10 Wisata Pantai di Lombok Tengah yang Cantik & Hits

10 Wisata Pantai di Lombok Tengah yang Cantik & Hits

Lombok dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai surga wisata karena memiliki banyak tempat wisata dengan sisi ketertarikannya masing-masing. Meskipun jumlah wisatawan yang mengunjungi Lombok tidak sebanyak Bali, namun tetap saja Lombok tidak pernah sepi pengunjung.

Hal yang membedakan hanyalah segi akomodasinya saja yang kurang terjangkau dibandingkan Bali. Namun, dari segi destinasi wisata, Lombok tidak kalah dengan Pulau Dewata. Faktanya, Lombok Tengah mempunyai beragam tempat wisata menarik. Terdapat deretan pantai cantik di daerah ini dengan keunikan tersendiri.

Sehingga di samping Bali, para wisatawan memasukkan Lombok Tengah sebagai daerah yang masuk ke dalam daftar destinasi wisatanya. Wisata alam yang ada di Lombok terutama bagian tengah memang dikenal sebagai daerah dengan potensi alamnya yang bernuansa alami. Pemerintah setempat selalu mengembangkan kawasan wisata di Lombok Tengah.

1. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps Iwan Latu

Pantai Semeti merupakan salah satu pantai di Lombok Tengah yang menyimpan panorama alam tiada duanya. Eksotisme pantai cantik ini tampak dari sudut pantainya yang dihiasi dengan perbukitan hijau. Siapapun yang mengunjungi Pantai Semeti akan merasakan kedamaian dan ketenangan karena panoramanya memukau.

Perbukitan yang menghiasi kawasan pantai banyak ditumbuhi oleh banyak pepohonan hijau. Selain itu, pasir bersih dan putih terhampar di sepanjang bibir kawasan pantai. Ditambah lagi, lautan biru yang jernih membuat setiap sudutnya tampak begitu cantik meskipun akses menuju ke lokasi termasuk cukup sulit.

Karena berada sangat jauh dari lokasi pemukiman penduduk, tidak heran jika Pantai Semeti menyajikan pesona alam yang begitu alami. Selain perbukitan hijau, Pantai Semeti juga semakin terlihat menarik karena pemandangan batu karangnya yang cantik. Tidak ada sampah sedikitpun di kawasan pantai sehingga sangat bersih.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Mawun

Pantai Mawun
Image Credit: Google Maps Deeptha Madhuranga

Lombok Tengah memang dikenal dengan potensi wisata pantainya yang menyimpan suasana damai dan tenang. Sehingga para wisatawan yang ingin berlibur dan mendambakan suasana tenang dapat berkunjung pantai-pantainya, terutama Pantai Mawun. Hamparan pasir pantainya begitu halus, putih, dan bersih.

Panorama pantai semakin tampak eksotis karena dikombinasikan dengan keindahan lautan yang didominasi oleh warna biru dan juga perbukitan hijau di bagian sudut pantai. Para wisatawan yang membutuhkan healing kerap mendatangi pantai ini sambil merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi dan minum es kelapa muda.

Lokasi Pantai Mawun tidak jauh dari Pantai Selong Belanak, hanya membutuhkan perjalanan sekitar 15 menit saja. Air lautnya memang tampak tenang, namun sebaiknya Anda tetap harus berhati-hati ketika berenang disana. Ombaknya kadang tiba-tiba membesar karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa tenggara Barat.

3. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Google Maps Anto AF

Nama pantainya memang persis seperti pantai populer yang ada di Pulau Dewata. Namun pantai yang ada di kabupaten ini mempunyai sisi menarik dan tak kalah cantik dengan Pantai Kuta di Bali. Garis Pantai Kuta Lombok begitu panjang dan dihiasi dengan hamparan pasir berwarna putih bersih.

Hamparan lautnya begitu cantik dengan dominasi warna biru yang sangat jernih. Pantai ini kerap dijadikan spot foto bagi para wisatawan yang hobi fotografi terutama ketika senja. Momen memotret di kala sunset menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pecinta fotografi karena hasil fotonya sungguh menawan.

Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara karena lokasinya termasuk strategis karena dekat dengan jalan raya. Bahkan, Pantai Kuta Lombok banyak dikelilingi hotel-hotel berbintang sehingga kawasan pantai selalu ramai baik di hari biasa atau hari libur.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Image Credit: Google Maps Kaitlind Marek

Salah satu pantai yang memiliki keunikan di Lombok Tengah adalah Pantai BatuPayung. Dinamakan ‘Batu Payung’ karena ada sebuah batuan karang berukuran besar di tepi pantai dengan bentuk yang menyerupai payung. Batuan karang itulah yang menjadi daya tarik pantai ini karena membedakannya dengan pantai lainnya.

Bahkan, batuan karang berbentuk payung tersebut kerap menjadi rebutan oleh para wisatawan yang ingin berfoto selfie disana. Meskipun nama Pantai Batu Payung belum banyak diketahui oleh wisatawan, namun pantai ini sangat recommended untuk dikunjungi ketika para wisatawan sedang berlibur ke Lombok Tengah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Image Credit: Facebook Aremania Explorer

Di daerah ini terdapat pantai yang penamaannya disamakan dengan desa sesuai letak pantai tersebut berada yakni Pantai Gerupuk. Pantai ini menjadi salah satu lokasi favorit di mata para peselancar kelas dunia. Menariknya, Pantai Gerupuk mempunyai 5 spot yang bisa digunakan untuk berselancar.

Kelima spot tersebut diperuntukkan bagi peselancar dari tingkat pemula hingga mahir. Ketinggian ombaknya bervariasi, baik ombak yang landai maupun ombak dengan ketinggian lebih dari 3 meter pun ada disana. Para peselancar kerap mendatangi pantai ini di bulan Oktober-April karena ketinggian ombaknya maksimal.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Batu Katak

Selain Pantai Batu Payung, terdapat juga Pantai Batu Katak yang lokasinya masih termasuk dalam satu kawasan Pantai Cemara. Selain itu, pantai ini juga termasuk dalam pantai yang populer di Lombok Tengah, Pantai Tanjung Aan. Nama Pantai Batu Katak sudah cukup dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daya tarik pantai ini adalah eksotisme yang disuguhkan ketika matahari tenggelam karena warna langitnya berubah menjadi jingga keemasan. Pantai yang berada di Desa Pengembur tersebut seolah menyihir para wisatawan yang berkunjung dan mendapatkan momen sunset sehingga membuat siapapun betah berada disana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Twitter •Ika Anisa•

Pantai Cemara merupakan salah satu hasil pembagian dari bentangan pantai Tanjung Aan yang terlalu panjang. Meskipun termasuk pantai dari hasil pembagian, namun pemandangan yang disuguhkan tidak kalah menariknya dengan pantai lain yang berada di sekitarnya. Pantai ini menyajikan suasana khas pesisir.

Warna lautnya gradasi biru kehijauan dengan panorama perbukitan hijau di sisi pantai. Ditambah lagi hamparan pasirnya berwarna putih bersih dan anginnya begitu sepoi-sepoi sehingga banyak wisatawan yang betah ketika berkunjung kesana. Menariknya lagi, terdapat banyak warung di tepi pantai yang menjual makanan laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps Florian Rüegg

Pantai Tanjung Aan merupakan pantai populer dimana keunikan yang dimilikinya tidak akan ditemukan di pantai lainnya. Daya tarik utama bagi para wisatawan adalah pasir pantainya yang berbeda warna dalam satu wilayah.

Sebagian warna pasir Pantai Tanjung Aan putih bersih, sementara sebagian yang lain warna pasirnya sedikit kecokelatan. Apabila dilihat dari kejauhan, warna pasirnya tampak bergradasi sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Tanjung Aan. Panorama tersebut sangat menarik wisatawan pecinta fotografi.

Selain itu, pantai ini merupakan pantai yang paling panjang di daerah Lombok sehingga dibagi menjadi tiga pantai dan masing-masing diberi nama berbeda. Tiga pantai hasil pembagian dari Pantai Tanjung Aan diberi nama Pantai Orong, Pantai Cemara, dan Pantai Batu Katak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Pantai Selong Belanak

 

Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps Jane N

Keindahan alam yang dimiliki Pantai Selong Belanak tidaklah biasa sehingga mempunyai daya tarik yang menawan hati para wisatawan. Pasir pantainya berwarna putih bersih. Apalagi lokasi pantai diapit oleh dua bukit hijau sehingga suasana yang disuguhkan begitu sejuk dan alami.

Karena diapit dua bukit hijau tersebut, pantai ini seolah tersembunyi dari dunia luar. Ombak Pantai Selong Belanak tergolong cukup tinggi sehingga menjadi lokasi favorit bagi para peselancar. Menariknya, aktivitas ombak disana berbeda karena satu sisi ombaknya cukup tinggi yang sangat mendukung kegiatan selancar.

Namun di sisi lain, ombaknya cukup tenang dan bisa digunakan untuk bermain pasir maupun bermain air. Pantai Selong Belanak kerap dikunjungi para wisatawan yang memiliki hobi di dunia fotografi karena lukisan alam seolah tampak nyata ketika sedang berada di kawasan pantai ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Merese

Image Credit: Google Maps Ka Tian

Pantai Merese menyuguhkan dua pemandangan berbeda dimana di atas pantai terdapat bukit yang tampak seperti padang savana berukuran luas. Dari atas bukit para wisatawan bisa mendirikan tenda dan bermalam sambil menikmati suasana lautan biru dari atas bukit tersebut.

Pemandangan lain yang bisa dinikmati oleh para wisatawan adalah ketika berada di tepi pantai yang menyuguhkan panorama lautan biru dan dipadukan dengan hamparan pasir bersih berwarna putih. Tidak sedikit wisatawan yang menikmati pemandangan pantai ini sambil berjemur.

Hal menarik lainnya adalah banyak para pemuda dan pemudi yang merupakan masyarakat setempat mendatangi Pantai Merese ketika sore hari untuk melakukan aktivitas olahraga voli pantai. Pantai ini juga kerap dijadikan lokasi hunting sunset karena suasana yang disajikan begitu romantis dan menenangkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kuta, kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Beberapa pantai tersebut dapat dijadikan pilihan destinasi wisata di Lombok Tengah karena setiap pantainya memiliki keunikan masing-masing. Yang paling penting adalah jangan lupa membawa kamera karena menikmati momen disana akan sangat disayangkan jika tidak diabadikan dalam jepretan kamera. Apalagi sebagian besar pantai disana cocok untuk berburu sunset.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending