Pantai Nambung, Pantai Unik Perpaduan Air Terjun Eksotis di Lombok Tengah

Pantai Nambung, Pantai Unik Perpaduan Air Terjun Eksotis di Lombok Tengah
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Montong Ajan, Kec. Praya Barat Daya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Lombok memang telah lama dikenal mempunyai sejuta pesona yang akan membuat mata wisatawan terpukau. Pemandangan yang Anda dapat dari wisata bahari di Lombok memang tak ada duanya. Salah satu pantai yang eksotis dan sangat direkomendasikan bagi Anda ketika ingin berwisata yaitu Pantai Nambung di Lombok Barat.

Pantai yang saat ini memang banyak sekali diperbincangkan oleh banyak orang karena merupakan salah satu tujuan wisata yang tengah marak dan populer. Wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, melainkan juga wisatawan asing. Berikut ini akan diulas lebih lengkap mengenai apa saja daya tarik yang ditawarkan oleh pantai ini, baik fasilitas, rute dan lain sebagainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nambung

Daya Tarik Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

1. Air Terjun di Laut

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Nambung adalah adanya air terjun di laut. Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar hal tersebut, tentunya akan merasa heran dan bertanya-tanya mengenai air terjun itu. Air terjun yang ada di laut ini tentunya akan berbeda dengan air terjun yang ada di daratan.

Air terjun yang ada di pantai tersebut terbentuk akibat adanya pecahan ombak, sehingga dengan begitu menghasilkan deburan air yang sangat deras serta menimpa bebatuan yang ada di sana. Ombak tersebut sangatlah tinggi sehingga mampu melewati bebatuan yang besar sekalipun.

Oleh karena itulah, air terjun tersebut terbentuk akibat ombak yang berhasil melalui sela-sela batu besar. Pesona yang ditawarkan sangatlah mengagumkan. Anda akan merasa seperti tengah berada di sebuah air terjun pada umumnya.

2. Memiliki Pasir yang Sangatlah Unik

Bagi Anda yang seringkali berkunjung ke Lombok dan berwisata di pantainya, maka tentu akan mengetahui bahwa tekstur pasir yang ada di Pantai Lombok memang unik jika dibanding dengan pantai lainnya. Begitu juga dengan pasir pantai cantik di Lombok ini.

Anda akan bisa melihat besar pasir yang ada di tempat ini seperti merica. Namun sekalipun begitu Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tidak akan terluka ketika bermain pasir di Pantai Nambung. Sehingga masih terbilang aman ketika anak-anak Anda ingin bermain di sekitaran pantai yang memiliki pasir berukuran besar.

3. Budidaya Rumput Laut

Lokasi wisata pantai ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi yang dijadikan tempat untuk membudidayakan rumput laut. Budidaya rumput laut yang terdapat di pantai tersebut jumlahnya sangatlah banyak.

Selain itu, juga cukup terawat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir pantai akan terlihat buruk atau kotor karena rumput laut yang ada di sana. Bahkan nantinya Anda bisa melihat keindahan dari rumput laut tersebut yang menyembul ke permukaan air.

4. Terdapat Area Berselancar

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Did Mild

Daya tarik lain yaitu di sekitar pantai Anda bisa menemukan area untuk berselancar. Pantai Nambung termasuk salah satu pantai yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Sebagian kawasan mempunyai ombak yang sangat besar, namun sebagian lagi ombaknya cukuplah tenang. Untuk ombak yang besar tersebut biasanya akan di manfaatkan oleh para wisatawan untuk berselancar.

5. Pemandangan Ombak yang Mengagumkan

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa ombak di pantai tersebut beberapa sangatlah besar. Sebagian sisi dari pantai memiliki angin yang cukup kencang sehingga membuat ombak-ombak tersebut bergulungan dan menghantam karang. Dengan melihat pemandangan itu, tentu akan membuat Anda merasa terkagum-kagum akan kedahsyatan ombak di pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps rustam rijal

Lokasi dari Pantai Nambung yaitu berada di jalan raya sekotong, Buwun Emas, Nusa tenggara Barat. Jika di sini Anda tengah berada di kota Mataram, maka nantinya waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke desa buwun emas yaitu kurang lebih 2 jam.

Dengan menggunakan rute tersebut, nantinya Anda juga bisa melihat panorama yang begitu menakjubkan, karena dalam rute itu akan melewati banyak sekali tempat-tempat wisata lain seperti contohnya Gili Nanggu, Gili Layar, Gili Sekotong dan lain sebagainya. Jika nantinya Anda telah menemukan pertigaan sekotong, maka Anda perlu mengarahkan kendaraan menuju ke Gili Nanggu.

Selanjutnya disini Anda dapat menuju ke teluk sapi yang berada di jarak kurang lebih 21 km dengan jalanan berupa aspal. Untuk Anda dapat masuk ke area terdalam pantai, maka nantinya Anda perlu melewati jalan yang tidak beraspal, yaitu sekitar 300 meter hingga 500 meter.

Perjalanan untuk menuju ke 0antai tersebut memang dirasa agak lama dan terkadang mempunyai jalur yang cukup merepotkan. Namun semua jerih payah Anda tersebut akan mulai dibayar habis ketika sampai di Pantai Nambung yang memang memiliki pesona alam begitu menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Nambung
Image Credit: Twitter Minul

Harga tiket untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Nambung ini memang dirasa cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 saja untuk 1 orang. Dengan uang sebesar itu Anda telah bisa menjelajahi keindahan alam yang ada di pantai tersebut.

Untuk jam bukanya sendiri, pantai ini dibuka pada pukul 8 pagi dan akan ditutup ketika pukul 4 sore. Mengenai harga tiket sendiri bisa berubah kapan saja tergantung dari kebijakan pengelola pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nambung

Aktivitas Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Syilvia Anggraini

1. Berenang

Banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda telah sampai di pantai. Salah satunya yaitu berenang. Seperti layaknya air terjun yang sering Anda temukan di wilayah daratan, di bawah air terjun pantai ini juga terdapat kolam. Anda bisa berenang di kolam tersebut atau sekedar bermain air. Namun, bagaimanapun Anda tetap perlu untuk berhati-hati.

2. Berburu Foto

Aktivitas berikutnya yang juga tak kalah seru yaitu berburu foto. Pantai Nambung memiliki pasir putih yang begitu indah dan unik. Selain itu juga terdapat ombak besar menghantam karang. Dengan pemandangan tersebut tentunya Anda bisa mengambil foto-foto yang bagus.

Selain itu, pantai indah di Lombok Barat ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan karang-karang yang berdiri kokoh. Menjadikan pemandangan tersebut sebagai background foto tentu merupakan ide yang sangatlah tepat.

3. Bersantai di Tepi Pantai

Anda juga bisa datang untuk sekedar bersantai. Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai Nambung ini terbentuk oleh bukit yang ada di sekelilingnya, air laut yang tampak jernih, pasir putih, rumput laut yang ada di pinggiran pantai, air terjun asin dan kolam alami.

Anda bisa sekadar berjalan santai untuk menikmati pemandangan yang begitu indah. Terlebih lagi jika Anda datang saat matahari mulai terbenam. Tentu pemandangan yang disuguhkan akan jauh lebih elok lagi.

4. Berselancar dan Menyelam

Aktivitas di Pantai Nambung
Image Credit: Instagram “ED D. ED”

Saat Anda bermain ke pantai, tentunya hal yang ingin dilakukan yaitu mencoba keseruan wisata air yang ada di tempat tersebut. Anda bisa menyelam ataupun berselancar. Bagi Anda yang tidak bisa berselancar, maka cukup dengan melakukan aktivitas menyelam saja sudah sangat memuaskan. Hal itu dikarenakan pantai tersebut memang memiliki panorama bawah laut yang begitu indah.

Anda bisa dengan leluasa melihat spesies ikan berwarna-warni yang hidup di bawah permukaan laut. Sedang bagi Anda yang memang pintar dalam berselancar, maka wajib untuk menjajal ombak besar yang ada di pantai Nambung.

5. Menikmati Kuliner Seafood

Terdapat banyak sekali warung-warung sederhana yang berjualan di sekitar pantai. Warung-warung itu menjajakan makanan laut, yaitu berupa ikan-ikan segar dengan bumbu-bumbu tradisional. Bagi Anda yang memang gemar sekali menyantap hidangan seafood, maka di pantai tersebut Anda bisa menikmati beragam hidangan khas.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Image Credit: Instagram Amber Lombok Beach Resort

1. Nambung

Penginapan ini berada sangat dekat dengan lokasi Pantai Nambung. Jarak dari villa tersebut ke pantai hanyalah sekitar 1,2 km saja. Fasilitas yang dimiliki oleh penginapan tersebut juga cukup lengkap.

2. Amber Lombok Beach Resort

Penginapan berikutnya berjarak kurang lebih 1,9 km dari kawasan pantai. Fasilitas yang disediakan oleh resort ini sudah sangat memadai. Anda akan mendapatkan fasilitas berupa kolam renang, wi-fi gratis, area parkir yang cukup luas dan masih banyak lagi lainnya.

3. Villa K Lombok

Untuk rekomendasi penginapan terdekat berikut yaitu Villa K Nambung. Hanya berjarak 1,5 km saja dari lokasi wisata pantai. Terdapat kolam renang sebagai fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berada di penginapan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Hamzan Wadi

Fasilitas yang telah tersedia di Pantai Nambung memang belum terlalu lengkap. Namun sekalipun begitu, pemandangan yang dimiliki oleh pantai akan membuat Anda merasa betah ketika berada di sana.

Fasilitas yang disediakan seperti contohnya area parkir. Dan seperti telah diulas di atas tempat itu juga menyediakan warung-warung makanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merasa kelaparan ketika berada di tempat tersebut.

Selain itu juga terdapat fasilitas bagi Anda yang sangat hobi untuk melakukan diving. Di sana juga telah disediakan perlengkapan untuk melakukan aktivitas tersebut. Sehingga nantinya Anda cukup menyewa saja.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Nambung di Lombok Barat. Bagi Anda yang kebetulan tengah berkunjung ke Lombok, maka tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu berwisata ke pantai tersebut. Karena dijamin nantinya Anda tidak akan merasa menyesal ketika telah sampai di sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending