Gili Air Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Gili Air Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Gili Air salah satu pulau eksotis yang populer di barat laut Lombok yang keindahannya sudah tersohor, utamanya pesona bawah laut. Kawasan wisata di Lombok yang bisa menjadi tujuan liburan terbaik.

Biaya Wisata: Mulai Rp 360.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Wisata bawah laut di Lombok Nusa Tenggara Barat tidak pernah ada habisnya. Gili Air merupakan salah satu dari tiga gili yang ada di Pulau Lombok. Karakter gili ini berbeda dengan gili yang lainnya. Keunikannya pun juga berbeda dengan gili yang lain. Anda yang sedang berwisata di Pulau Lombok dapat mampir ke tempat wisata ini karena letaknya paling dekat dengan wisata lain.

Suasana disini lebih tenang dan nyaman daripada gili yang lain sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menghindar sejenak dari kebisingan dan keramaian. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan mancanegara dari berbagai negara seperti Inggris, Perancis, Australia, Italia, dan negara lainnya karena merasa termanjakan dengan suasana dan pemandangan alam yang ditawarkan.

Tidak hanya wisatawan mancanegara saja yang berkunjung kesini, namun wisatawan lokal juga tidak sedikit yang berkunjung ke kawasan wisata Gili Air. Air lautnya yang jernih sangatlah sempurna untuk Anda yang menyukai kegiatan snorkeling maupun diving. Karena air lautnya yang jernih, maka pemandangan bawah lautnya pun terlihat jelas meskipun dilihat dengan kasat mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Air Lombok

Daya Tarik Gili Air Lombok
Image Credit: Twitter.com @barrykusuma

Anda yang senang dengan pemandangan eksotisme bawah laut, Gili Air dapat menjadi destinasi wisata pilihan Anda. Air lautnya yang jernih dan biru mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung. Anda dapat mengajak semua anggota keluarga Anda supaya mereka juga dapat mengenal indahnya ciptaan Tuhan yang tidak tertandingi ini.

1. Memiliki Keindahan Alam Bawah Laut yang Mempesona

Anda yang mempunyai hobi snorkeling dan diving, di tempat wisata ini terdapat spot terbaik yang dapat Anda jelajahi ketika menyelam di bawah laut. Spot terbaik bawah laut di gili ini dapat Anda temukan dengan menuju ke arah timur dengan kedalaman 1,5-3 meter. Biota laut yang lengkap dan beranekaragam akan Anda temukan di spot terbaik ini.

BACA:  Pulau Pahawang Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Dihuni Penduduk Terbanyak di Antara Gili yang Lain

Gili ini termasuk kawasan wisata yang ditempati oleh penduduk terbanyak di antara gili yang lain namun suasananya tenang dan tidak ramai. Daerah ini didominasi oleh penghuni dari suku Sasak dan Bugis. Inilah hal yang membuat menarik gili satu ini karena dihuni oleh dua suku sekaligus, yang mana perbedaan corak bahasa dan adat dari dua suku tersebut melebur di satu kawasan yang sama.

Para penduduk yang menghuni kawasan ini memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan juga pemandu wisata. Keramahan penduduk disini membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Para penduduk setempat juga akan sigap membantu jika ada wisatawan yang membutuhkan bantuan.

3. Mempunyai Sebutan yang Unik

Penduduk yang menghuni kawasan Gili Air menamakan gili tersebut dengan sebutan ‘Tengah Aiq’ yang memiliki arti ‘tengah laut’. Gili ini berada di bagian paling timur dan paling dekat dengan Pulau Lombok. Karena letaknya di tengah laut, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah bawah laut berupa keanekaragaman hayati laut Indonesia yang masih asri dan alami.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Gili Air

Rute Gili Air
Image Credit: Instagram.com @funsbdg

Gili ini berada paling dekat dengan Pulau Lombok. Lokasi tepatnya adalah di Desa Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Anda dapat menuju ke gili ini dengan menyeberang melalui Pelabuhan Bangsal menggunakan transportasi kapal motor/ boat. Waktu tempuh perjalanan yang Anda butuhkan untuk menyeberang adalah sekitar 25 menit.

Perlu diingat bahwa Anda perlu memperhatikan jadwal keberangkatan kapal motor/ boat tersebut supaya tidak terlambat. Apabila Anda terlambat dan tertinggal jadwal keberangkatannya, Anda dapat menyewa boat lain yang tersedia dengan tarif yang relatif lebih mahal. Maka, sangat penting untuk memperhatikan dengan seksama jadwal keberangkatan kapal motor/ boat tersebut.

Sebelumnya Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan Bangsal berjarak sekitar 225 kilometer dari pusat kota. Anda membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan roda empat tergantung dengan kepadatan jalanan maupun keramaian lalu lintas.

Ada dua jalur yang dapat Anda tempuh untuk menuju ke Gili Air. Kedua jalur ini akan memanjakan para wisatawan dengan suguhan lanskap keindahan alam Lombok yang akan Anda temui sepanjang perjalanan. Jalur pertama. melewati pegunungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sedangkan jalur kedua melewati sisi garis pantai sampai ke Pelabuhan Bangsal.

Selain Pelabuhan Bangsal, Anda juga dapat melalui rute perjalanan dari Lombok menuju ke Teluk Nara sebelum menyeberang ke lokasi tujuan. Perjalanan dari Teluk Nara dapat ditempuh menggunakan kapal cepat untuk rombongan dengan waktu tempuh hanya sekitar 5 menit.

BACA:  Pantai Senggigi Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Biaya Wisata ke Gili Air Lombok

Biaya Gili Air Lombok
Image Credit: facebook.com @oceans5dive

Waktu operasional Pelabuhan Bangsal adalah mulai pukul 07.00 dengan keberangkatan terakhir yaitu pukul 16.00. Jadwal keberangkatan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Air adalah setiap hari mulai pukul 08.00-11.00 WITA. Setelah pukul 11.00 WITA tidak ada lagi jadwal penyeberangan menuju ke gili tersebut.

Biaya penyeberangan menggunakan kapal motor/ boat dari Pelabuhan Bangsal yaitu Rp 12.000 per orang sekali jalan. Anda juga dapat menyewa perahu menuju ke lokasi dengan biaya Rp 360.000 untuk sekali jalan maupun pulang pergi dengan biaya Rp 700.000. Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal menuju ke lokasi adalah sekitar 20-30 menit tergantung besarnya gelombang.

Tempat wisata tersebut dibuka untuk umum selama 24 jam sehingga Anda dapat leluasa mengunjungi tempat ini kapan saja. Gili ini dikelola dengan sangat baik, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000 untuk berkunjung kesini. Dengan tiket masuk tersebut Anda sudah dapat menikmati keindahan pemandangan gili dan berburu sunrise maupun sunsetnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gili Air

Aktivitas di Gili Air
Image Credit: Instagram.com @yahiabarakah

1. Menikmati Keindahan Pemandangan Laut Dengan Snorkeling

Anda yang memiliki hobi snorkeling dapat mencoba melakukan kegiatan tersebut di tempat ini. Supaya keanekaragaman biota laut disini terlihat jelas, Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling pada saat ombak sedang landai. Spot terbaik untuk melakukan snorkeling disini adalah di bagian timur karena pemandangan bawah lautnya sangat cantik.

Anda dapat menyelam pada kedalaman 1,5-3 meter jika ingin snorkeling di pulau eksotis Gili Air. Tidak perlu takut menyelam terlalu dalam karena terdapat tanda khusus yang merupakan batas melakukan snorkeling. Ikan dan karang akan menemani Anda selama melakukan kegiatan snorkeling di tempat ini.

2. Menjelajah Alam Bawah Laut Dengan Diving

Di tempat ini sudah ada pemandu professional yang siap untuk menemani Anda yang masih pemula dalam kegiatan menyelam untuk menjelajahi keindahan alam bawah laut. Berbagai biota laut dapat Anda temukan di alam bawah laut, seperti aneka ikan, kura-kura, dan kuda laut.

Anda juga dapat mengunjungi 5 spot favorit para penyelam antara lain Air Wall, Frogfish Point, Air Slope, Segaluh, dan juga Malang Reef. Setiap spot favorit tersebut memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Hampir semua spot tersebut akan menyuguhkan pemandangan bawah laut berupa ikan yang berwarna-warni dan juga gugusan terumbu karang yang cantik.

3. Bermain Surfing Saat Ombak Naik

Selain kegiatan snorkeling dan diving, Anda juga dapat bermain surfing di tempat ini. Supaya lebih seru, Anda sebaiknya menunggu waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan surfing disini. Waktu yang tepat adalah ketika ombak sedang naik supaya adrenalin Anda semakin terpacu saat berselancar menaklukkan ombaknya.

BACA:  20 Wisata Pantai di Lombok yang Paling Hits
Aktivitas di Gili Air Lombok
Image Credit: Twitter.com @wdrlombok

4. Melakukan Jogging Sambil Menikmati Pemandangan Pantai

Tidak perlu khawatir bagi Anda yang mempunyai hobi jogging karena di Gili Air Anda juga dapat melakukan hobi tersebut. Di gili ini tersedia trek khusus untuk para wisatawan yang ingin jogging. Trek jogging tersebut dipagari tumbuhan tropis yang letaknya berderet. Olahraga jogging disini sangat menyenangkan karena Anda dapat menikmati pemandangan pantai sambil ber-jogging.

5. Jalan-Jalan Dengan Sepeda atau Menaiki Kuda di Pinggir Pantai

Sama seperti dua gili yang lain, gili ini pun juga menerapkan kawasan bebas kendaraan bermotor sehingga tidak ada polusi. Di gili ini terdapat tempat persewaan sepeda, motor listrik, dan juga cidomo atau delman. Anda harus berhati-hati dengan bulu babi atau teripang yang terdampar ketika bermain sepeda. Anda juga jangan terlalu kencang menarik tali pengekang kuda saat menaiki cidomo.

6. Berburu Sunset di Pinggir Pantai

Menikmati suasana sunset di pinggir pantai merupakan agenda wajib yang jangan sampai Anda lewatkan. Anda dapat menggelar alas untuk duduk-duduk di pinggir pantai atau mendirikan hammock untuk Anda bersantai sambil menikmati sunset. Anda juga dapat memesan es kelapa muda dan hidangan ringan yang dapat Anda santap sambil menikmati sunset.

Penginapan Murah di Sekitar Giri Air

Penginapan di Gili Air
Image Credit: Agoda.com

1. Mola2 Resort Gili Air Lombok by DHM Resort

Penginapan ini terletak sekitar 605 meter dari lokasi. Dengan harga kamar per malam mulai dari Rp 413.044, Anda akan mendapatkan fasilitas yang lengkap yang ditawarkan penginapan bintang 4 ini. Tersedia juga fasilitas penyewaan sepeda disini.

2. Sari Gili Bungalow

Lokasi penginapan ini hanya berjarak 272 meter saja dengan gili. Fasilitas di penginapan ini termasuk lengkap. Tersedia tempat penyewaan dan juga penitipan sepeda bahkan juga tersedia tempat penitipan anak berbiaya.

3. Damai Bungalows Gili Air

Homestay bintang 3 ini lokasinya berada di sekitar 927 meter dengan gili. Fasilitasnya lengkap dan pemilik homestay ini sangat ramah, Anda akan disambut dengan sangat baik ketika menginap disini. Bahkan ketika mau pulang pun juga Anda ditanya seputar kenyamanan selama menginap di penginapan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Gili Air Lombok

Fasilitas di Gili Air Lombok
Image Credit: Twitter.com @insatiabletrav3

Pengelola tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap. Fasilitas seperti tempat bersantai, persewaan hammock, ayunan pinggir pantai, sepeda, motor listrik, cidomo atau delman, tempat ibadah, kafe, restoran, kamar mandi, dan toilet sudah tersedia disini. Bagi Anda yang ingin menginap juga tersedia fasilitas penginapan dan hotel yang dapat Anda pilih menyesuaikan budget.

Anda dapat berkunjung ke Gili Air jika menginginkan tempat wisata yang tenang dengan penduduknya yang ramah. Jangan sampai lupa untuk membawa kamera untuk Anda berburu foto di area pantai maupun ketika snorkeling maupun diving di bawah laut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending