Pulau Geleang, Karimunjawa

Pulau Geleang, Karimunjawa

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang pesona Pulau Karimunjawa memang tidak pernah ada habisnya. Setiap sudut panoramanya menyuguhkan keagungan alam yang luar biasa. Deretan pulaunya membentang indah dengan warna kehijauan yang menenangkan. Diantara gugusan pulau tersebut Anda disarankan untuk berkunjung ke Pulau Geleang. Meskipun hanya sebuah pulau kecil tetapi menawarkan ketenangan, yang mana cocok untuk melepas penat sejenak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Geleang

Daya Tarik Pulau Geleang
Image Credit: Nasirullahsitam.com

Menghabiskan waktu di Karimunjawa rasanya tidak cukup hanya satu atau dua hari saja. Mengingat ada banyak gugusan pulau yang perlu dijelajahi sampai rasa puas terbayarkan. Saat Anda mulai membuat agenda untuk mengunjungi beberapa pulau di Karimunjawa. Jangan lewatkan untuk bertandang ke Pulau Geleang yang terkenal dengan sisi eksotisnya. Suasana pulau yang sunyi dan tenang terasa seperti berlibur di pulau pribadi.

Luas daratan Geleang hanya sekitar 24 hektar tetapi pesona alamnya melebihi ukuran pulau mini. Pengunjung akan disuguhi landscape pulau yang menawan, dengan paduan laut biru yang berkilauan. Hamparan pasir putih membentang indah dan cantik, serta tekstur pasirnya sangat lembut di kaki. Anda bisa menyusuri sepanjang bibir pantai sambil menikmati semilir angin. Menghirup udara sejuk khas pantai yang membuat pikiran kembali rileks.

Di pinggiran pulau terdapat jajaran pohon kelapa dan cemara yang mengelilingi seluruh pulau. Deretan pohon rindang tersebut melekuk indah di pinggiran pantai, sehingga menambah kesan eksotis. Pemandangan ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang menyukai fotografi. Karena dapat mengambil jepretan foto dengan panorama alam yang sarat akan nilai estetika. Tidak heran jika para fotografer profesional kerap menjadikannya latar di sesi pemotretan.

Daya Tarik Pulau Geleang Karimunjawa
Image Credit: Wikimedia.org

Pengunjung disarankan untuk datang ke Pulau Geleang ketika sedang musim kemarau. Karena pada musim ini curah angin cukup rendah jadi Anda bisa lebih puas untuk menikmati waktu liburan. Selain itu ombak yang bergelung cenderung kecil, sehingga aman apabila ingin berenang di lautan. Ada baiknya juga berkunjung saat air laut tengah surut, karena ada suguhan pantai landai di sisi barat. Anda pun bisa berpuas-puas diri bermain diatas pasir putihnya.

Geleang sendiri memiliki spot terumbu karang yang eksotis, beserta biota laut di dalamnya. Kondisi kedalaman lautnya masih alami dan terawat dengan baik. Sebab ada peraturan khusus dimana wisatawan tidak diperbolehkan menyentuhnya. Salah satu keistimewaan perairan Geleang ialah keberadaan ikan pari, yang dibiarkan bebas berenang di lautan. Jadi pengunjung disarankan waspada saat snorkeling, sebab sengatan ekornya mengandung racun.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Geleang

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Geleang
Image Credit: Nasirullahsitam.com

Lokasi Pulau Geleang berada di sebelah barat Pulau Karimunjawa, dan bisa ditempuh menggunakan perahu. Berangkat dari pusat kota Jepara menuju Kepulauan Karimun Jawa sekitar 3-4 jam. Sesampainya disana Anda harus menyebarang lautan selama kurang lebih 1-1,5 jam. Sebelum berkunjung kesini pastikan Anda sudah mengetahui jadwal kapal akan tiba. Karena tidak semua kapal bisa mengatarkan pengunjung untuk pergi ke Pulau Geleang.

Usahakan tidak berkunjung ketika musim penghujan, sebab perjalanan akan lebih sulit untuk dilalui. Hal ini karena kapal yang beroperasi jumlahnya sangat sedikit, terkadang tidak ada kapal sama sekali. Pada musim hujan angin dan ombak tidak bersahabat sehingga akan membahayakan keselamatan. Oleh sebab itu disarankan untuk menentukan waktu berlibur, supaya perjalanan Anda tidak terasa sia-sia setelah tiba disini.

Biaya Wisata ke Pulau Geleang Karimunjawa

Biaya Wisata ke Pulau Geleang Karimunjawa
Image Credit: Traveloista.co.id

Saat merencanakan liburan ke tempat wisata tertentu, tentunya Anda perlu melakukan budgeting. Hal ini diperlukan untuk menekan biaya seminimal mungkin, yang sekiranya sesuai dengan isi kantong. Sama halnya ketika hendak berlibur ke Pulau Geleang, Anda perlu menetapkan biaya mulai transportasi hingga penginapan. Meskipun terkesan remeh tetapi perlu menjadi prioritas utama, jika tidak ingin liburan kali ini berantakan.

Apabila ingin menghemat pengeluaran Anda bisa melakukan perjalanan ala backpaceker. Biaya tiket masuk pulau Karimunjawa untuk weekday hanya 5 ribu, sedangkan weekend sebesar 8 ribu rupiah. Supaya biaya lebih murah Anda bisa menggunkan kapal kelas ekonomi untuk menyebrang ke Pulau Geleang. Untuk hari Senin, Rabu, dan Sabtu tarif kapal sekitar 45 ribu. Sementara hari Selasa, Kamis, Jumat adanya kapal bisnis dengan tariff 150 ribu.

Untuk per kegiatan yang akan dilakukan di Pulau Geleang, pengunjung akan ditarik tarif berbeda-beda. Setidaknya Anda harus mempersiapkan budget sekitar 200-300 ribu, apabila ingin mencoba semua kegiatannya. Ada baiknya Anda membuat anggaran untuk biaya penginapan sekitar 80-200 ribu per malam. Jadi total keseluruhan biaya wisatanya sekitar 1-1,5 juta rupiah dalam satu kali berangkat.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Geleang

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Geleang
Image Credit: Inibaru.id

Pulau kecil di Karimunjawa ini banyak disukai oleh para wisatawan, karena bentangan alamnya yang indah. Pengunjung diajak untuk menikmati keindahan laut biru, yang berpadu dengan hamparan pasir putih. Pulau ini jauh dari keramaian sehingga Anda akan merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Duduk bersantai diatas pasir yang lembut sembari merasakan semilir angin yang sejuk.

Tidak hanya duduk di pinggiran pantai, disini pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas air. Mengingat Geleang kaya akan keindahan bawah laut, jadi boleh mencoba kegiatan snorkeling. Saat menyelam pengunjung akan bertemu dengan berbagai biota laut yang jarang ada di tempat lain. Salah satunya ikan badut dan ubur-ubur yang berenang bebas di sekeliling lautan, serta kumpulan terumbu karang yang mempesona.

Bagi Anda yang hobi memancing Galeang menyuguhkan spot tempat berkumpulnya ikan-ikan besar. Soal perlengkapan tidak perlu khawatir, pihak pengelola sudah menyediakannya untuk wisatawan. Menjelang siang Anda bisa menikmati santapan seafood, yang dimasak barbeque atau cukup dipanggang. Sajian ikan bakar tersebut bisa disantap dengan nasi putih hangat. Sembari duduk santai dibawah rindangnya pepohonan di pinggir pantai.

Menjelang sore hari wisatawan diajak melihat indahnya sunset dari Pulau Geleang. Sambil duduk di bibir pantai atau gazebo kecil di sekitar pantai. Anda akan menyaksikan semburat senja saat matahari kembali ke peraduannya. Setelah itu pengunjung bisa melanjutkan agenda berkemah di sepanjang pantai. Menikmati api unggun sambil bernyanyi riang bersama teman-teman, semakin malam akan terlihat gugusan bintang yang begitu mengkilau.

Penginapan di Pulau Geleang

Penginapan di Pulau Geleang
Image Credit: Nasirullahsitam.com

Apabila terlalu ribet harus mendirikan tenda atau merasa kurang nyaman tidur di alam bebas. Anda bisa menyewa penginapan yang berada di sekitar pulau mungil ini. Memang budget yang dikeluarkan menjadi lebih banyak, tetapi memberi kenyamanan berlebih. Ada baiknya untuk melakukan survey penginapan terlebih dahulu. Tujuannya untuk memperkirakan budget yang akan dikeluarkan.

Pertama ada penginapan Inn dengan fasilitas kamar double bed, kamar mandi dalam, dan lemari pakaian. Tarif per malam di penginapan tersebut dibanderol harga 500 ribu rupiah. Kedua ialah Guest House dengan desain bangunan yang lebih sederhana mirip rumah biasa. Disini akomodasinya cukup mumpuni dan dipatok tariff per malam 250 ribu rupiah. Dan ketiga Homestay yang mempunyai range harga 80-450 ribu sesuai tipe kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Geleang

Fasilitas di Pulau Geleang
Image Credit: Mariogatravel.com

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai, untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Pertama ada kapal yang digunakan untuk antar-jemput penumpang pada jam tertentu. Kapal ini cukup besar dan memuat sekitar 20-30 orang dalam satu kali pemberangkatan. Selanjutnya terdapat tempat penyewaan berupa perlengkapan memancing dan snorkeling.

Tidak hanya itu saja, pengelola sudah menyediakan peralatan camp mulai dari tenda hingga lampu elektrik. Jadi pengunjung tinggal datang dan menyewa perlengkapannya sesuai kebutuhan. Soal mandi esok harinya tidak perlu khawatir, karena terdapat sumur air tawar yang bisa dimanfaatkan. Selain itu fasilitas toilet di Geleang sudah cukup memadai untuk tempat bilas dan berganti baju.

Jika tidak ingin repot memikirkan banyak anggaran untuk liburan, Anda bisa memakai jasa open trip. Karimunjawa mempunyai beberapa paket wisata yang membuat liburan Anda menjadi lebih tenang. Anda tinggal mengikuti instruksi pemandu wisata dan tidak perlu memikirkan akan menginap dimana. Sebab semuanya sudah diatur oleh pihak pengelola paket wisata.

Ketika berkunjung ke Karimunjawa jangan melewatkan untuk berlibur ke Pulau Geleang. Disini Anda akan merasakan sensasi liburan seperti di pulau pribadi, karena sajian alamnya yang menenangkan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari snorkeling, memancing, sampai berkemah. Namun untuk datang ke pulau ini Anda perlu membuat reservasi terlebih dahulu. Sebab jadwal kapal untuk menyebrang tidak menentu.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending