Pantai Selong Belanak, Pantai Unik yang Menawan di Lombok Tengah

Pantai Selong Belanak, Pantai Unik yang Menawan di Lombok Tengah
Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Lombok terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki berbagai wisata alam yang begitu indah. Salah satunya Pantai Selong Belanak yang memiliki keunikan di tiap sudutnya. Pantai dengan angin sejuk ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat. Mulai dari warna langit, pasir, hingga air lautnya sangat kontras dan membuat pengunjung kagum.

Selain itu juga memiliki garis pantai yang panjang nampak berbentuk teluk di tepi samudra hindia. Perbukitan hijau yang mengelilingi air laut nampak begitu alami melengkapi keindahan alamnya. Di wisata ini juga sebagian digunakan nelayan untuk mencari air. Tidak heran jika di pinggiran pantainya menjadi tempat persinggahan perahu.

Wisata ini nampak ramai dikunjungi apalagi saat weekend. Turis dari luar negeri pun juga tidak sedikit yang sudah pernah berlibur ke tempat ini. Namun, saat hari biasa Pantai Selong Belanak sepi pengunjung. Anda yang berlibur kesini dijamin akan berkeinginan datang kembali ke tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Selong Belanak

Image Credit: Twitter Dony Setiawan

Pantai cantik yang berada di Lombok ini memang menjadi kawasan yang banyak dikunjungi. Wisata ini menjadi salah satu rekomendasi untuk berlibur bersama keluarga. Hal ini dikarenakan keindahan alamnya mempunyai daya tarik tersendiri.

1. Pasir Pantai yang Halus

Pantai di Lombok rata-rata mempunyai pasir yang cukup besar. Tetapi Pantai Selong Belanak mempunyai hal unik yaitu pasir pantainya yang begitu halus. Saking halusnya, pasirnya juga bisa dilewati oleh motor. Warna pasirnya pun juga putih senada dengan birunya air laut.

Area sekitar pantai juga nampak bersih, tidak ada sampah yang tercecer. Pengunjung yang datang kesini bisa membawa peralatan untuk bermain pasir. Mulai dari permainan istana pasir, volley pantai, sampai layang-layang pun dapat dimainkan di area pasirnya.

2. Keindahan Alam yang Unik

Pantai ini menyuguhkan banyak sekali pemandangan alam yang bisa dinikmati pengunjung. Adanya pepohonan yang berjejer dapat membuat hawa sekitar pantai terasa sejuk. Deburan ombak yang tenang juga dapat memanjakan mata pengunjung.

Tidak hanya itu, di wisata ini Anda juga dapat melihat bentuk pantainya yang melengkung dengan warna air yang jernih. Sejauh mata memandang Anda akan melihat banyaknya bukit hijau yang mengelilingi pantai. Hal itulah yang membuat tempat pariwisata ini sangat cocok jika digunakan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Daya Tarik Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps Jane N

3. Memiliki Dua Jenis Ombak

Wisata ini dikenal memiliki 2 jenis ombak, yaitu ombak ganas dan tenang. Bagi pengunjung yang ingin sekedar berenang atau bermain air bisa di sisi kiri pantai karena memiliki ombak yang tenang. Selain itu juga bisa berfoto di sekitar area tersebut.

Sedangkan pada sisi sebelah kanan pantai terdapat ombak yang ganas. Hal ini dikarenakan terdapat pulau-pulau kecil disana. Seringkali wisatawan berselancar di area ombak ini. Anda tidak perlu khawatir dengan derasnya ombak, karena terdapat petugas yang akan memandu selancar. Memiliki dua jenis ombak ini tentunya sangat jarang ditemui di pantai lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Selong
Image Credit: Twitter Traveloka Indonesia

Wisata pantai menawan ini berlokasi di Desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan yang belum pernah datang kesini bisa melihat di google maps atau di papan penunjuk jalan. Jarak dari kota Mataram untuk menempuh pantai ini memerlukan waktu 2 jam.

Bila berangkat dari Bandara Internasional Lombok menuju pantai ini diperlukan waktu 40 menit saja. Anda akan melalui perempatan Batujai lalu menuju jalur Penujak sampai menemui tikungan pasar. Selanjutnya berbelok kanan menuju desa Mungkur. Dari desa tersebut, Anda lurus saja sampai menemukan gapura yang bertuliskan Selong Belanak.

Perjalanan menuju wisata ini bisa dibilang sangat menguras tenaga. Hal ini dikarenakan banyaknya bukit dan jalan yang berliku-liku yang harus dilalui. Wisatawan disarankan membawa kendaraan pribadi saat berlibur kesini karena masih jarangnya kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Selong
Image Credit: Google Maps Chris Pahl

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Selong Belanak tidak memerlukan budget yang banyak. Tiket masuknya sendiri hanya Rp 2.000 saja per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai mulai dari pagi hingga malam hari.

Selain itu biaya parkir kendaraan hanya Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Pada area wisata juga disediakan fasilitas penyewaan peralatan, salah satunya papan selancar yang dibrandol dengan harga Rp 50.000 saja untuk harga sewa. Jika pengunjung ingin membeli papan selancar pun juga bisa dengan harga Rp 350.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Selong Belanak

Aktivitas di Selong Belanak
Image Credit: Google Maps Dicky Po

1. Diving

Pengunjung dapat melihat keindahan bawah laut saat berlibur kesini. Hal ini dikarenakan ombak pantai di sisi kiri yang tenang sangat cocok untuk diving. Selain itu juga bisa membawa kamera anti air untuk mengambil foto terumbu karang atau spesies biota laut lainnya saat menyelam. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan dari rumah untuk dapat melakukan aktivitas ini.

2. Memancing

Kegiatan unik lainnya yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Selong Belanak yaitu memancing. Hal ini yang jarang ditemukan di kawasan pantai lain. Wisatawan bisa menyewa perahu kecil milik warga untuk menuju spot pemancingan. Penduduk sekitar juga bersedia untuk memandu dan mengantarkan pengunjung ke tempat pemancingan yang bagus.

3. Selancar

Ombak pantai di sisi kanan yang lumayan besar sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berselancar. Pada area wisata pun juga tersedia penyewaan papan selancar. Selain itu ombak untuk berselancar juga memiliki tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Untuk pemula biasanya di antara 1-2 meter, sedangkan untuk yang sudah profesional bisa sampai ketinggian 5 meter ke atas.

Aktivitas Seru di Selong Belanak
Image Credit: Google Maps Agustin Artha

4. Berjemur

Aktivitas ini memang sudah tidak asing lagi dilakukan ketika ke pantai. Pengunjung dapat berjemur di tempat duduk yang sudah disediakan. Bisa juga berjemur langsung dengan alas di atas pasir putih sambil melihat pemandangan pantai.

5. Menikmati Kuliner Khas Lombok

Wisata di Lombok terkenal memiliki beberapa kuliner dengan cita rasa yang khas. Pada area Pantai Selong Belanak ini pun tersedia beberapa warung makanan yang bisa dikunjungi. Kuliner yang khas yaitu sate ikan, ikan tersebut biasanya di ambil langsung oleh nelayan. Selain itu juga terdapat pilihan makanan lainnya yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup murah.

6. Melihat Kegiatan Warga Sekitar Pantai

Pada sisi bagian selatan pantai terdapat kehidupan warga yang tinggal di pinggiran pantai. Mata pencahariannya sebagai petani rumput laut dan nelayan. Pengunjung dapat berjalan-jalan kesini dan melihat beberapa aktivitas warga seperti mengeringkan rumput laut atau memilah milah ikan hasil tangkapan. Tidak sedikit juga wisatawan yang memotret kegiatan warga tersebut.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Selong
Image Credit: Google Maps Selong Selo Resort & Residences

1. Selong Selo Resort & Residences

Resort bintang 5 ini memiliki jarak 7km dari Pantai Selong Belanak. Pengunjung yang menginap disini bisa menikmati fasilitas yang disediakan seperti spa, kolam renang, dan restaurant yang menghadap ke pantai. Selain itu resort ini juga menawarkan pemandangan samudra hindia yang sangat indah. Uniknya lagi konsep di tiap sudut ruangan juga berbeda-beda dengan gaya klasik dan modern.

2. Sempiak Villas

Villa ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang berlibur bersama keluarga. Lokasinya terletak di sepanjang kawasan pantai tepat di bawah Bukit Sempasih. Terdapat bak air panas, tempat penyewaan mobil, dan sarapan gratis yang bisa Anda nikmati. Selain itu view yang indah dan pelayanan yang bagus akan membuat pengunjung merasa betah.

3. Mango Lodge

Salah satu penginapan yang ada di Jl. Selong Belanak ini menyediakan teras dengan pemandangan taman di tiap sudut kamar. Harganya pun juga cukup murah mulai Rp 350.000 saja. Hotel ini menawarkan sarapan prasmanan yang bisa dinikmati pengunjung. Tersedia juga permainan anak panah, hiking, dan fasilitas olahraga air di area hotel.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai
Image Credit: Google Maps lombok pirates

Wisata Pantai Selong Belanak ini mempunyai fasilitas lengkap di dalamnya. Tersedia gazebo di tiap sudut pantai untuk duduk bersantai. Ada pula restaurant seafood yang dapat Anda nikmati dengan cita rasa khas Lombok.

Kamar mandi dan area parkir pun juga mudah ditemukan di dalam area pantai ini. Traveller yang ingin berselancar juga dapat menyewa papan selancar yang telah disediakan. Bagi pengunjung yang tidak bisa selancar tidak usah khawatir, karena ada pemandu yang akan mengajari.

Tidak hanya itu, wisata ini juga menyediakan pusat oleh-oleh yang bisa dikunjungi wisatawan. Berbagai souvenir khas pantai juga ada seperti hiasan dari batu karang. Pengelola pantai selalu melakukan pengecekan berkala agar pengunjung bisa menggunakan fasilitas ini dengan baik.

Itulah beberapa hal menarik mengenai Pantai Selong Belanak dengan berbagai daya tarik dan fasilitasnya yang cukup memadai. Anda yang berkunjung kesini dijamin tidak akan bosan setelah melihat keindahan alamnya. Disarankan pula untuk mengajak banyak kerabat atau keluarga saat berlibur ke wisata pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending