Pantai Pink Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pink Lombok

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Pink di Lombok memiliki keunikan tersendiri, mulai jernihnya air laut dan pasir pantai yang berwarna pink dapat menyihir siapa saja yang mengunjunginya.

Lokasi: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur.
Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang pantai di Lombok, tentu tidak akan ada habisnya dengan keindahan alam yang ditawarkan. Sehingga wajar saja jika berbagai wisatawan datang ke daerah ini untuk menikmati panorama pantai yang menawan. Salah satu yang menjadi andalan bagi pengunjung adalah Pantai Pink. Lantas apa yang membuat pantai ini memesona?

Mengintip Keindahan Pantai Pink di Lombok

Keindahan Pantai Pink
Image Credit: Twitter.com @jaeminisbunny

Sebelum pantai ini dikenal dengan sebutan Pink, nama pantai ini adalah Tangsi. Arti Tangsi sendiri memiliki arti barak atau asrama. Sebab, nama tersebut konon berasal dari zaman penjajahan Jepang dahulu, dimana pantai ini dijadikan tempat untuk barak oleh tentara Jepang yang baru saja mendarat di Indonesia.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu, pantai ini berubah namanya menjadi Pantai Pink. Hal tersebut dikarenakan pantai ini berpasir warna merah muda dan berbeda dari pantai pada umumnya. Penamaan pantai ini diberikan mengingat lokasi ini sudah bukan menjadi tempat yang dijadikan asrama tentara Jepang.

Pada awalnya, pantai ini hanya dikunjungi oleh segelintir orang di sekitar Lombok Timur. Namun, sekitar tahun 2013 beberapa pemuda yang memiliki hobi menjelajah keindahan alam, mencoba mengangkat objek wisata ini agar lebih dikenal dan menyebut wisata bahari ini dengan sebutan Pantai Pink. Dengan memberikan nama baru diharapkan lebih menarik wisatawan.

Dari situlah awal mula pantai ini menjadi sangat populer di sosial media sekali pun. Bahkan, keindahan alam yang begitu memesona dapat menarik wisatawan asing untuk datang ke pantai cantik ini. Keunikan pasir pantai yang tidak bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia, juga membuat banyak sekali pengunjung rela datang dari daerah jauh hanya untuk menikmati pesona wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pink

Daya Tarik Pantai Pink
Image Credit: Facebook.com @ksr-iain-sejati

Ada beberapa alasan kenapa wisatawan memilih pantai ini sebagai destinasi wisata bahari favorit di Pulau Lombok. Padahal, di pulau ini sangat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi selain Pantai Pink. Sejumlah daya tarik yang memukau disuguhkan pantai ini sehingga membuat pengunjung lebih memilih berlibur ke wisata bahari ini.

Pada umumnya, pasir pantai memiliki warna putih atau hitam. Namun, di pantai Lombok ini memiliki daya tarik utama dengan warna pasir khasnya yaitu berwarna pink. Keindahan pasir yang memesona ini berasal dari pasir putih yang menyatu dengan butiran terumbu karang. Sehingga memberikan efek kemerahan setelah bercampur dengan air laut yang biru.

Alasan yang satu ini memang wajar di kalangan wisatawan. Karena pesona dari warna pasir berwarna kemerah merahan inilah yang menjadi daya tarik utama kenapa wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke destinasi bahari ini. Apalagi jika dilihat secara mendekat, keunikan pantai ini akan memanah siapa saja yang datang ke Pantai Pink.

Menariknya lagi, warna pink pada pasir pantai ini sangat bervariasi tergantung dengan cuaca dan jamnya. Jika pagi hari maka warna yang terlihat sekitar 20% sampai 30%, lalu siang hari kontras warnanya bertambah menjadi 50%. Sedangkan jika sore hari warnanya akan terlihat lebih jelas yaitu persentasenya mencapai 80% hingga 90%, sehingga akan sangat menawan jika dipandang.

Daya Tarik Pantai Pink Lombok
Image Credit: Google Maps (Jovanna David)

Selain pasir yang unik, Anda dapat menikmati keindahan air lautnya yang masih jernih. Terlebih jika menaiki sampan untuk mengelilingi laut, Anda akan dibuat terpukau dengan pesona bawah laut dari atas permukaan air laut. Karena kondisi air laut yang masih sangat asri, Anda dapat melihat keindahan bawah laut hanya dengan mata telanjang.

Tidak berhenti sampai di situ saja, keindahan Pantai Pink ini juga didukung dengan kontur alam yang memesona. Wajar jika banyak pengunjung yang menyebutkan bahwa pantai ini merupakan surga kecil tersembunyi di Pulau Lombok. Sebab, keindahan pantai eksotis ini cukup memukau mata bagi siapa saja yang datang mengunjunginya.

Hamparan bukit yang mengelilingi wisata bahari ini membuat kecantikannya kian bertambah sempurna. Ketika Anda menginjakkan kaki ke pantai, maka Anda akan disuguhkan pada bagian kiri pantai yang terdapat bukit dengan padang rumput luas. Selain itu, terdapat tebing menjulang tinggi di sisi lainnya yang memukau.

Kontur pantai yang terdiri dari pasir berwarna pink, laut berwarna biru jernih, ditambah dengan pemandangan alam di sekitar yang masih asri dan sejuk, menambah keindahan tersendiri di Pantai Pink. Kawasan pantai elok ini akan semakin indah jika dikunjungi ketika senja datang karena sunset dilangit birunya membuat panorama yang tidak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pink

Alamat Pantai Pink
Image Credit: Google Maps (Rustam Rijal)

Secara geografis, Pantai Pink berada di ujung selatan Pulau Lombok. Hal tersebut membuat Anda memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke lokasi dari pusat Kota Mataram jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jika dari bandara internasional Lombok waktunya lebih singkat, hanya sekitar 1,5 jam untuk menikmati keindahan wisata bahari tersebut.

Karena pantai ini dikenal dengan surga tersembunyi di Lombok, maka lokasinya pun membutuhkan perjuangan. Jalur untuk menuju wisata bahari ini berupa jalan yang masih tradisional karena belum diaspal. Rute Pantai Pink diibaratkan seolah membelah hutan lindung, sebab Anda harus melewati jalanan yang begitu terjal.

Namun saat melakukan perjalanan, Anda akan disuguhi dengan berbagai keindahan alam dengan udara yang sejuk. Pepohonan di sepanjang jalan dapat memanjakan mata Anda bahkan sebelum sampai ke wisata bahari yang dituju. Perlu diingat, untuk mencapai ke lokasi Anda harus ekstra hati hati saat mengendarai kendaraan bermotor untuk menghindari risiko bahaya.

Setelah melewati rute perjalanan yang lumayan panjang, Anda akan menemukan beberapa petunjuk arah untuk sampai ke lokasi Pantai Pink Lombok. Letaknya cukup tersembunyi, sebab Anda masih harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 200 meter dari jalan utama. Setelah itu, trek jalanannya sangat menurun dengan jalan tanah.

Selain bisa dilewati jalur darat, Anda juga bisa menempuh melalui jalur laut. Akses jalur laut menuju pantai terindah di Lombok ini bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Sebelumnya, Anda harus menempuh perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar sekitar 1,5 jam mengendarai kendaraan bermotor. Barulah Anda bisa menggunakan transportasi laut tersebut.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Pink

Aktivitas di Pantai Pink
Image Credit: Twitter.com @suarantbcom

Keindahan wisata bahari unggulan di Lombok sudah tidak bisa diragukan lagi. Daya tarik pesona alam pantai ini mampu membuat pengunjung merasa tenang, damai, dan terpukau sekaligus untuk terus berada di sini. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Pink sambil bersantai di pepohonan yang rindang.

Pengunjung dapat bersantai dengan angin yang semilir di sekitar pantai sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di wisata bahari tersebut. Salah satunya adalah dengan berfoto atau mengabadikan panorama alam sekitar jika Anda memiliki hobi fotografi.

Dengan keindahan tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai spot terbaik untuk berswafoto atau pun berfoto di berbagai sudut. Anda dapat memilih perbukitan yang mengelilingi pantai sebagai latar belakang foto. Bahkan perpaduan kontur pantai yang unik juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen di wisata bahari tersebut.

Selain itu, kealamian serta kebersihan dari air lautnya akan membuat Anda merasa lebih tenang karena pantai yang dikelilingi perbukitan begitu sejuk. Pengunjung dapat berenang lebih santai tanpa cemas karena airnya yang sangat bersih. Jadi, Anda dapat leluasa bermain air karena ombaknya yang tenang. Hal ini akan sangat cocok jika membawa keluarga untuk bermain di sekitar pantai.

Tidak berhenti sampai di situ saja, beragamnya biota laut yang ada di Pantai Pink juga bisa dinikmati dengan snorkeling atau menyelam. Anda akan disuguhkan dengan panorama yang sangat indah ketika menyelam di bawah air laut. Apalagi dengan kondisi airnya yang sangat jernih menjadikan pengunjung dapat melihat biota laut dengan sangat jelas.

Setelah puas menikmati sajian keindahan alam bawah laut, jangan lupa untuk mengisi energi kembali dengan mencicipi kuliner khas Lombok dengan mengunjungi restoran di sekitar kawasan pantai. Anda juga dapat memilih warung tenda yang ada di tepi pantai yang menyajikan berbagai hidangan menu olahan lautnya yang siap memanjakan lidah.

Jika Anda sudah lega menikmati aneka hidangan laut yang lezat, akan lebih baik untuk tidak tergesa gesa meninggalkan Pantai Pink ini. Sebab, ketika hari sudah menjelang senja, Anda dapat menyaksikan keindahan langit sore hari yang memukau. Langit sore yang berwarna senja ini menambah suasana di kawasan pantai semakin memesona.

Kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Pink adalah berburu oleh oleh khasnya. Terdapat beberapa kios yang tersedia di sekitar kawasan wisata bahari ini. Anda dapat memilih berbagai kerajinan tangan, camilan khas, hingga pakaian untuk dijadikan sebagai buah tangan. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau sehingga tidak menguras kantong.

Tips Mengunjungi Pantai Pink di Lombok

Tips Mengunjungi Pantai Pink
Image Credit: Twitter.com @bali_koala

Ketika mengunjungi wisata alam, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan dan dipertimbangkan. Mengingat Pantai Pink ini merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok yang tersembunyi, maka diperlukan persiapan khusus untuk melewati rute perjalanan yang terjal dan panjang.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan jika mengunjungi pantai ini dengan kendaraan bermotor adalah mengisi bahan bakar. Pastikan bahan bakar sudah terisi penuh karena lokasi pantai ini lumayan jauh. Akan sangat merepotkan jika Anda kehabisan bahan bakar selama di perjalanan karena lokasi pantai yang cukup pelosok.

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam bawah laut, maka tidak perlu membawa alat snorkeling. Pasalnya, di lokasi wisata alam tersebut sudah disediakan tempat persewaan peralatan untuk menyelam dan sebagainya. Jadi, barang bawaan Anda akan lebih ringan karena tidak usah menyiapkan peralatan tersebut.

Selain itu, apabila Anda memutuskan berlibur ke tempat ini, sebaiknya datang di pagi atau siang hari. Sebab, dua waktu tersebut merupakan waktu yang sempurna untuk menikmati keindahan alam Pantai Pink. Ada baiknya jika Anda berkunjung ke wisata bahari ini tidak terlalu petang atau kemalaman karena jalanannya kurang baik.

Itulah beberapa informasi mengenai keindahan alam Pantai Pink yang memesona. Pantai dengan segudang keindahan ini menjadi salah satu pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara. Pasalnya, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru dan menarik ketika berada di sini mulai dari snorkeling, berjemur, menyelam, hingga berburu buah tangan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending