Pantai Senggigi Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Senggigi Lombok

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata bahari yang populer di pulau eksotis Lombok. Pesona pantai yang luar biasa mampu membuat pengunjung merasakan keseruan berlibur di pantai.

Lokasi: Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat.
Map: Cek Lokasi

Keindahan perairan daerah timur Indonesia tidak akan pernah kalah dari daerah lain. Hal tersebut terbukti dengan wisata pantai Senggigi yang bisa ditemukan di pulau Lombok. Pulau wisata yang berada di Nusa Tenggara barat ini, seakan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Mengapa demikian? Apa yang membuatnya menarik?

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Senggigi

Daya Tarik Pantai Senggigi
Image Credit: Twitter.com @fraulein_ira

Apa yang membuat wisatawan beranggapan bahwa pulau ini terindah di pulau Lombok? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab saat Anda menginjakkan kaki di daerah wisata bahari tersebut. Kawasan utama wisata lombok ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1980, dan sejak tahun itu pula popularitasnya tidak pernah padam.

Hal tersebut dikarenakan, Senggigi memiliki deretan keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Pengunjung yang hadir akan disuguhi pemandangan gunung Agung dari Pulau Bali yang tampak di ufuk cakrawala. Datang pada saat matahari terik pun akan memberikan tampilan keindahan alam laut dan perairan yang memukau.

Lautan biru luas dengan latar belakang gunung Agung akan membuat waktu Anda terasa berhenti. Hembusan angin laut segar pun bersahutan dengan debur ombak tenang di bibir pantainya. Bahkan, hamparan pasir putihnya menjadi nilai plus untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan menikmati beragam fasilitas menarik nan asyik di sekitar.

Daya Tarik Pantai Senggigi Lombok
Image Credit: Instagram.com @egabee

Keindahan tampilan alam pulau Lombok dan Bali akan semakin memukau di kala senja. Pada waktu inilah banyak sekali warga yang rela menanti untuk menyaksikan senja temaram sunset. Begitu matahari mulai menyembunyikan diri di ufuk barat, keindahan pantai seakan berbaur dengan gemerlap sinar lampu hotel dan bangunan dari pulau tetangga.

Tidak hanya itu saja, pantai yang dinamai dari seorang putri legenda rakyat Lombok ini punya keindahan dunia bawah laut tak tergantikan. Hamparan karang dan biota alamnya menjadi magnet bagi mereka penghobi snorkeling dan diving. Didukung dengan tampilan laut yang sangat jernih, pantas saja jika lokasi ini sangat ramai pengunjung.

Pesona alam dari pantai ini seakan tidak terbatas. Mengingat lokasinya yang berada di kawasan teluk, tidak heran jika terdapat deretan pantai sekitar yang tidak kalah indah. Seperti pantai Batu Bolong, Batu Layar, dan masih banyak lainnya. Anda pun bisa menikmati keindahan alam bumi timur Indonesia ini dengan bebas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Senggigi

Aktivitas di Pantai Senggigi
Image Credit: Instagram.com @demenjalan_

Selain terbius dengan keindahan alam dan sunset yang tak terlupakan, masih banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan. Yang jelas, salah satu hal tersebut adalah mengabadikan momen dengan jepretan foto memukau. Anda bisa membidik keindahan alamnya, sunset, atau aktivitas seru di sekitar pantai.

Salah satu aktivitas yang paling banyak dicari adalah snorkeling. Saat Anda ke pantai ini, jangan sampai melewatkan aktivitas seru dan menantang ini. Banyak kios dan tempat persewaan peralatan menyelam atau snorkeling yang cukup murah meriah. Setelah itu, Anda hanya perlu berenang tidak jauh dari tepi untuk menyaksikan kerajaan bawah laut.

Hanya dengan berenang atau menaiki perahu menuju spot snorkeling, dalam waktu sekejap Anda bisa menemukan beragam biota laut. Anda dapat berenang bersama ikan laut penuh warna hingga menyaksikan bentangan terumbu karang yang tampak dengan jelas. Air pantai Senggigi termasuk jernih dan tenang. Sehingga Anda tidak perlu takut terseret ombak.

Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, maka Anda juga harus coba surfing. Surfing atau selancar memang kerap dikaitkan dengan ombak besar menakutkan. Namun beda lagi dengan Senggigi. Kegiatan menantang ini justru ditujukan bagi para pemula yang ingin menguji nyali menyusuri ombak landai yang cocok untuk peselancar baru.

Anda hanya perlu mendatangi grup atau kelas selancar yang kerap digalakkan di sekitar bibir pantai. Karena dikenal sebagai pantai dengan potensi untuk surfing pemula, maka banyak sekali instruktur selancar profesional di sini. Bersama dengan banyak orang lainnya, Anda bisa meminjam peralatan selancar dan bergabung dalam kelas surfing.

Anda juga tidak perlu takut dengan kondisi alamnya. Lantaran pantai Senggigi dan daerah pantai sekitarnya memiliki ombak pantai yang tidak terlalu tinggi. Menurut para peselancar, ketinggiannya hanya berkisar setengah hingga satu meter saja. Karena itulah, ombak jinak tersebut dijadikan sarana untuk belajar berselancar.

Selain berselancar, Anda juga bisa menikmati aktivitas ekstrem berupa perahu kano. Banyak sekali jasa sewa yang bisa Anda temukan di sekitar pantai. Dengan gulungan ombak yang cukup tenang, Anda bisa menyusuri garis pantai sambil mengayuh kano santai. Dengan kano, Anda juga berkesempatan untuk menelusuri bagian terluar pantai Senggigi.

Bagi Anda yang membawa sanak keluarga dan anak, maka bisa menikmati pantai ini dengan main air. Saat Anda datang ke lokasi, pastinya tampilan pantai yang layaknya teluk ini akan menjadi bukti bahwa lautannya aman. Benar saja, formasi dari bibir pantai tersebut membuatnya memiliki ombak kecil dan arus air yang cukup tenang.

Anda bisa mengajak anak dan balita untuk menikmati segarnya air dengan berenang atau berendam di pinggiran pantai. Bermain dengan air dan pasir tentunya akan sangat menarik untuk si buah hati. Meski demikian, tetap perhatikan keamanan karena pihak pengelola telah memberikan batas wilayah yang aman untuk berenang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas di Pantai Senggigi
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Karena lokasi pantai Senggigi sudah sangat dikenal dan menjadi favorit wisatawan, jangan kaget dengan ketersediaan fasilitas di sekitar lokasi. Tidak hanya memadai, namun sarana dan prasarananya sangat lengkap. Mulai dari fasilitas hiburan dan permainan air, fasilitas umum, warung makanan, hingga penginapan, cafe, live music, atau diskotik pun ada.

Bagi Anda yang berminat untuk tinggal di sekitaran pantai. Sudah tersedia fasilitas akomodasi mulai dari level melati hingga hotel berbintang. Tidak hanya itu, harganya pun bervariasi. Mulai dari penginapan dengan budget backpacker, hingga hotel mewah dengan pusat hiburan kelas atas pun bisa Anda pilih.

Hotel berbintang tersebut umumnya memiliki deretan fasilitas yang tidak kalah menarik. Anggap saja seperti kolam renang, restoran, hingga spa, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut tentunya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan asing yang doyan main dan ingin menghabiskan waktu di pantai Senggigi.

Setelah berhasil menemukan lokasi untuk beristirahat santai dan menginap, Anda bisa dengan leluasa menikmati fasilitas permainan air lainnya. Di saat sinar matahari menyeruak dari ujung Timur, Anda bisa melihat banyak sekali warga lokal yang mulai aktif menjajakan fasilitas dan permainan di sekitar pantai.

Yang paling banyak dicari di saat pagi adalah angkutan publik yang siap membawa Anda bereksplorasi di daerah pantai. Fasilitas kendaraan itu berupa Bemo, Cidomo, dan jasa sewa mobil. Dengan harga yang relatif murah, Anda akan dibawa melihat hamparan biru dan bening air laut sambil menikmati hembusan angin segar dari perbukitan sekitar pantai.

Seusai puas berkeliling dengan kendaraan tradisional, Anda bisa kembali ke area pusat pantai untuk bersantai dan berpiknik. Garis pantai yang sangat panjang menjadi area beristirahat yang tidak ada habisnya. Pasir lautnya yang bersih dan lembut bisa Anda jadikan karpet alam untuk duduk bersantai bersama sanak keluarga.

Di beberapa titik pantai juga terdapat pepohonan rimbun, yang bisa dijadikan atap teduh untuk berpiknik. Namun jika Anda ingin situasi yang lebih kondusif dan asyik, beberapa vendor sekitar pantai juga menyewakan bean bag atau kursi warna warni yang cocok untuk duduk santai. Dilengkapi dengan meja dan payungnya, tidak heran jika wisatawan betah di Senggigi.

Berbicara tentang bersantai, tidak lengkap rasanya jika tak menyantap makanan. Lokasi ini sudah dipenuhi dengan fasilitas rumah makan dan warung yang melimpah. Produk kuliner yang disediakan pun beragam. Mulai dari makanan simpel seperti jagung bakar, ikan bakar, hingga olahan makanan khas daerah Lombok yang super enak.

Karena itulah, tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang sengaja datang untuk berwisata kuliner. Restoran dan warung yang bisa Anda temukan, umumnya menjajakan masakan tradisional seperti ayam Taliwang, Sate Bulayak, Plecing Kangkung dan masih banyak makanan khas nusantara atau asli lombok lainnya.

Untuk menarik wisatawan mancanegara pun, sarana warung dan restoran makan juga menawarkan cita rasa internasional. Makanan kelas atas dengan bahan seafood, hingga salad pun bisa Anda pilih. Tidak hanya itu, Anda yang suka hiburan malam pun bisa menikmati bar, pub, atau diskotek yang siap meramaikan malam.

Yang menarik dari bar dan hiburan malam tersebut adalah adanya pesta. Menurut warga dan pengelola, hampir di setiap malam Pantai ini akan mengadakan pesta. Yang mana diadakan di lokasi yang selalu berpindah. Pasalnya, penyelenggaraan dilakukan secara bergilir oleh bar, cafe, dan pub di sekitar pantai.

Rute & Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Senggigi

Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi
Image Credit: Facebook.com @iloveindonesiaku

Buat Anda yang tertarik untuk mengunjungi lokasi ini, siap siap saja dengan perjalanan yang tidak terlalu memakan waktu. Secara administratif, alamat dari pantai ini termasuk dalam kecamatan Batu Layar, tepatnya di Lombok Barat. Karena sudah cukup terkenal, maka rute dan perjalanan menuju pantai tidak akan terasa berat.

Rute yang bisa Anda ambil akan bermula dari kota Mataram. Dengan jarak sekitar 30 sampai 50 menit dari Bandara Mataram, Anda juga akan menemukan banyak angkutan umum yang siap berangkat ke pantai Senggigi. Menariknya, Anda hanya perlu membayar sekitar 3 ribuan per orang untuk perjalanan dari Sweta ke Ampenan.

Kemudian, dari Ampenan Anda harus berlanjut naik angkutan jurusan Senggigi dengan biaya hanya dua ribuan saja. Saat mencapai lokasi wisata, Anda harus berjalan menuju lokasi pantai yang hanya berjarak 3 menit. Di sepanjang perjalanan inilah Anda akan menemukan deretan penjual aneka buah tangan dan warung makanan, yang tidak ada salahnya untuk dihampiri.

Ternyata tidak hanya transportasinya yang murah meriah, tetapi harga tiket masuknya juga tidak buat kantong bolong. Saat mencapai lokasi, setiap pengunjung hanya akan ditarik biaya 15 ribuan saja. Kemudian, Anda bebas menghabiskan waktu di pantai hingga malam. Karena, pantai dan lokasi hiburan sekitar masih akan beroperasi selama 24 jam.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit warga dan wisatawan, tidak heran jika pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Selain untuk membuat para pengunjung betah, wisata bahari ini sendiri sudah cukup indah untuk dinikmati. Bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga dan kerabat, pantai Senggigi pasti tidak akan mengecewakan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending