Pantai Semeti, Pantai Cantik nan Memesona di Lombok Tengah

Pantai Semeti, Pantai Cantik nan Memesona di Lombok Tengah
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Semeti memiliki pemandangan yang memang mampu membuat siapa saja jadi terkesima. Bebatuan karang yang terdapat di sekeliling membuat daya tarik tempat ini menjadi lebih menawan. Merupakan salah satu tempat yang populer di kalangan para wisatawan luar daerah, bahkan hingga mancanegara. Sehingga membuat nama pantai tersebut saat ini kian naik.

Sekalipun jarak tempat tersebut cukup jauh dari pusat kota, hal itu tidak membuat wisatawan menjadi malas untuk datang ke pantai yang memiliki pasir putih ini. Ada banyak sekali batuan karang dengan ukuran yang besar. Bahkan beberapa hingga sebesar rumah. Batuan tersebut nantinya akan menyambut Anda ketika pertama kali menjejakkan kaki di lokasi tersebut.

Pantai ini memang memiliki banyak sekali daya tarik, sehingga membuat banyak dari para wisatawan merasa betah untuk berlama-lama berada di sana. Berikut ini adalah ulasan mengenai daya tarik, fasilitas dan lain sebagainya terkait Pantai Semeti.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Semeti

Daya Tarik Dimiliki Pantai Semeti
Image Credit: Instagram KOMODO TOUR | TOUR ORGANIZER

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Pantai Semeti memang memiliki banyak sekali daya tarik. Sehingga mampu membuat para wisatawan, baik itu dari lokal ataupun asing, tertarik untuk berkunjung ke pantai tersebut. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang bisa Anda temukan di pantai yang satu ini.

1. Batuan Karang yang Indah

Daya tarik utama yang dimiliki yaitu di sekitar pantai Anda akan menemukan banyak sekali batuan karang. Batuan tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. Bukan hal yang susah untuk menemukan batu karang yang besarnya mencapai seukuran mobil ataupun rumah.

Bentuk yang dimiliki oleh batu karang tersebut juga sangatlah unik. Nantinya Anda akan melihat sebuah perbukitan yang tandus ditumbuhi oleh tumbuhan warna hijau di bagian atas. Hal itu terjadi oleh karena batuan karang yang berlapis dan juga saling berhubungan satu sama lain.

Keindahan yang dimiliki oleh batu karang yang memiliki gradasi kecoklatan, hitam bahkan abu-abu mampu menarik orang-orang untuk menjadikannya background dalam foto.

2. Banyak Spot Foto Menarik

Spot foto menarik bisa ditemukan dengan mudah di Pantai Semeti. Ketika baru masuk di kawasan bibir pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan laut biru yang memiliki pasir putih dan bisa dijadikan sebagai spot untuk foto. Supaya memperoleh hasil yang lebih maksimal, Anda bisa datang ketika cuaca sedang cerah ataupun berawan.

Pemandangan batu karang yang tampak seperti pagar berjajar dan seolah melindungi pantai, juga dapat dijadikan spot foto menarik. Terlebih lagi ketika ombak besar telah datang dan memecah batu karang tersebut, di momen yang benar-benar tepat, Anda akan memperoleh hasil foto yang sempurna.

Terdapat juga spot foto lain yang bisa ditemukan di bagian pantai, yaitu hamparan pasir putih yang bersih. Kiauan dari air laut akan membuat laut tampak seperti berlian. Ketika menjelang siang hari, pemandangan tersebut makin terlihat cantik dan indah.

Karena itulah saat berencana untuk datang ke Pantai Semeti maka pastikan bahwa Anda tidak lupa membawa kamera. Karena ada banyak sekali pemandangan indah untuk diabadikan di pantai tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sameti
Image Credit: Instagram Dermanto Ang

Pantai Semeti Lombok berada di Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya yaitu di jalan Pantai Mawi. Jika Anda berada di pusat kota dan Anda menuju ke tempat tersebut, maka akan memerlukan waktu setidaknya 2 jam hingga sampai di pantai. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, maka dapat juga menggunakan kendaraan umum yang bisa dipakai dengan menyewanya.

Terdapat banyak rute yang bisa Anda pilih. Namun untuk rute yang sering dipakai yaitu jalur Pantai Selong Belanak yang memang letaknya berada dekat dengan pantai ini. Perjalanan untuk melewati jalur tersebut tentu bisa mempersingkat waktu karena memang melewati bukit.

Selain itu, jalan yang nantinya Anda pilih juga lebih sepi. Di sekitaran jalan memang jarang ditemukan rumah penduduk. Setelah nantinya Anda melewati jalan tersebut, Anda akan sampai di pintu masuk Pantai Mawi yang merupakan gerbang utama untuk menuju ke Pantai Semeti.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Sameti
Image Credit: Instagram Stevie

Bagi Anda yang memang berencana untuk berkunjung ke pantai semati dan menikmati keindahan alam yang ada di sana, maka di sini biaya yang diperlukan hanyalah sebesar Rp 5.000 saja untuk 1 orangnya.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk datang ke pantai tersebut. Dengan harga yang sangat terjangkau, tentu tidak akan memberatkan para wisatawan yang datang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Semeti

Aktivitas Seru di Pantai Semeti
Image Credit: Instagram Dermanto Ang

1. Berenang di Pantai

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Semeti yaitu berenang. Pantai ini mempunyai ombak dengan arus yang cukup tenang. Selain itu daerah bibir pantainya pun memiliki kedalaman yang cukup dangkal, sehingga sangat cocok digunakan untuk berenang.

Para wisatawan yang datang dengan membawa anak-anak pun diperbolehkan berenang di pantai tersebut, asal di sini mereka mengutamakan keselamatan. Air laut akan membuat tubuh Anda nantinya jadi terasa lebih segar. Terlebih lagi jika di sini Anda berenang bersama dengan keluarga, teman ataupun sahabat, maka akan makin terasa lebih seru.

2. Memancing Ikan di Batu Karang

Aktivitas seru berikutnya yaitu memancing. Di sini Anda bisa menemukan banyak sekali orang yang datang untuk memancing. Tak jarang dari para pemancing tersebut berhasil membawa pulang ikan-ikan dengan ukuran besar. Tempat ini memang sangatlah pas untuk Anda melakukan aktivitas memancing tersebut.

Dengan duduk di antara celah-celah batu karang, Anda bisa melihat banyak sekali ikan terjebak oleh ombak. Bagi yang memang sengaja datang untuk memancing, maka sebaiknya pergi ke tempat ini saat sore hari. Karena di waktu itulah ikan banyak yang mencari makan. Selain itu juga ketika sore hari air laut akan mulai pasang dan naik.

3. Snorkeling

Sudah Tidak diragukan lagi bahwa kegiatan ini akan sangat disukai oleh wisatawan yang datang ke pantai. Pantai Semeti memiliki kekayaan biota laut yang beragam, seperti contohnya terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang bisa Anda nikmati ketika bersnorkling.

Anda dapat menyewa peralatan untuk melakukan kegiatan tersebut. Beberapa warga memang telah menyiapkan penyewaan alat snorkeling, seperti kacamata pelampung dan lain sebagainya. Anda akan bisa melihat ikan dengan aneka warna berenang di sekitar Anda. Terumbu karang yang terdapat di pantai itu pun dipastikan akan membuat Anda merasa senang.

Keindahan pantai tersebut bisa Anda amati bahkan hingga di kedalaman 3 meter. Para wisatawan dibebaskan untuk menjelajahi bagian-bagian dari pantai. Bagi Anda yang baru belajar, maka nantinya terdapat seorang pendamping yang akan menemani.

Banyak para wisatawan yang memang sengaja datang ke Pantai Semeti hanya untuk melakukan kegiatan yang satu ini.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Sameti
Image Credit: Google Maps Hanna Riyanto

1. Sempiak Villas

Memiliki jarak kurang lebih 6 km dari lokasi pantai ini. Penginapan tersebut memiliki tema klasik, sehingga banyak wisatawan dari luar daerah merasa betah di penginapan tersebut. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Sempiak Villas yaitu berupa layanan spa. Dengan layanan iytu nantinya Anda akan memiliki tubuh yang segar kembali.

2. Mango Lodge

Tempat yang memiliki lingkungan nyaman ini mempunyai pelayanan yang begitu ramah. Selain itu di penginapan ini juga terdapat pemandangan indah. Anda akan mampu untuk melihat sawah dan juga perbukitan hijau saat berada di penginapan Mango Lodge. Fasilitas yang ditawarkan pun juga cukup lengkap, seperti area parkir, kolam renang dan lain sebagainya.

3. Hotel Selong Belanak Bungalows

Selong Belanak Bungalows merupakan hotel berbintang tiga yang berada dekat pinggir pantai. Hotel ini juga memiliki akses untuk memasuki pantai secara langsung. Pemandangan pantai cantik di Lombok Tengah ini ketika sore ataupun pagi hari akan bisa dilihat dengan indah melalui jendela kamar hotel. Di lingkungan hotel juga ditumbuhi banyak pepohonan. Hal itu membuat suasana sekitar jadi segar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai
Image Credit: Google Maps Sylvester Dueloke

Pantai Semeti menawarkan berbagai macam fasilitas bagi para pengunjung. Salah satu yang disediakan oleh pantai ini yaitu berupa area parkir yang luas. Area parkir itu sendiri memakai daun pandan kering sebagai atap yang melindungi kendaraan Anda dari panas.

Namun tidak hanya itu saja, Anda juga bisa bersantai di gazebo yang sengaja diletakkan di tepian pantai bagi para wisatawan. Keindahan pantai ini memang membuat banyak wisatawan merasa betah untuk berlama-lama di sana.

Banyak dari mereka yang memutuskan untuk menginap agar esok harinya masih bisa menikmati keindahan pantai. Karena itulah di sana juga disediakan penginapan seperti yang telah diulas di atas.

Selain itu, ada banyak penjaja makanan yang bisa Anda temukan di kawasan Pantai Semeti, Lombok Tengah. Menikmati makanan ringan sambil melihat pemandangan pantai yang indah tentu merupakan ide yang menarik. Fasilitas lain yang bisa ditemukan yaitu toilet umum.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending