Pantai Kuranji, Pantai Cantik dengan View Sunset Memukau di Lombok Barat

Pantai Kuranji, Pantai Cantik dengan View Sunset Memukau di Lombok Barat
Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kuranji, Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda pernah mendengar Pantai Kuranji? Pantai yang terletak di pulau Lombok ini merupakan salah satu destinasi yang harus Anda singgahi ketika bermain ke Lombok. Pemandangan pantai yang indah dan dikelilingi oleh gunung serta pepohonan sangatlah sayang untuk dilewatkan.

Apalagi jika Anda yang menyukai pemandangan sunset, pantai ini merupakan lokasi yang sangat tepat untuk menikmatinya. Tidak hanya itu, Pantai Kuranji juga menyediakan jembatan yang menuju lautan sehingga pengunjung bisa lebih leluasa dalam menikmati pemandangan pantai.

Bagi Anda yang menyukai suasana pantai yang alami dan menenangkan, maka pantai ini adalah pilihannya. Rerimbunan pepohonan lebat yang kehijauan akan menyegarkan pikiran setiap pikiran pengunjung. Untuk lebih mengenal jauh pantai ini, berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuranji

Daya Tarik Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Anggit Risara

1. Merupakan Tempat Bermain Layangan yang Seru

Wisatawan yang hobi bermain layangan akan sangat bahagia ketika berkunjung ke pantai tersebut. Pasalnya, pantai ini memiliki pasir pantai yang luas dengan angin yang tergolong sepoi-sepoi. Wisatawan yang ingin membawa anak-anak dan keluarga sangat direkomendasikan.

Meskipun tempat wisata ini cocok digunakan untuk bermain layangan, namun wisatawan sebaiknya membawa layangan dari rumah karena tidak ada yang menjual layangan disana. Bermain layangan termasuk salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kuranji Lombok terutama jika dilakukan bersama anak-anak.

2. Menikmati Keindahan dari Jembatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pantai ini menyediakan jembatan yang mengarah ke tengah laut. Selain digunakan sebagai lokasi memancing nelayan dan warga sekitar, jembatan ini juga dijadikan lokasi untuk menikmati pemandangan pantai. Anda bisa menikmati luasnya lautan yang dikelilingi oleh gunung dan peopohinan yang rimbun.

Daya Tarik Pantai
Image Credit: Google Maps Gogon –

3. Termasuk Tempat Wisata yang Masih Perawan

Deretan pepohonan yang menutupi kawasan Pantai Kuranji membuat lokasi pantai tampak tersembunyi. Pantai tersebut juga tidak banyak diketahui oleh wisatawan namun sangat worth it untuk dikunjungi karena seperti mengunjungi pantai pribadi.

Salah satunya adalah pantai yang didominasi dengan pepohonan hijau ini. Dibandingkan dengan pantai lain di Lombok yang sudah terkenal, pantai perawan ini cukup sepi pengunjung. Sehingga wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang nyaman dan tenang.

4. Panorama Alam yang Disuguhkan Begitu Memanjakan Mata

Jika wisatawan mencari tempat wisata di daerah Lombok Nusa Tenggara Barat yang masih perawan, Pantai Kuranji bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat yang dituju. Bagaimana tidak, suguhan panorama alamnya benar-benar memanjakan mata. Bentangan pasir pantai yang dimiliki cukup luas dengan warna yang unik, setengah hitam setengah putih.

Di pinggir pantai terdapat deretan pepohonan yang hijau dan asri. Warna air lautnya bergradasi yakni biru muda ke biru toska berpadu dengan warna pasir pantai yang unik. Ditambah lagi dengan bibir pantai yang bentuknya lurus dengan ombaknya yang cukup tenang sehingga wisatawan bisa menikmati panorama pantai yang nyaman.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps iyus blue

Secara geografis, pantai ini berbatasan dengan kota Mataram. Namun, jika dilihat dari administratifnya, Pantai Kuranji masuk dalam kawasan kabupaten Lombok Barat. Lebih tepatnya pantai ini masuk dalam kecamatan Labuapi.

Jarak pantai ini dengan pusat kota NTB hanya sekitar 3 km sampai dengan 4 km. Jika menggunakan kendaraan bermotor anda hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja. Wisatawan bisa menuju ke lokasi menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Meski pantai ini sudah cukup banyak dikunjungi, namun akses jalan ke lokasi terbilang cukup sempit. Jadi, sangat disarabkan untuk datang disaat lengang. Saat musim liburan tiba, jalanan menuju pantai cukup ramai sehingga menimbulkan kemacetan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuranji

Harga Tiket Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps bink wpz

Pantai Kuranji Lombok bisa dikunjungi oleh wisatawan selama 24 jam. Menariknya lagi, harga tiket masuknya tergolong terjangkau. Setiap wisatawan yang berkunjung dikenakan tiket masuk Rp 2.000 saja. Oleh karena itu, pantai ini termasuk destinasi yang tidak menguras dompet wisatawan.

Tiket masuk tersebut ditujukan untuk semua kalangan usia pengunjung yang datang. Bagi wisatawan yang ingin menghemat pengeluaran ketika berlibur, mengunjungi pantai yang berpasir unik dengan setengah berwarna hitam dan setengahnya lagi berwarna putih menjadi opsi yang tepat.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Kuranji

Aktivitas Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Mayang Wigayatri

1. Bermain Bola Pantai

Selain bermain layangan, wisatawan yang berlibur di pantai tersebut juga bisa melakukan kegiatan lainnya yaitu bermain bola pantai. Angin sepoi-sepoi sangat mendukung kegiatan olahraga ini karena begitu menyenangkan. Wisatawan yang ingin melakukan kegiatan ini disarankan datang ketika sore hari.

Permainan bola pantai sangatlah menyenangkan sehingga disana wisatawan bisa refreshing sekaligus berolahraga. Di samping itu, bermain bola di daratan tentu sudah menjadi hal biasa. Sehingga bermain bola pantai menjadi pengalaman seru dan menarik bagi wisatawan yang baru pertama kali bermain olahraga bola pantai.

2. Hunting Foto

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kuranji tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan sehingga setiap titik yang bagus dijadikan spot berfoto akan diabadikan di kamera maupun smartphone. Wisatawan bisa memilih spot terbaik yang ada disana seperti di bawah pepohonan hijau maupun di tepi pantai.

Karena suasananya yang tenang, banyak wisatawan yang menjadikan pantai tersebut sebagai lokasi untuk berfoto-foto seperti foto prewedding, foto katalog dan foto untuk diunggah di sosial media. Warna pasir pantai yang tergolong unik juga bisa menjadi latar belakang berfoto yang direkomendasikan.

3. Camping di Kawasan Pantai

Banyak wisatawan yang memilih untuk mendirikan tenda di kawasan Pantai Kuranji Lombok karena belum tersedia penginapan yang tersedia di sekitar lokasi. Kawasan tepi pantainya begitu luas, oleh karena itu wisatawan bisa memilih dimana mereka akan mendirikan tenda.

Karena tidak ada penyewaan tenda dan perlengkapan berkemah lainnya, wisatawan diharuskan untuk membawa tenda sendiri dari rumah beserta perlengkapan untuk berkemah yang lain. Wisatawan yang camping bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Aktivitas Pantai
Image Credit: Google Maps Muhammad Hikmatullah

4. Berenang di Area Tepi Pantai

Ombak pantai disana cukup tenang sehingga aman digunakan untuk wisatawan yang ingin berenang maupun mandi di area tepi pantai cantik ini. Air lautnya begitu jernih dengan warna gradasi biru muda dan toska sehingga wisatawan pasti akan tergiur untuk mencoba berenang disana.

Meski ombaknya tenang, wisatawan tetap harus berhati-hati agar tidak terlalu menjorok ke tengah laut saat berenang. Pantai Kuranji memang terasa nyaman digunakan untuk berenang atau mandi, namun wisatawan tetap harus memperhatikan untuk tetap berenang di area tepi pantai, tidak semakin ke tengah.

5. Menyaksikan Sunset

Banyak wisatawan yang penasaran dengan panorama sunset di kawasan pantai perawan ini. Sehingga berkemah atau camping menjadi aktivitas yang banyak dipilih agar bisa menikmati sunset dengan leluasa. Karena tidak ada batu karang atau tebing yang menghadap pantai, sehingga panorama sunset tidak akan terhalang apapun.

Hal tersebutlah yang menjadi keistimewaannya sehingga termasuk daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana pantai ketika sunset terasa begitu hangat dan romantis karena adanya biasa cahaya dari matahari saat terbenam di bagian ufuk barat.

Fasilitas yang Ditawarkan di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Mayang Wigayatri

Meski terbilang wisata yang cukup ramai dikunjungi, namun fasilitas yang ada di dalamnya belum begitu lengkap. Akan tetapi, fasilitas penunjang utama seperti fasilitas lahan parkir yang luas sudah ada disana. Ada juga fasilitas umum seperti gazebo berjumlah lima buah yang tesedia di tepi pantai untuk wisatawan beristirahat.

Selain itu, terdapat pula fasilitas WC dan kamar mandi. Untuk fasilitas seperti tenda dan perlengkapan berkemah memang tidak tersedia di Pantai Kuranji Lombok sehingga wisatawan bisa membawa sendiri dari rumah. Untuk warung makan sudah tersedia disana. Makanan yang dijual mayoritas merupakan beragam olahan ikan hasil laut.

Menu makanan cukup beragam mulai dari ikan bakar, aneka seafood dan berbagai cemilan lain yang enak. Wisatawan bisa mencoba beragam jenis makanan disana sambil menikmati keindahan panorama pantai.

Berwisata ke Pantai Kuranji Lombok tidak akan membuat kecewa. Meski masih minim fasilitas, namun banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana. Pemandangan yang disuguhkan pun berbeda dengan pantai-pantai biasanya. Jadi, ketika musim liburan tiba dan ingin pergi ke Lombok, Anda wajib singgah ke pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending