Pantai Telawas, Pantai Berbatu Karang yang Eksotis di Lombok Tengah

Pantai Telawas, Pantai Berbatu Karang yang Eksotis di Lombok Tengah
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-16.30 WITA, Alamat: Mekar Sari, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat memang dianugerahi keindahan alam yang mampu membuat siapa saja merasa takjub. Banyak objek wisata yang membuat orang merasa selalu ingin berkunjung ke pulau eksotis ini, salah satunya Pantai Telawas di Lombok Tengah.

Pantai ini letaknya tersembunyi di jajaran pantai. Sekalipun pantai yang satu ini berada dekat dengan lokasi Pantai Selong Belanak, pantai tersebut nyatanya belum banyak diketahui oleh wisatawan. Karena itulah pengunjung yang datang ke tempat tersebut masih tergolong sedikit.

Bagi Anda yang sangat menggemari lokasi wisata yang hening dan tidak terlalu banyak orang yang berkunjung serta menyajikan pemandangan yang sangat indah, maka bisa menjadikan Pantai Telawas ini sebagai tujuan wisata. Berikut ini akan diulas lebih lengkap mengenai daya tarik, fasilitas, hotel terdekat dan lain sebagainya terkait pantai tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Telawas

Daya Tarik Pantai Telawas
Image Credit: Instagram Jelajah Nusantara

1. Pantai yang Eksotis

Pantai ini menyajikan pemandangan sebuah pantai yang eksotik. Dimana didominasi oleh batuan karang dengan ukuran dan bentuk beraneka ragam. Pemandangan yang dimiliki sangatlah indah. Anda bisa mendapati bukit-bukit karang yang tak beraturan, namun terlihat begitu estetik diselimuti oleh rimbun hijau tumbuhan.

Jika tempat wisata lain yang ada di Lombok cenderung menghadirkan panorama yang datar dan polos, maka tidak demikian dengan pantai ini. Landscape yang dimiliki oleh pantai tersebut sangatlah kaya dan memang tidak biasa dijumpai. Komposisi karang yang sangat unik semakin membuat pemandangan di pantai tersebut tampak elok.

2. Hamparan Pasir Putih yang Indah

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh pantai ini yaitu terdapat pemandangan pasir putih yang sangat indah. Hamparan pasir putih tersebut cukuplah landai, sehingga bisa Anda gunakan untuk sekedar bersantai.

Pantai Telawas ini secara keseluruhan menyajikan pemandangan yang begitu maskulin. Sangat cocok untuk jadikan tempat berpetualang bagi Anda yang memang menginginkan wisata yang sedikit menantang. Ketika Anda ingin untuk menjelajahi kawasan pantai tersebut, maka sebaiknya berhati-hati karena bentuk karang cukup tajam.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Telawas
Image Credit: Instagram Carlo Tscholl

3. Memiliki Spot Foto Menarik

Tidak diragukan lagi, bahwa daya tarik yang membuat beberapa wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai tersebut yaitu memiliki banyak sekali spot foto menarik. Bagi Anda yang gemar dalam bidang fotografi, maka sangat cocok ketika datang ke tempat ini.

4. Three In One Tour

Para wisatawan yang hendak menuju ke Pantai Telawas umumnya memiliki sebutan three in one tour. Hal itu dikarenakan saat berkunjung ke pantai tersebut, maka akan terasa lengkap ketika mengunjungi pantai lain yang berada dekat dengannya.

Dua pantai terdekat tersebut antara lain yaitu pantai mawi serta pantai semeti. Saat mengunjungi ketiga pantai yang memang berbeda itu tentu akan memberikan banyak sekali kesan, sekalipun keduanya sama yaitu berupa pantai dan tebing karang yang berdiri kokoh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Telawas
Image Credit: Google Maps Agung Rinjani

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Pantai Telawas, maka berikut ini akan diulas mengenai rute dan lokasinya. Pantai ini sendiri berada di sebuah desa yang sama dengan pantai selong belanak yang merupakan salah satu dari pantai paling menarik di Lombok.

Jika Anda sedang berada di kota Mataram, maka perjalanan yang akan dibutuhkan untuk sampai ke lokasi pantai saat menggunakan kendaraan pribadi yaitu sekitar 1,5 jam lamanya. Untuk jaraknya sendiri kurang lebih 55 km.

Namun jika di sini Anda berangkat dari bandara, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat, yaitu sekitar 46 menit saja. Karena memang jarak dari bandara internasional Lombok ke Pantai Telawas tersebut hanya sekitar 27 km saja. Untuk rute sendiri dapat memakai rute menuju pantai selong belanak.

Anda yang berada di Mataram maka bisa terus melanjutkan perjalanan menuju bandara hingga akhirnya sampai di sebuah perempatan yang berada dekat dengan masjid Jami’ penujak. Berikutnya Anda tinggal berbelok ke arah selatan menuju jalan selong belanak.

Nantinya Anda tinggal mengikuti terus jalan itu hingga sejauh 17 km atau jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 28 menit. Anda tinggal berbelok menuju ke jalan mawun lalu selanjutnya menuju ke jalan Pantai Mawi.

Ketika Anda telah sampai di penghabisan jalan, maka nantinya akan diberikan pilihan untuk menuju ke tiga pantai antara lain yaitu Pantai Semeti, Pantai Mawi dan juga Pantai Telawas.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Telawas
Image Credit: Instagram laeluahle_

Tentunya ketika memutuskan untuk berwisata ke pantai, Anda perlu menyiapkan perbekalan yang cukup agar nantinya liburan Anda terasa nyaman. Untuk biaya masuk ke wisata Pantai Telawas ini harga tiket yang dibanderol sangatlah terjangkau.

Anda hanya cukup membayar uang Rp 5.000 saja untuk satu orang. Sekalipun tarif yang diberikan tersebut murah, namun jangan salah, karena setelah Anda masuki wilayah pantai Anda akan dibuat takjub oleh pemandangan alam yang disajikan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Telawas

Aktivitas di Pantai Telawas
Image Credit: Instagram IT’S TANO

1. Menjelajahi Batu Karang

Ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda telah sampai di Pantai Telawas. Salah satu kegiatan itu adalah menjelajahi batu karang. Pantai cantik ini sangatlah mirip sekali dengan yang ada di film Superman yaitu planet krypton. Anda akan melihat tebing yang sangat curam dengan latar belakang ombak besar bergulungan berwarna biru serta perbukitan hijau.

Bagi Anda para wisatawan yang sangat tidak menyukai tantangan, maka sebaiknya tidak perlu menjelajahi batuan karang tersebut. Karena memang untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru dan berkesan, maka di sini Anda perlu sedikit memiliki nyali dengan menjelajahi batu karang dan berdiri di atasnya.

Tentunya di sini Anda pun juga perlu untuk berhati-hati saat mencoba menaiki batu karang. Dan ketika kondisi air laut tengah pasang, maka sebaiknya di sini Anda perlu menghindari dan jangan berdiri dekat dengan area bibir pantai. Hal itu dilakukan agar Anda tetap aman dan menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Berburu Foto Menarik

Seperti yang telah diulas di atas, bahwasanya kawasan pantai ini menyajikan banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda abadikan. Pantai Telawas memiliki bukit-bukit karang dan panorama pantai yang sangatlah elok dipadu dengan deburan ombak yang cukup besar.

Selain itu juga area perbukitan hijau yang terdapat di sekitar tampak sangatlah indah. Hal tersebutlah yang membuat banyak sekali para pemburu foto datang untuk mengunjungi pantai ini agar bisa mendapatkan hasil gambar yang menarik.

Bahkan beberapa wisatawan memang hanya sengaja datang berkunjung untuk berfoto di area tebing karang tersebut. Oleh karena pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi, maka Anda akan dengan bebas mengambil foto di area mana pun, seperti contohnya di area tebing karang tanpa harus mengetahui terlebih dahulu.

Aktivitas Seru di Pantai Telawas
Image Credit: Instagram Liw_se

3. Bersantai di Tepi Pantai

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan apa-apa, baik itu berfoto ataupun menjelajahi area batu karang, maka Anda pun juga bisa sekedar bersantai. Seperti yang telah dijelaskan bahwasannya Pantai Telawas juga memiliki area pasir putih yang cukup landai.

Di area tersebutlah nantinya Anda dapat sekedar bersantai dan menikmati panorama alam yang indah. Agar memperoleh pemandangan yang lebih menakjubkan lagi, maka Anda bisa datang ketika menjelang senja.

Duduk santai di atas pasir putih bersama dengan pasangan, keluarga ataupun sahabat sambil lalu menyaksikan matahari terbenam merupakan hal yang sangatlah romantis. Tentunya pengalaman tersebut akan membuat Anda tidak bisa melupakan momen saat berada di kawasan pantai ini.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Telawas
Image Credit: Google Maps Faesal Ageng

1. OYO 1659

Penginapan pertama yang bisa Anda tuju saat berwisata di Pantai Telawas yaitu OYO 1659. Di penginapan tersebut terdapat banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapat. Fasilitas itu antara lain AC, restoran, resepsionis 24 jam, area parkir yang luas dan free wifi.

2. Mango Lodge

Penginapan berikutnya yang juga berada dekat pantai yaitu Mango lodge. Harga menginap di tempat ini cukup terjangkau. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Seperti contohnya kolam renang, bar, restoran, area parkir, Ac dan lain sebagainya.

3. Segara Anak Hotel

Segara Anak Hotel menyajikan tempat penginapan yang nyaman bagi Anda yang ingin bermalam. Penginapan ini juga berada dekat dengan lokasi pantai. Fasilitas yang bisa Anda dapat ketika bermalam di tempat tersebut yaitu AC, area parkir yang luas, keamanan 24 jam dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Image Credit: Google Maps Winda Harsanti

Pantai Telawas memang berada cukup tersembunyi. Memiliki kontur perbukitan karang dan juga jarak yang harus ditempuh pun lumayan jauh dari area perkampungan. Sehingga hal tersebut membuat pantai tersebut belum terlalu diberdayakan secara maksimal.

Fasilitas yang bisa Anda temukan di pantai tersebut memang belum cukup memadai. Anda hanya akan menemukan fasilitas berupa toilet umum. Sedangkan untuk fasilitas-fasilitas lain seperti contohnya gazebo, musholla dan lain sebagainya masih belum disediakan.

Namun sekalipun fasilitas yang dimiliki sangatlah terbatas, pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Telawas ini tentu tidak akan membuat Anda merasa kecewa saat memutuskan berkunjung ke sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending