Pantai Sarang Tiung, Pesona Pantai Eksotis & Hutan Mangrove di Kotabaru

Pantai Sarang Tiung, Pesona Pantai Eksotis & Hutan Mangrove di Kotabaru
Harga Tiket: Rp 11.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sarang Tiung, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar yang terdapat di Indonesia. Sebagai pulau dengan ukuran paling besar, Kalimantan memang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang sangat layak untuk Anda kunjungi. Salah satu tempat wisata tersebut yaitu Pantai Sarang Tiung.

Pantai tersebut berada tepatnya di Kecamatan Pulau Laut Utara, Desa Gedambaan. Pantai ini oleh masyarakat sekitar seringkali disebut juga dengan nama Pantai Gedambaan. Pantai tersebut mempunyai pesona yang begitu memukau dan menyejukkan mata. Lokasi dari pantai yang begitu strategis ditambah lagi dengan daya tariknya yang luar biasa.

Hal itulah yang akhirnya membuat banyak pengunjung berdatangan ke tempat ini. Anda akan menyaksikan hamparan laut yang luas membentang, pegunungan cantik yang berdiri tegak di area sekitar pantai serta pesona dari hutan yang akan membuat siapa saja takjub dan terpesona. Anda yang tengah mencari tempat tenang, maka tempat ini sangat recommended.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sarang Tiung

Daya Tarik Sarang Tiung
Image Credit: Google Maps TANAHBUMBU INFO

1. Panorama Pantai

Panorama yang dimiliki Pantai Sarang Tiung sangatlah indah. Anda akan menemukan adanya hamparan pasir berwarna putih yang begitu halus dan lembut, serta air laut yang luas dengan warna biru jernih membentang.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan pemandangan gunung yang hijau di bagian sisi kiri dan kanan pantai. Tidak hanya itu saja, di sekitar area pantai terdapat hutan mangrove sebagai salah satu ciri khas dan daya tarik dari pantai ini.

2. Pesona Hutan Mangrove

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Pantai Gedambaan ini memiliki Hutan Mangrove yang begitu lebat. Hutan Mangrove itu sendiri merupakan hutan bakau yang tumbuh di area pantai dan hidupnya sangat dipengaruhi oleh pasang surut dari air laut. Di Pantai Gedambaan Anda menyaksikan Hutan Mangrove secara langsung.

Hutan yang ditumbuhi dengan pepohonan rimbun tersebut juga dijadikan sebagai habitat beberapa hewan yang tinggal di area Hutan Mangrove. Misalnya saja kepiting, ikan-ikan dan masih banyak lainnya.

3. Keindahan Terumbu Karang

Pantai Sarang Tiung menyuguhkan pemandangan lain dan daya tarik yang pastinya tidak bisa dilewatkan oleh Anda para pecinta alam, yaitu keindahan terumbu karang. Terdapat banyak terumbu karang hijau yang hidup dengan sangat subur disini. Terumbu karang ini ada di antara karang di sekitar area pantai.

Di tempat ini pulalah nantinya Anda bisa melakukan interaksi secara langsung dengan melihat keindahan dari terumbu karang yang ditumbuhi oleh alga hijau serta beberapa tumbuhan lainnya. Dengan masih terjaganya ekositem terumbu karang disini membuat pantai ini patut diacungi jempol. Karena sangat sulit ditemui pantai yang memiliki terumbu karang masih terjagam

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Alamat Sarang Tiung
Image Credit: Google Maps Chandra Mirtamiharja

Jika ingin datang ke Pantai Sarang Tiung, Anda bisa langsung meluncur ke Desa Gedambaan, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Lokasinya sendiri memang tidak berada jauh dari pusat kota Kotabaru. Anda sangat disarankan untuk berangkat dari kota tersebut, karena memang hanya dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja untuk sampai.

Dari Kotabaru tersebut Anda harus mengambil arah menuju ke Desa Gedambaan. Setelah Anda sampai di desa, maka tinggal mengikuti jalan hingga akhirnya menemukan tulisan Pantai Gedambaan yang cukup besar. Lokasinya terbilang cukup mudah untuk ditemukan. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin maju.

Harga Tiket Masuk Pantai Sarang Tiung

Harga Pantai Sarang Tiung
Image Credit: Google Maps Erwin K Edison Koeswanto

Meski memiliki keindahan alam yang menakjubkan, namun pantai ini ternyata memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Anda hanya cukup membayar uang sebesar Rp 11.000 saja untuk dewasa dan anak-anak. Sedangkan untuk balita biaya tiket hanya sebesar Rp 1.000.

Bagi yang ingin menikmati fasilitas berupa kursi pantai, Anda perlu menyewa. Begitu juga jika ingin menginap, maka tersedia penginapan dengan harga Rp 250.000 tiap malam.

Kawasan Pantai Gedambaan tersebut bisa Anda kunjungi kapanpun Anda mau, karena pantai ini dibuka pada saat pagi hingga malam hari. Namun untuk waktu yang terbaik ketika Anda berkunjung yaitu pada saat pagi dan sore hari. Untuk jam bukanya sendiri yaitu dimulai pada pukul 7 pagi.

Aktivitas Seru di Pantai Sarang Tiung

Aktivitas Pantai Sarang Tiung
Image Credit: Facebook Face of south borneo

1. Bersantai di Tepi Pantai

Terasa kurang jika ke pantai tanpa menikmati keindahan pantai dari pinggir pantai. Objek wisata ini merupakan salah satu spot wisata terbaik yang cocok untuk Anda saat ingin melepaskan penat.

Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Sarang Tiung untuk bersantai di sana. Selain itu, pihak pengelola telah menyediakan gazebo yang bisa Anda pakai untuk sekedar duduk bersantai bersama dengan keluarga Anda. Gazebo memiliki ukuran cukup besar, sehingga mampu memuat satu rombongan.

Jika disini Anda menginginkan suasana santai yang jauh lebih seru lagi, maka Anda dapat menyewa hammock. Anda nantinya dapat berbaring di hammock tersebut sambil lalu melihat panorama pantai yang begitu indah.

2. Berenang

Kegiatan lain yang tak kalah menarik untuk dilakukan di tempat ini yaitu berenang. Air laut di tempat ini memiliki warna biru dan terlihat sangat bersih serta jernih. Karena itulah, tidak heran jika banyak wisatawan yang melakukan aktivitas berenang di Pantai Gedambaan.

Tapi perlu diingat, sekalipun ombak disini cukup tenang, namun Anda harus tetap selalu berhati-hati dan jangan melepaskan pandangan dari buah hati Anda yang tengah bermain air di sana. Disarankan Anda untuk berenang maksimal pada jarak 100 m dari area bibir pantai. Hal tersebut dilakukan guna mencegah pengunjung nantinya terbawa arus air.

3. Bersantai di Taman

Salah satu hal yang menarik lagi dari Pantai Sarang Tiung yaitu di area bibir pantai telah disediakan taman oleh pihak pengelola. Taman tersebut dijadikan sebagai salah satu tempat istirahat setelah Anda lelah seharian beraktivitas. Tanaman yang ada di taman tersebut akan membuat Anda begitu rileks seketika.

Pengunjung nantinya dapat duduk di kursi yang telah tertata di sepanjang area bibir pantai. Dengan Anda menyaksikan keelokan panorama dari pantai taman tersebut, maka akan terasa sangat menyenangkan sekali. Birunya langit bertemu dengan pasir pantai yang begitu indah, tentunya membuat siapapun akan merasa terpesona.

Aktivitas di Pantai Sarang Tiung
Image Credit: Google Maps Kodirin 99

4. Bermain di Bibir Pantai

Pantai Sarang Tiung mempunyai pasir yang berwarna putih serta lembut, sehingga hal itu sangat cocok untuk Anda yang tengah membawa buah hati untuk mengajak mereka bermain di sana. Ajaklah buah hati Anda untuk bermain membuat istana pasir.

Pasirnya yang halus sangat aman bagi anak Anda untuk bermain. Anda juga bisa mengajak buah hati untuk berburu kerang yang nantinya bisa dijadikan sebagai hiasan. Pastinya kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan.

5. Berburu Foto

Aktivitas satu ini tidak boleh dilewatkan ketika Anda berada di Pantai Gedambaan yang terkenal begitu indah. Potensi alam Gedambaan yang begitu kaya dan melimpah membuat area pantai tersebut menjadi area favorit bagi para fotografer. Panorama pegunungan dikombinasikan dengan Hutan Mangrove menjadi spot instagramable.

Pihak pengelola telah memasang wahana ayunan dengan ukuran yang cukup besar di bibir Pantai Gedambaan. Tidak sedikit wisatawan yang menjadikan ayunan tersebut sebagai salah satu spot foto menarik. Sambil nantinya Anda berayun, Anda pun juga dapat berfoto menggunakan latar belakang berupa samudra luas di area belakangnya.

6. Menikmati Wisata Kuliner

Aktivitas lain yang juga sangat disarankan untuk Anda para pecinta kuliner selama berada di Pantai Sarang Tiung yaitu menikmati kuliner yang terkenal sangat lezat. Cukup banyak warung dan restoran yang berdiri di sekitar lokasi.

Sehingga Anda tak perlu khawatir jika akan kelaparan usai bermain di pantai. Warung-warung disini juga menjajakan beragam makanan khas asli Kotabaru.

Rasanya yang begitu lezat serta harganya yang terbilang sangat terjangkau pasti akan membuat Anda merasa ketagihan. Karena itulah, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi berbagai macam makanan khas yang ada di lokasi wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Sarang Tiung
Image Credit: Google Maps Abdul Rahmat

Pantai Sarang Tiung telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini. Seperti contohnya terdapat area parkir yang cukup luas dan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika meninggalkan kendaraan pribadi Anda di tempat parkir tersebut.

Di sana Anda juga tidak akan kesusahan mencari toilet. Tersedia toilet khusus bagi pengunjung pria dan pengunjung wanita. Untuk yang ingin beristirahat, pihak pengelola tempat wisata juga menyediakan saung di area pantai untuk Anda yang ingin bersantai dan melepas penat.

Mengunjungi Pantai Gedambaan, maka Anda tidak perlu capek-capek membawa bekal dari rumah. Karena di tempat wisata tersebut Anda bisa menikmati beragam menu kuliner lezat di warung dan rumah makan di area pantai.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Sarang Tiung yang perlu untuk Anda ketahui. Pantai yang berada di Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan ini memang sangat recommended untuk dikunjungi. Terlebih ketika menjelang hari libur tiba, maka Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending