Gili Meno Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Gili Meno Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Gili Meno salah satu pulau eksotis di Lombok dengan keunikan dan pesona alamnya yang menawan. Kawasan wisata bahari yang menarik dijelajahi saat liburan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 85.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Nusa Tenggara merupakan daerah di Indonesia yang menyimpan berbagai pesona. Mulai dari Bali yang begitu tersohor, keelokan Lombok yang menyimpan berbagai wisata baharinya, hingga Pulau Komodo yang merupakan tempat tinggal reptil purba khas Indonesia.

Gili Meno Lombok sendiri merupakan beberapa rangkaian dari kepulauan kecil yang ada di kawasan tersebut. Daerah ini adalah bagian dari kepulauan gili di sekitar pulau utama Lombok. Terdapat Pulau Gili Trawangan dan Gili Air di sekelilingnya.

Lokasi wisata tersebut berada di bagian seberang persis salah satu destinasi favorit yang ada di Lombok, yakni Pantai Senggigi. Dari tempat wisata tersebut, pemandangan pulau yang satu ini begitu menakjubkan. Berlatarkan lautan yang luas dan pantai serta hutan lindung, menjadikan tempat ini terlihat elok.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Meno Lombok

Daya Tarik Gili Meno
Image Credit: Twitter.com @black_tomato

Meski tidak sepopuler pulau yang ada di sekitarnya, destinasi kecil ini memiliki beberapa hal yang dapat dinikmati bagi siapa saja yang mengunjunginya. Inilah yang menjadi alasan mengapa beberapa wisatawan tertarik untuk singgah di tempat wisata yang tersembunyi ini.

1. Hamparan Pantai yang Berpadu dengan Kejernihan Air Laut

Sama seperti wisata kepulauan pada umumnya, Gili Meno juga memiliki pantai yang memanjang mengelilinginya. Hamparan pasirnya berwarna putih yang sedikit kuning. Teksturnya lembut sehingga sangat cocok untuk dinikmati langsung dengan kaki telanjang.

Pantai yang ada di sana berbentuk melandai sehingga sangat nyaman untuk dijelajahi oleh pengunjung. Anda tidak perlu khawatir ketika menikmatinya karena bentuk tersebut membuat tempat ini aman ketika dilewati. Kondisinya terbilang bersih membuatnya nampak sempurna.

Keindahannya seolah berpadu dengan kejernihan lautan di sekitarnya. Air laut yang ada di dekat pulau tersebut nampak biru menunjukkan bahwa masih murni dari berbagai polusi dan lain sebagainya. Ombaknya pun juga terhitung tenang, membuat siapapun yang berada di sana merasa nyaman dan damai karena keharmonisan alamnya.

2. Penangkaran Penyu

Berlibur di pulau eksotis ini, pengunjung tidak hanya disajikan dengan keelokan alamnya saja. Namun, di tempat tersebut terdapat sebuah penangkaran untuk penyu-penyu laut. Banyak diantara penyu di sana merupakan penyu hijau yang cukup terancam keberadaannya di alam bebas.

Tempat konservasi ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang hendak singgah di pulau ini. Pasalnya, berbagai hal dapat dilakukan di tempat itu. Pengunjung tentunya dapat melihat secara langsung proses hidup penyu-penyu tersebut mulai dari telurnya hingga yang telah dewasa.

Seperti halnya konservasi penyu yang ada di Tanjung Benoa Bali, penyu yang ada di tempat ini pun juga pada akhirnya akan dilepas ketika sudah berumur kurang lebih 6 bulan. Hal tersebut pastinya melalui mekanisme tertentu untuk menjamin keberlangsungan hidupnya ketika telah berada di laut lepas.

Selain itu, penyu-penyu yang terluka ataupun tertangkap ilegal oleh masyarakat pasti akan masuk ke penangkaran ini. Pengunjung dapat melihat betapa melasnya kehidupan penyu yang hidup di lautan bebas. Dengan begitu, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat terhadap kehidupan makhluk-makhluk laut dapat muncul.

Daya Tarik Gili Meno Lombok
Image Credit: Facebook.com @wisatakelombok

3. Kombinasi Hutan Bakau dengan Danau Air Asin di Tengah Pulau

Jika Anda berlibur ke destinasi Gili Meno yang ada di sekitar Lombok tersebut, maka bersiap-siap untuk dibuat takjub dengan salah satu kenampakan alam yang ada. Karena pulau ini begitu kecil, pepohonan yang tumbuh di sana didominasi dengan tanaman bakau. Tumbuh-tumbuhan tersebut nampak seperti hutan karena saking banyak jumlahnya.

Uniknya, hutan bakau tersebut tumbuh mengelilingi pulau dan juga sebuah danau yang ada di tengahnya. Ya, destinasi ini memiliki sebuah danau di dalamnya. Keistimewaan lainnya dari tempat tersebut yaitu airnya yang terasa asin. Air pada danau tersebut bukan air tawar seperti danau-danau pada umumnya.

Diprediksi bahwa danau tersebut merupakan sebuah lubang air berukuran cukup besar. Lubang tersebut muncul di bagian tengah destinasi yang berasal dari pengangkatan tersebut. Oleh karena itu, danau itu masih menyimpan air laut. Selain itu, karena ukurannya yang kecil juga mengakibatkan danau ini banyak dipengaruhi oleh air laut.

Hutan bakau yang tumbuh seolah menyatu dengan panorama danau yang berair asin tersebut. Pengunjung dapat menikmati keindahan dari kombinasi alam itu. Perpaduan bentangan alam itu menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat tersebut.

4. Suasana Sepi Nan Romantis

Nuansa yang hadir ketika mengunjungi destinasi eksotis Gili Meno begitu syahdu. Pulau ini berada cukup menjauh dari keramaian wisata yang lain sehingga membuatnya relatif sepi. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi wisatawan yang hendak berlibur ke sini. Suasananya menjadi begitu romantis jika datang bersama dengan pasangan.

Banyak dari pengunjung yang hadir di tempat wisata ini adalah pasangan kekasih yang hendak berbulan madu. Tentu hal ini sangat cocok untuk dilakukan di pulau kecil ini karena keadaan sekitarnya yang mendukung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gili Meno

Rute Gili Meno
Image Credit: Instagram.com @clari.calma

Tempat wisata ini berada di pusat dari gugusan kepulauan “Gili” yang ada di bagian barat laut dari Lombok. Letaknya ada di bagian tengah dari Pulau Gili Air dan Gili Trawangan yang merupakan destinasi populer di Lombok. Waktu tempuh untuk mencapai destinasi ini dari pusat Kota Mataram kurang lebih 45 menit.

Untuk menuju lokasi wisata tersebut dapat ditempuh dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan menaiki perahu ataupun fastboat dari Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan tersebut berada di Jalan Bangsal Baru yang ada pada daerah Pemenang Barat. Kawasan itu bertempat di Kabupaten Lombok Utara. Letaknya berada di bagian barat Pantai Sengigi.

Durasi untuk mencapai pulau itu dengan menggunakan fastboat dapat ditempuh kurang dari setengah jam. Namun selain dari Lombok, pengunjung dapat mencapai tempat ini dari Bali. Terdapat beberapa pelabuhan yang terletak di pulau dewata mampu untuk mengantarkan wisatawan untuk datang ke destinasi yang elok ini.

Diantaranya yaitu Pelabuhan Serangan Denpasar, Pelabuhan Padang Bai Karangasem, hingga Pantai Sanur. Wisatawan harus menggunakan perahu cepat atau fastboat untuk sampai ke tujuan. Namun, rute perjalanannya hanya mampu sampai di Pulau Gili Trawangan saja. Karena pulau tersebut yang terdekat dari Bali.

Sesampainya di Gili Trawangan, wisatawan yang hendak mengunjungi Pulau Gili Meno harus menggunakan perahu kecil.

Biaya Wisata ke Gili Meno Lombok

Biaya ke Gili Meno
Image Credit: Instagram.com @antonioli92

Untuk dapat singgah ke tempat wisata romantis ini, pengunjung dapat dengan bebas mendatanginya tanpa harus membayar biaya tiket masuk. Wisatawan yang datang ke pulau ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Tentu ini akan sangat menyenangkan karena dapat menikmati berjuta keindahan tempat tersebut secara gratis.

Namun, sudah diketahui bahwa untuk dapat mengaksesnya pengunjung harus menggunakan perahu baik dari Lombok maupun Bali. Maka, untuk dapat menaiki transportasi tersebut memerlukan biaya. Harga tiket fastboat menuju Gili Meno dari Pelabuhan Bangsal sekitar Rp 85.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gili Meno

Aktivitas di Gili Meno
Image Credit: Instagram.com @jm_aus

1. Jalan-Jalan Berkeliling Pulau

Ini tentu menjadi suatu aktivitas yang wajib dilakukan ketika berada di destinasi wisata ini. Bentang jarak garis pantai yang mengelilingi pulau ini dapat ditempuh selama kurang lebih 1.5 jam saja jika berjalan kaki. Dengan luasnya yang tidak terlalu besar tersebut, daerah ini dapat dinikmati setiap detail keindahannya.

2. Berenang di Pantai

Menikmati eloknya pantai yang ada di pulau tersebut tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas yang satu ini. Air lautnya yang begitu jernih dan ombaknya yang relatif kecil sehingga membuat berenang di sekitar pantainya menjadi aman.

3. Melihat Pesona Bawah Laut Dengan Scuba Diving

Pengunjung dapat melakukan kegiatan penyelaman atau biasa disebut scuba diving di destinasi wisata tersebut. Pada bagian barat pantainya, terdapat titik penyelaman yang indah. Dengan kejernihan airnya, wisatawan sudah dapat menikmati terumbu karang dan koral-koral laut pada kedalaman 18 meter saja.

4. Menikmati Laut Dengan Snorkeling

Selain berenang dan juga diving, pengunjung destinasi ini dapat melakukan aktivitas snorkeling. Titik favorit untuk melakukannya berada pada sisi timur laut dari pulau. Banyak penyewaan peralatan untuk snorkeling dilengkapi dengan perahu serta pemandu yang siap mengantarkan dan melayani wisatawan.

5. Menengok Penangkaran Penyu Gili Meno

Selain melakukan berbagai aktivitas wisata alam, pengunjung yang datang ke destinasi kecil ini dapat melihat-lihat penyu yang dilindungi di tempat konservasi tersebut. Wisatawan juga dapat berfoto-foto dengan hewan yang dilindungi itu.

6. Mengeksplor ke Danau Air Asin dan Hutan Bakau

Tempat tersebut berjarak sekitar 1.5 kilometer dari sisi timur laut pulau ini. Waktu untuk menempuhnya dari pesisir pantai kurang lebih selama 15 menit saja. Pengunjung dapat menikmati sebuah danau unik berair asin yang berpadu dengan hutan bakau di sekelilingnya.

Penginapan Murah di Sekitar Gili Meno

Penginapan di Gili Meno
Image Credit: Pegipegi.com

1. Avia Villa Resort

Penginapan ini cukup mewah dan tarif bermalam di sana berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Fasilitas yang diberikan diantaranya AC, kolam renang, restoran, dan juga wifi. Letaknya di bagian selatan pulau.

2. Meno Colanta Bungalow

Wisma ini dapat disewa oleh wisatawan dengan harga yang murah. Fasilitas yang ada yaitu wifi, sarapan pagi, dan lain sebagainya. Tempatnya ada di daerah pesisir selatan.

3. Meno House

Hotel yang satu ini terbilang mewah karena memiliki berbagai fasilitas yang berkelas. Terdapat wifi, kolam renang, restoran, dan kamarnya dilengkapi dengan AC. Penginapan ini berada di bagian utara.

Fasilitas yang Tersedia di Gili Meno Lombok

Image Credit: Instagram.com @thefoodandtravelsociety

Ketika mengunjungi Gili Meno, wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang ada. Beberapa diantaranya yaitu toilet, warung makan, hingga penginapan. Terdapat penduduk lokal yang menetap di pulau tersebut sehingga akomodasi wisatawan cukup mudah. Banyak transportasi tradisional Cidomo disediakan oleh warga sekitar yang ada di sana.

Selain itu, pengunjung pun juga dapat menjelajahi pulau yang indah tersebut dengan menggunakan sepeda. Beberapa penyewaan sepeda dapat ditemukan dengan mudah di tempat tersebut. Namun, wisatawan akan kesulitan dalam mendapatkan sinyal ponsel ketika berada di sana karena tempatnya yang cukup terpencil.

Lombok memang menyimpan begitu banyak keindahan alamnya. Ternyata keelokannya itu tidak tersembunyi di dalam pulaunya saja, namun juga kepulauan kecil di sekitarnya. Gili Meno Lombok merupakan salah satu diantaranya. Singgah ke Nusa Tenggara akan terasa lengkap jika mendatangi destinasi yang satu ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending