Pulau Kerayaan, Pulau Eksotis dengan Pemandangan Cantik di Kotabaru

Pulau Kerayaan, Pulau Eksotis dengan Pemandangan Cantik di Kotabaru
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Kerayaan, Kec. Pulaulaut Kepulauan, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Kerayaan adalah wisata pulau di Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan keindahannya yang masih tersembunyi. Nama pulau ini masih asing di telinga para wisatawan karena belum lama dikembangkan. Pihak yang mengelola pulau berpasir putih ini adalah warga setempat.

Luas pulau yang hanya sekitar 300 meter persegi ini memiliki pemandangan alam yang masih terjaga. Dikelilingi oleh air laut yang bersih dan jernih, terumbu karang nan cantik, serta pasir putih yang lembut. Pada lokasi pulau terdapat pohon kelapa dan aneka tanaman pantai lainnya. Yang menambah suasana terlihat hijau segar.

Saat angin bertiup kencang seolah pohon-pohon ikut melambai terkena terpaan angin. Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai area untuk berteduh. Terutama saat cuaca matahari sedang terik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kerayaan

Daya Tarik Pulau Kerayaan
Image Credit : Facebook Noer Dhohir

1. Pemandangan Cantik Pulau Kerayaan

Pulau cantik ini memang belum begitu tersohor di kalangan wisatawan. Padahal, pulau yang tergolong baru ini memiliki pemandangan alam yang memukau. Setiap wisatawan yang berkunjung pasti akan merasakan hal yang sama.

Jika senja hari, pemandangan di Pulau Kerayaan nan cantik ini semakin memanjakan mata. Mengapa demikian? Ya, karena adanya momen matahari terbenam. Cahayanya seolah menyibak seluruh langit di pulau ini. Membuat wisatawan tak sabar untuk mengabadikannya.

Hamparan pasir putih yang bertekstur lembut dipadukan dengan warna air laut yang kebiruan menjadi gradasi warna yang cantik. Bahkan tak jarang pengunjung juga bisa menemukan jenis biota laut di pinggir pulau.

2. Suasana yang Masih Asri

Kondisi Pulau Kerayaan yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan menjadikan suasananya masih begitu alami. Tidak ditemukan sampah bekas makanan/ minuman yang berserakan. Air laut yang mengelilingi pulau masih jernih sehingga cocok dijadikan sebagai lokasi diving.

Rata-rata pengunjung yang memilih berkunjung ke pulau nan cantik ini adalah para traveller. Hobi berpetualang termasuk menjelajah pulau yang tak berpenghuni. Merasakan suasana alam berupa pulau yang masih asri. Menghirup udara segar tanpa polusi. Rasanya cukup membuat hati terasa bahagia.

Di lokasi pulau juga banyak ditemukan pohon kelapa yang nyiur melambai. Oleh karena itu, jika traveller ingin menikmati buahnya maka bisa memanjat pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi.

3. Memiliki Terumbu Karang yang Terjaga

Kondisi pulau yang sepi dan masih belum terjamah oleh banyak wisatawan menjadikan alam bawah lautnya juga terlihat cantik. Pengunjung bisa menyelam untuk membuktikan keberadaan alam bawah laut.

Bahkan di sepanjang garis pulau juga bisa ditemukan batuan karang yang tak kalah cantiknya. Di atasnya ada ikan-ikan hias yang cantik dan lucu. Seolah menggemaskan ingin membawa mereka pulang ke rumah untuk dimasukkan ke aquarium.

Daya Tarik Pulau Kerayaan Kotabaru
Image Credit : Facebook M Fahruddin Azmi

4. Tempat Transit Kapal Pencari Ikan

Keberadaan Pulau Kerayaan memang dekat dengan dermaga yang ukurannya tidak begitu besar. Sehingga pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal nelayan yang berlabuh ataupun berlayar di tengah lautan.

Dari kejauhan nampak kapal tersebut bagaikan kapal mainan karena terlihat kecil. Yang ada hanya tiang bendera ataupun cerobong asap dari kejauhan. Bahkan di waktu tertentu wisatawan bisa membeli ikan yang dijual oleh pedagang/ nelayan yang turun dari kapal.

5. Dikelilingi Pulau Pulau Kecil

Keberadaan pulau nan tersembunyi ini memang berada di tengah laut. Jauh dari pemukiman penduduk. Namun keeksotisannya yang terlihat tidak perlu diragukan lagi. Justru terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Jika wisatawan ingin menuju pulau lainnya dengan jarak yang tidak begitu jauh, maka bisa menyewa perahu. Tentu ada pihak pemandu yang siap mengantarkan Anda untuk berkeliling di wilayah Pulau. Biaya sewa juga tidak terlalu mahal.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Alamat Pulau Kerayaan
Image Credit : Facebook Syahdi

Pulau Kerayaan terletak di Kalimantan Selatan, Kabupaten Kotabaru, Kecamatan Pulau laut Kepulauan. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat dan dilanjutkan dengan naik kapal laut.

Wisatawan bisa menggunakan transportasi darat dari Kota Banjarbaru menuju Pagatan. Lama perjalanan sekitar 6 jam hingga sampai di dermaga. Selanjutnya wisatawan dapat naik kapal dari Dermaga Pangatan menuju lokasi pulau. Dengan waktu tempuh yang lumayan jauh kurang lebih 6 jam perjalanan laut.

Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk sekali jalan sekitar 12 jam perjalanan. Oleh sebab itu, biasanya wisatawan memilih camping di lokasi pulau walaupun hanya satu malam.

Biaya Wisata Menuju Pulau Kerayaan

Biaya Pulau Kerayaan
Image Credit : Facebook JBI SOUTH BORNEO

Perjalanan menuju Pulau Kerayaan sebagai pulau yang belum berpenghuni tentu membutuhkan biaya yang lumayan. Mulai dari persiapan bekal pribadi. Diantaranya makanan, obat-obatan, perlengkapan camping, sewa kapal dan masih banyak lainnya. Namun, hal itu sebanding dengan keindahan yang di dapatkan dari pulau cantik ini.

Untuk sewa kapal, wisatawan bisa membayar sekitar Rp 100.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk akumulasi dari transportasi naik kapal hingga sewa perahu kano/kelotok untuk menuju lokasi pulau.

Namun, setiap pribadi membutuhkan keperluan yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa ditentukan patokan yang tepat untuk biaya yang dibutuhkan berwisata ke pulau yang tersembunyi ini.

Aktivitas Seru di Pulau Kerayaan

Aktivitas Pulau Kerayaan
Image Credit : Twitter Fauzi Andri

1. Menyusuri Pulau

Berjalan menyusuri pulau yang masih jauh dari kepopuleran membuat jiwa terasa lebih tertantang. Terlebih jika dilakukan di malam hari. Tidak dipungkiri bisa jadi ada satwa liar yang berbahaya.

Namun, jika Anda melakukannya bersama rombongan camping justru membuat suasana berlibur semakin seru. Anda bisa menyaksikan hamparan bintang-bintang sambil melakukan bakar-bakar ikan atau jagung. Sebagai penghilang kejenuhan dan menghangatkan tubuh dari dinginnya udara malam.

2. Santai di Hamparan Pasir Putih

Santai di atas pasir sambil memandangi cantiknya Pulau Kerayaan membuat jiwa terasa lebih damai. Segala kepenatan akan terlupakan. Yang ada di dalam pikiran hanya momen liburan dengan pemandangan indah, jauh dari keramaian kota, suasana yang tenang.

Aktivitas santai ini bisa sekaligus dijadikan nuansa berjemur. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang double. Diantaranya momen liburan yang menenangkan serta mendapat sinar matahari untuk kesehatan.

3. Berenang/ Diving

Pulau nan elok ini menyimpan terumbu karang yang sangat cantik. Keberadaan terumbu karang tersebut masih alami. Tidak tercemar oleh lingkungan serta aktivitas manusia.

Hal ini dibuktikan dengan adanya ikan-ikan hias yang lucu berenang kesana kemari. Bahkan dari atas permukaan laut bisa disaksikan dengan kasat mata. Nah, jika Anda ingin lebih menikmati keindahan bawah laut maka bisa melakukan aktivitas diving atau menyelam. Tentunya dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

4. Mendirikan Tenda Camping

Biasanya di saat musim libur tiba, banyak dijumpai tenda-tenda camping di sepanjang Pulau Kerayaan. Baik dari wisatawan sekitar maupun dari luar daerah/ kota.

Para rombongan camping akan melakukan berbagai aktivitas hiburan agar nuansa liburan di pulau semakin mengesankan.

Aktivitas Pulau Kerayaan Kotabaru
Image Credit : Facebook Rochgiyanti Suparjo

5. Piknik

Jika piknik biasanya dilakukan di lokasi yang sedikit ramai, tetapi melakukan piknik di pulau yang sepi ini juga tak kalah menarik. Wisatawan bisa membawa perlengkapan pribadi serta bekal yang cukup untuk persediaan selama camping.

Kemudian menikmatinya bersama teman/ keluarga. Suasana tenang, momen romantis, hingga keseruan melakukan aktivitas –aktivitas menjadi hal yang tak terlupakan.

6. Berswafoto dengan Landscape yang Menawan

Berfoto selfie atau berswafoto bersama-sama rasanya sudah menjadi aktivitas wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Selain sebagai kenangan di waktu yang akan datang, aktivitas swafoto juga bisa menjadi penambah koleksi foto cantik di akun sosial media Anda.

7. Berburu Ikan

Di Pulau Kerayaan ini masih banyak ditemukan biota laut yang cantik. Banyak ikan-ikan hias yang berenang kesana. Selain ikan hias juga terdapat ikan yang bisa dikonsumsi oleh wisatawan.

Mencarinya tidak perlu susah-susah. Cukup menggunakan pancing, jaring, ataupun cara alami lainnya. Yang terpenting tidak membuat ekosistem pulau dan laut menjadi rusak ataupun kotor.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Kerayaan
Image Credit : Facebook Hyung Dan

1. Gazebo

Pulau Kerayaan dengan hamparan pasir yang putih dan lembut sangat tepat dijadikan tempat santai. Ditambah dengan adanya gazebo-gazebo. Membuat pengunjung merasa lebih nyaman menikmati suasana pulau.

2. Toilet

Toilet yang ada di pulau tersembunyi ini sering digunakan wisatawan yang berkunjung ataupun camping. Sehingga kondisinya masih cukup terawat baik.

3. Area Camping

Pengunjung yang berlibur di pulau menawan ini bisa memilih spot untuk mendirikan tenda camping. Bisa di dekat garis pantai ataupun di dalam pulau yang lokasinya dipenuhi tumbuhan hijau.

Fasilitas Pulau Kerayaan Kotabaru
Image Credit : Twitter saint popeye

4. Spot Foto yang Hits

Salah satu alasan wisatawan berkunjung ke pulau yang memiliki jarak tempuh lumayan jauh ini karena keindahan pulau. Banyak spot foto yang keren dan isntagramable sehingga membuat hati pengunjung merasa puas.

5. Jembatan Kayu

Di sisi pulau terdapat bangunan jembatan kayu yang bisa digunakan untuk berjalan santai, menikmati hamparan lautan luas tak berpenghuni. Selain itu, juga sering dijadikan incaran para wisatawan untuk berfoto selfi.

Itulah informasi singkat tentang Pulau Kerayaan di Kalimantan Selatan. Meskipun belum banyak dikenal oleh wisatawan, tetapi keindahan yang dimilikinya tidak membuat pengunjung menyesal mendatanginya. Oleh sebab itu, pulau nan cantik ini sangat recomended dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama rombongan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending