Pantai Klatak Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Klatak Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Klatak salah satu wisata pantai tersembunyi di Tulungagung. Pantai di pesisir selatan Jawa ini tergolong pantai berbatu dengan pesona alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tulungagung adalah daerah yang ada di Jawa Timur Indonesia. Kabupaten yang satu ini memiliki berbagai jenis destinasi wisata alam. Kenampakan alam yang paling banyak dijumpai di Tulungagung adalah pantai. Wisata pantai memang sangat menyenangkan. Di mana air lautnya yang jernih serta pasirnya yang halus membuat siapapun ingin berkunjung ke sana. Salah satunya adalah Pantai klatak.

Wisata pantai di Tulungagung berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai yang satu ini menjadi salah satu pantai yang terkenal di Tulungagung. Sebagaimana yang diketahui Tulungagung memiliki destinasi wisata pantai yang cukup beragam. Beberapa di antaranya sudah lebih dulu terkenal seperti Pantai Popoh dan pantai Gemah.

Pantai Klatak sebenarnya termasuk destinasi wisata yang masih baru. Berada di wilayah perkampungan nelayan, Pantai ini masih begitu perawan. Sehingga keadaan alamnya pun sangat alami dan asri. Daya tarik yang dimiliki oleh pantai yang indah ini seakan membius siapa saja. Pantai eksotis ini dengan segala keunikannya akan menambah kecintaan Anda terhadap Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki di Pantai Klatak

Daya Tarik di Pantai Klatak
Image Credit: Instagram.com @nrv.81

Setiap pantai tentunya memiliki keunikan masing-masing. Tidak terkecuali Pantai Klatak Tulungagung yang memiliki daya tarik tersendiri.

1. Wisata Pantai yang Masih Perawan

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu daya tarik sebuah destinasi wisata adalah keasriannya. Nah, itulah yang dimiliki pantai yang satu ini. Menjadi salah satu wisata bahari di Tulungagung, pantai ini masih terbilang baru. Hal ini karena lokasinya yang tersembunyi. Biasanya di laut pantai inilah warga sekitar mengais rezeki dengan berprofesi sebagai nelayan.

Belum lagi lokasinya yang berada di tengah hutan, membuat nama pantai ini sedikit dikenal. Selain itu, lokasinya juga cukup sulit untuk dicapai wisatawan. Dulu untuk sampai ke pantai yang satu ini Anda harus menaiki perahu yang dimulai dari Pantai Popoh.

Namun seiring berkembangnya waktu, pantai menjadi tempat wisata. Kini mulailah dibangun jembatan Lintas Selatan. Di mana jembatan ini menghubungkan tempat satu ke tempat lainnya.

Sehingga semakin banyaklah pengunjung yang datang untuk melihat keindahan Pantai Klatak. Jembatan tersebut memang sengaja dibangun agar pengunjung dapat berjalan santai menyusuri lebatnya hutan. Bahkan rute menuju ke lokasi pantai pun akan dipenuhi dengan pemandangan perbukitan dan payung pohon hutan.

2. Penamaan Klatak

Perlu Anda ketahui bahwa nama Klatak sebenarnya diambil dari sebuah fenomena yang terjadi di kawasan pantainya. Jika pantai lainnya memiliki pasir putih, maka Pantai Klatak begitu eksotis dengan pasir berwarna coklat. Belum lagi dekorasi yang di buat alam di tepi pantainya. Yaitu berupa jajaran bebatuan sungai yang unik.

Daya Tarik Pantai Klatak Tulungagung
Image Credit: Instagram.com @bukanfoto_grafer

Anda pun bisa duduk santai di atas batuan kecil yang ada di sana. Dari kabar yang beredar asal muasal batu tersebut adalah hasil dari terjangan air. Sehingga secara tidak langsung membawa bebatuan ke tepi pantai.

Ketika air laut mulai mencapai pantai, maka ombaknya akan mengenai gugusan batu tersebut. Sehingga timbullah suara klatak-klatak hasil dari benturan antar batu.

3. Air Laut yang Tenang

Daya tarik yang paling dicari wisatawan dari sebuah pantai adalah kenampakan laut yang membentang. Tenang saja, Anda akan takjub melihat laut di Pantai Klatak Tulungagung. Pasalnya air laut pantai ini tergolong tidak banyak ombak alias tenang. Lokasi pantai ini yang dikelilingi oleh bukit dan hutan membuatnya jarang didatangi angin besar. Sehingga kondisi ombak pun masih bisa ditoleransi.

Itu sebabnya pantai di Tulungagung ini sangat tepat jika digunakan untuk menenangkan diri. Menyatu dengan alam, merasakan semilirnya angin darat, serta duduk santai di bibir pantai. Berenang pun menjadi lebih aman di beberapa titik. Jadi, puaskan diri Anda menikmati laut serta pantai yang masih perawan ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Klatak

Alamat Pantai Klatak
Image Credit: Instagram.com @pesonakitatulungagung

Pantai indah ini terletak di kecamatan Besuki, Tulungagung. Tepatnya berada di Jalan Pantai Waru Doyong, Klatak, Dusun Soireng, Desa Keboireng. Jika ingin menuju Pantai Klatak Anda harus menempuh jalan yang cukup ekstrim. Karena lokasinya yang berada di tengah hutan serta di kelilingi oleh perbukitan. Jalan menuju lokasi akan cenderung naik turun.

Untuk bisa sampai di lokasi pantai, Anda bisa memulainya dari Tulungagung Kota maupun melalui Kota Pacitan. Untuk menuju Pke lokasi pantai ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika dimulai dari alun-alun Tulungagung. Sebab jarak tempuh yang harus dilalui kurang lebih 40 KM.

Meski tergolong pariwisata yang baru, Pantai ini sudah mematok tarif untuk setiap pengunjungnya. Tenang saja, untuk bisa mengakses pantai indah yang satu ini Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab biaya masuk per orangnya hanya sekitar Rp 5.000 saja. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka diharuskan membayar parkir Rp 5.000

Tidak ada hari tertentu untuk bisa mengunjungi pantai. Karena destinasi di Tulungagung ini buka 24 jam. Tidak ada weekend. Namun, jika ingin lebih berkesan Anda bisa mengunjungi pantai Klatak saat matahari hendak terbit dan hendak terbenam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Klatak

Aktivitas di Pantai Klatak
Image Credit: Instagram.com @masihmilihnama

1. Hunting Foto Keren

Liburan tanpa berfoto memang menjadi kurang berkesan. Pasalnya dengan berfoto Anda akan menemukan kilas balik di masa mendatang. Sehingga Anda pun mengingat bawa pernah berkunjung ke pantai ini sebelumnya. Untuk itu, di sini Anda juga bisa mencari spot paling menarik untuk berfoto.

Terdapat sebuah tulisan PANTAI KLATAK di kawasan pantainya. Biasanya tulisan inilah yang sering menjadi objek foto para wisatawan.

2. Gua Tersembunyi Dekat Pantai

Perlu Anda ketahui pula bahwa selain panorama pantai dan lautnya, Pantai Klatak memiliki gua tersembunyi yang ada di sisi barat pantai. Gua tersebut banyak menarik wisatawan untuk bisa menjelajah ke dalamnya. Bahkan Anda juga bisa mencari spot unik untuk berfoto di sisi gua.

Sedikit jauh berjalan ke arah barat, jangan kaget jika Anda menemukan kapal kecil yang berjajar. Pasalnya kapal kecil tersebut adalah ranjau yang dipasang oleh nelayan untuk bisa menangkap lobster. Hal ini membuktikan bahwa pantai ini juga memiliki kekayaan alam yang melimpah. Bahkan dari hasil laut pun juga banyak dijadikan hidangan di warung makan sekitar pantai.

3. Menikmati Pesona Alam dengan Bersantai di Tepi Pantai

Untuk Anda yang menyukai pesona alam yang alami. Bisa duduk bersantai di atas hamparan batu yang ada di kawasan pantai ini. Semilir anginpun siap menerpa tubuh Anda dengan syahdunya. Bermain aktivitas pantai seperti berenang juga menjadi hal yang menyenangkan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Klatak

Penginapan Pantai Klatak
Image Credit: Booking.com

1. Front One Hotel

Untuk wisatawan yang ingin bermalam di Tulungagung setelah puas menjelajahi Pantai Klatak. Anda bisa menginap di Front One Hotel Tulungagung. Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti free wifi, restauran, dan lain-lain di hotel bintang 3 ini.

2. Criwn Victoria Hotel

Hotel ini mematok tarif yang bervariasi per malamnya. Tergantung tipe yang Anda inginkan. Jadi, Anda pun bisa menyesuaikan dengan budget selama liburan. Hotel berbintang 4 ini cocok bagi Anda yang berbudget lebih. Fasilitas yang ditawarkan tentunya sudah cukup mewah dengan kolam renang indoor, ac, wifi dan lain-lain.

3. Spot On 2375 Agbil Residence

Bagi Anda yang liburan dengan budget minim, alangkah baiknya memilih hotel ini. Pasalnya tarif yang ditawarkan sangatlah terjangkau. Harga per malamnya mulai dari Rp 120.000.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Klatak Tulungagung

Fasilitas di Pantai Klatak Tulungagung
Image Credit: Instagram.com @tawanto66

1. Kamar Mandi

Kamar mandi adalah fasilitas paling krusial untuk sebuah tempat wisata. Apalagi jika jenis destinasi tersebut adalah pantai. Sehingga ketika selesai berenang pengunjung dapat ganti baju di kamar mandi tersebut. Selain itu tersedia pula fasilitas MCK.

2. Tempat Istirahat

Selain sarana untuk MCK, di tempat wisata ini juga menyediakan tempat peristirahatan. Jadi, ketika penat melanda setelah melakukan aktivitas pantai, wisatawan dapat beristirahat sejenak di tempat yang telah disediakan.

3. Warung Makan

Di samping mengelilingi pantai Klatak Tulungagung, tiba-tiba perut terasa lapar. Tenang saja, di area pantai sudah tersedia banyak warung makan. Di mana rumah makan tersebut juga menyediakan menu ikan segar yang baru ditangkap. Sehingga lebih bernutrisi dan cita rasanya pun semakin lezat.

4. Tempat Parkir

Untuk Anda yang membawa rombongan dengan membawa kendaraan pribadi, tersedia lahan parkir cukup luas yang siap menjadi tempat parkir kendaraan Anda. Sehingga sudah dipastikan aman dari pencuri. Meski begitu setiap kendaraan dikenai biaya parkir seperti yang telah disebutkan.

Sebagaimana pesona Indonesia yang tidak dapat dipungkiri. Ulasan mengenai Pantai Klatak di Tulungagung pastinya membuat Anda ingin segera menikmati suguhan alamnya yang indah. Segera masukkan Pantai ini ke dalam list tujuan liburan tahun ini. Pastinya Anda akan betah berlama-lama di sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending