Pantai Ngalur Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Ngalur Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Ngalur salah satu wisata pantai yang eksotis di Tulungagung. Pantai pasir putih yang menyuguhkan pemandangan alam menawan dan masih asri.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngalur ini berada pada wilayah Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kencang karena letaknya dibagian selatan pulau Jawa. Akan tetapi untuk bisa sampai kesana para wisatawan harus melewati perjalanan yang agak sulit karena tempatnya yang belum bisa dilalui oleh kendaraan.

Pantai yang sering juga disebut dengan Ngalur Beach ini memiliki ciri khas keindahan dari pasir putihnya yang memiliki tekstur lembut. Pesona alam yang ditawarkan juga masih dalam kondisi yang asri dan eksotis. Pantai eksotis ini sangatlah cocok untuk dijadikan tepat untuk berwisata sembari menikmati waktu liburan yang Anda miliki.

Dengan eksotisnya pemandangan yang disuguhkan dapat membuat pantai Ngalur seringkali dijadikan objek para wisatawan untuk berfoto. Gambar-gambar yang dihasilkan tersebut pada akhirnya dapat membuat banyak orang mulai tertarik untuk datang dan menikmati indahnya pantai di Tulungagung yang masih baru dikenal ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngalur

Daya Tarik Pantai Ngalur
Image Credit: Twitter.com @inijatimdotnet

Terdapat beberapa daya tarik utama yang ditawarkan dari wisata pantai Ngalur di Tulungagung. Daya tarik tersebut terdapat pada keindahan alamnya yang masih asri dan juga eksotis sehingga menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang ditawarkan dari Kabupaten Tulungagung.

1. Hamparan Pasir Putih

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dan membentang di sepanjang pesisir pantainya. Selain itu pasir putih di area pantai juga memiliki tekstur yang halus sehingga terasa nyaman disaat Anda pijak. Pasir-pasir putih yang ada di sana juga dapat menjadikan Anda lebih menikmati lagi keindahan alamnya yang tak kalah dari pantai berpasir putih lainnya.

2. Pantai yang Sepi dan Bersih

Pantai Ngalur ini masih sangat sepi dikunjungi karena akses jalannya yang sulit. Untuk sampai ke sana Anda diharuskan berjalan kaki dikarenakan masih belum tersedianya akses jalan bagi kendaraan bermotor untuk bisa masuk ke lokasi wisata. Hal tersebut yang menjadikan pantai ini menjadi sepi dari para wisatawan.

Selain itu, daya tarik dari pantai ini adalah kebersihannya yang masih sangat terjaga. Dengan masih sedikitnya wisatawan yang bekunjung ke sana membuat kondisi pantainya masih dalam kondisi yang rapih. Kebersihannya ini juga yang membuat pantai ini sangat bagus untuk Anda jadikan sebagai spot untuk berfoto-foto.

3. Birunya Lautan

Pantai Ngalur juga menawarkan daya tarik untuk Anda nikmati yaitu birunya lautan disertai ombak yang saling bersahutan. Keindahan ini dapat Anda nikmati dengan suasana yang tenang sembari bersantai mengistirahatkan pikiran. Ditemani dengan deru ombaknya yang masih agak kencang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk Anda jadikan spot liburan di Tulungagung.

Birunya lautan yang ada di kawasan wisata seakan menambah daya tarik yang berpadu dengan kondisi alam di sekitarnya. Keindahan ini yang akhirnya membuat beberapa orang datang berkunjung ke pantai ini meskipun jalan yang harus ditempuh tidaklah mudah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Ngalur

Alamat Pantai Ngalur
Image Credit: Google Maps (Sarah Wulan Surya Sanjaya)

Untuk bisa berkunjung ke pantai Ngalur, Anda diberikan tiga buah pilihan rute yang dapat membawa Anda menuju pantai ini. Pantai ini berada di wilayah Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Rute pertama yang bisa Anda gunakan adalah memulai perjalanan dari Kediri. Perjalanan yang akan Anda tempuh jika berangkat dari Kediri akan menghabiskan waktu hingga 2,5 jam. Anda akan diarahkan untuk menempuh perjalanan ke arah selatan hingga bertemu pantai Sanggar di Kabupaten Tulungagung. Setelah itu Anda harus berjalan melewati perbukitannya.

Untuk rute yang kedua ialah Anda berangkat dari wilayah Kabupaten Tulungangung. Anda dapat menempuh perjalanan menuju daerah Jengglungharjo lalu mengarah ke Dusun Sanggar. Setelah itu Anda bisa berjalan kaki dengan meminta petunjuk rute dari warga di sekitar.

Rute yang terakhir masih sama berawal dari Kabupaten Tulungagung. Anda dapat menempuh perjalanan menuju ke arah Kalitatun, dari sana Anda akan diarahkan menuju ke Pantai Sanggar. Setelah itu Anda diharuskan berjalan menuju pantai Ngalur dengan memilih jalur sebelah kiri ketika menemui persimpangan antara pantai Patok Gebang dan pantai Ngalur.

Untuk dapat menikmati keindahan dari pantai ini sebetulnya para wisatawan tidak akan ditarik biaya masuk apapun. Hal ini dikarenakan wisata pantai ini masih sangat baru diketahui sehingga masih belum ada pengelolaan yang secara professional dari pemerintah.

Anda akan hanya dimintai uang untuk membayar parkir sebesar Rp 5.000 saja. Itupun Anda harus memarkirkan kendaraan yang Anda gunakan yang terdapat pada pantai Sanggar. Dikarenakan untuk sampai ke pantai Ngalur anda harus menempuhnya dengan berjalan kaki melewati perbukitan di sekitarnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngalur

Aktivitas di Pantai Ngalur
Image Credit: Twitter.com @sultonyschmad

1. Menikmati Sunrise & Sunset

Pantai Ngalur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengagumi keindahan matahari dikala muncul dan terbenam dalam suasana sekitar yang tenang. Keindahan tersebut didukung dengan pemandangan pantai yang sangat luar biasa. Kegiatan menarik ini akan membuat liburan Anda di objek wisata ini akan semakin tak terlupakan.

2. Camping & Piknik

Pantai yang satu ini juga dapat Anda nikmati dengan cara melakukan kegiatan berpiknik maupun bercamping di sana. Anda dapat berpiknik dengan menggelar alas duduk pada pasirnya yang putih dan halus serta ditemani semilir angin yang makin menyejukkan suasana.

Untuk bisa bercamping di sana Anda tidak akan ditarik biaya apapun. Namun perlu diingat juga karena pantai ini masih belum dikelolal secara professional maka Anda harus bertanggung jawab penuh akan kebersihan wilayah pantai dan keselamatan diri Anda sendiri.

Aktivitas Pantai Ngalur
Image Credit: Google Maps (Rohmad Ngunut)

3. Berfoto

Dengan perpaduan pemandangannya yang sangat eksotis dan indah, pantai ini dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto yang sangat bagus. Terdapat perbukitan hijau, lautan yang biru, dan pasirnya yang putih akan membuat hasil jepretan Anda makin tampak luar biasa.

Juga pantainya yang masih sepi ini dapat membantu Anda untuk menjelajah mencari spot foto yang terbaik di sana. Dengan begitu hasil foto yang dihasilkan akan semakin bervariasi. Di sana juga terdapat ayunan yang dapat Anda jadikan sebagai spot untuk berfoto yang akan sangat instagramable.

4. Jogging

Pantai Ngalur sangat cocok Anda nikmati sembari berlari-lari pada pesisir pantainya. Hal ini didukung dengan lembutnya pasir pantai yang ada di sana sehingga akan membuat olahraga yang Anda lakukan semakin nyaman. Dan juga Anda akan ditemani dengan keindahan alamnya yang sangat eksotis dapat meningkatkan semangat Anda untuk berolahraga.

Pengunjung yang ada di pantai ini juga masih terbilang jarang sehingga Anda dapat dengan leluasa berolahraga tanpa takut mengganggu aktivitas wisatawan lainnya. Selain dapat menjaga kesehatan dari tubuh, aktivitas jogging di tepi pantai juga dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk menjelajahi wilayah pantai yang eksotis ini lebih dalam.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Ngalur

Penginapan dekat Pantai Ngalur
Image Credit: Google Maps (Harfin Eko Suanda)

1. Hotel Prigi

Penginapan yang berada di sekitar Pantai Ngalur ini termasuk nyaman dengan adanya fasilitas pendukung yang cukup lengkap di sana. Hotel dengan desain minimalis ini menyediakan beberapa kamar dengan banyak fasilitas yang ditawarkan. Para pengunjung bisa bermalam di hotel ini dengan harganya yang masih terjangkau.

2. Lugano Hotel

Salah satu penginapan yang dekat dari pantai adalah Hotel Lugano. Hotel yang satu ini menawarkan berbagai fasilitas pendukung seperti sarapan, layanan internet, serta ruangan kamarnya yang menggunakan pendingin udara. Untuk dapat menginap di sana Anda perlu membayar biaya yang sedikit mahal dari hotel yang sebelumnya.

3. Pondok Prigi

Penginapan yang satu ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari pantai Ngalur di Tulungagung. Desain dari bangunan hotel ini cenderung mengedepankan arsitektur Jawa kuno sebagai tema utama dari penginapan ini. Fasilitas yang ditawarkan dari penginapan ini juga terbilang lengkap dengan adanya jasa penjemputan di bandara bagi wisatawan yang datang dari jauh.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngalur Tulungagung

Fasilitas Pantai Ngalur Tulungagung
Image Credit: Instagram.com @permatanusatour

Untuk fasilitas yang ada di pantai Ngalur sendiri masih terbilang cukup minim. Hal tersebut dikarenakan akses jalannya yang masih sulit untuk dilalui sehingga belum ada investor yang berniat untuk mengelola wisata ini.

Bagi Anda para wisatawan yang ingin berkunjung kesana disarankan untuk menyiapkan berbagai perbekalan dari rumah. Bekal yang Anda bawa tersebut akan berguna disaat berada di pantai. Dikarenakan masih belum tersedianya warung-warung penjual makanan dan fasilitas pendukung lainnya. Akan tetapi Anda harus tetap menjaga kebersihannya.

Itulah beberapa daya tarik, rute, dan kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke pantai Ngalur di Tulungagung. Sarana dan prasarana di pantai ini masih sangat minim sehingga wisatawan yang akan berkunjung harus lebih mempersiapkan bekal-bekal yang dapat bermanfaat ketika sampai di sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending