Pantai Ketapang, Destinasi Pantai Favorit di Lombok Timur

Pantai Ketapang, Destinasi Pantai Favorit di Lombok Timur
Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Ketapang, Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Ketapang atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Tanjung Menangis ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai cantik di Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna hitam yang terasa sangat halus ketika Anda menginjakkan kaki di pasir ini.

Memiliki garis pantai yang bisa dikatakan cukup panjang membuat pengunjung dapat menikmati luasnya pantai yang terlihat begitu menawan. Air laut di pantai ini juga sangat jernih dengan ditumbuhi berbagai macam terumbu karang cantik.

Pantai di Lombok satu ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif liburan bersama keluarga. Karena pantai ini memiliki ombak yang tenang, Anda dapat mengajak anak-anak untuk ikut berenang di perairan. Selain itu, kawasan wisata ini memiliki bangunan semacam trotoar yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan berpiknik bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ketapang

Daya Tarik Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram DJuhandi

1. Keindahan Hamparan Pasir Hitam

Pantai yang dikenal dengan hamparan pasirnya yang berwarna hitam ini benar-benar bisa memikat pengunjung yang sedang berlibur ke Pantai Ketapang. Walaupun warnanya hitam, namun pasir ini memuliki tekstur halus yang sangat lembut ketika bersentuhan dengan telapak kaki.

2. Lokasi Pengobatan

Banyak pengunjung yang mempercayai bahwa pantai ini memiliki air laut yang dapat digunakan sebagai media pengobatan. Dipercaya air laut yang ada di kawasan wisata ini memiliki kandungan zat ion tinggi yang bisa mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang konon bisa disembuhkan dengan air ini yakni asam urat, stroke, rematik, pegal linu dan sebagainya.

3. Dikelilingi Banyak Gunung dan Perbukitan

Kawasan wisata pantai ini memiliki pemandangan yang begitu indah dengan dikelilingi beberapa gunung dan juga perbukitan yang bisa menambah suasana sejuk di tempat ini. Beberapa gunung dan perbukitan yang mengelilingi pantai ini yaitu Bukit Kayangan, Gunung Mantar, dan Gunung Rinjani. Hal ini dapat memberikan panorama keindahan alam tersendiri di pantai ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram My Journey

4. Jembatan Tengah Pantai

Pantai ini juga memiliki fasilitas jembatan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Anda dapat merasakan segarnya angin pantai sambil menikmati segala keindahan alam yang tersuguh di atas jembatan. Jembatan ini juga merupakan tempat yang dijadikan sebagai spot untuk memancing ikan.

5. Ombak Tenang dan Garis Pantai yang Panjang

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa Pantai Ketapang memiliki garis pantai yang panjang. Hal ini pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang senang berjalan jalan di pantai sambil menikmati keindahan alamnya. Pemandangan laut tenang dengan hamparan pasir hitam dapat Anda nikmati di kawasan pantai ini.

Selain itu, air laut yang ada di pantai ini juga sangat jernih. Anda bisa dengan bebas bermain air atau berenang-renang di tepian pantai. Ditambah lagi dengan ombak lautnya yang terbilang tenang, sehingga cukup aman apabila Anda ingin bermain air.

6. Air Laut yang Bersih dan Jernih

Air laut yang ada di kawasan wisata ini tergolong cukup bersih dengan warna biru kehijauan. Sehingga Anda dapat melihat ikan-ikan kecil dan berbagai tumbuhan yang hidup di bawahnya. Warnanya yang jernih ditambah suara deburan ombak mampu menjernihkan pikiran saat Anda sedang berkunjung ke pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ketapang
Image Credit: Facebook Mizan Anwar

Objek wisata Pantai Ketapang ini terletak di Dusun Ketapang, Pringgabaya, Lombok Timur. Untuk rute menuju pantai ini, Anda bisa melewati Mataram. Dari Mataram, jarak tempuh yang akan Anda lalui sekitar saju jam setengah atau kurang lebih sejauh 71 km.

Jalan menuju kawasan wisata pantai ini juga terbilang relatif mudah dilalui. Akses jalan yang dimiliki pun sudah cukup baik, walaupun di 3 km terakhir menuju lokasi ini memiliki jalan yang sedikit kurang lebar, tak seperti jalan raya umumnya. Namun hal ini tidak menjadi masalah besar, apalagi Anda bisa menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai satu ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang akan memanjakan mata Anda. Di sisi sisi jalan menuju kawasan pantai ini terdapat persawahan yang terlihat begitu asri. Selain persawahan, Anda juga akan melalui suatu perkebunan kelapa yang bisa semakin menyejukkan hati dan pikiran.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram M dikitaufik

Pantai Ketapang belum memiliki pengelola khusus yang resmi mengelola kawasan wisata ini, baik masyarakat sekitar maupun daerah. Karena hal inilah belum diberlakukan biaya atau tiket untuk memasuki kawasan ini. Hal ini mengartikan bahwa Anda bisa masuk pantai ini secara gratis.

Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan, Anda akan dikenai biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua dikenai biaya Rp 2000,- dan untuk kendaraan roda empat Rp 5000,-.

Objek wisata pantai ini dapat diakses kapan saja, karena tidak terdapat jam operasional khusus di tempat ini. Namun jika Anda ingin mengunjungi kawasan wisata ini, waktu terbaik yang disarankan ialah di pagi hari ketika matahari mulai muncul.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ketapang

Kegiatan Seru Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram BATUYANG FUTSAL

1. Memancing Seru di Jembatan Pantai

Pantai Ketapang bisa menjadi lokasi yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat memancing. Terdapat berbagai macam ikan yang bisa Anda peroleh saat memancing di kawasan pantai ini. Tidak heran, saat hari libur cukup ramai pengunjung yang datang untuk memancing.

Selain bisa memancing di jembatan, Anda juga bisa memancing di dermaga yang sudah dibangun. Tempat di sekitar kawasan wisata pantai ini juga sangat rindang dan menciptakan suasana tenang. Suasana ini dapat membuat ikan-ikan dengan mudah memakan umpan pancing Anda.

2. Upacara Rebo Buntung

Kegiatan menarik selanjutnya ialah mengikuti Upacara Rebo Buntung. Upacara ini diselenggarakan setiap satu tahun sekali, yakni pada minggu ketiga di Bulan Safar. Upacara ini dilaksanakan untuk menyambut Maulid Nabi yang juga bertujuan untuk menyucikan diri di perairan. Semua kalangan usia dapat mengikuti upacara turun temurun ini, mulai anak-anak sampai orang tua.

3. Menyaksikan Keindahan Matahari Pagi

Kawasan pantai ini sangat cocok dijadikan spot untuk menyaksikan matahari terbit. Kesegaran udara pagi di kawasan wisata pantai ini juga semakin menambah suasana sejuk yang begitu menentramkan hati. Semburat warna oranye yang memantul di perairan pantai dapat membuat siapapun terpesona ketika melihatnya.

Image Credit: Instagram Sa

4. Menikmati Keindahan Pantai Sambil Berolahraga

Dengan garis pantai panjang dan pasir yang cukup padat sangat mendukung tempat ini sebagai area untuk berolahraga. Anda dapat berolahraga jogging atau yoga sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan di Pantai Ketapang. Kegiatan ini pastinya akan memberikan pengalaman yang menarik bagi Anda.

Aktivitas olahraga ini bisa Anda lakukan di pagi hari, untuk mendapatkan kesegaran udara pagi yang masih asri. Juga untuk mendapatkan ketenangan, sebab menjelang sore hari kawasan wisata pantai ini sudah ramai oleh pengunjung.

5. Bersantai di Tepi Pantai

Memiliki suasana menenangkan pantai ini cocok dijadikan tempat bersantai sembari menikmati keindahan hamparan laut dengan ombak tenang dan hijaunya berbagai tumbuhan yang ada. Suasana yang diciptakan di pantai ini dapat merileksasikan pikiran dari segala hirup pikuk kegiatan Anda sehari-hari.

6. Hunting Foto

Kegiatan berfoto-foto ini tentunya tidak boleh sampai terlewatkan saat Anda sedang berlibur. Terlebih lagi bila Anda sedang berlibur di Pantai Ketapang, Anda tidak boleh melewatkan momen mengabadikan kenangan dengan keindahan alam di pantai ini yang begitu menawan.

Terdapat banyak sekali spot foto menarik yang ada di pantai ini. Misalnya saja jembatan yang berada di tengah pantai, juga perpaduan pasir hitam dan air laut yang sangat menarik dijadikan latar saat mengambil foto. Ketika datang di pagi hari, Anda juga tidak boleh ketinggalan momen memfoto sunrise dari matahari terbit yang terlihat begitu cantik.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Image Credit: Google Maps Iman Hidayat Ramsani

1. Villas Inn Pekosong

Penginapan terdekat yang pertama yaitu Villas Inn Pekosong. Penginapan ini terletak di Jalan Raya Pringgabaya dan hanya berjarak sekitar 5 km dari kawasan pantai atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit saja. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini diantaranya akses wifi, taman indah, antar jemput bandara, area parkir dan juga sarapan.

2. Samawa Seaside Cottages

Hotel yang memiliki kamar begitu eksotis ini bisa menjadi daftar pilihan penginapan saat Anda sedang berlibur di Pantai Ketapang. Hotel ini menyediakan pelayanan pribadi yang sangat ramah hingga merasa berada di rumah sendiri. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti wifi dan sarapan gratis, restoran, coffee shop, area parkir luas, dan lain-lain.

3. Beranda Hostel

Tempat ini bisa menjadi alternatif penginapan murah saat Anda sedang berlibur di pantai cantik Lombok Timur ini. Penginapan ini memiliki kamar yang unik dengan dinding terbuat dari kayu. Di sini terdapat pula kolam air yang dikelilingi gazebo gazebo cantik dengan beratapkan jerami. Selain itu, penginapan ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang membawa anak kecil.

Fasilitas yang Tesedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram dimas yayang

Fasilitas yang terdapat di kawasan Pantai Ketapang meliputi warung-warung makan, mushola, toilet, tempat bilas, dan beberapa tempat duduk. Dengan hadirnya beberapa fasilitas tersebut diharap dapat menunjang kebutuhan juga memberikan kenyamanan serta rasa aman bagi setiap pengunjung yang berwisata ke pantai ini.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat fasilitas jembatan yang bisa dijadikan sebagai area memancing bagi Anda yang ingin memancing di pantai ini. Terdapat pula area semacam trotoar yang dapat digunakan untuk bersantai dan duduk duduk di dekat kawasan pantai sembari menikmati keindahan hemburan ombak dan sejuknya angin laut yang ada.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi berupa mobil atau motor juga tidak perlu khawatir dan bingung memarkirkannya dimana. Sebab, di pantai ini sudah disediakan area untuk memarkir kendaraan yang cukup luas. Sehingga Anda bisa menikmati berbagai kegiatan dengan perasaan yang tenang tanpa menghawatirkan keamanan kendaraan.

Nah, itulah tadi daya tarik, rute, kegiatan menarik, penginapan terdekat, dan fasilitas yang terdapat di Pantai Ketapang, Lombok Timur. Sarana dan prasarana serta akses jalan menuju objek wisata ini terbilang sudah cukup memadai sehingga pengunjung dapat berlibur dan menikmati keindahan pantai yang tersuguh dengan lebih menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending