Facebook.com @berita-singkawang

Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Panjang memiliki hamparan pasir yang membentang hingga sepanjang 3 km. Wisata bahari yang satu ini dikelilingi oleh pohon cemara yang sangat rindang. Pantai Pasir Panjang memiliki hamparan pasir putih yang begitu rupawan. Pasir yang putih dan bersih dipadukan dengan air laut jernih yang berwarna kebiruan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Pasir Panjang ialah sore hari. Dikala sore, pemandangan eksotis akan tercipta begitu sempurna tatkala matahari tenggelam. Ada banyak sekali wisatawan yang datang untuk menyaksikan detik detik terbenamnya sang surya di kawasan tersebut. Tak heran, banyak fotografer yang mengabadikan momen tersebut.

BACA:  Pantai Jayanti Cianjur - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Menyaksikan pemandangan matahari terbenam paling sempurna jika duduk duduk di saung. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas lainnya seperti sepeda air, perahu motor, pondok wisata, banana boat hingga toko souvenir. Meski fasilitasnya tergolong lengkap, Anda tak perlu membayar tiket masuk dengan harga yang mahal.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

9. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura
Image Credit: Twitter.com @modelkita

Pantai Kura Kura memiliki suguhan berupa pasir putih kecoklatan yang dipadukan dengan ombak tenang. Kawasan tersebut snagat cocok untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan berjemur. Jika memang cuaca sedang tidak mendukung, Anda tetap bisa menikmati keindahan Pantai Kura Kura dari tepian. Momen romantis akan terasa begitu kental tatkala matahari tenggelam.

Tak heran, banyak pasangan yang datang untuk merasakan momen romantis. Bagi Anda yang datang dari arah Kota Pontianak, bisa menempuh perjalanan sekitar 110 km. Jika dihitung waktunya, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Meski agak jauh, rasa lelah perjalanan Anda akan terbayar seketika bila melihat pesona Pantai Kura Kura.

Meskipun letaknya tergolong tersembunyi, yakni di sebalik bukit kecil Pantai Kura Kura masih terlihat sangat eksotis. Bahkan, Anda akan merasakan hal yang berbeda ketika mengunjungi wisata bahari yang satu ini. Jangan lupa untuk mengajak teman, kerabat, keluarga, dan pasangan untuk menikmati keindahan Pantai Kura Kura bersama sama.

Lokasi: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

10. Pantai Batu Nenek

Pantai Batu Nenek
Image Credit: Facebook.com @ivan.koerniady

Ketika mengunjungi Pantai Batu Nenek, Anda akan disuguhkan gugusan bebatuan yang terlihat sangat eksotis. Berhiaskan air laut yang biru dan jernih semakin menbingkatkan daya tarik Pantai Batu Nenek. Tak heran, banyak wisatawan yang rela datang dari jauh hanya untuk menikmati pesona Pantai Batu Nenek. Berdiri di tepian sembari menyaksikan sunset akan menyenangkan.

Lokasi: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Demikian beberapa wisata pantai terindah di Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi. Beberapa destinasi pantainya menjadi pilihan tepat yang cocok untuk mengistirahatkan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman, sahabat, atau pasangan untuk menyaksikan keindahan wisata bahari bersama sama. Selamat liburan!

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending