Gili Labak Sumenep Madura – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Gili Labak Sumenep Madura - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Gili Labak merupakan pulau kecil yang memesona di sebelah tenggara Pulau Madura. Pulau dengan hamparan pasir putih di pesisir dan air laut yang jernih, cocok sebagai tujuan liburan untuk beragam kegiatan seru.

Biaya Wisata: Mulai Rp 500.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Gili Labak merupakan pulau kecil terindah terletak di Kabupaten Sumenep, Madura. Sebuah pulau dengan pantai berpasir putih ini memiliki keindahan tersembunyi yang masih belum diketahui banyak orang.

Namanya yang terdahulu adalah Pulau Tikus, diketahui bahwa dulunya tempat ini adalah sarang tikus. Perubahan nama yang terjadi seiring berjalannya waktu dikarenakan pelafalannya agar lebih enak didengar. Jika Anda berada di Madura dan sekitarnya, kunjungilah pulau ini sesekali. Anda akan mengetahui bagaimana keindahan yang terlukis di pulau tengah lautan tersebut.

Walaupun pulau berpantai indah ini terkenal diantara para backpacker, tetapi keindahan Gili Labak masih belum diketahui oleh turis-turis baik itu lokal maupun mancanegara. Padahal, pasir putih bersih dengan birunya air laut di pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi. Fenomena garis putih melingkari pulau juga merupakan salah satu daya tarik pulau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Labak Sumenep

Daya Tarik Gili Labak Sumenep
Image Credit: Pantainesia.com

Pulau mungil yang berada di paling ujung Selat Madura ini memiliki banyak keindahan yang belum diketahui banyak wisatawan, padahal pesona dari pantai yang ada di tempat ini sangat memanjakan mata bahkan walau hanya dilihat fotonya.

1. Pemandangan Senja dan Fajarnya yang Menggoda

Pemandangan satu ini memang sering Anda dapatkan di tempat lain, baik itu semburat kemerahan fajar di Timur atau jingganya langit senja di arah Barat. Setidaknya, Anda juga harus mencoba melihat kedua momen tersebut di pulau ini.

Ketika Anda berkunjung ke sini dan beruntung melewati salah satu dari dua pemandangan tersebut, Anda akan menyadari keindahan pulau ini sayang untuk dilewatkan. Anda dapat mengamati momen tersebut dengan duduk santai di atas pasir pantai atau mengobrol dengan sahabat dan keluarga di saung pinggir pantai.

BACA:  Pulau Biawak Indramayu - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Pesona Bawah Laut yang Luar Biasa

Pulau dengan luas sekitar 5 hektar ini memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan pulau terkenal di sekitarnya, pemandangan bawah laut. Banyak diketahui bahwa penggunaan alat menyelam atau memancing yang membahayakan ekosistem laut sangat dilarang.

Larangan tersebut tentu dipatuhi oleh warga dan para wisatawan yang berkunjung kemari. Dengan peraturan itu, perairan Pulau Gili Labak ini dikenal bersih dan jernih. Bahkan dari kejauhan, keberadaan terumbu karang yang tumbuh dengan cantik di bawah air terlihat sangat jelas dan indah.

Daya Tarik Gili Labak Sumenep
Image Credit: Instagram.com @gililabak_wonderful

3. Pemandangan Pulau yang Indah

Keindahan yang terlukis di tempat ini akan Anda ketahui ketika mengunjunginya langsung. Landskap pulau yang begitu indah dan menggoda untuk dikunjungi. Perlu Anda ketahui bahwa pasir di sini sangat putih dan bersih. Peraturan untuk tidak membuang sampah sembarangan ditaati dengan tertib oleh pengunjung dan penduduk pulau ini.

Terdapat sebuah jembatan kecil yang biasa menjadi spot foto para pengunjung. Dari jembatan itu Anda dapat melihat pemandangan laut dan pasir putih yang indah dipandang mata. Walaupun belum banyak dikenal orang, tempat ini sudah sangat memenuhi standar sebuah destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

4. Banyak Spot Foto Keren

Tidak hanya indah dipandang, pulau yang pernah menempati posisi ke 2 sebagai tempat wisata terbaik dalam Anugrah Wisata Jawa Timur di tahun 2019 ini juga sangat keren difoto. Terdapat banyak spot foto cantik dan memukau untuk diabadikan. Anda bersama sahabat atau keluarga Anda akan mendapatkan momen cantik dengan berfoto bersama pemandangan pantai sebagai latar belakangnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Gili Labak

Lokasi Wisata Gili Labak
Image Credit: Instagram.com @gililabak.madure

Pulau yang terletak di tengah laut dan di ujung Selat Madura ini memiliki keindahan yang dapat dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia. Anda dapat menemukan pulau seluas 5 hektar ini di Kecamatan Talango, Sumenep, Jawa Timur. Atau lebih tepatnya, tempat ini berada di sebuah desa bernama Kombang.

Karena letaknya yang berada di tengah laut, satu-satunya transportasi yang dapat diandalkan adalah perahu. Melalui jalur laut ini, Anda akan menyeberang dari Pelabuhan Kalianget menuju Gili Labak dengan waktu tempuh paling lama 2 jam.

Untuk rute menuju Pelabuhan Kalianget hanya ditempuh selama 12 menit jika Anda memulai perjalanan dari Bandar Udara Trunojoyo. Setelah melewati Jalan Kiyai H. Mansyur menuju Jalan Lombok, dilanjut ke Jalan Raya Puskesmas. Anda akan diarahkan menuju Jalan Padurekso, setelah itu Anda sampai di Jalan Gersik Putih. Hanya satu jalan lagi sampai Anda tiba di pelabuhan.

Setelah sampai di Pelabuhan Kalianget, Anda harus menyeberangi laut menggunakan perahu. Selanjutnya, dengan menempuh waktu dua jam, Anda akan sampai di pulau indah Gili Labak.

Biaya Wisata ke Pulau Gili Labak Madura

Biaya Wisata Pulau Gili Labak Madura
Image Credit: Instagram.com @gililabak_wonderful

Pulau ini terkenal akan keindahan pantai dan pemandangannya. Untuk sampai ke sini Anda harus menyeberangi laut. Untuk wisatanya sendiri termasuk murah dan ramah di kantong, tetapi pengeluaran Anda akan sedikit terkuras untuk menyewa kapal.

BACA:  Pulau Pramuka Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Untuk awal, jika Anda memulai perjalanan dari Bandara Trunojoyo, Anda akan membutuhkan kendaraan menuju Pelabuhan Kalianget. Terdapat banyak pilihan kendaraan yang Anda inginkan. Dengan ojek daring Anda akan mengeluarkan biaya minimal Rp 20.000.

Setelah sampai di pelabuhan, Anda harus mencari kapal yang akan menjadi kendaraan Anda untuk berangkat dan pulang. Minimal ongkos penyewaan kapal adalah Rp 500.000. Karena Pulau Gili Labak belum memiliki patokan ongkos kapal resmi, Anda masih bisa tawar-menawar untuk biaya sewa. Bagi Anda yang berlibur bersama rombongan maka dapat patungan untuk membayar.

Dengan kapal yang dapat memuat maksimal 10 orang, Anda akan menyeberangi laut menuju pulau tujuan Anda dengan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam. Setelah perjalanan panjang itu, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah yang dapat Anda lihat ketika sampai di tujuan.

Untuk tiket masuk pulau ini gratis, Anda hanya perlu mengeluarkan dana ketika ingin menyewa peralatan untuk berenang dan lain-lain di sini. Peralatan tersebut antara lain, alat snorkeling, kendaraan ATV, dan Banana boat yang masing-masing mempunyai harga sewa di atas Rp 100.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gili Labak

Aktivitas di Gili Labak
Image Credit: Instagram.com @gililabak.madure

1. Mengoleksi Foto

Merupakan sebuah kewajiban yang tidak tertulis bagi wisatawan untuk mengabadikan momen berlibur mereka, tidak terkecuali Anda. Banyak sekali spot menarik untuk difoto di tempat ini, Anda hanya perlu berkeliling pulau ini sambil membawa ponsel atau kamera digital Anda.

Mulai dari pepohonan kelapa yang menjulang, gazebo, jembatan, hingga pemandangan pantai yang berpasir putih ini merupakan beberapa dari banyaknya spot foto yang ada di Gili Labak.

2. Menikmati Keindahan Bawah Laut

Sebuah surga kecil tersembunyi di tengah laut, begitu sebutan mereka untuk pulau mungil ini. Keindahan yang terlukis di pantai dan daratannya serta keelokan bawah laut pulau ini sama-sama tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Terdapat terumbu karang cantik dengan aneka biota laut berwarna-warni menghiasi perairan ini. Di pulau ini juga sudah tersedia fasilitas penyewaan alat snorkeling, walau terbatas, Anda dapat menikmati indahnya bawah laut pulau ini.

3. Berjemur

Cuaca saat panas di sini lumayan terik, tetapi bisa dihalau oleh pepohonan yang tumbuh di pulau tersebut. Anda dapat berjemur di atas pasir pantai atau bersantai di dipan yang sudah disediakan pengelola. Terdapat juga gazebo atau saung yang dapat menjadi tempat Anda duduk-duduk sambil bercengkrama bersama sahabat dan keluarga Anda.

4. Bermain Bola

Baik itu sepak bola maupun bola voli bisa Anda mainkan bersama warga sekitar atau rombongan Anda. Daratan berpasir di sini cukup luas untuk Anda bermain dan tidak mengganggu pengunjung lainnya. Pasirnya yang putih bersih serta lembut di sini seolah menarik perhatian.

BACA:  10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Timur (NTT)

5. Berjalan-Jalan Mengelilingi Pulau

Bagi Anda yang sudah lelah berenang atau sedang ingin menghirup udara segar, direkomendasikan untuk Anda berjalan-jalan mengelilingi pulau ini. Luas pulau yang kurang-lebih 5 ha ini memudahkan untuk pengunjung melihat keseluruhan sisi dari pulau.

Dengan jalan kaki, Anda akan menikmati segarnya angin laut dan indahnya pemandangan laut serta langit di Pulau Gili Labak. Tetapi bagi Anda yang sedikit lelah atau malas berjalan kaki, tersedia pilihan untuk mengendarai ATV. Kendaraan mungil ini akan membantu Anda mengelilingi pulau dengan cepat dan tidak melelahkan.

6. Berkemah di Pinggiran Pantai

Jika Anda ingin menginap di sini, Anda dapat memilih penginapan, rumah warga, atau menyewa tenda sendiri untuk bermalam di pantai. Dengan pemandangan laut yang indah juga bintang yang kelap-kelip, Anda dapat dengan nyaman beristirahat di pulau tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Gili Labak

Penginapan Pulau Gili Labak
Image Credit: Traveloka.com

1. Losmen Baitul Kamul

Sebuah penginapan dengan fasilitas kamar, kipas angin, dan kamar mandi yang cukup ramah di kantong. Mulai dari harga Rp 70.000, Anda dapat menikmati beristirahat di sini. Penginapan ini berada dekat dengan Pelabuhan Kalianget, lebih tepatnya berada di Jalan Gersik Putih No. 9.

2. Hotel Dubai Sumenep

Hotel dengan fasilitas kamar ber-ac dengan akses wifi gratis. Ada juga taman dan sebuah kedai kopi yang akan menjadi hiburan ketika Anda menginap di sini. Mulai dari Rp 150.000 Anda dapat menikmati rasanya bermalam di Hotel Dubai Sumenep ini. Tempat ini berada di sekitar Bandara Trunojoyo, lebih detailnya adalah di Jalan Payudan Barat No. 10.

3. Kaberaz Luxury By AMITHYA

Berada sejauh 29 kilometer dari Gili Labak. Tempat ini menawarkan sebuah tempat istirahat yang nyaman dan keren. Dimulai dengan harga Rp 175.000 Anda sudah bisa menikmati rasanya bermalam di Kaberaz Luxury By AMITHYA ini.

Berada di Jalan Siwalan, Pengarangan, penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap. Dengan kamar ber-ac, akses wifi kencang, restoran di dekat penginapan serta lahan parkir gratis.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Labak Sumenep

Fasilitas di Gili Labak Sumenep
Image Credit: Instagram.com @gililabaktourtravel

Pulau Gili Labak, sebuah keindahan yang terpancar dari pulau kecil yang tersembunyi di tengah laut. Letaknya yang sedikit jauh dari daratan membuat perjalanan kemari sedikit memakan waktu. Fasilitas utama seperti alat-alat berenang, fasilitas jalan-jalan, dan tempat untuk bersantai sudah tersedia di sini. Sementara, fasilitas seperti toilet umum dan rumah makan masih membutuhkan perkembangan.

Gili Labak juga dikenal sebagai pulau surga dengan banyaknya keindahan yang ditawarkan. Perlu penambahan fasilitas dan penyempurnaan di pulau ini demi menunjang kenyamanan wisatawan. Perkembangan ini bukan tidak mungkin bagi gili eksotis ini, mengingat destinasi wisata yang ada di Sumenep ini perlahan mulai dikenal masyarakat luas.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending