10 Wisata Pantai di Kalimantan Selatan yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kalimantan Selatan

Inilah Daftar Wisata Pantai Populer di Kalimantan Selatan. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Hits dan Terindah yang Menarik Anda Jelajahi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Pulau Kalimantan memiliki luas yang terbentang dan terbagi dalam beberapa wilayah. Salah satunya ialah Kalimantan Selatan. Di wilayah tersebut menyimpan pesona keindahan bahari yang wajib dijadikan sebagai tujuan berwisata. Banyak lokasi pantai menarik yang bisa dinikmati ketika berada di provinsi ini.

Selagi berada di tanah Kalimantan, tak ada salahnya mengunjungi beberapa wisata pantai terindah di Kalimantan Selatan pada ulasan berikut ini.

1. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan
Image Credit: Twitter.com @natgeoid

Salah satu pantai di Kalimantan ini dikenal dengan sebutan surga tersembunyi di tengah kota. Pagatan memilii panorama laut biru, debit obak yang relatif rendah, pasir putih yang bersih, dan pohon kelapa yang melambai lambai. Angin laut yang berhembus semakin menambah suasana segar tercipta. Di sekitaran pantai, Anda bisa temukan beberapa vegetasi tumbuhan.

Setiap Minggu pagi, Pantai Pagatan selalu dipenuhi oleh warga setempat. Ada yang sekedar ingin bersantai, ada pula yang menjadikan pantai ini sebagai lahan berolahraga. Menjelang sore hari, suasana semakin ramai tatkala warung warung kecil mulai buka. Banyak wisatawan yang menjajal beragam kuliner khas Kalimantan yang sangat menggugah selera.

Aga jauh di pinggir pantai, Anda akan menyaksikan anak anak warga lokal yang bermain kecil sembari menceburkan dirinya ke air laut yang jernih. Ada pula yang datang untuk menyelam menikmati keindahan alam bawah laut yang begitu memukau. Beberapa diantara mereka hanya berdiri di bibir pantai sambil melihat laut lepas dari kejauhan.

Di sudut lainnya, Anda akan menemukan beberapa anak remaja yang bermain skateboard. Hal tersebut merupakan salah satu daya tarik dari Pantai Pagatan ini. Tak jauh dari pantai, para pengunjung bisa mengistirahatkan dirinya dengan bersantai di gazebo yang disediakan pihak pengelola. Bahkan, tak sedikit pengunjung yang menjadikan gazebo sebagai arena berpiknik.

Sebagai informasi, Pantai Pagatan terletak dengan jarak yang tak jauh dari poros Jalan Trans-Kalimantan. Jaraknya hanya sekitar 500 meter saja. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kebun kelapa sawit yang begitu memukau. Sangat cocok untuk Anda yang ingin melarikan diri sejenak dari padatnya hiruk pikuk kota.

Untuk mengunjugi wisata bahari ini, Anda tidak perlu memikirkan waktu waktu tertentu. Pasalnya Pantai Pagatan tidak memiliki ketentuan jam operasional. Selain itu, Anda tidak akan dipungut biaya tiket masuk sepeser pun. Meski tidak dipungut biaya tiket masuk, Anda tetap bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi: Sei Lembu, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu.

2. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan
Image Credit: Instagram.com @ari_hdn

Pantai Gedambaan merupakan salah satu wisata bahari yang menjadi primadona warga Kotabaru, Kalimantan Selatan. Terletak di Desa Gedambaan, Pulau Laut, pantai ini menawarkan pesona keindahan yang dapat memberi ketenangan bagi siapapun pengunjungnya. Ketika memasuki kawasan pantai, Anda akan tersihir dengan suasananya yang memesona.

Air laut yang biru dengan pasir putih yang menakjubkan menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar. Selain menikmati pasir putih yang terkena paparan sinar matahari, merasakan kesegaran air juga mampu menghipnotis para pengunjungnya. Tak heran banyak pengunjung yang betah berlama lama menghabiskan waktunya di Pantai Gedambaan.

Pantai Gedambaan dulu sempat dinamai Pantai Sarang Tiung, yang berjarak kurang lebih 14 km dari pusat Kotabaru. Seiring berkembangnya waktu, pantai tersebut berubah menjadi Gedambaan yang lebih mudah diingat. Ketika mengunjungi wisata bahari yang satu ini, Anda bisa melihat air laut jernih yang terlihat dangkal, sehingga ikan ikan kecil akan nampak di sebalik karang.

Lokasi: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

3. Pantai Takisung

Pantai Takisung
Image Credit: Twitter.com @kalimantanber

Objek wisata bahari Pantai Takisung merupakan andaalan masyarakat sekitar. Pantai ini juga sudah terkenal bagi seluruh masyarakat Kalimantan Selatan, termasuk warga Kota Banjarmasin. Pantai Takisung akan dipenuhi banyak wisatawan begitu musim liburan tiba. Menjadikan wisata bahari ini sebagai destinasi wisata liburan merupakan keputusan yang sangat tepat.

Ketika mengunjungi pantai tersebut, Anda akan melihat hamparan pasir putih luas yang diiringi dengan pepohonan kelapa di bibir pantai. Air laut yang biru akibat pantulan langit juga semakin menambah keeksotisan Pantai Takisung. Perlu Anda ketahui, Pantai Takisung merupakan ikon kota Pelaihari yang sangat populer bagi warga Kalimantan Selatan.

Lokasi: Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut.

4. Pantai Turki

Pantai Turki
Image Credit: Instagram.com @pantaiturki_jorong

Berlibur ke Kalimantan Selatan, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata Pantai Turki. Pemandangannya yang elok seolah menunjukkan bahwa area tersebut masih terjaga keasriannya. Daya tarik utama pantai yang satu ini ialah pasir pantai kecoklatan yang berpadu dengan biru dan jernihnya air laut.

Di sekitaran area, Anda akan menemukan beberapa gazebo berbentuk unik yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Di sekeliling pantai, Anda juga akan melihat rindangnya pepohonan yang semakin menyejukkan suasana. Tak heran, ada banyak wisatawan lokal maupun luar daerah yang mengunjungi Pantai Turki hanya untuk menikmati keindahannya.

Lokasi: Jl. Pantai Turki, Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut.

5. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap
Image Credit: Facebook.com @beritatravelindonesia

Wisata bahari di Kalimantan Selatan yang juga wajib dikunjungi ialah Pulau Samber Gelap. Di pulau tersebut, Anda akan melihat panorama pantai yang sangat eksotis. Pantai tersebut sangat terjaga keasriannya, hingga terkesan belum terjamah banyak manusia. Selain itu, Pulau Samber Gelap memiliki keindahan alam bawah laut yang begitu memukau.

Tak heran, banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia dan menyempatkan dirinya untuk mengunjungi Pulau Samber Gelap. Kegiatan menarik yang biasa dilakukan di tempat tersebut ialah diving atau snorkeling. Air laut yang jernih memberikan para pengunjung peluang, untuk melihat biota laut yang tinggal di sebalik terumbu karang.

Lokasi: Sarakaman, Kec. Pulau Sebuku, Kab. Kotabaru.

6. Pantai Angsana

Pantai Angsana
Image Credit: Twitter.com @ehindonesia

Kalimantan Selatan tak henti hentinya menawarkan keelokan di bidang pariwisata. Keeksotisan tersebut juga terasa begitu kental ketika mengunjungi Pantai Angsana. Meski tergolong tempat wisata yang baru dibukaa, pihak pengelola dan pemerintah setempat semakin mengembangkan potensi alam tersebut secara intens.

Melalui pengembangan potensi yang dilakukan pihak pengelola dan pemerintah daerah, Pantai Angsana mulai dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun luar daerah. Keindahan alam bawah lautnya dimanfaatkan untuk kegiatan snorkeling maupun diving. Perlu Anda ketahui, Pantai Angsana digadang gadang sebagai Bunakennya Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Lokasi: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu.

7. Pantai Batakan

Pantai Batakan
Image Credit: Instagram.com @aryahmadririyani

Pantai Batakan terletak di Kecamatan Panyipatan, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jika diukur dari arah Kota Banjarmasin, wisata bahari ini hanya berjarak sekitar 125 km saja. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Batakan, Anda akan dusuguhkan hamparan perbukitan dan persawahan hijau yang sanggup memanjakan mata.

Ketika memasuki kawasan pantai, pohon cemara yang tumbuh menjulang ke atas langit akan langsung menyambut kedatangan para pengunjung. Namun, keberadaan pohon Cemara ini tak hanya ada di sekitar jalan pintu masuk saja. Anda juga akan melihatnya di sepanjang Pantai Batakan. Bila pantai identik dengan pohon kelapa, disini Anda tidak akan menemukannya.

Meski tak ada pohon kelapa, Anda dapat melihat gugusan perbukitan dan pohon cemara rindang yang mengelilingi ruas pantai. Seketika hembusan udara sejuk pun menerpa Anda ketika duduk di bawah rindangnya pepohonan. Di tengah Pantai Batakan, terdapat sebuah pulau bernama Datu. Konon pulau tersebut memiliki sebuah makam Datu Pamulutan.

Lokasi: Batakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut.

8. Pantai Swarangan

Pantai Swarangan
Image Credit: Twitter.com @adi_irawan81

Pantai Swarangan terletak di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. Jarak dari kota Banjarmasin sekitar 135 km. Bagi Anda yang datang dari arah kota tersebut, bisamenempuh perjalanan selama kurang lebih 3 hingga jam. Teruntuk Anda yang ingin mengunjungi sebuah pantai yang tenang, Pantai Swarangan merupakan jawaban yang tepat.

Pantai Srawangan sendiri masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang ingin istirahat sejenak dari penatnya rutinitas harian. Kawasan Pantai Srawangan ditumbuhi banyak pohon bakau yang ditanam dengan tujuan mencegah abrasi. Selain keberadaan hutan bakau, Anda juga akan melihat hamparan laut lepas sejauh mata memandang.

Lokasi: Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut.

9. Pantai Asmara

Pantai Asmara
Image Credit: Google Maps (Nolianto Ananda)

Pantai Asmara atau yang dikenal dengan Asam Asam Muara, merupakan wisata bahari yang juga wajib dikunjungi. Salah satu daya tarik pantai yang satu ini, adalah kondisinya yang masih sangat asri. Ombaknya pun cukup tenang, sehingga sangat aman bagi Anda yang ingin berenang di sekitar pantai. Ketika musim liburan tiba, pantai ini akan dipenuhi banyak wisatawan lokal maupun luar kota.

Lokasi: Muara Asam Asam, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

10. Pantai Sungai Cuka

Pantai Sungai Cuka
Image Credit: Twitter.com @kalimantaners

Sama seperti pantai lainnya di Kalimantan Selatan, Pantai Sungai Cuka juga memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Di pantai tersebut, Anda akan melihat begitu banyak tanaman kelapa yang seolah menghiasi area bibir pantai. Di sebelahnya terdapat perkampungan nelayan, sehingga Anda bisa melihat rutinitas nelayan yang biasa menangkap ikan.

Di Pantai Sungai Cuka, Anda bisa menjumpai hamparan pepohonan yang menjulang tinggi di sekitar bibir pantai. Hal yang menjadikan pantai ini begitu menarik ialah, keberadaan terumbu karang yang akan nampak ketika air laut surut. Jika terumbu karang hanya bisa dinikmati dengan cara menyelam, di pantai ini Anda bisa menyaksikan sendiri tanpa harus menyelam.

Lokasi: Sungai Cuka, Kec. Satui, Kab. Tanah Bumbu.

Wisata bahari yang ada di Kalimantan Selatan mampu mengundang decak kagum bagi orang yang mengunjunginya. Beberapa wisata pantainya bahkan sudah tersohor hingga ke berbagai negara. Selagi menginjakkan kaki di tanah Kalimantan Selatan, cobalah untuk mengunjungi salah satu pantai dalam ulasan tersebut dan rasakan sendiri keeksotisannya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending